11 Alasan Kenapa Kamu Harus Meninggalkan Blogspot

9340
Alasan Kamu Harus Meninggalkan Blogspot
12 min read

Hi Exabytes Friends!

Dulu, masyarakat di Indonesia sering menulis di buku harian untuk menceritakan kesehariannya. Namun semenjak internet masuk ke Indonesia di tahun 2000-an, masyarakat pun mulai beralih memakai blog sebagai pengganti buku harian. Tapi Exabytes Friends tahu tidak apa itu blog?

Apa Itu Blog?

Blog merupakan singkatan dari web log yang berarti aplikasi website yang berbentuk tulisan-tulisan (atau posting) pada sebuah halaman website. Postingan dalam blog ini biasanya tersusun dengan paling atas adalah postingan terbaru yang baru dimuat. Awalnya blog digunakan untuk pribadi saja seperti menceritakan pengalaman, perjalanan, menyalurkan hobi menulis dan sebagiannya. Namun sekarang blog memiliki banyak jenisnya seperti blog traveling, politik, komunitas, lifestyle, kecantikan, fashion, sastra, food, otomotif, dan masih banyak lagi. Blog pun juga digandrungi oleh segala kalangan usia.

Ilustrasi Blog

Blog tidak hanya berkiprah untuk kebutuhan personal saja tetapi sudah dijadikan ladang bisnis oleh banyak blogger (sebutan untuk pengguna blog). Sudah banyak pemilik bisnis yang menjadikan platform ini untuk mempromosikan mereknya. Blog yang dulunya dikelola oleh satu individu kini digunakan bersama untuk mencapai tujuan audiens visitor

Karena kepopuleran blog yang bisa digunakan oleh semua orang, di Indonesia ada yang namanya Hari Blogger Nasional. Hari Blogger Nasional pertama kali dicetuskan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika pada tanggal 27 Oktober 2007 saat pembukaan Pesta Blogger tahun itu. Setelah empat tahun kemudian di tahun 2011, Pesta Blogger berubah menjadi event On Off Indonesia (OnOffID). Hingga sekarang, event ini masih dirayakan oleh para blogger di Indonesia.

Ada beberapa platform blog yang cukup terkenal di Indonesia, yaitu Blogspot dan WordPress. Dua platform blog ini memiliki beberapa keunggulan tersendiri yang menjadikan dua layanan ini menjadi populer.

Blogspot

11 Alasan Kenapa Kamu Harus Meninggalkan Blogspot - 2021

Blogspot atau Blogger diluncurkan di tahun 1999 yang dulunya dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google tahun 2003. Blogspot yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain .blogspot.com. Blog yang terkenal dengan warna oren yang ikonic ini sempat ramai digunakan di Indonesia karena layanannya yang gratis, simple dan mudah digunakan apalagi untuk pemula. Platform ini juga menjadi pilihan tepat bagi para blogger yang tidak ingin mengeluarkan biaya untuk hosting dan masih belum tahu berapa lama akan menjalani aktivitas blogging.

WordPress

Sementara WordPress adalah aplikasi sumber terbuka (open source) yang digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibagun dengan bahasa pemrograman dan database. WordPress sendiri diciptakan tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. WordPress memiliki beberapa versi yakni WordPress.com dan WordPress.org. WordPress pun ada yang free dan ada yang berbayar untuk fitur yang lengkap. Mayoritas yang menggunakan WordPress adalah orang-orang yang memiliki bisnis, perusahaan atau blogger profesional.Β 

Dua platform ini saling bersaing karena paling sering digunakan. Namun seiring berjalannya waktu, Blogspot mulai tergeser oleh hadirnya beberapa platform blog lainnya seperti WordPress yang jauh lebih baik secara performa dan fungsionalitasnya. Banyak kekurangan dari Blogspot yang menyulitkan penggunanya. Saat ini sudah jarang orang-orang menggunakan blogspot karena beberapa alasan dan beralih menggunakan platform lainnya yang lebih kompatibel. 

11 Alasan Mengapa Kamu Harus Meninggalkan Blogspot

Untuk itu, kami merangkum beberapa alasan orang-orang beralih dari Blogspot. Berikut ini ada 11 alasan mengapa kamu harus meninggalkan blogspot sekarang. Simak dalam artikelnya berikut ini

Tampilan Sederhana dan Kustomisasi Yang Terbatas

Blogspot memang user friendly dan cocok untuk pemula. Maka dari itu, opsi tools yang ditawarkan Blogspot lebih sedikit dibandingkan dengan platform blog lainnya. Oleh karena itu, pengguna kurang leluasa untuk eksplorasi membuat konten di Blogspot. 

Blogspot secara default hanya menyediakan satu set template yang sangat sederhana dan terbatas untuk digunakan. Pengguna Blogspot masih bisa merubah warna tetapi tidak bisa membuat tata letak yang unik yang dikustomisasi sesuai keinginan. Selain itu, pengguna Blogspot tidak dapat menambahkan logo atau favicons blog ke header blog. Ini pada dasarnya menghapus semua blog Blogspot dari identifikasi dan personalisasi apa pun. 

Bila kamu tidak mengerti bahasa HTML, CSS atau bukanlah web developer, maka kamu akan kesusahan untuk menyesuaikan tampilan Blogspot agar enak dipandang. Ada beberapa template Blogspot non resmi yang dapat digunakan tetapi kualitasnya rendah dengan limited customization. Hal ini membuat tampilan Blogspot menjadi sangat simple dan mirip dengan pengguna Blogspot lainnya yang tak ada keunikan yang mencolok. Sekali lagi, fitur ini gagal memenuhi kebutuhan mereka yang ingin membangun brand atau identitas pemilik blog.

Baca Juga  Lomba Blog Exabytes Season 2 Telah Dibuka, Menangkan Gadget Menarik πŸŽ‰

Kurang Profesional dan Dianggap Amatir

Platform Blogspot memberikan layanan gratis dibandingkan beberapa platform lainnya seperti contoh WordPress. Karena platform ini gratis, Blogspot dikaitkan dengan blog amatir. Buat kamu yang ingin menghasilkan uang dengan perantara blog, Blogspot tidak disarankan digunakan karena tidak bisa mengatur domain sendiri. Platform ini memungkinkan tidak menarik target pasar yang kita butuhkan karena nama domainnya. Nama domain dari Blogspot pasti secara default adalah nama situs.blogspot.subdomain (misalnya saja exabytes.blogspot.com). Hal ini terlihat kurang profesional. Sebaliknya, perusahaan yang ingin menetapkan mereknya sebagai pesaing serius membeli domain kustom Anda sendiri dan hosting website.

11 Alasan Kenapa Kamu Harus Meninggalkan Blogspot - 2021

Blogspot juga dianggap amatir karena seperti yang dijelaskan di point pertama bahwa tampilannya sangat simple dan mirip dengan pengguna lainnya. Blogspot akan kalah saing bila kamu mencari menggunakan blog untuk mempromosikan brand. Karena blog bisnis harus bisa unik dan berbeda dengan kompetitornya agar menarik perhatian.

SEO dan Backlink Yang Kurang Optimal

Meskipun Blogspot sudah diakuisisi dengan Google tetapi Blogspot tidak memiliki peringkat yang baik di halaman pencarian. Google memberi peringkat atas berdasarkan beberapa faktor seperti kualitas konten, otoritas domain dan SEO yang dioptimalkan. Salah satu yang mempengaruhi SEO adalah backlink. Backlink adalah sumber traffic yang sangat berpengaruh untuk blog. Bukan hanya mengarahkan visitor ke blog kamu tetapi juga sebagai kunci penilaian Google terhadap blog kamu.

Namun karena nama domain blog yang hampir mirip yang secara default menggunakan yang otomatis menggunakan .blogspot.com membuat visitor sulit membedakan setiap nama blog. Akhirnya para blogger semakin skeptis untuk menautkan backlink.

11 Alasan Kenapa Kamu Harus Meninggalkan Blogspot - 2021

Selain itu, Blogspot sebenarnya melakukan pembaruan besar di tahun 2011 yaitu Tampilan Dinamis Blogspot (Blogspot Dynamic View). Namun Tampilan Dinamis tidak ramah SEO. Google spider hanya dapat membaca teks saja. Mereka tidak dapat mendeteksi gambar, video, flash dan javascript secara menyeluruh. Selanjutnya, komentar di Blogspot disembunyikan kecuali diklik. Komentar disembunyikan oleh Google Spider yang membuat kemungkinan kecil untuk mendeteksi banyak konten dalam komentar Blogspot yang bisa jadi komentar tersebut mungkin termasuk kata kunci. Padahal komentar tersebut bisa meningkatkan traffic ke blog.

Lupa Kepemilikan Konten

Konten blog memiliki nilai sentimental dan moneter. Ini menjadi hal pribadi untuk individu atau perusahaan yang mengelola blog. Mungkin pertimbangan yang paling penting ketika mengelola blog adalah kontrol atas kontennya. Setiap pengguna pasti pernah menandatangani aturan atau terms saat sign up. Artinya kita harus mengikuti aturan dari Blogspot jika kita ingin memiliki blog.

11 Alasan Kenapa Kamu Harus Meninggalkan Blogspot - 2021

Memang konten yang kamu posting di Blogspot itu adalah konten yang dibuat olehmu tetapi itu bukan hak milikmu. Hal itu karena kontenmu berada di Blogspot yang otomatis juga berada di Google. Google memiliki hak untuk shutdown kontenmu dengan menghapus kontenmu yang dianggap out of the line (melanggar) dalam sekejap. Atau Blogspot akan mematikan aksesmu sewaktu-waktu. Kalau sudah begini, pengguna pun tidak bisa melakukan apapun untuk mengembalikan konten yang telah hilang. Berbeda dengan WordPress yang bisa menentukan kapan ingin mempertahankan kontenmu hingga kapan saja atau memutuskan untuk membagikan dengan pihak ketiga.

Tidak Bisa Menghasilkan Uang

Beberapa orang menggunakan blog sebagai media untuk menghasilkan uang. Blog dianggap bisa menjadi platform yang mempromosikan sebuah produk atau layanan jasa. Namun berbeda dengan Blogspot karena platform yang satu ini sangat ketat peraturannya. 

11 Alasan Kenapa Kamu Harus Meninggalkan Blogspot - 2021

Ada keuntungan tersendiri Blogspot akuisisi dengan Google yang membuatnya menjadi Google-sentris yaitu bisa menambahkan Google AdSense di Blogspot. Hal ini menguntungkan pengguna Blogspot. Tetapi ada beberapa pembatasan (restrictions) yang menentang layanan dan penjualan produk dari pengguna. Tentu saja hal ini lagi-lagi menyulitkan penggunanya dan berujung meninggalkan Blogspot.

Penyimpanan Gambar Yang Sedikit

Gambar adalah faktor penting yang dapat menunjang konten blogmu, menarik perhatian visitor sehingga bisa meningkatkan traffic terhadap blogmu. Artikel dengan tulisan yang bagus, gambar dan elemen multimedia lainnya seperti audio dan video bisa menarik perhatian visitor untuk dibaca dan dibagikan. 

11 Alasan Kenapa Kamu Harus Meninggalkan Blogspot - 2021

Namun sayangnya Blogspot hanya menawarkan 1GB strorage untuk gambar yang sangat terbatas untuk kebutuhan blogmu. Untuk sebagian orang, kapasitas segitu tidaklah cukup karena terlalu kecil. 

Sebenarnya Blogspot menawarkan opsi berbayar untuk meningkatkan ke Google+ yang akan disimpan di Google+ Foto. Tetapi Google+ mulai dimatikan secara efektif di tahun 2019. Cara lainnya adalah menggunakan akun Google milikmu yang langsung terintegrasi dengan Google Drive yang berkapasitas 15GB. Jika konten blog milikmu banyak gambarnya, sebaiknya kamu menghindari Blogspot dan mencari alternatif platform blog lainnya..

Baca Juga  13 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Blogging Sekarang

Tidak Ada Kontrol Komentar

Hadirnya komentar sebagai bagian besar dari kesuksesan atau kegagalan sebuah blog. Komentar dapat mempromosikan keterlibatan pembaca, bertindak sebagai sumber ide topik, menghasilkan feedback yang berharga, dan memberikan komentar positif atau negatif pada postingan milikmu. Akibatnya, mempertahankan kendali atas bagian komentar Anda sangat penting bagi blogger yang serius.

11 Alasan Kenapa Kamu Harus Meninggalkan Blogspot - 2021

Pada tab dashboard Blogspot yang digunakan untuk mengelola komentar sangat terbatas. Untuk membalas komentar, ada opsi komentar yang ditentukan panjang pendeknya komentar dan pengguna diharuskan untuk pergi ke setiap postingan yang membuat pengguna merasa ribet karena tidak ada manajemen komentar. 

Banyak Spam Karena Kurangnya Plugin

Beberapa orang merasa terganggu dengan adanya spam yang menumpuk di inbox. Sebagian besar blog yang memiliki komentar diaktifkan akan terbiasa dengan kotak masuk yang penuh dengan spam. Jangan heran bila kamu pengguna Blogspot maka inbox penuh dengan spam. Hal ini karena Blogspot memiliki keterbatasan tools dan plugin. Blogspot tidak memiliki plugin anti-spam yang bisa diinstall. Selain komentar, backlink juga bisa menjadi spam yang tentu saja dapat mengganggu kamu. Hal ini berbeda dengan kompetitornya yaitu WordPress.

11 Alasan Kenapa Kamu Harus Meninggalkan Blogspot - 2021

WordPress menawarkan pengguna untuk mengontrol spam. Cukup masuk sebagai administrator di WordPress, klik β€˜plugin’ dan cari β€˜plugin Stop Spammer’ lalu install plugin, maka blog akan bebas dari spam.

Keterbatasan Karakter dan Halaman

Sebuah blog tentu saja memiliki halaman profil pribadi atau perusahaan untuk mengenalkan identitas blog itu. Blog juga menyertakan informasi yang memberitahu para pembaca siapa penulisnya dan alasan mereka ingin membagikan informasi tersebut. Sayangnya Blogspot memiliki kekurangan terhadap hal ini yaitu keterbatasan karakter. 

Di bagian β€œabout me” di halaman profil dibatasi hanya 1200 karakter saja. Tak hanya itu, di bagian β€œinfo and hobbies” hanya dibatasi 2000 karakter. Belum lagi deskripsi blog maksimal 500 karakter. Hal ini menjadi kekurangan dari Blogspot dengan kompetitor lainnya yang ingin menyampaikan banyak hal yang detail ke pembaca.

11 Alasan Kenapa Kamu Harus Meninggalkan Blogspot - 2021

Tak hanya karakter saja yang dibatasi, Blogspot juga menerapkan keterbatasan halaman. Blogspot membatasi ukuran halaman pada 1MB. Bisa saja hanya karena 1 gambar bisa menghabiskan kapasitas halaman. Padahal rata-rata konten yang mendapatkan peringkat bagus di Google adalah di atas 1800 kata. 

Untuk menyiasati keterbatasan kapasitas, Blogspot menambahkan opsi yakni menambahkan halaman teks yang terhalang dengan membaginya di antara halaman. Tetapi pengguna tidak diizinkan mendaftar lebih dari 100 posting dalam satu halaman. Pengguna hanya dapat membuat 20 halaman di Blogspot. Tentu saja hal itu merepotkan dan sebaiknya kamu meninggalkan Blogspot.

Aplikasi Blogspot Via Mobile Tidak Bagus

Aplikasi mobile adalah cara terbaik untuk tetap menjalani blog dimana pun dan kapan pun tanpa menggunakan PC atau laptop. Kita bisa membagikan moment atau menambahkan konten atau postingan sewaktu-waktu misalnya saat travelling. Blogspot memiliki aplikasi yang bisa diakses lewat handphone. Namun aplikasi Blogspot bisa dibilang buruk. Aplikasi Blogspot dinilai loading yang lambat dan sulit untuk mengupload gambar yang tidak sesederhana di website saat membukanya lewat PC. Banyak yang mengeluhkan hal ini dan memutuskan untuk meninggalkan Blogspot.

Tidak Ada Upgrade Yang Signifikan

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang dan canggih. Hal itu membuat banyak orang untuk meningkatkan layanan dan kemampuan produknya ke versi yang lebih tinggi untuk memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Pertimbangan untuk masa depan menjadi penentu utama dalam mengambil keputusan. Termasuk menentukan apakah kamu ingin tetap menggunakan Blogspot atau beralih ke yang lainnya. Kenyataannya adalah Blogspot tidak ada melakukan upgrade yang signifikan dan memperbaiki masalah yang ada.

Banyak blogger mengkritik Blogspot yang tidak meningkatkan kualitas sistem dan layanannya. Blogspot juga tidak memiliki opsi berbayar untuk memanfaatkan fungsi yang lebih canggih layaknya seperti WordPress. Akhirnya, banyak orang yang tidak bertahan dengan Blogspot dan beralih menggunakan platform lain yang lebih bagus performanya.

Kesimpulan

Banyak alasan mengapa orang-orang mulai meninggalkan si ikon oren ikonic ini karena beberapa hal : tampilan sederhana dan kustomisasi yang terbatas, kurang profesional, banyak spam karena kurangnya plugin, SEO dan Backlink kurang optimal, tidak menghasilkan uang, lupa kepemilikan konten, penyimpanan gambar sedikit, tidak ada kontrol komentar, keterbatasan karakter dan halaman, aplikasi Blogspot via mobile tidak bagus, dan yang terpenting adalah tidak ada upgrade secara signifikan terhadap layanan Blogspot selama beberapa tahun ini. 

Pilihan ada di tangan Exabytes Friends untuk menentukan apakah ingin bertahan dengan Blogspot atau mulai beralih dengan platform blog lainnya yang lebih baik demi tujuan blogmu. 

Credit to Audina Chairunnisa

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
1.8 16 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
25 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Erik Hariansah
Erik Hariansah
1 year ago

Beberapa bagian artikel ini hanya menghambarkan keadaan blogger di masa lalu. Padahak sekarang blogger sudah tidak ketinggalan lagi. Blogspot sudah bisa kustom domain sendiri, bisa rancang template sendiri. Bisa ganti header image dan vavicon sendiri. Artilel di atas banyak yang tidak sesuai dengan blogspot sekarang.

Agung Sukariman
Admin
Agung Sukariman(@exabytes-agung)
1 year ago
Reply to  Erik Hariansah

Hi Erik, Terima kasih atas komentar yang diberikan. Dalam artikel ini kami menitik beratkan bahwa blogspot tidak lagi mendapatkan update yang signifikan dari tahun ketahun. Terakhir posting update pada https://blogger.googleblog.com/ adalah 31 January 2019. Dan datanya tersimpan di blogspot akan sangat menyulitkan jika kita ingin melakukan backup atau perawatan. Tidak sepenuhnya memiliki kontrol terhadap kontent. Menggunakan WordPress yang dihost sendiri akan mendapatkan fitur yang jauh lebih banyak lagi dan mendapatkan update berkala secara gratis. Sekiranya itu yang ingi kami sampaikan.

Tahu Bakso Murni
Tahu Bakso Murni
1 year ago

apapun itu, teknologi, platform dll bila tidak ada inovasi maka akan di tinggalkan. google sendiri sepertinya menganaktirikan blogspot.com, buktinya tidak dikembangkan dengan baik, mungkin visi google sangat ke depan. jauh di masa lalu mereka melihat video lebih akan diterima publik maka mereka akuisisi youtube.

Agung Sukariman
Admin
Agung Sukariman(@exabytes-agung)
1 year ago

Terima kasih atas komentarnya Pak. Fokus google saat ini saya setuju ke platform Youtube mereka.

AGUNG
AGUNG
1 year ago

Tetapi anda tidak bisa mengelak mengenai kesalahan informasi yang diberikan diatas, apapun alasanmu.

baiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai apa yang akan dibahas oleh situs ini, terlebih lagi ini artikel tahun 2020 yang tentunya sangat fresh, sangat disayangkani isinya malah mengomentari dan menjelekkan blogspot versi jadul, sudah tidak update, terlalu subjektif pula.

Agung Sukariman
Admin
Agung Sukariman(@exabytes-agung)
1 year ago
Reply to  AGUNG

Hi Pak,

Tentunya kami telah melakukan riset sebelum mempublish aritkel ini. Artikel diatas menjelaskan bahwa google tidak lagi berfokus pada blogspot dan update terakhir adalah tanggal 30 January 2019 https://blogger.googleblog.com/. Dimana banyak juga fitur yang sudah dijelaskan diatas yang tidak ada lagi peremajaan. Dengan menggunakan WordPress, 100% data adalah milik Anda. Anda tidak bergantung pada platform manapun.

leson
leson
1 year ago

jika berbicara gratisan (blogspot) & wordpress berbayar jelas sekali berbeda pak..

jika bicara sama2 gratis, masih banyak yang memilih blogspot, jika dilihat cara kustomisasi nya..

blogspot wlo gratis masih bisa dipasang iklan, baik adsense ataupun alternatif adsense dengan hanya ubah setingan bahasa – inggris – lalu klik gbr dolar di bar kiri.. lalu kembalikan lagi bahasa yang kita mau, dolar tetap menyala tidak abu2.. karena saya pernah pasang iklan di blogspot saya sedangkan wordpress gratisan tidak bisa pasang iklan..

wordpress jika jarang dibuka, di-update dan jadi blog zombie, gak bakal bisa di buat lagi..

blogspot jika terbengkalai jadi blog zombie, masih bisa di daftarkan lagi jadi blog kita kembali.. saya juga mengalami hal ini (apadanfungsi blogspot.com & 3 blogspot lain)

sekarang blogspot saya ada 17blog berbeda niche dan semua akan saya pasang dolar..

Insyaallah Bisa menghasilkan selama istiqomah.. Barokallah

Agung Sukariman
Admin
Agung Sukariman(@exabytes-agung)
1 year ago
Reply to  leson

Baik dalam kasus disini adalah wordpress self hosted atau wordpress yang di hosting sendiri. Dimana banyak sekali fitur gratis yang bisa kita nikmati sama halnya dengan wordpress versi berbayar saat ini. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Google belum melakukan update sama sekali terakit core update blogspot. Untuk dipasang iklan adsense baik blogspot atau wordpress (self Hosted) sama-sama mudah pak. Terlebih lagi google telah memberika dukungan dengan membuat google site kit khusus untuk pengguna WordPress (Self Hosted). Senang sekali bisa berdiskusi disini.

gogo
gogo
1 year ago

Artikelnya salah besar. Tidak direkomendasikan.

Agung Sukariman
Admin
Agung Sukariman(@exabytes-agung)
1 year ago
Reply to  gogo

Hi Gogo, yuk berdikusi bersama.

yayat
yayat
1 year ago

saya tidak sependapat dengan ulasan di atas… thanks

Agung Sukariman
Admin
Agung Sukariman(@exabytes-agung)
1 year ago
Reply to  yayat

Yuk kita sharing dibagian mana tidak setuju dengan ulasan diatas.

Mawa Holiday
Mawa Holiday
1 year ago

Bisa sependapat dengan artikel ini, bisa juga tidak. Karena saya menggunakan dua platform seperti di terangkan di atas. Dan hasilnya sama – sama menguntungkan hanya bagaimana cara menggunakan nya.
Artikel nya bagus sekali, membuat pembaca jadi lebih semangat belajar wordpres dan blogspot.

traveler
traveler
1 year ago

ada sih benernya, segala fungsi dari blogspot, kini semakin memudar, mungkin akibat dari paengguna blogspot di masa lalu, para leluhur kita yang terlalu ugal ugalan, dan kini anak cucunya yang gak berdosa kena imbasnya, sekarang malah memble berbagai macam cara menghidupi blogspot, namun adaaa aja yang bikin jatuh bangun,,,wasalam dahh, 3 tahun kelola blog, namun blum kunungjuga miste U nya perih perihhh

Mhamnank
Mhamnank
1 year ago

Postingan ini mungkin saja mengutip blogspot versi lama!..

Padahal blogspot sekarang sudah berubah dah bahkan di tahun 2020 ini blogspot sudah update lagi dengan UI/UX yang kompatibel dengan user, dan masih banyak lagi.

Dan bukan berarti semua orang punya banyak uang yang harus membayar sewa hosting perbulan, semua gk sama gk semuanya kaya raya. Itulah kenapa masih banyak orang-orang yang masih bertahan di blogspot.

Terimakasih 😁

Dream'sfighter
Dream'sfighter
1 year ago

Saya blogger pemula, Semua yg diceritakan diatas sebagian besar tidak benar, dulu mungkin iya,

Karin
Karin
1 year ago

Saya pengguna blogspot, iklan saya juga banyak dari beberapa ad network, di tanya soal SEO, beberapa artikel saya menduduki peringkat pertama di pencarian google, selain itu babaru ini blogspot juga dalam proses pengembangan seperti tampilan dan lain2, meskipun saya lebih suka yang lama. Bahkan tanpa menyalakan monetisasi, blogspot juga bisa memasang iklan dari ad network lain. Jadi artikel blog ini risetnya darimana? sumbernya? apa melakukan riset sendiri? heran juga, kenapa bisa meenjelekkan yang lain, sedangkan pasang banner di situs ini sendiri aja masih belum bener.

Tia
Tia
1 year ago

Tidak bisa menghasilkan uang????? Hahaha. Ada orang yg bermodal blogspot bisa dapat puluhan juta dari GA tau!

Gaya Hidup ghob dot net
Gaya Hidup ghob dot net
1 year ago

Sepertinya yang dikatakan komentar di atas..memang artikel yang ditampilkan adalah blogspot masa lalu. Saya fikir blogspot skarang tidak memerlukan SEO yang canggih seperti wordpress untuk menaikan kata kunci (hampir smua masalah kan akhirnya ingin kata kunci masuk halaman pertama) .
Pemikiran keliru tentang keyword blogspot kalah dari wordpress?
Belum tentu, google memang benar manganal tirikan blogspot hanya di template saja, tapi ingat..! crawl google bot lebih diutamakan ke blogger dari pada platform lainnya.
Jikalau anda terbiasa menulis SEO yang bagus, maka blogspot tempat yang terbaik, tanpa perlu bantuan plugin yang hebat seperti di wordpress.
Jika anda tidak ahli SEO, blogspot juga tempat yang terbaik, karena seburuk buruknya menulis di blogspot, artikel masih muncul walau tidak di halaman pertama, beda dengan worpress dengan artikel yang tidak SEO dia akan tidak muncul di halaman berapapun..bahkan tidak ada sama sekali.
Disini saya bisa berkata begitu karena saya mempunyai beberapa situs dengan platform blogger maupun wordpress.

Tehnosia
Tehnosia
1 year ago

Postingan provokatif 😁, salah satu cara menarik minat visitor, dengan pro kontranya isi artikel, auto rame kolom komentarnya.
Trik yg bagus gan πŸ‘
Salaaam dari bloger blogspot

Feris
Feris
1 year ago

Tolong Mass, sebelum buat tulisan, sebaiknya riset dulu lah

artikel seperti ini yang bisa dibilang penyesatan tanpa ilmu yang kuat

Bagi yang baca saja,
1. kustomisasi template sangat bisa dilakukan
2. Amatir tidak bisa dihitung dengan platform, content is king
3. Skor SEO blognya mas berapa? AYO tanding
4. Tampilan sederhana? Maaf mas, tampilan blog ku jauh lebih baik daripada ini
5. Pendapatan? saya jadi publisher Iklan Google AdSense kok dari dulu
6. Buat apa karakter banyak? ini nulis mas, bukan ajang karakter2an
7. Google tidak pernah menganaktirikan Blogspot, ibaratnya pilih mana, anak sendiri atau anak orang lain?
8. Tampilan blogspot kurang menarik katanya, saya ngeblog pake HP android sejak 2016, belum ada masalah tuh
9. Masalah SPAM apaan?

Situs mas memang bagus (katanya), tapi sayang, kontennya tak bermutu

Ternyata situs yang bagus (katanya) tidak menjamin yaa

Khoerudin
Khoerudin
1 year ago

Wah.. jadi gusar pake blogspot, mau ke WP belum familiar.. kaku blm terbiasa

SUFYAN
SUFYAN
1 year ago

Gambaran blogger masa lalu banget, saya justeru hidup beli rumah, mobile dan kebutuhan lainnya dari penghasilan blogger blogspot, saya juga punya wordpress mati matian tetap kalah sama blogger blogspot saya yang sudah jadi, aneh kan

Hen
Hen
1 year ago

Saya masih awam WP jadi sy pilih yang gratisan aja di blogspot, dengan template custom, dan ganti domain (elektronikahendry.com). belum dipasang iklan adsense karena ditoalk melulu wkwkwk

Abdulloh sidiq
Abdulloh sidiq
1 year ago

Ok tetimakasih informasinya