Gimana Sih Caranya Untuk Memilih Nama Domain Untuk Bisnis?

71
gimana sih cara memililh nama domain?
Free Credit Exabytes
10 min read

Di era yang serba digital ini, pembeli udah males banget buat keluar untuk belanja di offline store, terutama lagi pandemi virus corona gini nih. Kebanyakan konsumen bakalan memilih buat stay at home dan belanja online. Biasanya sih calon pembeli melihat produk atau jasa yang kita tawarkan di online melalui pencarian di web.

Nah, kalau website kamu ada di urutan atas, mudah dicari dan meyakinkan, pasti orang orang nggak mikir dua kali deh buat mengunjungi situs web kamu. Kalau mereka tertarik, sales kamu pastinya akan meningkat!

domain

Dengan sebagian besar belanja terjadi di internet, dinamika pasar itu udah berubah secara signifikan. Salah satu metode efektif dan timeless untuk menjangkau pelanggan potensial adalah melalui website. Website yang dikembangkan dan di-maintain secara baik pasti bakalan ngebuat citra brand yang bagus di mata pembeli dan sudut pandang marketing. Nah, kamu bisa banget kok buat mewujudkan impian ini dengan menggunakan nama domain yang tepat.

Jangan mikir kalau calon pembeli bakalan mengunjungi web apapun domainnya, nggak selalu. Nama ini bisa jadi elemen dan kunci yang tepat buat web kamu, tapi hal ini bisa juga menghancurkan citra brand kamu, nggak mau kan brand yang susah payah kamu bangun rusak hanya karena nama? Jadi, krusial banget nih buat memilih nama domain yang tepat buat bisnis kamu!

Buat orang yang masih baru di dunia website, pasti bingung deh apa sih nama domain itu? Sepenting apa hal ini buat situs web? Terus gimana caranya buat memilih nama domain yang tepat buat bisnis ya? Nah, semuanya akan dikupas tuntas bareng Exabytes di bawah ini! Yuk, langsung cari tahu dulu apa itu domain!

Apa Itu Domain?

Domain sendiri adalah sebuah nama unik di suatu server untuk mengidentifikasi nama server tersebut. Kalau di kehidupan kita, ada yang namanya alamat tempat. Kalau dalam dunia web hosting, ada nama domain. Jadi, domain itu bisa diibaratkan sebagai alamat di dalam dunia web hosting, guys

Kenapa kok dianggap sebagai alamat? Nah, jadi navigasi satelit itu butuh nama jalan atau kode pos biar sistemnya bisa menunjuk arah, sama halnya di web browser. Domain ini juga bakalan menjadi sebuah nama buat ngewakilin nama server tersebut, nih. Jadi, kalau orang ingin mengakses web server tertentu di dalam jaringan komputer atau internet akan lebih mudah deh! 

jenis-jenis domain

Seperti yang dikatakan, ini memudahkan user untuk terhubung ke jaringan internet untuk mengakses suatu website. Selain itu domain itu mempermudah kita buat mengingat alamat situs website. Dengan ini, kamu nggak perlu lagi buat masukin alamat IP (internet protocol) address buat mengakses web server tersebut.

Contoh simpelnya nih, kalau kamu pengen mengakses situs web Google (google.co.id) maka nggak perlu lagi buat nulis alamat IPnya, ribet banget soalnya. Alamat IP Google itu 103.234.122.234 susah banget kan kalau menghafal alamat IPnya buat mencari Google? Jadi, mendingan pakai nama domain seperti google.co.id buat mengarahkan kita ke situs tersebut, sama aja kok! Nama ini cuma lebih gampang aja.

Sudah lebih jelas kan apa sih domain itu? Kalau sudah mengenal seluk beluk secara singkat, yuk kita sekarang sama-sama cari tahu lagi nih, apa pentingnya nama domain sih? Percuma kan, kalau udah ngerti, tapi kita nggak tahu pentingnya selain mengarahkan ke website? Makanya, cari tahu yuk alasan mengapa nama domain itu penting, terutama buat bisnis kamu!

Pentingnya Domain Untuk Bisnis

Seperti yang tadi udah dibahas, nama domain ini berguna buat mengarahkan pengunjung ke situs web yang dicari, tapi nggak cuma itu aja kegunaan dan fungsinya.

domain

Di dunia yang sudah mengglobal ini, orang orang bertemu dalam sebuah jaringan bernama internet, para pelaku bisnis harus sudah sadar kalau domain ini mempunyai makna strategis bagi bisnis.

Domain ini nggak cuma jadi tuntutan di zaman ini loh guys, tapi ini menjadi salah satu langkah pertama dan besar dalam mengelola institusi bisnis, nih. Makanya, cari tahu di bawah ini yuk apa aja pentingnya sih nama domain ini buat bisnis!

Mudah Diingat

Nama unik dan singkat itu pasti memudahkan para calon pembeli dan pelanggan untuk mengunjungi website kamu nih. Dengan hal ini juga, mereka akan lebih sadar atas merek perusahaan kamu, makanya memilih nama domain ini penting buat bisnis!

Profesional 

Dengan mendaftarkan domain bisa bikin perusahaan kamu makin terlihat profesional dan dipercaya. Bisnis itu identik dengan kredibilitas dan juga kepercayaan. Jadi, perusahaan-perusahaan yang sudah mengerti dengan hal ini pasti akan melengkapi instrumen bisnisnya dengan domain sendiri ketimbang domain gratisan.

Domain sendiri akan memberikan “impresi” positif dari para pelanggan bahwa perusahaan itu profesional atau tidak. Intinya, kalau perusahaan tidak mau mengeluarkan uang untuk membeli nama domain sendiri, pelanggan akan merasa tidak yakin bahwa perusahaan ini bisa menawarkan produk dan jasa yang berharga.

Terintegrasi Sosial Media 

Salah satu keuntungan domain yang lain adalah sudah terintegrasi dengan sosial media, jadi bisnis kamu bisa dihubungkan dengan sosial media lainnya nih seperti Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest. sehingga networking bisnis kamu bakalan semakin banyak dan terjalin dengan erat berkat adanya domain!

Cut Cost

Selain beberapa hal diatas, mempunyai domain dan membangun website untuk perusahaan ini juga bikin perusahaan bisa cut cost alias potong pengeluaran. Kenapa kok gitu? Iya, soalnya kalau dibandingkan sama marketing secara fisik dan offline, seperti billboard, cetak pamflet dan lain lain plus pajak-pajaknya pasti bisa sampai jutaan rupiah.

Kalau misalkan kamu memutuskan untuk menggunakan online marketing, jelas lebih murah! Contohnya saja harga Domain .com di Exabytes harganya cuma Rp. 119.000 per tahun, hemat banget kan?

Mudah Ditemukan

domain .com

Kalau kamu menggunakan nama domain, akan lebih mudah ditemukan sama calon pelanggan, geng. Di internet, ada jutaan bahkan milyaran website yang memuat berbagai macam jenis produk yang sama. Makanya, nama domain yang unik untuk website ini penting bagi perusahaan untuk bisa stand out dari perusahaan lain saat pengguna internet mencari informasi produk atau jasa secara online, dicatat ya!

Ketika pebisnis membangun bisnis dan mengembangkan situs web dengan konten berkualitas, nama domain perusahaan kamu juga akan menjadi lebih dikenal di mesin pencari seperti contohnya Google dan Yahoo. 

Memperkuat “Brand”

Bagi dunia bisnis, domain ini efektif membangun brand awareness buat merek. Bahkan, kalau nama domain sesuai dengan nama perusahaan kamu, ini akan membantu untuk memperkuat merek atau brand karena potential buyer akan mudah untuk mengingatnya.

Nama domain ini memberikan visibilitas untuk merek bisnis, nih. Sama seperti jendela etalase, domain yang baik akan menciptakan awareness dan menarik pelanggan.

Nah, diatas itu beberapa alasan mengapa domain itu penting untuk bisnis kamu. Banyak kan alasannya? Ssetelah mengenali berbagai macam alasan diatas, langsung yuk gunakan nama domain unik buat bisnis online kamu. Tapi, kalau kamu belum begitu paham gimana ya caranya buat memilih nama domain, Exabytes bakalan bantu kamu lewat tips keren untuk memilih nama domain di bawah ini!

Tips Untuk Memilih Nama Domain

Nama memiliki kekuatan – ini berlaku untuk apapun, termasuk nama domain. Oleh karena itu, memutuskan dan daftar domain ini gak boleh asal-asalan ya, teman teman. Hal ini perlu pertimbangan dan nggak boleh tergesa-gesa.

Nama domain ini menjadi alat pemasaran dan pencarian yang penting dan berharga loh! Soalnya ini yang bakalan berhasil buat mengarahkan pelanggan ke situs kamu. Perlu banget penelitian yang mendalam pada saat memilih nama domain!

Maka dari itu, Exabytes ingin membantu teman-teman sekalian yang lagi kebingungan pengen pilih nama domain untuk bisnis. Gak usah khawatir guys, yuk kita cari tahu beberapa cara menarik yang bisa diterapkan dalam memilih nama domain di bawah!

Singkat dan Unik

Dalam membuat nama domain, pastikan kalau nama domain yang kamu miliki itu unik dan juga singkat agar lebih mudah diingat oleh pengunjung. Kalau misalkan nama domain yang bisnis gunakan susah diingat, dieja maupun diketik maka akan membuat pengunjung kesulitan dan tidak melekat di hati pengunjung.

Pengunjung cenderung lebih memilih nama domain yang mudah diingat, semakin unik nama yang digunakan, ini bisa menggaet lebih banyak pengunjung, soalnya semakin banyak pengunjung yang tertarik. Tapi, harus tetap relevan ya sama bisnis yang dimiliki, jangan sampai melenceng dan yang menyinggung banyak kelompok.

Sesuai dengan Isi

Nah, lanjutan dari poin diatas, tetap ya seunik-uniknya nama domain yang dipakai, tetap harus sesuai dengan isi bisnis kamu. Kalau bisnis kamu menjual fashion, pilih nama unik dan keren yang tetap berhubungan dengan fashion. Nama domain bisnis ini menjadi ciri khas dan menentukan target market kamu loh, nggak mungkin kan orang mau cari website fashion tapi nama domainnya ada ayam bakar? 

Pilih Ekstensi yang Sesuai

Ekstensi ini adalah sufiks, seperti .com atau .net, di akhir alamat web, sering lihat kan? Ekstensi ini punya kegunaan khususnya juga loh, jadi pastikan untuk memilih yang berfungsi untuk bisnis kamu ya! Ekstensi domain .com sejauh ini merupakan yang paling populer sih. Mengapa? Ekstensi “.com” adalah yang paling familiar dan termudah untuk diingat.

your domain

Meskipun ada banyak situs web yang berhasil dengan “.net” dan “.org”, situs web kamu mungkin akan lebih baik jika memiliki ekstensi “.com” atau “.co.id”. Dua domain adalah salah satu ekstensi web teraman dan populer yang mudah diingat apalagi untuk bisnis.

Hindari Tanda Hubung Dan Angka

Ingat kan poin pertama tadi? Dimana kita harus pastikan nama domain kamu agar singkat dan unik? Nah, salah satu tipsnya adalah hindari tanda hubung dan angka, soalnya hal ini bakalan bikin pengunjung itu kesulitan menghafal. 


Coba bayangin kalau jaman dulu situs web Facebook ada tanda hubungnya (Face-book), kalau kamu ingin merekomendasikan situs ini ke teman kamu, “Coba deh, cari situs Facebook, tapi pake tanda hubung di tengahnya ya,” Nah, ribet banget kan? Orang bakalan menghindari dan malas buat typing nama domain bisnis kamu, deh.

Periksa Lagi

Sebelum kamu melanjutkan memilih nama domain, jangan lupa untuk periksa lagi, teman-teman. Lihat apakah nama tersebut tersedia di situs media sosial, dan juga apakah ada merek dagang yang sudah terdaftar untuk nama tersebut.

Hindari masalah apalagi sampai masalah hukum ya, maka dari itu cek terlebih dahulu apakah nama itu sudah terdaftar. Karena nama domain juga membentuk citra perusahaan, loh. Bayangin kalau nama kamu sama kaya tetangga, pasti akan ada banyak masalah yang akan terjadi.

Gunakan Generator Nama Domain 

Pada tahap ini, kalau kamu sama sekali belum ada ide dan merasa buntu, coba untuk menggunakan generator nama domain. Tapi, tentu saja kamu tetap harus memiliki setidaknya gambaran umum tentang beberapa kemungkinan kata untuk dimasukkan ke dalam domain ya. 

Beberapa dari kata-kata itu memang mungkin sudah diambil, tapi di situlah generator nama domain berperan. Generator ini dapat mengubah ide-ide yang dimasukan menjadi sebuah nama domain baru yang tersedia. Kamu bisa gunakan nama ini deh.

Untuk itu, kamu bisa banget cek ide untuk nama domain kamu di website Exabytes lho. Jika nama atau alamat yang kamu inginkan tersedia, kamu bisa langsung membeli domain itu di Exabytes deh.

Nah, diatas sudah Exabytes rangkum, mulai dari apa itu domain, pentingnya menggunakan sampai pada cara baik untuk memilih dan tips unik lainnya. Semoga info ini bermanfaat buat kalian yang lagi bingung gimana cari nama domain ya teman teman Exabytes.

Makanya, langsung yuk coba di cek daftar-daftar domain yang harganya pasti affordable di Exabytes yang bisa kamu klik disini! Yuk, mulai bisnis online kamu sekarang juga dengan menggunakan domain dari Exabytes!

Credits : Derisna Waisa

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here