5 Tips Terbaik Bisnis Jual Beli Domain

0
211

Bisnis jual beli domain adalah peluang usaha yang menarik dan menguntungkan di era digital. Dengan investasi awal yang relatif rendah, kamu bisa mendapatkan keuntungan besar dari penjualan domain yang memiliki permintaan tinggi. 

Nama domain yang tepat bisa bernilai tinggi, terutama bagi perusahaan yang mencari identitas online yang kuat. Dengan strategi yang tepat, bisnis ini dapat menjadi sumber penghasilan yang sangat menguntungkan. 

Bagi yang tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut tentang bisnis menggiurkan ini, mari simak artikel satu ini!

Sekilas tentang Domain

Sekilas tentang Domain

Meski sudah bukan hal asing lagi karena peran pentingnya bagi situs web, tetapi bukan berarti semua orang sudah tahu apa itu domain. Domain merupakan nama unik guna mengidentifikasi nama server komputer berupa web server atau email server di jaringan internet.

Browser menggunakan domain untuk mengarahkan pengunjung ke suatu situs web. Saat menemukan nama situs web, misalnya Exabytes, itulah nama domain yang dimaksud. Adapun ekstensi domain sangat beragam mulai dari domain.COM, domain.ID, domain.NET, dan lainnya.

Saat mengunjungi exabytes.co.id, kamu bisa mengidentifikasi bahwa Exabytes adalah nama domain dan .CO.ID adalah nama ekstensi domain.

Lantas, mengapa banyak yang tertarik untuk memulai bisnis jual beli domain?

Keuntungan Bisnis Jual Beli Domain

Keuntungan Bisnis Jual Beli Domain

Mengingat pentingnya domain bagi siapapun yang ingin membuat situs web, hal tersebut menjadi peluang untuk memulai bisnis. Yaitu, memulai bisnis jual beli domain yang memberikan banyak keuntungan.

Dengan langkah dan persiapan bisnis yang tepat dan matang, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan saat jual beli domain, yaitu:

Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Bisnis, terutama di era digital sekarang ini bisa dimulai bahkan dengan modal kecil. Hal tersebut berlaku bagi yang ingin memulai bisnis jual beli domain. Guna memastikan bahwa bisnis bisa kamu mulai dengan budget yang tersedia, mulailah dengan mencari domain murah.

Misalnya dengan memilih ekstensi domain XYZ atau ekstensi domain unik lain. Kamu bisa terlebih dahulu mengecek ketersediaan nama domain dan harga mendapatkannya.

Bisa Dikerjakan dari Mana Saja

Untuk menjalankan bisnis jual beli domain, tidak ada aturan bahwa kamu harus selalu berada di suatu tempat atau kantor. Sebagai kebutuhan dalam dunia digital, bisnis satu ini juga bisa kamu jalankan secara online dari mana saja.

Yang terpenting adalah ketersediaan perangkat yang akan dibutuhkan, yaitu komputer atau laptop yang terhubung ke jaringan internet stabil. Fleksibilitas tersebut merupakan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam jual beli nama domain.

Tingkat Persaingan Rendah

Jika masih bingung untuk memulai bisnis apa agar mendapatkan penghasilan tambahan, mengapa tidak berjualan domain saja? Bisnis jual beli domain adalah bisnis dengan tingkat persaingan yang rendah. Meski demikian, bisnis satu ini memiliki potensi pasar yang cukup menjanjikan namun dengan tingkat kompetisi yang rendah.

Semakin banyak orang yang beralih ke dunia digital, semakin besar peluang untuk menawarkan domain. Mereka yang memanfaatkan pemasaran digital biasanya memulai langkah awalnya dengan membangun situs web. Inilah peluang besar yang bisa kamu lihat, yang juga bisa menjadi alasan mengapa kamu harus segera berjualan domain.

Potensi Penghasilan yang Tinggi

Bisnis jual beli domain menawarkan potensi penghasilan tinggi dengan investasi awal yang relatif rendah. Domain yang singkat, mudah diingat, dan mengandung kata kunci populer dapat dijual kembali dengan harga jauh lebih tinggi daripada biaya pendaftarannya. 

Permintaan untuk nama domain yang tepat terus meningkat seiring dengan pertumbuhan bisnis online dan branding perusahaan. Beberapa domain premium bahkan terjual hingga jutaan dolar. 

Selain itu, domain dapat disewakan untuk pendapatan pasif atau dikembangkan menjadi situs web bernilai tinggi. Dengan strategi yang tepat dan riset pasar, bisnis ini dapat memberikan keuntungan yang signifikan.

Berikut adalah beberapa pembelian domain termahal yang apabila di rupiahkan harganya mencapai lebih dari 500 miliaran:

  • Business.com terjual seharga US%345 juta atau sekitar Rp5,1 triliun
  • LasVegas.com terjual seharga US$90 juta atau sekitar Rp1,3 triliun
  • CarInsurance.com terjual seharga US$49,7 juta atau sekitar Rp739 miliar
  • Insurance.com terjual seharga US$35,6 juta atau sekitar Rp529 miliar
  • VacationRentals.com terjual seharga US$35 juta atau sekitar Rp520 miliar

web hosting terbaik blog banner

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Domain

Dengan mengetahui berbagai keuntungan bisnis jual beli domain, apakah kamu sudah tidak ragu lagi untuk memulai bisnis tersebut? Agar bisnis berjalan sesuai dengan harapan dan mampu mencapai tujuan, sebaiknya simak beberapa tips berikut:

Tentukan Fokus

Terdapat berbagai jenis situs web di internet. Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah menentukan fokus target pasar agar tidak terlalu luas. Hal tersebut akan membantu mencapai tujuan bisnis.

Dalam menentukan fokus, tentukan jenis situs web apa saja yang akan kamu pilih dalam penyediaan domain, mulai dari e-commerce, portal berita, organisasi, instansi pemerintahan, hingga blog pribadi. Setiap jenis situs web memerlukan ekstensi domain yang berbeda.

Pahami Penggunaan Ekstensi Domain

Saat memutuskan untuk menjadi bagian dari bisnis jual beli domain, itu artinya kamu sudah siap dengan semua yang dibutuhkan, termasuk pengetahuan mendalam tentang produk yang akan kamu jual.

Setiap jenis ekstensi domain memiliki penggunaan yang berbeda. Bahkan beberapa ekstensi domain hanya bisa didapatkan untuk pihak tertentu saja dan memiliki persyaratan khusus.

Berikut adalah jenis ekstensi domain dan penggunaannya:

  • Domain.COM merupakan ekstensi domain untuk berbagai situs komersial, termasuk situs bisnis, portofolio, dan lainnya
  • Domain.ORG merupakan ekstensi domain yang digunakan oleh organisasi dan komunitas
  • Domain.CO.ID adalah ekstensi domain yang cocok untuk perusahaan yang secara legal berdomisili atau berjalan di Indonesia
  • Domain.GO.ID hadir sebagai ekstensi domain khusus instansi pemerintahan Indonesia
  • Domain.SCH.ID adalah ekstensi domain yang secara khusus digunakan oleh sekolah atau lembaga pendidikan yang memenuhi persyaratan

Pilih Nama Domain yang Mempunyai Nilai Jual

Domain menentukan keberhasilan bisnis jual beli domain. Oleh karena itu, pahami mengapa calon pembeli akan menyukai dan memilih domain tersebut.

Untuk bisa mendapatkan nama domain yang memiliki nilai jual, kamu harus mengenali kebutuhan target pembeli. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu membeli domain baru dan membeli domain dengan page rank.

Pilih Penyedia Domain Terpercaya

Memilih penyedia nama domain terpercaya sangat penting dalam bisnis jual beli domain. Exabytes menawarkan keamanan tinggi dan layanan pelanggan yang andal, memastikan domain dikelola dengan baik.

Fitur seperti domain privacy protection akan melindungi informasi rahasia dari publik. Sehingga calon pemilik domain akan merasa privasinya terjaga.

Penyedia terpercaya seperti Exabytes membantu kamu fokus pada strategi jual beli domain tanpa khawatir tentang masalah teknis atau keamanan.

Selalu Pantau Kondisi Pasar dan Tren di Masa Mendatang

Menjalankan bisnis jual beli domain artinya kamu siap dengan dunia digital dengan segala perubahannya. Tren domain situs juga terus mengalami perubahan dan pembaruan. Tentunya kedua hal tersebut harus menjadi perhatian penting.

Google trends merupakan salah satu tools yang bisa kamu gunakan untuk memantau kondisi pasar dan tren dan segala perubahannya di masa mendatang.

Cara Jual Beli Domain

Apabila sudah yakin untuk memulai bisnis jual beli domain, itu artinya kamu harus segera mempersiapkan strategi pemasaran yang tepat. Dewasa ini, digital marketing menjadi pilihan berbagai jenis bisnis untuk bisa menargetkan audiens atau calon pembeli potensial.

Agar bisa menjual domain, kamu bisa masuk ke beberapa platform jual beli domain, di antaranya adalah:

  • Sedo: Salah satu pasar domain terbesar
  • Flippa: Ideal untuk menjual domain dan situs web
  • GoDaddy Auctions: Platform populer dengan banyak pengunjung
  • Afternic: Menyediakan jaringan distribusi luas

Bisnis Jual Beli Domain, Mengapa Tidak?

Setiap bisnis memiliki peluang dan tingkat kompetisinya tersendiri, bukan? Dengan mengetahui keuntungan bisnis jual beli domain dan tips menjalankannya, kamu bisa merealisasikan rencana bisnis yang selama ini hanya ada di kepala.

Dengan catatan sejarah akan beberapa nama domain yang berhasil terjual dengan harga mencapai ratusan miliar hingga triliunan, itu artinya jual beli domain bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

Seperti bisnis lain pada umumnya, bisnis jual beli nama domain tentu memerlukan rencana yang matang meski bisa dilakukan dengan modal yang sangat minim. Pastikan kamu sudah menyusun beberapa strategi pemasaran yang membantu memperkenalkan dan mempromosikan bisnis yang kamu jalankan dengan produk berupa domain.

Jadi, siapa saja yang akan menjadi target pasar dalam bisnis ini?

5 Tips Terbaik Bisnis Jual Beli Domain - 2024