Apa Itu Paid Promote? Definisi, Manfaat, dan Strateginya

1219

Penasaran dengan apa itu paid promote? Istilah ini seringkali didengar atau didapatkan saat seseorang menggunakan media sosial seperti Instagram. Menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif, paid promote cocok untuk siapapun, termasuk kamu yang baru terjun ke dunia bisnis online.

Untuk dapat lebih memahami promosi berbayar atau paid promote, simak artikel satu ini ya!

Sekilas tentang Apa itu Paid Promote

Sekilas tentang Apa itu Paid Promote

Istilah paid promote begitu familiar di era digital sekarang, terutama bagi para pengguna media sosial. Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas memberikan jaminan bahwa orang-orang benar-benar tahu apa itu paid promote, bukan?

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah tahu istilah satu ini bahkan sebelum menjalankan bisnis online?

Promosi berbayar atau paid promote adalah strategi pemasaran di mana bisnis membayar untuk menampilkan iklan atau konten mereka kepada audiens yang lebih luas. Beberapa tujuan dari paid promote adalah untuk meningkatkan visibilitas, menarik lebih banyak perhatian, dan mendorong tindakan spesifik dari audiens target.

Melalui paid promote, audiens diharapkan akan melakukan tindakan tertentu, misalnya membeli produk, mendaftar ke layanan, atau lainnya.

Paid promote dapat dilakukan melalui berbagai platform, termasuk media sosial, mesin pencari Google, serta media tradisional seperti televisi. Salah satu keuntungan utama dari strategi ini adalah kemampuan untuk menargetkan audiens secara spesifik berdasarkan demografi, lokasi geografis, minat, dan perilaku.

Dengan penggunaan teknologi dan data analitik, paid promote memungkinkan bisnis untuk mengukur efektivitas kampanye secara real-time serta menyesuaikan strategi sesuai kebutuhan.

Itulah mengapa paid promote menjadi alat yang sangat efektif dalam mencapai tujuan pemasaran yang lebih luas dan meningkatkan return on investment (ROI).

Manfaat Paid Promote

Manfaat Paid Promote

Apa itu paid promote merupakan strategi pemasaran yang memberikan banyak manfaat bagi siapapun yang menjalankannya dengan benar. Manfaat yang bisa didapatkan di antaranya adalah:

Meningkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Paid promote memungkinkan brand atau produk untuk bisa menjangkau audiens dengan lebih luas dan spesifik melalui konten khusus.

Pastikan konten promosi akan sampai ke target audiens. Hal ini akan berdampak pada peningkatan kesadaran merek secara signifikan.

Mengapa demikian? Konten promosi yang dibagikan akan terlihat oleh banyak audiens, terutama mereka dengan minat yang sama dengan produk yang kamu promosikan.

Membantu Meningkatkan Engagement

Engagement atau interaksi yang meningkat merupakan manfaat lain dari apa itu paid promote. Untuk bisa mendapatkan manfaat satu ini, pastikan kamu memilih strategi promosi yang tepat.

Menjadi Media Promosi yang Efektif

Manfaat lain dari apa itu paid promote yaitu dapat menjadi media promosi yang efektif. Paid promote dinilai memiliki keunggulan karena konten akan menonjolkan produk secara eksplisit. Hal tersebut memungkinkan brand dapat menyampaikan pesan yang mudah dipahami oleh audiens.

Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Paid promote adalah strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan. Yaitu dengan cara memperluas jangkauan bisnis dan menarik audiens yang relevan. Bisnis dapat menjangkau calon pelanggan yang lebih tepat sehingga dapat meningkatkan peluang konversi. 

Dengan visibilitas yang lebih tinggi dan pesan yang disesuaikan, konsumen lebih mungkin melakukan pembelian. 

Strategi Melakukan Paid Promote

Dari penjelasan tentang apa itu paid promote di atas, apakah kamu sudah bisa menemukan strategi tepat untuk dilakukan?

Untuk bisa menjalankan promosi berbayar, sebaiknya bekali diri dan tim dengan beberapa hal berikut:

Buat Tujuan yang Jelas

Berbicara tentang strategi dalam bisnis, termasuk dalam melakukan paid promote, tentu saja bisnis atau brand harus memiliki tujuan yang jelas. Ini berarti, harus ada tujuan yang jelas yang ingin dicapai melalui paid promote.

Nah, kamu bisa memastikan tujuan apa yang ingin dicapai, misalnya meningkatkan brand awareness, penjualan, atau mendapatkan followers media sosial yang lebih banyak.  Tujuan yang jelas membantu dalam menentukan strategi yang sesuai.

Perlu cara membangun brand awareness? Coba perhatikan artikel ini ya!

Identifikasi Target Audiens

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan paid promote adalah mengidentifikasi target audiens. Dengan kata lain, brand atau bisnis harus mengetahui siapa yang akan mereka targetkan sebagai audiens atau calon pelanggan.

Dengan memastikan relevansi audiens dengan brand atau produk, kampanye akan berjalan dengan efektif. Hal tersebut memungkinkan brand atau bisnis dapat mencapai tujuan yang mereka tetapkan.

Kelola Akun Bisnis dengan Baik

Untuk dapat mendapatkan hasil maksimal dari apa itu paid promote, salah satu strategi yang bisa dijalankan adalah memastikan bahwa akun bisnis dikelola dengan baik. Dalam hal ini, kamu harus melengkapi informasi di bagian profil, membagikan konten sesuai brand, dan berinteraksi dengan audiens yang ditargetkan.

Cara-cara tersebut akan membantu mendapatkan kepercayaan yang lebih, sehingga pengguna media sosial akan semakin menyadari keberadaan brand.

Bangun Kerja Sama dengan Pihak yang Tepat

Membangun kerja sama dengan pihak yang tepat merupakan strategi efektif dalam paid promote. Kolaborasi dengan influencer yang memiliki audiens relevan dapat meningkatkan visibilitas dan kredibilitas merek. 

Pilihlah influencer yang sejalan dengan nilai dan target pasar produk kamu untuk mencapai audiens yang tepat. Selain itu, bekerja sama dengan media atau platform yang memiliki basis pengguna besar juga dapat memperluas jangkauan iklan. 

Misalnya, kolaborasi dengan website berita terkemuka atau platform e-commerce terkenal. Kerja sama ini tidak hanya meningkatkan eksposur tetapi juga memperkuat kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Buat Konten Menarik

Sudah tahu kan apa itu paid promote atau promosi berbayar? Strategi seperti apa yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan hasil yang optimal dalam mencapai tujuan?

Membuat konten menarik adalah kunci sukses dalam strategi paid promote. Konten yang menarik dapat berupa visual yang memukau, pesan yang kuat, dan relevan dengan audiens. Gunakan gambar atau video berkualitas tinggi untuk menangkap perhatian. 

Pastikan pesan iklan singkat, jelas, dan menonjolkan nilai unik produk atau layanan. Selain itu, ceritakan kisah yang dapat terhubung dengan emosi audiens, seperti testimoni pelanggan atau kisah sukses. Memanfaatkan elemen interaktif seperti kuis atau survei juga dapat meningkatkan keterlibatan. 

Konten yang menarik tidak hanya mengundang perhatian, tetapi juga mendorong audiens untuk mengambil tindakan yang diinginkan.

Bagikan Konten di Waktu yang Tepat

Berkaitan dengan konten, selain membuat konten yang berkualitas dan menarik, kamu juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membagikannya. Ini tentu menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan setiap kali hendak melakukan paid promote.

Pelajari waktu tayang konten di platform media sosial yang akan kamu gunakan untuk mempromosikan produk atau brand. Mengetahui waktu aktif audiens dapat meningkatkan potensi konten dilihat oleh lebih banyak pengguna.

Oleh sebab itu, lakukan analisis untuk mengetahui waktu aktif audiens di platform media sosial tertentu, misalkan Instagram atau TikTok. Kamu bisa menyesuaikannya dengan platform mana yang akan digunakan untuk pemasaran dan promosi.

Manfaatkan Penggunaan Hashtag

Hashtag membantu konten ditemukan oleh audiens yang lebih luas dan tertarget. Saat menjalankan kampanye berbayar di platform media sosial seperti Instagram, Twitter, atau Facebook, gunakan hashtag yang relevan dan populer terkait dengan produk atau layanan. Hashtag yang tepat tidak hanya meningkatkan visibilitas konten tetapi juga membantu dalam meningkatkan engagement. 

Pastikan untuk melakukan riset hashtag yang sering digunakan oleh audiens target dan yang sedang tren di industri. Dengan strategi hashtag yang efektif, kampanye paid promote dapat mencapai jangkauan yang lebih besar dan meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan.

Setelah mengetahui apa itu paid promote dan manfaatnya untuk bisnis, kamu bisa melakukan strategi satu ini. Tujuannya adalah memastikan bahwa strategi yang dilakukan akan mampu mencapai tujuan yang ada.

Contoh Paid Promote

Contoh paid promote

Apa itu paid promote merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk dapat mempromosikan produk atau brand. Hal tersebut bisa dilakukan hampir di semua channel digital marketing.

Adapun beberapa contoh paid promote di antaranya adalah:

  • Google Ads: mengiklankan produk atau brand di mesin pencari Google dengan menampilkan iklan di hasil pencarian dari kata kunci yang pengguna ketikkan saat melakukan penelusuran
  • Social media ads: Kegiatan promosi yang memanfaatkan platform media sosial untuk mengiklankan produk atau jasa yang akan ditampilkan kepada pengguna media sosial, termasuk di Instagram, Facebook, LinkedIn, dan lainnya
  • Influencer marketing: Pemasaran yang melibatkan influencer dengan pengikut sosial media yang banyak

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang influencer marketing dalam meningkatkan brand awareness, kamu bisa membaca artikel satu ini.

Kesimpulan

Dengan informasi seputar apa itu paid promote, brand atau bisnis dapat memastikan apakah strategi pemasaran satu ini layak untuk dijalankan atau tidak. Melalui penggunaan media sosial, paid promote atau promosi berbayar menawarkan sejumlah manfaat. 

Nah, kamu bisa mendapatkan manfaat menjalankan promosi berbayar apabila melakukannya dengan strategi yang tepat. Mulai dari menentukan tujuan, mengidentifikasi target audiens, hingga memanfaatkan penggunaan hashtag.

Selain menggunakan media sosial, paid promote juga bisa dijalankan melalui mesin pencari, yaitu dengan menjalankan Google Ads. Jasa ini bisa kamu dapatkan dengan menghubungi Exabytes, yang juga menyediakan berbagai layanan digital marketing lain.