Cara Membuat Toko Online Dengan Modal Rp 179.000

Punya website/toko online/blog sendiri kini tak lagi sesulit dan semahal dulu. Tidak perlu lagi harus tahu HTML, PHP, Javascript, CSS atau istilah-istilah alien (teknis) itu :), nggak perlu lagi harus bayar jutaan untuk beli web hosting (menyimpan data-data website) atau programmer. Kini, membangun toko online bisa kamu lakukan sendiri, murah dan dalam waktu kurang dari 1 jam.

Kamu cuma butuh Rp 179.000 dan semangat untuk belajar ūüôā Banyak sekali sumber-sumber gratis di internet yang membahas mengenai cara pembuatan website secara gratis. Salah satu sumber belajar conthohnya Blog Exabytes. Ada banyak artikel, video atau ikut seminar gratis yang kami adakan setiap 2 minggu di Jakarta sehingga bisa kamu jadikan salah satu referensi untuk membangun usaha kamu.

Membuat Toko Online

Ada 2 syarat yang harus kita punya untuk membangun Toko online, Blog atau Website:

  1. Domain
  2. Web Hosting

1. Domain .COM Murah

Kamu bisa beli domain .COM dimana saja karena ada banyak perusahaan penyedia layanan web hosting di Indonesia yang tersedia, tetapi beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membeli domain, terutama domain .COM untuk toko online ini:

  • Beli domain yang terdaftar resmi di ICANN (asosiasi pengelola domain) alasannya supaya domain kamu terjamin dan mudah dipindahkan suatu saat nanti jika kamu mau pindah ke penyedia domain lain.
  • Memiliki fitur DNS Management. Ini wajib dimiliki. Tujuannya agar domain yang kamu beli bisa diarahkan kemana saja (dalam hal ini Blogger.com).
  • Memiliki fitur Whois ID Protection. Tujuannya untuk melindungi identitas dan informasi privasi kamu (pemilik domain) sehingga email kamu tidak menerima spam.

2. Web Hosting

Web Hosting adalah tempat dimana file-file atau data website (seperti gambar, script html, video dan lain-lain) disimpan. Seperti perumpamaan sebuah rumah, web hosting adalah rumah dimana kita menyimpan barang-barang kita, sedangkan domain adalah alamat rumah agar orang lain tahu dimana rumah kita berlokasi.

Ada 2 pilihan untuk mendapatkan web hosting, yaitu layanan hosting berbayar dan layanan hosting gratis. Layanan berbayar bisa kamu dapatkan dari perusahaan web hosting seperti Exabytes Indonesia. Sedangkan layanan web hosting gratis, kamu bisa mendaftar di Blogger.com.

Perbedaan antara layanan web hosting berbayar dengan web hosting gratis bisa kamu baca disini: Web Hosting Berbayar VS Web Hosting Gratis.

Cara mengarahkan Domain ke Blogger.com

Domain .COM harus di setting dengan menggunakan fitur DNS Management supaya bisa digunakan untuk Blogge. Selain itu, alamat website akan lebih pendek, mudah di ingat dan terlihat profesional. Misalnya
www.tokosepatuyudhi.blogspot.co.id menjadi www.tokosepatuyudhi.com
Tutorial lengkapnya bisa diikuti disini: Cara Mengarahkan Domain Murah Exabytes ke Blogspot atau kamu bisa menghubungi tim Technical Support kami yang siap membantu 24 jam non-stop.

Instalasi Blogger untuk Toko Online

Blogger.com pada dasarnya ditujukan untuk Blog, bukan untuk toko online yang membutuhkan proses yang lengkap (seperti Keranjang Belanja atau Pembayaran otomatis). Blogger di pilih karena gratis dan membolehkan kita mengatur konfigurasi domain sehingga kita bisa dengan bebas mengarahkan domain kita kemana saja.

Untuk menyiasati proses jual-beli, kamu bisa menyertakan nomor telpon, email dan nomor rekening di satu halaman khusus, misalnya halaman “Hubungi Kami” ūüėČ

Artikel ini akan mengajarkan cara membangun Toko Online sederhana untuk menampilkan barang (katalog produk).

Langkah-langkah membangun toko online dengan blogger.com:

1. Daftar Blogger

Buka www.blogger.com dan klik ‚ÄúCREATE YOUR BLOG‚ÄĚ.

Membuat Toko Online dengan Blogger.com
Membuat Toko Online dengan Blogger.com
2. Login email menggunakan Gmail

Untuk mendaftarkan Blogger.com kamu harus punya email dari Gmail. Jika belum punya, kamu diharuskan mendaftarkan dulu dengan cara meng-klik Opsi lainnya > Buat akun. Jika kamu sudah memiliki akun Gmail, kamu cukup Login ke akun Gmail kamu seperti gambar yang muncul dibawah ini:

login-akun-gmail
Login Akun Gmail
3. Konfirmasi Profil

Pilih “Profil Blogger”¬†untuk instalasi yang lebih cepat tetapi saya rekomendasikan memilih “Profil Google+” tujuannya¬†untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung (tetapi kamu bisa membuatnya di lain waktu). Untuk mempermudah, saya memilih “Profil Blogger“.

Pilih Profile Blogger
Pilih Profile Blogger
4. Profil Blogger

Isi Nama Tampilan dengan nama toko online kamu. Klik “Lanjutkan ke Blogger“.

Nama Tampilan
Nama Tampilan
5. Login Blogger

Klik “BUAT BLOG BARU”.

Login Blogger
Login Blogger
6. Buat Blog Baru

Isi Judul, Alamat dan pilih Tema yang kamu inginkan. Saya pribadi lebih memilih Tema Emporio karena lebih enak untuk menampilkan katalog gambar. Kemudian klik “Buat blog!“.

Buat Akun Blog
Buat Akun Blog
7. Administrasi Blogger

Halaman administrasi akan muncul. Di halaman ini kamu bisa mengatur tampilan website, menambahkan halaman, produk dan konfigurasi domain.

Halaman Admin Blogger
Halaman Admin Blogger
8. Buka Website

Website kamu sudah selesai di instal. Buka Alamat blogger yang sudah kamu isikan di Langkah ke-6 tadi, misal http://tokosepatuyudhi.blogspot.co.id/.

Tampilan Awal Toko Online
Tampilan Awal Toko Online
9. Pengaturan & Testing

Langkah terakhir. Atur sendiri tampilan toko online sesuai keinginan kamu.

Tampilan Toko Online
Tampilan Toko Online

Jika kamu belum mengatur konfigurasi Blogger dengan Domain .COM yang yang kamu beli dari Exabytes, kamu bisa membacanya disini: Cara mengarahkan Domain Murah Exabytes ke Blogger.com

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here