10+ Alasan Memilih Domain ID Untuk Kesuksesan Brand

430
9 min read

Website menjadi kebutuhan bagi mereka yang hendak menjalankan bisnis secara online. Namun, membuat website bukanlah perkara mudah karena ada banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah nama domain. Jika kamu menjalankan bisnis di Indonesia dan menargetkan pelanggan di negara ini, kamu memiliki alasan memilih Domain ID.

Domain ID adalah salah satu ekstensi domain yang banyak digunakan oleh website yang dikelola di Indonesia. Meski demikian, ekstensi ID bukanlah satu-satunya ekstensi domain yang bisa kamu pilih.

Untuk kalian yang penasaran dengan alasan memilih domain ID, mari kita cari tahu bersama melalui artikel ini.

Apa Itu Domain ID

Cari tahu apa saja alasan memilih domain ID untuk kesuksesan brand
Penting untuk mengenali apa itu Domain ID dan alasan memilihnya.

Untuk mengenal domain ID, alangkah lebih baiknya jika kamu terlebih dahulu tahu pengertian domain sehingga bisa lebih mudah memahami semua hal tentang domain yang menjadi ciri khusus negara Indonesia.

Domain memang bukan istilah baru di dunia digital namun tidak semua orang tahu apa itu domain. Domain merupakan nama uni yang akan menjadi identitas nama server komputer seperti web server atau email server yang dibangun pada jaringan internet atau komputer.

Domain juga bisa kamu ibaratkan sebagai alamat rumah maupun perusahaan sehingga orang-orang akan lebih mudah menemukan kamu. Salah satu tempat terbaik untuk beli domain murah adalah Exabytes yang bisa kamu temukan dengan mudah.

Sementara Domain ID merupakan salah satu bagian dari country code top level domain atau ccTLD. Seperti namanya, domain ini khusus untuk website yang berada di dalam Indonesia. Situs web dengan ekstensi TLD dua huruf ini bisa membantu pengguna mengenal asal negara website yang mereka kunjungi. 

ccTLD sebenarnya sudah digunakan sejak tahun 1985 dengan memperkenalkan domain US untuk Amerika, IL untuk Israel dan UK untuk Inggris. Domain ID sudah terbentuk sejak tahun 1990 dan baru banyak digunakan tiga tahun setelahnya, yaitu pada tahun 1993. 

Pada tahun 2017 tepatnya di bulan Mei, semua hal yang berkaitan dengan nama domain ID diatur oleh PANDI atau Pengelola Nama Domain Indonesia. Tidak hanya itu, minat pengguna domain ID juga semakin meningkat bahkan hingga saat ini.

Fungsi Domain ID

Secara umum, domain memiliki fungsi yang sama terlepas dari jenis atau macam ekstensi domain mana yang akan kamu gunakan. Bagi website, domain memiliki fungsi yang sangat penting, di antaranya adalah sebagai berikut:

Sebagai Alamat Unik Penghubung Server

Domain merupakan nama alias dari IP address komputer server yang menghubungkan antara server dan klien. Pengguna atau klien tidak bisa mengakses website tanpa adanya domain. Sebelum membeli nama domain, pastikan kamu mengetahui perbedaaan domain dan subdomain agar tidak salah pilih. 

Mewakili Identitas Pemilik Website

Domain termasuk domain ID menjadi bagian penting dari proses branding. Itulah kenapa kamu tidak boleh menganggap sepele urusan pemilihan domain karena akan mencerminkan atau mewakili visi misi bisnis yang sedang kamu jalankan.

Memudahkan Pengguna Untuk Mengakses Website

Fungsi lain dari domain adalah menyediakan akses yang lebih sederhana kepada para pengguna. Umumnya, nama domain terdiri dari satu atau beberapa kata unik dan mudah diingat agar bisa menarik pengguna internet untuk mengunjungi website.

Jika kamu sedang mencari domain untuk website baru, kamu bisa manfaatkan domain promo yang bisa membantu kamu menghemat lebih banyak uang.

Baca Juga  Mengenal DNS: 5 Fungsi dan Cara Kerjanya

Alasan Memilih Domain ID Untuk Kesuksesan Brand

Setiap bisnis tentu memiliki brand dan domain berperan dalam proses branding. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa domain yang hendak kamu beli itu tidak hanya unik tetapi juga menguntungkan.

Dengan banyaknya ekstensi domain, kamu memiliki banyak opsi termasuk ekstensi COM, ID, dan lain sebagainya. Setiap ekstensi itu unik dan hadir dengan berbagai kelebihan. Akan tetapi, bukan berarti semua ekstensi itu cocok untuk bisnis kamu.

Sebagai pebisnis yang memilih Indonesia sebagai target pasar, kamu pasti membutuhkan domain yang tepat. Mengapa tidak mencoba domain ID? Berikut adalah beberapa alasan memilih domain ID yang bisa membantu suksesnya sebuah brand.

ccTLD Diutamakan Dalam Pencarian Lokal

alasan memilih domain ID adalah karena ccLTD mudah ditemukan dalam pencarian lokal
Salah satu alasan memilih domain ID adalah ccTLD diutamakan dalam hasil pencarian lokal (sumber: flickr – LuvBeing World Technology)

ID merupakan ccTLD dan bisa membantu website mendapatkan ranking yang lebih tinggi di mesin pencari. Hal tersebut dikarenakan website menggunakan IP lokal. Jika kamu mengincar traffic di negara Indonesia, maka kamu memiliki alasan memilih domain ID yang tepat. 

Dengan begitu, mesin pencari seperti Google akan menganggap website kamu lebih relevan dibandingkan dengan website yang menggunakan ekstensi lain.

Akses yang Cepat

Domain name server atau DNS berasal dari Indonesia sehingga akses website akan semakin cepat. Halam akan lebih cepat terbuka jika diakses dari perangkat mobile atau desktop yang mengaksesnya dari Indonesia. 

Kecepatan website akan berpengaruh pada pengalaman pengunjung dan SEO website milikmu. Ini tentunya menjadi salah satu kelebihan domain ID yang bisa kamu gunakan sebagai alasan menggunakan ekstensi domain ini untuk kesuksesan brand.

Pilihan yang Beragam

Beragam pilihan domain ID
Domain ID menawarkan beragam pilihan ekstensi domain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan (sumber: PANDI)

Alasan memilih domain ID yang selanjutnya adalah beragam pilihan untuk website yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan brand atau bisnis. Berikut adalah opsi ekstensi domain ID yang bisa kamu pertimbangkan untuk website bisnis yang sedang kamu jalankan.

ID

Domain ID adalah ekstensi yang bisa dibeli dan digunakan oleh siapa saja baik individu maupun perusahaan atau organisasi. Penggunaan ekstensi ini tidak terbatas hanya untuk warga negara Indonesia saja karena warga negara asing juga bisa menggunakannya.

CO.ID

Domain CO.ID termasuk sebagai salah satu ekstensi yang populer dan banyak digunakan terutama oleh bidang usaha yang memiliki legalitas hukum dan bergerak di Indonesia.

AC.ID

Beragamnya pilihan ekstensi domain ID memungkinkan organisasi menggunakan domain AC.ID. Akan tetapi, ekstensi satu ini dikhususkan untuk perguruan tinggi yang resmi terdaftar pada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Agama, atau kementerian lain.

OR.ID

Organisasi, komunitas, atau yayasan bisa menggunakan domain OR.ID apabila mereka bisa memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. 

SCH.ID

Sch merupakan singkatan dari school yang berarti bahwa ekstensi ini diperuntukkan bagi sekolah atau lembaga pendidikan formal dari mulai TK hingga tingkat SMA. Lembaga pendidikan non-formal yang disahkan oleh SKPD atau satuan kerja perangkat daerah masing-masing wilayah juga bisa menggunakan domain SCH.ID.

MY.ID

Ekstensi my banyak digunakan oleh individu untuk kepentingan pribadi seperti blog. Jika kamu ingin memiliki blog, maka tidak ada salahnya memilih my sebagai ekstensi domain.

WEB.ID

Ekstensi domain yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai jenis website. Karena pendaftarannya yang cukup mudah, banyak individu maupun institusi yang memilih ekstensi ini.

BIZ.ID

Domain dengan ekstensi BIZ.ID bisa menjadi pilihan mereka yang ingin membangun website dengan skala kecil seperti usaha dagang atau usaha mikro kecil menengah (UMKM).

NET.ID

Ekstensi domain ini khusus untuk perusahaan yang bergerak di bidang layanan telekomunikasi dan internet. Sehingga tidak semua perusahaan bisa menggunakannya.

GO.ID

GO.ID merupakan ekstensi yang diperuntukkan bagi website pemerintahan. Dengan kata lain, ekstensi ini tidak bisa digunakan secara sembarangan terlebih oleh pengguna reguler. 

PONPES.ID

Jika dilihat dari namanya, kita bisa menyimpulkan bahwa PONPES.ID adalah ekstensi domain untuk pondok pesantren yang hendak membuat website.

Baca Juga  Cara mengetahui Domain & Hosting yang tepat untuk sebuah website

DESA.ID

Saat ini, website juga menjadi kebutuhan bagi setiap desa. Desa yang ingin membangun situs web bisa memilih ekstensi domain satu ini. 

MIL.ID

Jenis ekstensi domain ID yang terakhir adalah MIL.ID yaitu ekstensi untuk berbagai kebutuhan website militer seperti TNI, TNI AD, TNI AU, dan militer lainnya.

Website Lebih Terpercaya

Karena target konsumen kamu adalah orang Indonesia, maka penggunaan domain ID sangatlah tepat. Ini juga akan membuat website lebih terpercaya, di mana pengunjung akan merasa aman karena saat mengunjungi website yang memiliki kode negara tempat mereka tinggal. 

Website dengan domain ID biasanya menggunakan bahasa Indonesia sehingga pengunjung akan bisa memahami keseluruhan konten pada situs tersebut. Alhasil, mereka akan semakin merasa nyaman dan kemudian memilih produk atau jasa yang mereka cari. 

Kepercayaan pada website bisa menguntungkan brand sehingga para pengunjung akan semakin ingat dengan nama brand atau website yang kamu kelola.

Pelanggan Lebih Setia

Saat melakukan bisnis terutama secara online, ada begitu banyak kompetitor di luar sana. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan pelanggan. 

Pelanggan yang sudah merasa nyaman dan percaya pada kredibilitas bisnis kamu akan selalu memilih bisnis kamu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hasilnya, mereka akan menjadi pelanggan setia terlebih dengan kualitas produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Penggunaan yang Lebih Aman

Domain ID sepenuhnya diotorisasi di Indonesia. Apabila pemilik website melakukan tindak pidana atau kejahatan siber, negara akan berperan aktif membantu menanganinya. 

Selain itu, persyaratan mendapatkan domain ID biasanya memerlukan KTP atau dokumen legalitas lain sehingga akan aman. 

Banyak Kesempatan dalam Hal Ketersediaan Nama

Kamu sudah menemukan nama domain yang bagus serta bisa merepresentasikan bisnis. Sayangnya, nama domain tersebut mungkin sudah digunakan oleh pengguna lain sehingga kamu harus mencari solusinya. 

Nama domain yang unik, pendek, dan ramah SEO (Search Engine Optimization) biasanya sudah tidak tersedia dalam ekstensi COM.

Ini mungkin akan menambah daftar alasan memilih domain ID. Kesempatan terbuka besar dalam memilih nama domain yang menggunakan ccTLD sebagai ekstensi. 

Mudah Menentukan Target Pasar

Umumnya, bisnis yang dijalankan di Indonesia memilih negara ini sebagai target pasar. Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika bisnis kamu kelak akan mengembangkan sayap dan ingin menarik pelanggan di negara lain. 

Penggunaan ccTLD memungkinkan kamu membuat website tanpa harus berada di negara tersebut. 

Untuk kali pertama dalam menjalankan bisnis, kamu sudah menargetkan konsumen Indonesia sebagai pangsa pasar. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan domain dengan ekstensi ID, bukan?

Harga Lebih Terjangkau

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu kalau domain ID bisa didaftarkan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan sebelumnya. Sehingga semua orang bisa memilikinya untuk berbagai keperluan baik untuk website pribadi maupun website bisnis atau profesional.

Lebih Menunjukkan Nasionalisme

Berjiwa bisnis bukan berarti kamu melupakan jati diri dan identitas kamu sebagai warga Negara Indonesia, bukan? Penggunaan domain ID bisa menunjukkan nasionalisme kamu dan memberitahukan para pengunjung bahwa bisnis kamu berlokasi di Indonesia. 

Hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan dan kepercayaan calon pembeli, konsumen, atau klien.

Kesimpulan

Jika sudah memiliki alasan memilih domain ID yang cukup, kamu bisa segera mencari nama domain yang bisa menjadi identitas bisnis. Tetapi, kamu juga harus sadar bahwa website tidak hanya membutuhkan domain tetapi juga hosting.

Jika kamu fokus pada penggunaan hosting Indonesia, Exabytes bisa memberikan solusi untuk kebutuhan tersebut. Kamu bahkan bisa membeli domain dan hosting sekaligus tanpa harus menghabis lebih banyak waktu dan tenaga untuk mencari penyedia lain.

Jadi, tunggu apalagi? Cari nama domain dan beli domain sekaligus dengan hosting dari penyedia terpercaya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments