Seperti yang telah dibahas pada artikel Kenapa Email Gratis Dapat Memberikan Dampak Negatif Terhadap Bisnis Kita?  Masalah lain yang perlu diwaspadai adalah email spam. Email Spam adalah email masuk yang tidak dinginkan oleh pengguna Email. Mungkin kita pernah secara langsung atau tidak langsung berinteraksi dengan pengirim email spam sehingga menyebabkan email kita tersimpan oleh mereka. Email yang dikirimkan dapat bervariasi mulai dari iklan, undian, informasi palsu, phishing, penipuan, dan lain sebagainya.

Email Spam seperti ini bertujuan untuk mendapatkan data-data pribadi kita, rekening, kartu kredit atau menanamkan malware jahat di hosting kita untuk menambang bitcoin / uang elektronik yang mampu menguras sumber daya email hosting kita. 

Oke cukup dengan cerita horrornya! Sekarang bagaimana cara kita menanggulangi masalah email spam tersebut. Kita tidak perlu buru-buru memanggil seorang tim IT untuk menyelesaikan masalah tersebut. Coba simak tips berikut

1. Latih Filter Mengenali Spam

Ya, cara ini adalah cara pertama yang bisa lakukan untuk email kita membedakan mana email spam mana email yang legit. Caranya mungkin akan sedikit berbeda untuk melaporkan email spam, tergantung dari aplikasi email yang kita gunakan. Sebagai contoh jika kamu  menggunakan email bisnis dari paket EBiz Mail. 

Kamu juga perlu melatih aplikasi email tentang kesalahan penandaan email spam. Sekali sehari ya, periksa folder spam kamu untuk mencari pesan yang mungkin saja bukan spam. Saat kamu menemukannya, pilih dan beri tanda bahwa itu adalah sebuah kesalahan. 

Baca Juga  Cara Mencegah Virus Ransomware (WannaCry)

2. Cuekkin aja, Email SPAM.

Cara kedua adalah kita mesti banget nyuekkin email spam. Ya, apapun judul emailnya. Kalau sudah terlanjur membukanya dan kemudian menyadari bahwa itu adalah spam (jangan panik), tutuplah email itu segera. Jangan klik tautan atau tombol, atau unduh file apapun, dari email yang diduga adalah spam.

Jika kamu membuka email spam karena pengirim emailnya kelihatannya berasal dari teman atau rekan kerja, hubungi mereka segera dan beritahu mereka bahwa akun mereka telah dibajak orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Sembunyikan Alamat Email

Kebanyakkan orang yang memiliki alamat email bisnis akan lebih banyak beresiko mendapatkan email spam. Jadi tetep jaga kerahasiaan email baik-baik ya.

Jangan pernah mempublikasikan di web kecuali memang harus benar-benar melakukannya. Dan jika memang harus melakukannya, gunakanlah email yang berbeda. Misalnya untuk email yang utama kita adalah indra@brand-kamu.com, kamu bisa membuat berbeda seperti email  promo@brand-kamu.com atau info@brand-kamu.com.

4. Ubah Alamat Email 

Mengubah alamat email akan menjadi cara paling mudah terhindar dari spam. Dan ini adalah cara yang tentunya harus dibayar dengan kerja keras. Kita harus memberitahukan kembali alamat email yang baru ke seluruh kontak.

5. Gunakan SPAMExperts!

Cara yang terakhir adalah menggunakan SpamExpertsSpamExperts adalah solusi anti-spam kelas enterprise yang akan membantu kita menyingkirkan email spam dan ancaman yang selalu masuk ke inbox. Semua email yang masuk akan masuk ke sistem SpamExperts, di filter dan diteruskan ke tujuan mail server kamu. Memastikan semua spamvirusphising dan malware akan dieliminasi sebelum mencapai inbox. 

Baca Juga  😱Kenapa Email Gratis Dapat Memberikan Dampak Negatif Terhadap Bisnis Kita?

Tertarik mencoba SpamExperts? Kamu bisa memulainya hari ini. Mulai dari Rp. 540.000/tahun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here