Ketahui 8 Alasan Jangan Menggunakan Domain Gratis

0
1520

Menjalankan bisnis online kurang lengkap apabila tidak memiliki situs web. Hal tersebut benar adanya karena ada begitu banyak manfaat website untuk bisnis online. Akan tetapi, domain apa yang akan kamu pilih? Apakah domain gratis atau domain berbayar?

Domain gratis memang menarik karena kamu bisa menggunakan domain tanpa harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk beli domain. Akan tetapi, pernahkah kamu mempertimbangkan beberapa alasan jangan menggunakan domain gratis?

Agar tidak menyesal di kemudian hari, sebaiknya cari tahu dahulu kelebihan dan kekurangan domain gratis. Kemudian, kamu akan semakin yakin bahwa domain gratis bukanlah pilihan tepat terutama untuk bisnis online yang ingin berkembang di dunia digital.

Sekilas tentang Domain

sekilas tentang domain dan alasan jangan menggunakan domain gratis
Sumber: flickr

Domain merupakan salah satu istilah yang akan semakin familiar bagi siapapun yang menjalankan bisnis online dengan membuat situs web. Bahkan domain juga memiliki peran penting bagi para blogger atau situs web yang memang dibuat khusus untuk blog bukan untuk bisnis online.

Domain itu sendiri merupakan nama unik yang bisa didapatkan sebagai identitas dan perwakilan brand atau bisnis. Dimana nama unik tersebut akan mengidentifikasi alamat IP server komputer seperti web server maupun email server.

Pengguna internet akan lebih mudah mengingat nama domain yang unik, pendek, dan menarik dibandingkan harus mengingat alamat IP yang berupa sederet angka yang panjang.

Salah satu tujuan dan alasan pentingnya domain untuk bisnis online adalah  agar situs web atau aplikasi online bisa pengguna internet akses dengan mudah.

Alasan Jangan Menggunakan Domain Gratis

alasan jangan menggunakan domain gratis
Sumber: pixabay

Domain gratis merupakan nama domain yang bisa didapatkan tanpa harus membeli domain. Akan tetapi, apakah domain gratis selalu menjadi pilihan tepat? Pada kenyataannya, ada banyak alasan jangan menggunakan domain gratis.

Para pebisnis yang sedang mempersiapkan untuk membangun situs web tentu harus tahu mengapa domain gratis bukan pilihan yang tepat. Mereka yang hendak membuat situs web sebagai blog juga sebaiknya menghindari penggunaan domain gratis. Mengapa?

Berikut adalah beberapa alasan jangan menggunakan domain gratis yang dapat memberikan peluang agar bisnis online memiliki kesempatan yang lebih untuk berkembang dan mencapai tujuan:

Website Akan Tampak Tidak Professional

Website bisa menjadi identitas sebuah brand atau bisnis sehingga bisa lebih mudah dikenali oleh target audiens. Sayangnya, hal tersebut hanya berlaku bagi situs web yang menggunakan domain berbayar. Mereka yang lebih memilih domain gratis mungkin bisa menghemat pengeluaran. Akan tetapi, bagaimana dengan kredibilitas?

Adanya situs web sangat berperan penting dalam proses branding baik untuk individu, organisasi, maupun perusahaan. Menggunakan nama domain yang sesuai dengan nama brand akan membuat situs web terlihat profesional. Apakah hal tersebut juga tetap bisa kamu dapatkan saat memilih domain gratis?

Situs web akan tampak profesional apabila nama domain yang digunakan dapat mewakili identitas brand atau perusahaan. Sayangnya, hal tersebut sulit diwujudkan dari penggunaan domain gratis.

Domain gratis membatasi pengguna mendapatkan nama domain yang sesuai dengan bisnis mereka. Ini tentu menjadi salah satu alasan jangan menggunakan domain gratis. Saat ini, ada banyak penyedia domain yang menawarkan domain murah, misalnya Exabytes.

Membeli domain murah bisa menjadi langkah tepat yang juga akan memberikan manfaat investasi jangka panjang baik untuk situs web maupun blog. Meski didapatkan dengan harga yang ramah kantong, domain murah memungkinkan pengguna mendapatkan fitur selama masa berlaku domain.

Jadi, apabila berencana mengembangkan bisnis dalam jangka panjang, sebaiknya hindari penggunaan domain gratis. Situs web yang terlihat profesional akan lebih terpercaya sehingga akan semakin banyak orang yang datang mengunjunginya untuk mendapatkan apa yang mereka cari atau butuhkan.

Keterbatasan dalam Memilih Domain

Masih perlu alasan lain kenapa domain gratis bukan pilihan yang tepat? Domain yang bisa didapatkan secara gratis memiliki keterbatasan. Jadi, pengguna tidak bisa memilih nama domain dengan leluasa.

Nama domain unik yang bagus biasanya juga menjadi incaran pihak lain. Itu artinya, peluang untuk mendapatkan domain tersebut semakin kecil, terlebih apabila tersedia secara gratis.

Untuk bisa mendapatkan nama domain yang sesuai dengan bisnis, perusahaan, atau brand, cek domain dan ketersediaannya. Nama unik dengan ekstensi populer seperti domain.COM juga umumnya sulit didapatkan karena sudah dibeli oleh pihak lain.

Saat ini, banyak tersedia ekstensi domain unik yang cocok untuk berbagai jenis situs web.

Hal tersebut dikarenakan domain.COM merupakan pilihan ekstensi populer yang bisa digunakan tanpa syarat apapun. Sehingga siapapun dengan jenis bisnis apapun bisa mendapatkannya dengan mudah bahkan dari berbagai belahan dunia manapun.

Sebagai alternatif, kamu bisa memilih ekstensi lain seperti domain.ID, atau domain.NET. 

Akan lebih baik untuk mengetahui alasan memilih domain.ID agar semakin yakin bahwa ekstensi domain tersebut juga bisa memberikan berbagai kelebihan bagi bisnis online yang kamu jalankan.

Tidak Tersedia Fitur Subdomain

Seiring dengan semakin berkembangnya sebuah bisnis, kebutuhan akan penggunaan domain juga bisa bertambah. Bukan tidak mungkin suatu saat nanti bisnis online memerlukan subdomain. Sayangnya, fitur subdomain tidak tersedia pada domain gratis.

Subdomain adalah fitur dari domain yang memungkinkan pengguna untuk memiliki situs terpisah yang membahas topik berbeda namun tetap terhubung ke domain utama.

Jika demikian, apakah masih perlu alasan jangan menggunakan domain gratis lainnya?

Nama Domain Bisa Digunakan Pihak Lain dengan Mudah

Bayangkan situs web atau blog kamu sudah memiliki pengunjung yang banyak dan dikenal di kalangan para penikmat konten. Blog menggunakan domain gratis selama bertahun-tahun. Dengan tingkat popularitas, pencarian, dan trafik yang tinggi, sangat sayang apabila domain tersebut nantinya diambil atau digunakan oleh pihak lain.

Saat kamu menggunakannya dengan gratis, bukan tidak mungkin orang lain akan berusaha mendapatkan nama domain tersebut dengan memilih domain berbayar. 

Apabila hal tersebut terjadi, maka kamu akan kehilangan domain yang sudah digunakan dalam waktu lama. Sayangnya, domain tersebut merupakan domain gratis sehingga kamu tidak bisa berbuat apa-apa.

Agar bisa menggunakan nama domain yang sama selama apapun, sebaiknya pilih dan gunakan domain sendiri. Saat menemukan nama domain yang tepat dengan ekstensi domain yang dikehendaki, segera beli domain tersebut dari penyedia domain terpercaya.

Ketersediaan nama domain bisa kamu cek dengan mudah di situs WHOIS. Cara cek domain website dengan WHOIS bisa kamu dapatkan dengan membaca artikel satu ini.

Domain Gratis Tidak Menawarkan Dukungan Pelanggan

Dalam penggunaanya, ada risiko terjadi masalah pada domain yang kamu gunakan. Nah, apabila hal tersebut terjadi, apa yang akan kamu lakukan? Apakah kamu bisa mengatasinya sendiri tanpa bantuan dari ahlinya? Dukungan pelanggan sangat diperlukan bahkan dalam menggunakan domain.

Namun, jika kamu masih bersikeras untuk menggunakan domain gratis, layanan tersebut tidak tersedia. Domain gratis tidak menawarkan dukungan pelanggan sehingga pengguna harus mencari solusi agar bisa mengatasi permasalahan yang muncul saat domain mulai digunakan.

Untuk alasan dukungan pelanggan yang umumnya diberikan selama 24 jam setiap harinya, sebaiknya hindari penggunaan domain gratis terutama untuk situs web bisnis.

Berdampak pada Penurunan Trafik Website

Trafik menurun adalah salah satu alasan jangan menggunakan domain gratis
Sumber: pixabay

Domain gratis merupakan domain tipe ccTLD dimana penggunaannya akan berpengaruh pada trafik situs web. Country Code Top Level Domain akan menargetkan pengunjung sesuai dengan kode negara atau dari negara mana situs web berasal.

Hal tersebut akan membatasi akses pengunjung. Karena menargetkan pengunjung dari negara tertentu, maka akan sulit bagi orang-orang yang berada di negara lain untuk mengakses atau mengunjungi website tersebut.

Domain gratis juga kurang ramah mesin pencari serta tidak bisa memberikan hasil SEO yang maksimal. Penggunaan domain gratis jelas akan merugikan apabila situs web digunakan untuk kebutuhan bisnis atau usaha.

Penurunan trafik website akan turut berpengaruh terhadap berkurangnya potensi untuk mendapatkan sales, bukan?

Tampak Kurang Unik

Kekurangan sekaligus alasan jangan menggunakan domain gratis adalah nama domain yang kamu gunakan tampak kurang unik. Pada umumnya, domain gratis memiliki alamat yang cukup panjang sehingga dinilai kurang unik. Itu artinya, nama domain tersebut tidak bisa pengguna internet ingat dengan mudah.

Hasil SEO Kurang Maksimal

alasan jangan menggunakan domain gratis adalah hasil SEO kurang maksimal
Sumber: pixabay

Lebih tertarik untuk menggunakan domain gratis karena tidak perlu mengeluarkan uang? Sebaiknya pikirkan kembali terlebih bagi kamu yang mengurus website bisnis online.

Alasan jangan menggunakan domain gratis kali ini berhubungan dengan hasil SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yaitu upaya optimasi website agar bisa muncul di halaman hasil pencarian Google teratas.

Tahukah kamu? Domain gratis dapat mengganggu hasil SEO sehingga tidak maksimal. Domain gratis atau non berbayar tidak akan bisa kamu hubungkan ke layanan hosting dengan performa yang cepat. Inilah yang menjadi alasan kenapa hasil SEO yang didapatkan tidak akan maksimal. Belum lagi faktor lain yang turut berpengaruh dalam SEO.

Mungkin akan sulit untuk menemukan situs web yang menggunakan domain gratis di hasil pencarian teratas dengan keyword tertentu. Jadi, pertimbangkan kembali dan sebaiknya pilih domain murah sebagai alternatif. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pilihan domain yang sesuai dengan budget yang tersedia.

Beli Domain Murah di Exabytes

Memiliki budget terbatas bukan berarti harus menggunakan domain gratis terlebih setelah mengetahui beberapa alasan jangan menggunakan domain gratis.

Sebaiknya, beli dan gunakan domain murah seperti yang tersedia di Exabytes. Dengan begitu, kamu tetap bisa menikmati sejumlah kelebihan serta fitur dari domain berbayar. Jadi, jangan salah pilih ya karena domain seperti investasi jangka panjangan bagi bisnis.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments