8 Alasan Membuat WordPress Sebelum 2020 Berakhir

264
alasan membuat wordpress
8 min read

Hi Exabytes Friends! Di tahun 2020 yang penuh dengan lika-liku dan segala dramanya, mimin rasa memilih memiliki sebuah website merupakan hal yang tepat bagi hampir semua orang. Hal ini dikarenakan setiap orang pasti mengakses internet dan juga mengunjungi website untuk mencari informasi atau kebutuhan yang diinginkan, bukan?

Nah, website sendiri dalam pembuatannya tentu membutuhkan tool agar sebuah website yang diinginkan tercipta dengan sedemikian rupa sesuai dengan keinginan sang pengguna. Oleh karena itu, saking banyaknya tool yang dapat digunakan untuk membuat website, kamu pasti merasa bingung untuk memilih tool seperti apa yang paling tepat untuk digunakan. 

Hingga saat ini, WordPress masih menjadi salah satu tool pembuat website terbaik lho guys! CMS (Content Management System) ini menjadi rumah bagi beberapa website yang tersebar di internet. Lalu, kira-kira apa aja sih kelebihan platform ini? Dan mengapa kamu masih direkomendasikan untuk memiliki WordPress sebelum 2020 berakhir? 

Melalui artikel kali ini, mimin akan memberi pengetahuan dan menjelaskan kenapa kamu masih direkomendasikan untuk memiliki WordPress sebelum tahun 2020 berakhir. Simak baik-baik ya, guys! 

Tunggu dulu, sebelum membahas lebih jauh tentang alasan kenapa kamu harus membuat WordPress, kamu sendiri udah tau belum sih WordPress itu apa? Kalau kamu jawab seperti “Sering dengar min, tapi nggak paham sebenarnya WordPress itu apa,” sebaiknya yuk pahami terlebih dulu apa itu WordPress! 

Apa sih WordPress itu? 

WordPress

WordPress adalah sistem manajemen konten atau yang biasa disebut dengan CMS yang dapat kamu gunakan untuk membuat dan mengelola sebuah website. Dengan platform seperti ini, kamu dapat kapan saja mengubah dan menerbitkan konten yang kamu inginkan tanpa menerapkan barisan kode atau coding. 

Karena salah satu alasan tersebut WordPress sangat bagus bagi pemula, bahkan untuk pengguna yang berpengalaman. Nah, salah satu kelebihan yang mau mimin bocorin adalah kamu dapat menggunakan untuk membuat website dari awal atau memindahkan website yang telah kamu miliki ke WordPress.

Setelah membaca di atas apakah kamu mulai tertarik dengan WordPress? Eits, nanti dulu.. kamu masih harus membaca apa alasan kamu harus membuat platform ini karena mimin yakin kamu akan langsung berfikir kamu ketinggalan trend 2020 karena belum punya WordPress! 

8 Alasan Kenapa Kamu Wajib Membuat WordPress! 

Berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus membuat WordPress sendiri sebelum 2020 berakhir

WordPress merupakan platform gratis dan open source 

WordPress merupakan salah satu perangkat lunak dengan open source. Apa sih artinya open source itu? Artinya, source code dari platform ini tersedia untuk siapapun. Semua orang di dunia dapat memodifikasi, mempelajari, dan mencoba mengulik platform yang dapat menyesuaikan kebutuhan pengguna.

Baca Juga  Rekomendasi 15 Sidebar WordPress Untuk Meningkatkan Konversi Website Kamu

Mereka memiliki kesempatan besar untuk ikut serta berkontribusi untuk melaporkan bug dan membetulkan kendala serta permasalahannya jika mereka mau. FYI, WordPress sendiri memiliki komunitas aktif yang bekerja keras dalam mengembangkan WordPress ini menjadi lebih baik dalam setiap peluncuran barunya. 

Instalasi yang super mudah

website

WordPress sangat ramah untuk digunakan oleh newbie atau pemula. WordPress terkenal akan ‘five-minute-installation-wizard’ nya nih guys! Mudah banget untuk melakukan instalasinya nih.

Pengaturan WordPress dibuat begitu mudah sehingga nggak diperlukan kemampuan teknis yang terbilang ekspertise. Terlebih lagi dengan menggunakan layanan provider hosting, penggunaannya akan terbilang semakin mudah dan platform kamu bisa bekerja secara optimal. 

WordPress sangat serbaguna

WordPress serbaguna

Guys, walaupun awalnya WordPress diciptakan untuk platform blogging, hal ini telah berevolusi lho sekarang. Kamu dibebaskan untuk membuat website apa saja dengan menggunakan CMS ini.

Entah itu website eCommerce, website toko online, website pendidikan, website kesehatan, portofolio, situs berita dan lain-lain. Jadi, kamu nggak usah takut lagi dengan stigma “WordPress hanya untuk blogger” ya! Kini kehadiran WordPress telah terbukti dapat digunakan di berbagai bidang.  

WordPress memiliki komunitas yang luas 

ilustrasi

Balik ke point pertama tadi, WordPress itu punya komunitas yang luas banget. Nah guys, bagi kebanyakan pengguna WordPress, komunitas yang luas yang dimiliki oleh WordPress merupakan sebuah keuntungan. Untuk mendapatkan rekomendasi seperti penambahan fitur baru atau ingin mencari ide dari orang lain yang ahli tentang WordPress, kamu pasti akan selalu menemukan seseorang di komunitas WordPress yang dengan senantiasa mau membantumu. 

Di komunitas ini, kamu pun bisa bertanya atau berkonsultasi langsung dengan para expert website atau developer. Selain itu, kamu bisa juga ikut mengembangkan fitur yang dibutuhkan di platform ini, misalnya plugin. Dan tak ketinggalan, di WordPress juga sering mengadakan event komunitas lho dimana kamu bisa bertemu langsung dan sharing knowledge bareng.

Mudah disesuaikan dengan plugin dan tema

Ilustrasi WordPress

Kustomisasi atau penggunaan yang mudah adalah salah satu alasan utama mengapa orang menggunakan WordPress. WordPress memiliki lebih dari 54.000 plugin. Plugin sendiri adalah ekstensi kode yang dapat kamu peroleh di WordPress untuk meningkatkan fungsionalitas dan kemampuan website yang kamu miliki.

Dengan adanya plugin, tugas kamu akan terasa lebih mudah karena kamu nggak perlu lagi memiliki keterampilan teknis untuk menginstall plugin. Tema sangat berguna untuk menyesuaikan tampilan website kamu. Kamu dapat memilih tema yang disukai dan mengeditnya sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Menginstal tema maupun plugin sangatlah mudah lho~ nih mimin kasih tau ya! Untuk menginstal plugin: Akses Dashboard > Plugin > Add New. Pilih satu plugin, klik install, dan activate. Untuk menginstal tema: Akses Dashboard > Appearance > Themes. Pilih sebuah tema, klik install, dan activate. Hal ini terbilang sangat mudah untuk diterapkan bukan? 

WordPress merupakan CMS yang SEO friendly

WordPress itu SEO Friendly

Siapa sih yang nggak ingin websitenya muncul di halaman pertama mesin pencarian? Jika kamu ingin mendapat peringkat atau rating yang tinggi dan baik di search engine, sudah dapat dipastikan kamu juga harus menjaga SEO di website yang kamu miliki.

Baca Juga  Pengertian WordPress Hosting Beserta Kelebihannya (Lengkap)

Seperti yang sudah mimin jelaskan di atas, WordPress sendiri adalah CMS atau sistem manajemen konten yang paling banyak digunakan dalam membuat website. Selain itu, menawarkan berbagai fitur dan plugin untuk membantu kamu meningkatkan traffic SEO pada websitemu. Mengabaikan dan mengesampingkan sebuah SEO akan berakibat fatal karena dapat menghasilkan lalu lintas yang rendah pada sebuah website. Hal ini berlaku di semua jenis ya guys! Baik kamu menjalankan sebuah blog atau bisnis, tujuanmu harus selalu menjangkau sebanyak mungkin orang. 

Banyak sekali SEO Tools yang dapat kamu gunakan untuk WordPress. Ada Yoast SEO, SEM Rush dan masih banyak lainnya yang bisa kamu baca selengkapnya di artikel ini ya.

Keamanan yang dimiliki WordPress sangat kuat dan terjamin 

Keamanan sebuah website sangatlah penting. Jika kamu memiliki sebuah rumah, tentu kamu nggak mau dong rumah yang kamu tempati dirampok oleh penjahat. Hal tersebut juga berlaku pada sebuah website. Semua pengguna website memiliki alasan yang serupa untuk menjaga website mereka tetap aman.

WordPress adalah salah satu platform yang sangat mempertimbangkan sistem keamanannya. Satu hal yang perlu kamu ketahui adalah jika kamu memiliki WordPress, memperbaharui WordPress secara rutin merupakan hal yang baik dan sangat disarankan untuk dilakukan. Kenapa seperti itu? Karena dengan begitu keamanan platform akan terus diupdate, sehingga tingkat keamanan bertambah dari versi yang lama. Tak hanya soal keamanan saja tetapi dengan kita melakukan update, fitur dan fungsionalitas pun juga bertambah. 

WordPress mendukung berbagai jenis media

WordPress di handphone

Tenang saja, platform ini mendukung file media seperti .jpg, .png, .gif .mp3, .mp4, .pdf, .doc, dan masih banyak lagi. Kamu dapat mengunggah hampir semua hal menggunakan pengunggah media bawaannya. WordPress sendiri juga mendukung Embed seperti penyematan YouTube. Jika kamu ingin menyematkan video YouTube ke postinganmu, kamu cukup mengklik tombol + pada blok tertentu, lalu pilih menu sematan dan bisa langsung masukkan tautan. Cukup mudah bukan?

Nah Exabytes Friends, meskipun WordPress gratis dan open source, platform ini menawarkan banyak sekali manfaat dan kelebihan. Kamu yang baru mau coba untuk menggunakan platform akan sangat menikmati instalasi yang mudah dengan keamanan yang hebat dan menjanjikan.

Dengan WordPress, kamu dapat membuat website apapun dari toko online hingga halaman resmi pemerintahan. Dan terakhir, mimin mau ingetin untuk kamu yang baru saja ingin memulai membuat WordPress, platform ini menyediakan banyak koleksi plugin guna meningkatkan profesionalitas website yang kamu miliki. 

Untuk mendukung WordPress milikmu, kamu perlu menggunakan hosting. Hosting memiliki banyak keuntungan untuk menunjang website kamu seperti memiliki source besar untuk menyimpan data-data penting, membuat performa website optimal dan menjaga serta meningkatkan keamanan. Exabytes menyediakan WordPress Hosting yang berkualitas dengan harga yang terjangkau yang bisa memenuhi kebutuhanmu. Segera kunjungi Exabytes.

Buat kamu yang ingin menginstall WordPress, mudah banget lho. Kamu bisa membaca di artikel ini ya. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, teman-teman.

Credits : Aisya Damayanti Sumarno

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak