8 Tren Web Development Teratas yang Akan Hadir di 2022

0
3051

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap tahunnya ada perkembangan baru, selalu ada tren terbaru dalam dunia teknologi. Termasuk dalam dunia Web Development, lalu apa tren yang akan terjadi di tahun 2022 mendatang mengenai web development tersebut?

Mungkin bagi Anda seorang web developer atau owner dari sebuah website bertanya tren apa yang akan terjadi dalam dunia pengembangan website di tahun 2022 nanti. Nah, memang tren web development selalu ada hal baru, selalu ada yang ditinggalkan maupun bertahan.

Seperti di awal tahun 2010 tren pemakaian framework yang besar dan bahkan di tahun tersebut bermunculan web developer yang mengembangkan websitenya dengan menggunakan framework. Para developer ini melakukan kombinasi side-server dan client-side di website-nya ketika menggunakan framework.

Tren Web Development yang Akan Hadir di Tahun 2022

tren web development di 2022
Tren Web Developent yang tidak boleh terlewatkan bagi web developer (Sumber: Pixabay)

Setelah kami melakukan beberapa riset kecil terkait tren web development di tahun 2022 nanti, kami mendapatkan beberapa tren yang sempat ada di tahun 2021 dan akan kembali tren di tahun 2022 nanti. Delapan tren web development ini merupakan tren teratas yang kami temukan.

Apa saja? Yuk kita pelajari sama-sama!

Progressive Web Apps

Mungkin Anda mengetahuinya dengan sebuah singkatan PWA dan PWA ini adalah sebuah teknologi dalam pengembangan website yang memanfaatkan rangkaian teknologi khusus yang dapat memberikan pengalaman yang sama ketika Anda menggunakan aplikasi mobile.

Progressive Web Application atau disingkat dengan PWA ini adalah tren yang perlu Anda pertimbangkan di tahun 2022 mendatang, jangan sampai Anda ketinggalan dalam hal tren web development yang satu ini.

Fitur yang ditawarkan teknologi ini adalah web lebih responsif, interaktif website, mode offline dan masih banyak yang lainnya.

Teknologi pengembangan website PWA ini sebenarnya telah diperkenalkan pada tahun 2018. Jadi Anda bisa menemukan banyak dokumentasi untuk mempelajari teknologi pengembangan ini di internet.

Jika Anda telah menguasai HTML, JavaScript dan CSS. Maka, untuk mengaplikasikan teknologi ini tidak akan sulit. Karena komponen dari teknologi ini adalah menggunakan HTML, CSS dan Javascript.

Kelebihan Progressive Web Apps di antaranya:

  • Teknologi Progressive Web Apps bisa membantu user Anda dalam memberikan pengalaman web yang lebih ramah dan lancar.
  • Mengurangi bounce rates.
  • Bisa diakses secara offline karena memiliki konektivitas yang independen.
  • Aplikasi dan web semakin handal dan dapat diinstall dengan mudah.

Beberapa website yang menggunakan teknologi Progressive Web Apps adalah Pinterest, Instagram, Twitter, Forbes.

Simak juga artikel mengenal Progressive Web Apps berikut untuk informasi selengkapnya.

Voice Search

voice search menjadi salah satu tren web development 2022
Asisten Google salah satu bentuk pengaplikasian teknologi Voice Search (Sumber: Pixabay)

Meningkatnya jumlah perangkat pintar yang memiliki kemampuan untuk mendengar suara penggunanya menyebabkan muncul tren baru yaitu voice search. Voice search diprediksi akan menjadi sebuah tren baru dalam pengembangan website.

Bahkan hal itu didukung dengan sebuah fakta bahwa 20% pencarian di Google App di tahun 2016 dilakukan dengan menggunakan suara. Dan yang menjadi alasan mengapa pencarian suara menjadi tren web development di tahun 2022 nanti adalah karena voice search ini dapat mempermudah kita dalam menggunakan suatu perangkat.

Hanya dengan menggunakan suara, perangkat Anda bisa menjalankan tugas yang diperintahkan dan hanya dengan suara apa yang Anda cari di Google muncul. Sederhana bukan?

Bagaimana cara implementasi voice search ini, apakah cukup hanya menyiapkan alat yang bisa merekam suara? Nah dalam implementasinya, penggunaan teknologi voice search ini tidak hanya cukup menyiapkan alat pengenalan suara saja.

Agar hal itu bisa berfungsi dengan sangat baik, maka teknologi ini harus dibuat dengan memahami permintaan verbal, sinonim maupun frasa yang di penggunanya sehingga bisa menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Antarmuka pengguna dari Voice Search memiliki cara bekerja yang sesuai dengan algoritma berikut ini:

  • Perangkat lunak pengenalan suara/voice search bisa mengubah gelombang analog input menjadi format digital.
  • Input audio dipecah menjadi suara terpisah.
  • Perangkat lunak menganalisis masing-masing dan membandingkannya dengan kata-kata dari kamus.
  • Ucapan diubah menjadi teks di layar atau perintah komputer.

Kelebihan Voice Search

  • Dapat mempermudah pencarian atau penggunaan suatu aplikasi.
  • Interaksi tangan menjadi lebih bebas.
  • Dalam mencari sesuatu atau melaksanakan tugas tertentu menjadi lebih cepat.
  • Meningkatkan pengalaman penggunaan.
  • Nyaman dan intuitif.

Artificial Intelligence

Di tahun 2022 nanti, Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) akan menjadi tren web development yang sangat dinanti-nanti oleh para web developer. Beberapa tahun ini telah banyak situs menggunakan kecerdasan buatan di website mereka.

Jika Anda ingin menambahkan kecerdasan buatan di website Anda, maka Anda bisa menerapkannya di fitur chatbots, pencarian, personalisasi, user experience dan yang lainnya.

Dengan kecerdasan buatan ini, suatu produk bisa mendapatkan keunggulan dari pada produk yang lainnya dan dapat meningkatkan indikator efektivitas.

Kecerdasan buatan ini akan menjadi peluang tersendiri bagi para developer karena banyak sektor bisnis yang tertarik untuk memanfaatkannya demi kepentingan bisnis mereka. Pasar kecerdasan buatan ini diprediksi akan terus tumbuh.

Jika Anda pemilik atau pengembang situs e-commerce, maka pembelian bisa saja sering terjadi jika menggunakan kecerdasan buatan di website-nya.

Dengan menerapkan kecerdasan buatan dalam pengembangan website, maka akan membantu Anda dalam memprediksi pilihan pelanggan dan hal itu bisa Anda gunakan untuk membentuk secara keseluruhan tampilan dan juga nuansa situs website Anda.

Di bawah ini adalah hal-hal yang mungkin saja bisa Anda ketahui jika website Anda menggunakan teknologi kecerdasan buatan:

  • Apa yang pelanggan Anda rencanakan untuk dibeli selanjutnya?
  • Kapan waktu yang ideal di mana pelanggan memutuskan untuk membeli produk?
  • Produk seperti apa yang paling memikat pelanggan?
  • Apa produk yang tidak disukai oleh pelanggan?
  • Siapa saja yang tertarik untuk membeli produk Anda?

Web Versi Mobile yang Cepat 

kecepatan website diperlukan bagi sebuah website, khususnya web versi mobile.
Web versi mobile yang cepat akan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung website (Sumber: Pixabay)

Secanggih apapun sebuah website, baik itu memiliki dua teknologi tren development sekaligus seperti Voice Search dan Kecerdasan buatan, namun jika diakses di perangkat seluler lambat, maka tidak akan bermanfaat. Pengunjung tentu akan meninggalkannya dan mencari website lain yang menawarkan kecepatan lebih optimal. 

Karenanya seiring segala aktivitas belanja, membaca berita, hingga belajar di alihkan ke sebuah situs maka halaman website versi seluler sangat penting untuk dipercepat. Jika terlalu lama dalam memuat halaman akan memicu pengunjung meninggalkannya dan traffic website akan anjlok.

AMP adalah salah satu teknologi halaman web versi ringan yang dapat membantu Anda mempercepat pemuatan halaman dan menghindari bounce rate.

Teknologi ini diluncurkan oleh Google di tahun 2016 yang lalu. Cara kerjanya adalah Google menampilkan website Anda dalam versi cache dari konten Anda yang tersimpan di server mereka. AMP telah banyak digunakan media besar, namun memang belakangan ini tools AMP sendiri yang Google sediakan kepopulerannya menurun.

Tapi, tren kecepatan akses tetap akan menjadi tren di tahun 2022,karena kebiasaan masyarakat yang ingin serba cepat tanpa loading yang lama.

Kelebihan Halaman Website yang Cepat di antaranya:

  • SEO menjadi lebih bagus.
  • Mengurangi resiko bounce rate.
  • Peluang conversion menjadi lebih besar.
  • Pengunjung website menjadi lebih betah dan puas.
  • Dapat meningkatkan reputasi website.

Web Menggunakan Bahasa Pemrograman TypeScript

Di tahun 2022 nanti akan ada tren baru dalam web development salah satunya adalah penggunaan bahasa pemrograman. Banyak dari para developer web menggunakan bahasa pemrograman TypeScript di website yang mereka kembangkan.

Tujuan para developer menggunakan TypeScript adalah untuk meningkatkan pengalaman para pengguna atau pengunjung website dan menyederhanakan alur pekerjaan mereka. Bahasa pemrograman TypeScript hadir dan dikembangkan dengan tujuan untuk menambah beberapa bug dari JavaScript.

Banyak dari para developer website yang mulai mempopulerkan bahasa pemrograman ini, sehingga pada tahun 2022 nanti akan menjadi tren web development yang tidak boleh Anda lewatkan.

Kelebihan Bahasa Pemrograman TypeScript adalah:

  • Mudah dalam memahami kode.
  • Dapat meningkatkan proses pengerjaan project web based.
  • Adanya pengurangan jumlah kesalahan.
  • Mengurangi waktu revisi yang sebelumnya lebih lama.

WebAssembly

Kita ketahui bersama bahwa sebagian besar website dikembangkan dan ditulis dengan JavaScript selain bahasa lain seperti PHP dan yang lainnya. Akan tetapi yang menjadi perhitungan besar selama ini dalam pembuatan website adalah kecepatan website.

Jangan sampai website lambat dan mengakibatkan pengalaman pengguna menjadi lebih buruk dan akhirnya akan membuat pengguna berpindah ke website lainnya. Adanya teknologi WebAssembly ini digunakan untuk mengatasi hal tersebut.

Teknologi WebAssembly ini memungkinkan Anda menulis kode program dengan menggunakan bahasa pemrograman apapun dan bahasa pemrograman tersebut diubah menjadi kumpulan bytecode yang kemudian ditampilkan di browser pengguna.

Kelebihan WebAssembly

  • Bisa dengan bebas menggunakan bahasa pemrograman apapun.
  • Cepat dalam menulis dan memasukan kode.
  • Meningkatkan keamanan web atau aplikasi.
  • Aplikasi atau Website menjadi jauh lebih cepat.

Website Single-Page

website single page termasuk dalam tren web development 2022
Google menggunakan konsep web single-page (Sumber: Pixabay)

Website single-page akan menjadi tren web development 2022 mendatang, ketika website menggunakan teknologi ini maka tidak akan membutuhkan page reloading ketika digunakan. Sehingga pengguna tidak akan menunggu waktu lama ketika membuka website Anda.

Website single-page juga ternyata selain dapat meningkatkan user experience menjadi lebih baik, Anda juga bisa menghemat bandwith sehingga website Anda menjadi jauh lebih lancar ketika diakses meskipun dengan koneksi website yang lebih lambat.

Ada beberapa framework yang bisa Anda gunakan untuk membuat konsep website single-page, framework tersebut adalah Angular.js, Vue.js, Meteor, Backbone.js dan React.js. Anda bisa memilih dari beberapa framework tersebut.

Beberapa website yang menggunakan konsep ini adalah Google, Trello dan Twitter.

Kelebihan Website Single-Page di antaranya:

  • UI/UX website menjadi lebih bagus.
  • Menghemat Bandwith.
  • Debugging yang lebih mudah dengan tools Chrome.
  • Fokus pada penggunaan API.
  • Proses Caching menjadi lebih efisien.

Arsitektur Tanpa Server

Arsitektur tanpa server adalah cara untuk membangun dan menjalankan aplikasi dan layanan secara mandiri untuk mengelola infrastruktur. Aplikasi Anda masih berjalan di server, tetapi semua manajemen server dilakukan oleh AWS. Anda tidak lagi harus menyediakan, menskalakan, dan memelihara server untuk menjalankan aplikasi, database, dan sistem penyimpanan Anda.

Menarik sekali bukan?

Sederhananya aplikasi tanpa server ini merupakan sebuah sistem berbasiskan cloud yang digerakan dimana developer hanya bergantung pada sekelompok pihak ketiga, logika klien dan panggilan prosedur secara jarak jauh yang disimpan secara cloud.

Tahukah Anda bahwa teknologi ini sudah digunakan oleh perusahaan seperti Reuters, Netflix, AOL dan Telenor. Mereka menggunakan teknologi ini karena memiliki keuntungan dalam mengurangi kelebihan beban sistem, mengurangi resiko kehilangan data, dan mengurangi budget pengembangan yang mahal.

Kelebihan yang dapat dirasakan dalam penggunaan arsitektur tanpa server adalah:

  • Dapat dengan mudah disebarkan.
  • Skalabilitas yang jauh lebih baik.
  • Dapat mengurangi budget pembuatan dan pengembangan.
  • Arsitektur aplikasi menjadi jauh lebih kuat.
  • Fleksibilitas lebih meningkat dari biasanya.

Penutup

Pada tahun 2022 nanti, kami berharap bahwa akan semakin banyak situs website yang lebih bersih, menarik, memiliki fitur bermanfaat dan bisa memberikan pengalaman kepada pengguna yang jauh lebih baik ditahun sebelumnya.

Sudah saatnya sebuah website memiliki loading yang lebih cepat serta lebih ramah bagi penggunanya. 

perhatikan loading website anda untuk kepuasan pengunjung.
Website yang cepat akan disukai pengunjung (Sumber: Pixabay)

Memperbaharui ke teknologi terkini yang dapat meningkatkan ketertarikan pengunjung adalah langkah penting dan positif untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Kecepatan website tidak hanya mengandalkan Progressive Web Apps dan desain website yang simple dan cepat. Namun, dukungan server dan hosting juga sangat mempengaruhi kecepatan website.

Jika Anda mencari referensi WordPress hosting yang cepat bisa menghubungi Customer Service Exabytes Indonesia, kami siap membantu Anda mendapatkan informasi lebih mengenai layanan hosting yang kami sediakan.

Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan penawaran menarik dari kami.

Semoga artikel kami bisa memberikan manfaat untuk Anda dan bisa membantu meningkatkan website Anda menjadi lebih baik lagi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments