Rebut Pelanggan dengan Strategi Marketing Terbaik Tahun 2020

217
Strategi Marketing Terbaik
8 min read

Tahun 2020 merupakan tahun dimana semua orang berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari lebih keras dibanding tahun-tahun sebelumnya. Salah satu alasan hal tersebut bisa terjadi karena adanya pandemi di awal tahun 2020 yang terjadi hingga saat ini. 

Meski saat ini kondisi sudah berada di tahap new normal, namun tetap saja dampak yang terjadi pada keproduktifitasan bidang bisnis belum kembali ke titik normal. Hal ini tentu saja mempengaruhi strategi marketing yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis lho.

Pelaku bisnis harus memutar otak 180 derajat untuk dapat menerapkan strategi marketing yang tepat sasaran dimana strategi marketing yang dilakukan di tahun ini sudah pasti berbeda dengan strategi marketing yang dilakukan di tahun sebelumnya. 

Marketing Strategy

Jika kamu salah satu pelaku bisnis yang masih mengeluh karena kebingungan harus menggunakan strategi marketing seperti apa untuk menarik perhatian pelangganmu, kamu wajib banget baca artikel ini sampai habis.

Berikut adalah 8 strategi marketing terbaik tahun 2020 yang efektif dan bisa kamu terapkan mulai sekarang.

Pahami Perilaku dan Persepsi Konsumen 

Mungkin di poin yang satu ini kamu sudah sangat awam dan sering ditemukan ketika kamu membaca artikel tentang strategi marketing. Namun perilaku dan persepsi konsumen merupakan hal yang dapat berubah kapan saja. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, perilaku dan persepsi konsumen nggak mungkin sama dengan perilaku dan persepsi mereka sebelum adanya pandemi ini. 

Mungkin sebelum pandemi mereka suka dengan hal A, namun saat pandemi datang mereka tidak lagi menyukai hal tersebut. Hal ini nggak hanya perlu dipelajari saat keadaan genting seperti ini saja lho guys. Kamu juga harus mempelajarinya seiring berjalannya waktu.

Karena seperti yang mimin tulis diatas, perilaku dan persepsi konsumen akan selalu berubah seiring dengan berjalannya waktu. Untuk mengetahui perilaku konsumen atau consumer behavior bisa membaca artikel ini ya.

Disamping Berjualan, Tunjukkan Juga Support Kepada Konsumen

Sebagai seorang pemilik bisnis di tengah pandemi seperti ini, pertanyaan mendasar yang biasanya ada di dalam kepala adalah “bagaimana ya caranya agar dapat menjual produk lebih banyak?”.

Namun alih-alih memikirkan bagaimana cara menjual produk dengan jumlah yang terus bertambah banyak setiap harinya, cobalah pikirkan hal-hal seperti “bagaimana bisnis yang saya miliki dapat mendukung pelanggan di tengah krisis virus Corona ini?”.

Pada kenyataannya, jika kamu hanya fokus pada keuntungan di keadaan seperti ini belum tentu hal tersebut akan memberikan keuntungan pada bisnis yang kamu miliki. Cobalah tawarkan produk atau layanan yang kamu jual kepada orang yang benar-benar sedang membutuhkan produk atau layanan tersebut. 

Atau kamu bisa melakukan support dalam bentuk yang lain misalnya memberikan free gift seperti masker dan hand sanitizer kepada konsumenmu yang membeli produkmu. Hal ini pastinya membuat konsumen menganggap kita pengertian terhadap situasi saat ini.

Baca Juga  10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

Miliki Aplikasi dan Tingkatkan Konten Online

Jika bisnismu memiliki sebuah aplikasi, kamu dapat memanfaatkan hal tersebut dengan memaksimalkan fitur dari aplikasi yang kamu miliki. Misalnya mulai dari membuat aplikasi dan menampilkan informasi seputar produk atau jasa yang kamu berikan.

Setelah itu, kamu juga dapat memasukkan konten yang telah kamu buat ke dalam aplikasi tersebut. Tentunya dengan mencari topik yang relevan dengan bidang bisnis yang sedang kamu jalani. 

Gunakan Topik dan Kata Kunci Untuk Penargetan Yang Tepat

Kata Kunci yang tepat untuk strategi marketing terbaik

Ketika kamu memiliki bisnis, tentu saja kamu punya target audiens untuk sasaran bisnismu. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan strategi marketing agar tepat sasaran ke audiens kamu. Salah satunya adalah menggunakan topik terkini dan kata kunci yang yang tepat.

Kita bisa ambil contoh misalnya pandemi atau virus corona. Pandemi yang sedang terjadi saat ini adalah salah satu berita besar yang sedang happening. Wajar jika setiap orang membicarakannya. Bahkan pelanggan mulai mencari sendiri apa itu pandemi kemudian mempelajarinya dan dengan begitu mereka akan membeli produk sesuai dengan kebutuhan untuk beberapa minggu kedepan agar melindungi diri dari penularan. 

Hal ini menghadirkan peluang bagi beberapa sektor bisnis seperti layanan kesehatan, produk medis, makanan dan minuman serta kebutuhan lainnya. Dengan menggunakan alat yang tepat sasaran, kamu dapat menganalisis data online untuk mengidentifikasi siapa yang membaca konten tentang Virus Corona, pandemi dan jenis konten apa yang mereka baca. 

Setelah itu, kamu dapat mengelompokkan topik atau kata kunci yang mereka minati agar bisnis kamu dapat memberikan konten yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mereka saat ini.

Pastikan Keamanan Produkmu Diperlihatkan saat Promosi Penjualan 

Memperlihatkan keamanan produk

Nah hal yang satu ini cukup penting nih guys! Kamu harus dan diwajibkan untuk memberikan perhatian lebih terhadap segala promosi ataupun penjualan yang sedang kamu tawarkan. Hindari segala hal negatif yang terksesan dapat merusak produk bisnis yang kamu miliki. 

Kamu dapat melakukannya dengan menunjukkan video kepada calon konsumenmu tentang bagaimana keamanan dan jaminan produk telah dipacking atau dibungkus. Ditengah pandemi seperti ini, dengan kamu menunjukan video seperti itu, kepercayaan konsumen akan meningkat karena kamu memang memperhatikan keamanan produk agar tidak terjadi apapun serta meminimalisir penularan virus yang sedang terjadi saat ini.

Melakukan Komunikasi dengan Konsumen di Berbagai Media 

Melakukan komunikasi dengan konsumen

Jika bisnis yang kamu miliki saat ini mempunyai permintaan tinggi untuk produk tertentu tetapi bisnis sulit mendapat stok karena penutupan produksi sementara, keterlambatan logistik atau masalah lainnya. Kamu bisa banget nih menginformasikan hal-hal tersebut kepada pelangganmu. Berikan informasi tentang perkiraan waktu pengiriman, beri alasan kenapa produk sampai lebih lambat dari biasanya dan beri tahu kendala yang kamu alami agar mereka dapat kepastian.

Kamu dapat menginformasikan dan menjawab segala keluhan pelanggan di berbagai platform informasi. Baik itu melalui website, email, media sosial, push notification maupun pesan dalam aplikasi. Pendekatan semacam ini akan membuat pelanggan tetap bertahan pada bisnis yang sedang kamu jalani.

Targetkan Pelanggan Setia 

Alih-alih kamu berupaya mendapat pelanggan baru, bisnis lebih baik semakin berfokus pada pelanggan yang pernah bertransaksi dengan bisnis yang sedang kamu jalani. Pelanggan setia kamu pasti sudah percaya pada produk yang kamu hasilkan dan mereka akan terus setia meskipun ada sedikit kendala. Persediaan stok yang cepat habis dan keterlambatan pengiriman akan lebih dimengerti oleh pelanggan lama dalam menantikan produk UKM yang kamu miliki.

Baca Juga  9 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet di Tahun 2020

Fokuskan ke Toko Online

Fokus ke toko online

Physical distancing yang saat ini diterapkan membuat orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Selama itu, mereka mengandalkan online shop untuk berbelanja berbagai kebutuhan. Baik itu untuk kebutuhan pokok maupun kebutuhan sekunder. Tren ini mungkin nggak akan banyak berubah selama era new normal ini lho.

Physical distancing mungkin akan tetap diterapkan oleh orang-orang meski aturan pembatasan sosial telah diangkat. Dengan demikian, mereka masih akan tetap mengandalkan online shop untuk mengurangi interaksi sosial secara langsung. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membuat toko online.

Kamu bisa banget nih guys mengandalkan platform e-commerce, media sosial, atau membuat website tersendiri sebagai toko onlinemu. Masing-masing platform memiliki keunggulan dan kelebihannya masing-masing.

Misalnya, platform e-commerce memberikan kemudahan ekstra karena kamu nggak perlu lagi repot-repot membuat toko online sendiri. Platform media sosial sendiri memungkinkan kamu untuk langsung menargetkan produk ke target pasarmu. Sedangkan toko online menciptakan pengalaman belanja yang lebih premium bagi pembeli. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika membuat website untuk bisnis online lho.

Dalam menentukan platform apa yang tepat untuk bisnismu, hal tersebut kembali lagi pada kebutuhan, sumber daya yang kamu miliki untuk saat ini, produk yang dijual, dan siapa target pasarmu. 

Bila kamu ingin menjangkau calon konsumen potensial yang lebih luas, mudah memonitor pelanggan serta rekapan penjualanmu hingga bisnis menjadi profesional, jawabannya adalah website. Jika kamu bingung bagaimana membuat website, kamu bisa mengunjungi Exabytes Indonesia karena kami siap membantu kesuksesanmu dalam membuat website untuk toko onlinemu. Kamu bisa menggunakan paket Grow Pro yang cocok banget untuk UMKM yang ingin go online atau membuat toko online sendiri.

Itu dia 8 strategi marketing terbaik di tahun yang penuh tantangan ini, yaitu tahun 2020. Kini kamu sebagai pelaku bisnis dituntut untuk jadi lebih peka, proaktif, dan cekatan dalam merespon perubahan yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Tentunya hal ini adalah tantangan yang sama sekali nggak mudah. Terlebih lagi kamu juga harus memikirkan operasional bisnis yang seringnya menyita waktu, tenaga, dan pikiran.

Tetapi dengan kita menyiapkan serta menerapkan strategi marketing yang ada, kesuksesan pun akan terasa ke depannya. Meskipun pasti ada trial error tetapi jangan patah semangat ya, friends.

MarketingFest

Oh ya, untuk mengetahui strategi marketing lainnya kamu juga bisa mengikuti event MarketingFest yang akan hadir pada 19 November mendatang. Akan banyak pembicara andal dan berkompeten yang akan membagikan tips, tren dan strategi marketing terutama untuk di tahun 2021 mendatang. Menarik banget kan? Jadi jangan dilewatkan ya, segera daftar sekarang.

Semoga 8 strategi marketing di atas bermanfaat dan dapat kamu terapkan ya guys! Good luck

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak