Mengenal Malware Lebih Detail dan Bagaimana Cara Mengatasinya

103
10 min read

Saat ini semua pekerjaan dan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari tentunya tidak terlepas dari internet. Jaringan internet ini tentunya mudah sekali untuk dapat diakses oleh semua orang. Kita sebagai pengguna internet yang sering kali menggunakan internet dan situs web harus terus berhati-hati ketika berselancar di internet, terutama terhadap malware yang cukup membahayakan, terlebih lagi jika kamu menyimpan data penting kamu di internet.

Maka dari itu, di artikel kali ini, kita akan mencoba mengulik lebih dekat apa sih malware itu, bagaimana cara kerjanya dan tentunya tidak lupa cara untuk mengatasinya agar kita semua dapat terhindar dari kejahatan yang ada di internet.

Apa itu Malware?

Mengenal Malware Lebih Detail dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Malware itu apa sih? Banyak orang yang masih belum begitu mengerti jelas apa sih malware itu. Nah, malware sendiri adalah nama dari kumpulan dari beberapa perangkat lunak yang dibuat tujuannya untuk merusak perangkat, mencuri data dan menyebabkan chaos. Contoh terseringnya yaitu Virus, Trojan dan juga Spyware.

Jadi, pada dasarnya malware adalah sebuah program software, namun perbedaan dengan program komputer pada umumnya adalah bahwa program ini dibuat dengan tujuan jahat. Malware ini menjadi sebuah program yang sangat berbahaya dan tidak diinginkan, program ini dapat merusak sistem di komputer, menghambat akses internet dan juga bisa sampai mencuri data diri, informasi sensitif kita seperti password dan terlebih nomor kartu kredit kita.

Umumnya, malware dibuat oleh seorang atau sekumpulan hackers yang bertujuan untuk mendapatkan profit dari malware tersebut dengan cara menjualnya di dark web dengan harga lelang tertinggi, guys. Tapi, banyak juga alasan lain mengapa malware ini diciptakan, alat ini bisa menjadi sebuah alat untuk demo dan protes kepada pemerintah maupun alat untuk memeriksa keamanan sebuah sistem.

Jenis-Jenis Malware

Mengenal Malware Lebih Detail dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Nah, malware sendiri banyak sekali jenisnya, mungkin beberapa kita sudah familiar dengan malware yang ada di luaran sana. Berikut kita sudah rangkum beberapa malware yang sangat umum dan pengertian lengkapnya!

Virus

Malware umum pertama adalah Virus. Virus di komputer adalah salah satu jenis malware yang mempunyai kemampuan untuk memanipulasi data, ia juga bisa dengan mudahnya menginfeksi, mengubah bahkan merusak suatu program di komputer kita. Virus ini dapat menyalin dirinya sendiri dan juga menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ini ke suatu program dan dokumen lain di sistem komputer kita. Efek negatif dari virus ini sendiri di komputer dapat membuat sumber daya pada komputer menjadi berkurang secara signifikan. Virus yang ganas bahkan akan sampai merusak hardware loh.

Worms

Worms adalah salah satu jenis malware di sebuah program komputer yang juga bisa menggandakan dirinya secara sendiri di dalam sistem komputer. Nah, worms ini menggandakan dirinya dengan cara memanfaatkan berbagai jaringan, seperti internet, LAN. Menggandakan ini tak perlu campur tangan dari pengguna sendiri, dan worms ini akan menyebar dengan cepat pada berbagai jaringan komputer ini melalui sebuah port keamanan yang terbuka.

Worms sendiri merupakan virus komputer yang tidak terlalu berbahaya, namun ia akan membuat penyimpanan di komputer kita akan sangat cepat penuh apabila dibiarkan terus menerus. Virus ini menggandakan dirinya sendiri dengan cepat, dapat membuat file acak tak berguna pada komputer. Nah, hal inilah yang menyebabkan ruang penyimpanan komputer kita akan penuh dengan worms ini.

Virus komputer memang dapat menginfeksi dokumen yang ada di dalam sebuah sistem komputer, tetapi worms dapat melakukannya dengan lebih baik. Selain dapat menyebar dalam sebuah sistem, worms ini juga dapat menyebar ke banyak sistem melalui jaringan yang terhubung dengan sistem yang terinfeksi. Beberapa worm, juga dapat mencakup kode-kode virus yang dapat merusak berkas, mencuri dokumen, e-mail, atau melakukan hal lainnya yang merusak, atau hanya menjadikan sistem terinfeksi tidak berguna.

Baca Juga  8 Kesalahan Landing Page yang Menyebabkan Tingkat Konversi Rendah

Spyware

Selanjutnya adalah Spyware, diambil dari kata Spy (mata-mata) dalam Bahasa inggris, program ini juga bertindak sebagai mata-mata atau penyusup ke perangkat komputer kamu untuk mengetahui kebiasaan kamu di komputer dan mencuri informasi penting kamu dan juga data penggunaan internet kamu. Selain itu, spyware ini akan mengumpulkan semua informasi ini dan mengirimkannya ke pihak lain, seperti kepada perusahaan data atau pengiklan. Nah, siapa sih yang memasang Spyware ini? Spyware ini sendiri biasa dipasang oleh pihak yang memasang Ads. Tujuan dibentuknya ini sangat banyak, biasanya untuk melacak dan menjual data penggunaan internet kamu untuk menangkap informasi rekening bank, kartu kredit dan juga identitas pribadi kamu. Ia memonitor aktivitas internet kamu, melacak informasi login kamu dan tidak lupa kata sandi kamu.

Beberapa jenis spyware dapat menginstal software tambahan dan mengubah pengaturan pada perangkat kamu loh, jadi penting banget buat menggunakan password kamu selalu aman dan selalu update perangkat kamu.

Trojan

Salah satu program yang menyamar sebagai software yang terlihat sah, kemudian ia memfasilitasi program lain seperti virus, spyware untuk masuk ke dalam komputer kita. Contoh mudahnya, Trojan terlihat seperti Java atau Flash Player saat di-download. Malware Trojan ini dikendalikan oleh pihak ketiga dan banyak digunakan juga sama seperti malware lainnya, untuk mengakses informasi penting kita, seperti nomor kredit kita. Trojan ini juga mempunyai kemampuan yang sangat baik dan sulit untuk dilacak dan seakan-akan baik untuk komputer, padahal aslinya akan merusak sistem komputer kita.

Adware

Program ini sama seperti melacak riwayat pencarian kamu dan juga yang kamu download, dengan tujuan untuk memprediksi produk atau layanan apa yang kamu sukai. Diambil dari kata Ads yang berarti iklan, Adware ini cara kerjanya juga dengan menampilkan iklan untuk produk atau layanan yang sering kamu cari atau yang terkait untuk menarik kamu untuk mengklik dan melakukan pembelian. Biasanya program ini sifatnya untuk tujuan promosi. Adware ini selain digunakan untuk tujuan marketing, adware juga dapat memperlambat komputer Anda.

Adware dimasukkan secara diam-diam oleh si pembuat program dengan kemampuan untuk download dan menampilkan iklan secara otomatis tanpa di ketahui oleh usernya. Adware sendiri yang sangat umum adalah yang berbentuk seperti iklan Pop-Up yang ada di suatu situs yang sedang kamu kunjungi.

Rootkit

Rootkit ini juga salah satu bentuk malware lain yang cara kerjanya lumayan mirip dengan malware lain yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu program yang menyusup kedalam sistem komputer, bersembunyi dengan menyamar sebagai bagian dari system, kemudian mengambil alih sistem, dan juga memantau kerja sistemnya. Rootkit ini dapat memberikan akses dan kontrol aktor jarak jauh ke komputer atau sistem lain. Rootkit ini dapat diinstal dalam beberapa cara, termasuk serangan phising yang digunakan untuk mengelabui pengguna agar memberikan izin rootkit untuk diinstal pada sistem komputer kita. Setelah diinstal, rootkit memberikan akses jarak jauh dan kontrol atas hampir setiap aspek sistem operasi (OS). 

Bots

Bots adalah sebuah malware yang bekerja secara otomatis dengan berinteraksi pada jaringan lain. Bots ini memerlukan suatu perintah atau arahan dari pembuat bot ini sendiri agar melakukan apa yang diperintahkan, contohnya seperti mencuri informasi penting atau mengirimkan spam. Bots adalah software yang dibuat untuk melakukan suatu tujuan tertentu, banyak juga tujuan dibuatnya adalah untuk tujuan yang tidak berbahaya, seperti permainan video, kontes online dan hal ini sudah sangat umum. Bot ini tapi digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk tujuan yang jahat seperti mencuri informasi penting seseorang. Namun, banyak juga situs web yang telah melindungi diri dari bot yang beredar di luar sana dengan tes CAPTCHA dan memverifikasi pengguna sebagai human.

Ransomware

Yang terakhir adalah ransomware, yang merupakan suatu jenis perangkat perusak yang dirancang untuk menghalangi akses kepada sistem komputer atau data. Nah, ransomware ini biasanya sih khusus menargetkan perusahaan/korporasi dengan mengkompromikan jaringan yang kemudian mencoba untuk mengenkripsi semua perangkatnya. Ia juga memblokir akses hingga tebusan dibayarkan. Metode pengiriman yang paling umum untuk ransomware adalah dengan mengklik tautan di dalam email atau membuka lampiran jahat. Ransomware biasanya menyebar seperti worms komputer normal berakhir di komputer melalui file yang diunduh atau melalui beberapa kerentanan lain dalam layanan jaringan.

Baca Juga  Apa itu Docker dan Mengapa Docker Sangat Populer? 

Itu berbagai jenis malware yang bisa masuk tanpa kita sadari di dalam komputer kita, keberadaan malware di dalam komputer atau laptop kita pastinya akan memperlambat kinerja komputer, dan juga pasti banyak menimbulkan berbagai masalah. Maka dari itu, setelah mengenal berbagai jenis dan juga arti dari Malware itu sendiri, kita harus segera mencegah datangnya malware ini dari komputer kita. Berikut ada beberapa cara dan tips untuk mencegah masuknya malware di komputer kita, yuk simak bareng-bareng!

Tips mencegah datangnya Malware

Mengenal Malware Lebih Detail dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Cek Program dan Hapus Program Yang Tidak Dikenal

Periksa kembali lagi program file yang kamu install di komputer kamu. Jika kamu menemukan program yang sekiranya asing dan mencurigakan, segera hapus dan uninstall file tersebut. Namun, tentunya kamu harus cek dengan teliti terlebih dahulu apa program dan file yang kamu unduh agar tidak adanya kesalahan install yang dapat merugikan.

Menggunakan Windows Defender

Untuk kamu yang memakai Windows, mungkin sudah tidak asing dengan program keamanan bawaan dari Windows yang biasa disebut Windows Defender ini. Kamu bisa menggunakan program ini untuk menghapus malware di komputer kamu apabila kamu belum memiliki antivirus atau tidak dapat menginstall anti virus. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan Windows Defender ini karena scanning dilakukan dengan mudah, cepat dan juga dilakukan sebelum kamu masuk Windows.

Segera Perbarui Sistem Operasi 

Satu tips yang harus selalu diingat adalah jangan pernah menunda dan mengabaikan pembaruan sistem. Pembaruan sistem operasi ini sering di-update untuk dapat memperbaiki sistem keamanan. Jadi, ketika kita membiarkan program-program itu sendirian, para penjahat di dunia maya ini dapat menemukan jalannya untuk melakukan kejahatan melalui kerentanan ini. Maka dari itu, pastikan untuk software anda diperbarui secara teratur dan jangan mengabaikan pop-up tentang pembaruan software baru.

Reset System / Restore

Windows selain memiliki sistem keamanan (Windows Defender), Windows juga memiliki fitur system restore yang sangat berguna sekali apabila kita memiliki masalah di sistem komputer kita. Dengan system restore ini, kita akan dengan mudahnya mengembalikan sistem komputer kita seperti awal kembali. Namun, banyak juga ditemukan malware di dalam sistem restore ini. Jika kita telah merestore ini, maka file yang dulunya kita simpan akan segera dihapus dan digantikan dengan yang terbaru.

Hapus Temporary Files

Temporary files, seperti cache dan cookies bisa menjadi salah satu tempat pelaku kejahatan untuk mendatangkan malware. Untuk itu, agar hal tersebut dapat dicegah dan tidak terjadi, maka bersihkan semua temporary file di Windows dan juga Browser, termasuk recycle bin kita sendiri. Hapus segala history dan data kita di browser agar tidak mendatangkan kejadian yang tidak diinginkan.

Daftarkan Website dengan Website Security Platform

Seperti yang telah kita ketahui, website setiap hari banyak yang diretas. Salah satu cara terbaik untuk menjaga website kamu untuk aman dari malware, hacker dan ancaman yang terus menerus datang adalah dengan menggunakan Website Security Platform. Kebetulan, Exabytes sendiri mempunyai produk Sucuri yang tentunya akan sangat membantu website kamu agar terhindar dari malware ini. Sucuri memberikan deteksi malware lengkap, pembersihan dan pencegahan apapun jenis infeksi yang dihadapi website kamu loh, info lengkap bisa kamu klik disini.

Sekian adalah tips dan juga cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah datangnya malware di sistem komputer kamu. Setelah mengenal lebih dekat dengan bahaya malware ini, tentunya kita dapat mengatasi dan juga sudah lebih aware dong, maka dari itu kita juga harus tetap waspada ya terhadap kejahatan di internet pada saat ini. Banyak sekali akal dan cara yang akan dilakukan oleh penjahat cyber, namun tentunya semua hal bisa diatasi apabila kita terus berhati-hati dan menggunakan internet dengan cerdas. 

Semoga info diatas akan sangat membantu Exabytes friends, ya!

Credit : Derisna Waisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here