Influencer Marketing Untuk Meningkatkan Brand Awareness

0
1719

Digital marketing tampaknya sudah tidak lagi menjadi istilah yang asing di telinga pengguna internet saat ini. Bahkan banyak pengguna media sosial yang begitu familiar dengan influencer, termasuk jumlah pengikut, kegiatan yang dilakukan, serta cara untuk menggunakan jasa mereka.

Hal tersebut sebenarnya bisa menjadi peluang bagi pelaku bisnis online untuk bisa menjalankan pemasaran melalui influencer. Influencer marketing bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Ingin menggunakan influencer marketing untuk meningkatkan awareness suatu brand?

Mengenal Influencer Marketing

mengenal influencer marketing untuk meningkatkan awareness suatu brand
Sumber : flickr

Dengan semakin bertambahnya kebutuhan akan pemasaran secara digital, saat ini makin banyak strategi digital marketing yang tersedia. Jadi, bisnis online memiliki lebih banyak pilihan. 

Salah satunya adalah influencer marketing yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness. Pernah mendengar istilah digital marketing satu ini sebelumnya?

Seperti halnya berbagai jenis marketing lainnya, influencer marketing bisa bisnis gunakan untuk meningkatkan pemasaran terutama di era digital seperti sekarang ini. 

Influencer memiliki kemampuan untuk menarik banyak target audiens. Dengan kredibilitasnya, para influencer bisa menumbuhkan rasa ketertarikan para pengikut mereka di media sosial tertentu untuk mengetahui lebih jauh tentang produk yang mereka iklankan.

Apa sebenarnya influencer marketing untuk meningkatkan brand awareness? Seperti namanya, influencer marketing merupakan strategi pemasaran yang bisa bisnis online lakukan dengan menggunakan jasa influencer. Dimana influencer akan membantu memasarkan produk atau layanan sebuah brand atau bisnis.

Influencer sendiri merupakan orang yang mampu memberi pengaruh kepada orang lain atau pengguna media sosial. Opini para influencer biasanya akan didengarkan para pengikutnya karena mereka dinilai memiliki kemampuan di bidang tertentu, seperti kuliner, fashion, kecantikan, gadget, dan lain sebagainya.

Dengan tingkat kepercayaan yang tinggi dari pengikut kepada influencer, tentunya influencer marketing untuk meningkatkan brand awareness sangat mungkin kamu lakukan apabila sedang menjalankan bisnis online.

Meski demikian, kamu harus memahami influencer seperti apa yang dapat memberikan return yang tinggi sehingga dapat memberikan keuntungan bagi brand atau produk yang kamu pasarkan.

Singkatnya, apabila kamu ingin menjangkau banyak audiens agar tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan, influencer marketing bisa menjadi salah satu pilihan tepat. 

Ada banyak faktor sekaligus alasan yang membuat influencer marketing semakin meningkat, diantaranya:

  • Pilihan konten yang semakin beragam
  • Berkembangnya agensi influencer marketing
  • Semakin banyak influencer

Intip juga bagaimana cara membangun strategi digital marketing yang dapat membantu bisnis mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Jenis-jenis Influencer Marketing

kenali berbagai jenis influencer mulai dari micro, makro , hingga mega influencer
Sumber : flickr

Setelah mengetahui apa itu influencer marketing atau pemasaran menggunakan jasa influencer, tentunya kamu juga harus tahu apa saja jenis-jenisnya.

Berikut adalah beberapa jenis influencer marketing untuk meningkatkan awareness dan mencapai target penjualan:

Mega Influencer

Mega influencer adalah salah satu jenis influencer marketing yang tersedia dewasa ini. Di era digital seperti sekarang ini, peran influencer akan sangat membantu dalam memasarkan produk atau jasa. Jenis satu ini adalah influencer yang mempunyai jumlah pengikut lebih dari 1 juta.

Biasanya berasal dari kalangan artis, selebritis Instagram, atau youtuber. Saat memilih jenis influencer satu ini untuk kebutuhan digital marketing, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang didapatkan.

Kelebihan

Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa bisnis online dapatkan saat memilih jenis influencer marketing untuk membangun brand awareness satu ini:

  • Mega influencer mempunyai jangkauan yang luas
  • Dikenal oleh banyak orang atau pengguna internet, termasuk pengguna media sosial
  • Membantu mempermudah bisnis dalam mendapatkan calon pelanggan atau klien dalam waktu yang tergolong singkat

Kekurangan

Meski menawarkan banyak kelebihan, mega influencer juga hadir dengan kekurangan, diantaranya:

  • Biaya menggunakan jasa mega influencer relatif tinggi
  • Kemungkinan untuk menjangkau klien kurang tertarget

Makro Influencer

Jenis selanjutnya dari influencer adalah makro influencer, yaitu influencer dengan jumlah pengikut di atas 100 ribu hingga 1 juta. Jenis influencer satu ini umumnya berasal dari para blogger atau vlogger. Meski followernya tidak sebanyak mega influencer, tetapi makro influencer juga menawarkan berbagai kelebihan namun juga tidak lepas dari kekurangan.

Kelebihan

Nah, berikut adalah sejumlah kelebihan menggunakan jasa makro influencer marketing untuk meningkatkan awareness dan mencapai target penjualan:

  • Jumlah pengikut tergolong banyak ratusan ribu hingga satu juta
  • Bisa menjangkau calon pelanggan atau klien dengan lebih tertarget
  • Kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan atau klien

Kekurangan

Sayangnya, jenis makro influencer juga memiliki kekurangan, diantaranya:

  • Tidak semua orang mengenal influencer satu ini
  • Jangkauan tidak terlalu luas atau hanya beberapa daerah saja

Micro Influencer

Micro influencer adalah jenis influencer marketing yang bisa kamu pilih untuk kebutuhan pemasaran secara digital. Dibandingkan dua jenis sebelumnya, jumlah pengikut dari jenis influencer satu ini tentu lebih sedikit yaitu seribu hingga seratus ribu.

Akan tetapi, mereka yang masuk dalam kategori micro influencer biasanya memiliki keahlian di bidang tertentu. Sehingga memilih influencer jenis ini dapat memberikan berbagai kelebihan.

Kelebihan

Dengan memilih micro influencer, ada sejumlah kelebihan yang bisa kamu dapatkan, yaitu:

  • Tingkat kepercayaan pelanggan atau klien tergolong tinggi
  • Biaya marketing lebih terjangkau
  • Mendorong hubungan dengan pelanggan atau klien yang lebih dekat
  • Mampu menjangkau lebih banyak audiens tertarget
  • Lebih mudah untuk terhubung dengan jenis influencer ini

Kekurangan

Seperti dua jenis influencer lainnya, micro influencer juga tidak lepas dari kekurangan, diantaranya:

  • Jumlah pengikut influencer yang relatif kecil
  • Tidak semua orang mengenal influencer dengan jumlah pengikut yang terbatas

Penasaran dengan perbedaan micro influencer vs macro influencer? Yuk simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

Manfaat Influencer Marketing

manfaat influencer marketing untuk meningkatkan awareness dan mencapai tujuan bisnis lain
Sumber : flickr

Sudah yakin kalau influencer marketing merupakan pilihan tepat untuk meningkatkan awareness? Pada dasarnya, setiap jenis dan strategi digital marketing mampu memberikan manfaat apabila dijalankan dengan baik. Oleh sebab itu, tidak sedikit yang memilih menggunakan layanan digital marketing dari Exabytes

Penasaran dengan apa saja manfaat influencer marketing? Simak ulasannya berikut ini!

Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran audiens terhadap sebuah merek yang memasuki bisnis online tentunya menjadi tantangan dan tugas bisnis yang baru memasuki dunia online. Oleh sebab itu, bisnis tersebut memerlukan strategi pemasaran yang tepat. 

Influencer marketing untuk meningkatkan awareness merupakan salah satu manfaat yang bisa didapatkan dengan memilih influencer yang tepat sesuai dengan jenis bisnis dan audiens yang menjadi target.

Efektif Dalam Menjangkau Target Audiens

Selain influencer marketing untuk meningkatkan awareness sebuah brand, strategi pemasaran digital satu ini juga bisa menjangkau target audiens secara efektif. 

Untuk tujuan satu ini, kamu bisa memilih influencer dengan pengikut yang hampir sama dengan target audiens bisnismu. Dengan begitu, pemasaran yang kamu lakukan akan jauh lebih efektif.

Membangun Kepercayaan Dengan Cepat

Dengan memanfaatkan influencer marketing, akan lebih mudah untuk bisa membangun kepercayaan dalam waktu yang relatif lebih singkat. Pengguna internet atau media sosial akan lebih mudah percaya pada apa yang dilakukan atau dipromosikan oleh influencer panutannya.

Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama dari bisnis baik yang dijalankan secara offline maupun online adalah mendapatkan penjualan yang berdampak pada keuntungan sebanyak-banyaknya. Apabila ingin meningkatkan penjualan bahkan yang bisa melebihi target, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan jasa influencer dalam pemasaran produk atau jasa.

Untuk bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari pemasaran digital, sebaiknya pelajari juga jenis digital marketing lain selain influencer marketing.

Langkah-langkah Menjalankan Strategi Influencer Marketing

langkah-langkah melakukan influencer marketing untuk awareness sebuah brand
Sumber : flickr

Untuk memastikan bahwa influencer marketing mampu membantu bisnis mencapai tujuan, tentunya kamu harus memiliki langkah dan strategi yang tepat, bukan?

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan saat hendak mengimplementasikan influencer marketing untuk meningkatkan awareness serta mencapai tujuan bisnis lainnya:

  • Pastikan sudah mendefinisikan siapa yang akan menjadi target audiens yang sesuai dengan produk atau jasa yang dijual dan kenali audiens dengan baik
  • Tentukan tujuan marketing yang ingin dicapai apakah meningkatkan kesadaran merek, kepercayaan, atau penjualan
  • Pilih media marketing yang tepat seperti Instagram, TikTok, YouTube, atau lainnya
  • Buat anggaran sesuai kemampuan bisnis
  • Lakukan konsultasi dengan influencer yang hendak dipilih
  • Susun, jalankan, dan evaluasi kampanye dengan tepat

Kamu juga bisa mengikuti tren influencer marketing agar tetap up-to-date serta bisa memilih strategi yang tepat.

Kesimpulan

Influencer marketing untuk awareness artinya bisnis akan menggunakan jasa influencer dalam memperkenalkan brand atau produk. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap sebuah merek sehingga orang-orang akan mengetahui keberadaan merek tersebut.

Karena orang-orang cenderung mudah percaya pada influencer yang mereka idolakan, tentunya, bisnis dapat membangun kesadaran terhadap merek dengan lebih mudah.

Namun, bukan berarti bahwa influencer marketing adalah satu-satunya pilihan strategi pemasaran digital yang tepat. Ada banyak strategi yang bisa kamu coba. Untuk melakukan pemasaran digital dengan lebih mudah, cepat, dan efektif, mengapa tidak mengandalkan Exabytes dengan memilih layanan digital marketing yang tersedia?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments