Cara Membuat Halaman FAQ di Website dengan Mudah (Tutorial)

0
2949

Ketika mengelola sebuah bisnis online, apakah Anda pernah mendapatkan beragam pertanyaan seperti “bagaimana cara order”, “cara agar bisa mendapatkan diskon”, ”cara membuat halaman produk” atau “cara memesan barang yang statusnya masih PO” dari calon pelanggan?

Jika iya, Anda bisa lebih menghemat waktu dengan menambahkan pertanyaan-pertanyaan tersebut di halaman khusus FAQ. Jika belum ada halaman tersebut, Anda bisa segera membuat halaman FAQ tersebut dengan mudah.

Dengan adanya halaman FAQ, calon pelanggan Anda bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan mereka dengan lebih cepat. Anda juga bisa lebih menghemat waktu dan fokus mengelola bisnis online Anda agar lebih dikenal oleh para pelanggan.

Jika website Anda sudah dibuat oleh jasa pembuatan website profesional, biasanya mereka sudah menambahkan halaman tersebut dan tinggal di isi saja. Bagi yang belum ada dan ingin menambahkan sendiri, simak pembahasannya sampai selesai ya.

Tapi, apa sih sebenarnya halaman FAQ itu? Dan mengapa halaman FAQ bisa menjawab pertanyaan umum yang diajukan calon pelanggan? Sebelum kita masuk ke pembahasan teknikal, tidak salahnya Anda mengetahui dulu apa itu halaman FAQ dan jika sudah tidak asing, Anda bisa langsung lompat ke pembahasan cara membuat halaman FAQ.

Apa itu Halaman FAQ?

FAQ adalah singkatan dari Frequently Asked Questions. Biasanya halaman ini ada di website tugasnya adalah untuk menampilkan daftar pertanyaan umum yang banyak ditanyakan orang-orang tentang layanan maupun produk tertentu.

Coba Anda perhatikan, semua website user friendly semuanya terdapat halaman FAQ ini. Memang halaman FAQ adalah salah satu halaman yang bisa membuat website lebih user friendly. Karena, halaman FAQ hadir untuk menjadi halaman pendukung pelanggan untuk membantu dan meningkatkan pengalaman calon pelanggan.

Di halaman FAQ, calon pelanggan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan yang ingin mereka ajukan terkait layanan dan produk pilihannya.

Coba Anda bayangkan, jika bisnis Anda sering ditanya tentang pertanyaan yang sama secara berulang dari calon pelanggan. Misalnya saja “Apakah bisa pakai kartu kredit?”, “Apakah bisa pakai e-wallet?” dan lain sebagainya.

Jika tidak ada halaman FAQ yang menjawab hal tersebut, tim support Anda akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk menjawab pertanyaan yang sama pada calon pelanggan. Nah, hal itu bisa dihindari dengan adanya halaman FAQ yang Anda sediakan di website.

Baca juga: Hosting Website Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Manfaat Lain Halaman FAQ

Umumnya manfaat dari FAQ adalah mempermudah tim support online untuk menjelaskan kendala calon pelanggan. Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata manfaat lain dari adanya halaman FAQ adalah bisa sebagai tempat untuk mempromosikan produk dan juga merek Anda.

Coba Anda perhatikan beberapa situs e-commerce, mereka seringkali memperbaharui dan meningkatkan halaman FAQ mereka, hal itu untuk membangun kesadaran akan suatu merek dan mempromosikan produk.

Misalnya saja Anda bisa membuat halaman FAQ untuk situs web toko online Anda, sebagai ajang promosi merek dengan cara menunjukkan bagaimana layanan dan produk Anda lebih baik dan berbeda dengan pesaing Anda.

Manfaat lainnya tidak hanya itu saja, seperti yang dikatakan oleh seorang pakar digital marketing yaitu Neil Patel. Bahwa adanya halaman FAQ bisa meningkatkan peringkat website ke bagian atas halaman mesin pencari. Meskipun hanya terdiri dari markup skema yang sederhana di halaman FAQ.

Dimana Idealnya Menampilkan Halaman FAQ?

Sekarang mungkin Anda akan bertanya “dimana menempatkan halaman FAQ?”. Baik, kita akan sedikit membahas hal ini.

Umumnya, kebanyakan pengelola website akan menempatkan halaman FAQ di bagian footer. Tapi, sebagian orang juga ada yang tidak mengetahui kebanyakan pengelola website menempatkan halaman FAQ itu di footer, sehingga halaman tersebut susah untuk ditemukan.

Jadi, idealnya halaman FAQ di tempatkan adalah di tempat yang mudah untuk ditemukan, karena memang salah satu tugas Anda adalah mempermudah mereka dalam menemukan halaman FAQ.

Misalnya seperti website Exabytes yang menempatkan halaman FAQ di atas header, sehingga mudah ditemukkan. Karena website yang akan muncul pertama kali ketika dibuka adalah bagian header.

membuat halaman faq

Tips Membuat Halaman FAQ

Setelah Anda membuat halaman FAQ, Anda harus mengelola halaman tersebut dengan sebaik-baiknya yaitu dengan cara memperbaharui dan meningkatkan terus menerus, caranya adalah dengan menambahkan pertanyaan dan juga jawaban baru, sehingga halaman FAQ tetap relevan.

Berdasarkan hal tersebut, di bawah ini ada beberapa tips tentang apa saja yang harus disertakan dalam halaman FAQ, sehingga halaman FAQ bisa berfungsi dengan efektif.

Pertanyaan Umum

Seperti yang sudah kita jelaskan pada pembahasan awal, halaman FAQ adalah halaman yang berisikan pertanyaan serta jawaban sederhana. Maka dari itu, kumpulkan pertanyaan umum yang biasanya diajukan pelanggan ke tim support online Anda dan masukkan ke dalam FAQ.

Singkat dan Tepat

Tampilkan pertanyaan dan juga jawaban dengan singkat dan tepat, sehingga bisa memudahkan calon pelanggan membaca instruksi dari setiap jawaban yang ada di halaman FAQ. Jika terlalu panjang, alih-alih ingin mendapatkan kemudahan. Halaman FAQ malah membuat orang malas untuk melanjutkan dan akhirnya Anda akan kehilangan pelanggan potensial.

Kategorikan dan Tambahkan Tautan

Dalam membuat halaman FAQ, Anda perlu mengatur setiap pertanyaan berdasarkan kategori topik tertentu. Misalnya saja di dalam halaman FAQ Exabytes, pertanyaan seputar CMS ada di kategori Web Application (CMS), seputar domain ada di kategori seputar domain dan lain sebagainya.

membuat halaman faq

Jangan lupa juga untuk menambahkan tautan ke artikel yang lebih detail di setiap jawaban yang ada di FAQ. Tujuannya adalah agar bisa memberikan detail tambahan dan bisa meningkatkan SEO artikel Anda.

Cara Membuat Halaman FAQ

Setelah mengenal secara detail tentang FAQ dari mulai manfaat, penempatan dan tips membuat halaman FAQ, sekarang kita akan membahas hal teknikal cara membuat halaman FAQ di website.

Sebenarnya membuat halaman FAQ di website sangatlah mudah, terutama untuk Anda yang menggunakan WordPress. Anda hanya membutuhkan plugin untuk membuat halaman FAQ, bagaimana caranya? Simak pembahasannya sampai selesai ya!

Instal Plugin dan Buat Halaman FAQ

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke halaman admin WordPress.

Langkah 2: Instal dan aktifkan plugin, caranya adalah klik menu Plugin > Add New > Search plugin Quick and Easy FAQ.

Cara Membuat Halaman FAQ di Website dengan Mudah (Tutorial) - 2024

Langkah 3: Setelah ketemu, klik Instal > Active.

Cara Membuat Halaman FAQ di Website dengan Mudah (Tutorial) - 2024
Klik install now
Cara Membuat Halaman FAQ di Website dengan Mudah (Tutorial) - 2024
Klik tombol Active

Langkah 4: Masukkan daftar pertanyaan yang sebelumnya sudah dipersiapkan, klik FAQs > Add New.

Cara Membuat Halaman FAQ di Website dengan Mudah (Tutorial) - 2024

Setelah terbuka halamannya, isi kolom yang disediakan dengan pertanyaan yang akan Anda jawab. Simak contohnya melalui gambar di bawah ini:

Cara Membuat Halaman FAQ di Website dengan Mudah (Tutorial) - 2024

Langkah 5: Setelah selesai memasukkan pertanyaan dan jawaban, klik tombol Publish.

Selesai, Anda sekarang sudah menambahkan FAQ. Lakukan hal yang sama jika masih ada pertanyaan yang belum dimasukkan. Jika pertanyaan yang akan Anda masukkan terlalu banyak topik, bisa masuk ke langkah berikutnya untuk mengkategorikan pertanyaan sesuai dengan kelompok topiknya.

Pengelompokkan Kategori Pertanyaan

Bagian ini bisa Anda lewat jika tidak diperlukan, tapi bagi yang memiliki beragam topik pertanyaan yang akan dimasukkan ke dalam FAQ. Kami sarankan untuk membuat pengelompokkan kategori pertanyaan sesuai dengan topiknya.

Caranya sangat mudah, simak baik-baik ya!

Langkah 1: Klik FAQs > Groups untuk membuat kategori baru.

Cara Membuat Halaman FAQ di Website dengan Mudah (Tutorial) - 2024

Langkah 2: Tambahkan kategori yang sudah Anda tambahkan sebelumnya, caranya seperti halnya Anda menambahkan kategori pada postingan.

Cara Membuat Halaman FAQ di Website dengan Mudah (Tutorial) - 2024

Langkah 3: Setelah selesai memasukkan pertanyaan dan jawaban, klik tombol Publish.

Selesai, Anda sekarang sudah menambahkan FAQ. Lakukan hal yang sama jika masih ada pertanyaan yang belum dimasukkan.

Tampilkan Halaman FAQ

Menampilkan halaman FAQ sangat mudah, Anda hanya perlu menggunakan kode pendek yang sudah ditentukan plugin. Anda bisa menambahkannya ke halaman maupun ke postingan manapun, dalam demo ini kami contohkan menampilkan halaman FAQ pada halaman statis.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

Langkah 1: Di halaman admin WordPress, klik menu Pages > Add New.

Cara Membuat Halaman FAQ di Website dengan Mudah (Tutorial) - 2024

Langkah 2: Masukkan judul di kolom judul dan masukkan kode pendek di bawah ini pada kolom body.

[faqs]

membuat halaman faq

Jika Anda ingin menampilkan FAQ dalam style Jquery Toggle, maka Anda bisa mengubah kodenya menjadi seperti di bawah ini:

[faqs style=”toggle”]

membuat halaman faq

Lebih detailnya bisa mengunjungi situs plugin ini untuk melihat kode pendek lainnya.

Custom Tampilan FAQ

Anda bisa melakukan perubahan pada tampilan UI FAQ agar menjadi lebih menarik lagi, misalnya fontnya, warnanya dan lain sebagainya bisa Anda kreasikan karena plugin ini sudah dilengkapi dengan CSS.

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan kode CSS, mungkin melakukan beberapa perubahan tidak akan sulit. Ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1: Klik FAQs > Settings.

Langkah 2: Atur warnanya dari mulai latar list, teks dan lainnya.

Cara Membuat Halaman FAQ di Website dengan Mudah (Tutorial) - 2024

Langkah 3: Setelah selesai klik Save Changes.

Sekarang Saatnya Sukseskan Bisnis dengan Membuat Halaman FAQ di Website

Bagaimana, sudah siap membuat halaman FAQ versi Anda sendiri? Ikuti saja beberapa langkah cara membuat halaman FAQ dan ikuti juga beberapa tipsnya, agar halaman FAQ yang Anda buat bisa menjadi pendukung kesuksesan bisnis online Anda.

Kami harap postingan ini bisa membantu Anda menambahkan beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan di WordPress. Anda juga bisa melihat pembahasan lainnya di Exabytes Blog seperti pembahasan tentang landing page lengkap dengan contoh landing page dan pembahasan lainnya.