Apa Itu Sitemap? Jenis dan Fungsinya

2504
Apa Itu Sitemap dan Fungsinya
3 min read

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana Google atau mesin pencari lain akan menemukan situs web Anda? Nah, ada yang disebut bot mesin pencari yang membantu situs web muncul di mesin pencari. Dalam kasus Google, bot ini disebut sebagai “Google Spiders”, “Google Bots”, atau “Google Crawler”.

Google Spiders selalu berjalan untuk menjelajahi apa pun yang dapat mereka rayapi. Bot ini terus menjelajahi web melalui perpindahan dari satu tautan ke tautan lainnya, yang bisa bersifat internal (bergerak di dalam situs web) atau eksternal (pergi ke situs lain).

Karena Google adalah mesin pencari yang paling disukai, memiliki situs web Anda dan semua halaman di dalamnya sangatlah penting. Karena bertambahnya ukuran dan kompleksitas situs, Google mengembangkan protokol baru pada tahun 2005, yang dirancang untuk menggunakan format XML. Protokol ini dikenal sebagai “XML Sitemap”.

Jadi, Apa itu Sitemap? Apa jenis Sitemap? Apa manfaat memiliki Sitemap? Terlalu banyak pertanyaan yang muncul di benak Anda. Jangan khawatir; kami memiliki jawaban untuk semuanya. Mari simak penjelasannya.

Apa Itu Sitemap?

Sitemap adalah file yang berisi daftar semua halaman penting dari sebuah website. Alasan menyimpan semuanya dalam satu file “XML Sitemap” adalah karena ini membantu crawler menemukan semua halaman di satu tempat, dibandingkan menemukannya melalui link internal.

Seperti Apa Tampilan Sitemap?

Seperti inilah tampilan sitemap. Ini berisi berbagai tag di dalamnya:

<?xml version=”1.0″ encoding=”UTF-8″?>
<urlset xmlns=”http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9″>
<url>
<loc>https://www.exabytes.co.id/</loc>
<lastmod>2020-05-01</lastmod>
<changefreq>daily</changefreq>
<priority>0.8</priority>
</url>
</urlset>
  • <Urlset> : Ini adalah standar protokol saat ini, dan tag ini berada di awal dan akhir sitemap.
  • <Url> : Tag ini dikenal sebagai tag induk dari setiap entri URL.
  • <Loc> : Ini adalah URL halaman Anda.
  • <Lastmod> : Tag ini berisi informasi “berapa tanggal terakhir file diubah”.
  • <Changefreq> : Tag ini berisi informasi tentang seberapa sering file akan berubah. Dapat disetel ke jam, harian, mingguan, bulanan, tahunan, atau tidak pernah.
  • <Priority> : Tag ini menunjukkan pentingnya URL. Nilainya dapat berkisar dari 0,0 hingga 1,0.

Kenapa Sitemap Penting?

Sitemap memiliki peran penting dalam SEO. Bot mesin pencari menemukan halaman melalui tautan internal. Ada kemungkinan besar bahwa halaman penting Anda dapat ditinggalkan selama proses perayapan jika tautan internal tidak tepat.

Tidak ada bisnis atau individu yang ingin halaman penting mereka dibiarkan tanpa indeks. Untuk menghindari risiko seperti itu, selalu disarankan untuk memiliki XML Sitemap, karena berisi semua URL situs web untuk dirayapi.

Apa Saja Jenis Sitemap?

Ada empat jenis sitemap utama:

  • Normal XML Sitemap : Sejauh ini, ini adalah jenis sitemap yang paling umum. Biasanya dalam bentuk sitemap XML yang tertaut ke berbagai halaman di situs web Anda.
  • Video Sitemap : Digunakan secara khusus untuk membantu Google memahami konten video di halaman Anda.
  • News Sitemap : Membantu Google menemukan konten di situs yang disetujui untuk Google News.
  • Image Sitemap : Membantu Google menemukan semua gambar yang dihosting di situs Anda.

Apa Fungsi Sitemap Untuk Website?

Berikut ini adalah beberapa fungsi sitemap.

  • Membantu crawler mesin pencari untuk menemukan dan mengindeks semua halaman secara efisien.
  • Memberikan prioritas mana halaman yang penting untuk di index terlebih dahulu
  • Menemukan masalah index pada halaman atau artikel
  • Meningkatkan visibilitas website
  • Agar website lebih cepat terindex

Kesimpulan

Nah itulah tadi pembahasan tentang sitemap, jenis-jenisnya serta fungsinya. Jika Anda baru saja membuat website saran saya coba Anda cek panduan daftar website di Google Search Console. Itu akan berguna untuk Anda terutama dalam hal SEO.

Terima kasih sudah mengikuti Kami sampai akhir, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Mau punya website yang cepat dan bisa diandalkan untuk kebutuhan bisnis? Yuk gunakan VPS Linux Full SSD 100% dari Exabytes, website dijamin 10x lebih handal.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak