Hi Exabytes Friends,

Bayangkan Kamu sedang duduk di kantor setelah rapat yang sangat panjang memikirkan energi dan waktu yang telah Kamu habiskan untuk membangun bisnis ritel Kamu. Sekarang, karyawan dan investor menyarankan untuk mengonlinekan bisnis mu. Ide untuk memulai bisnis online membuat  kamu gugup dan ga percaya diri. Bagaimana jika itu tidak berhasil karena Kamu  tidak memiliki keahlian dan pengalaman untuk membangun toko online yang sukses?

Pertimbangkan ini – Facebook memiliki 1,4 miliar pengguna aktif setiap hari. Itu adalah potensi jumlah orang yang dapat Kamu jangkau dengan memiliki bisnis online. Dengan semakin banyak konsumen yang beralih ke website untuk berbelanja segala sesuatu mulai dari pakaian, buku, dan film hingga keperluan rumah tangga— masuk akal bahwa begitu banyak pengusaha mencari cara untuk membawa bisnis offline mereka ke online.

Sementara ini pindah ke dunia online mungkin terasa terlalu beresiko, sebenarnya tidak. Jadi bagaimana Kamu harus memulainya? Sederhana, dengan jangan menundah. Tidak ada alasan lagi,  sekarang adalah waktu yang tepat  untuk memulai bisnise onlinemu!

1. Lakukan peralihan ke WWW

Dengan berbisnis online, bukarn berarti kamu harus meninggalkan bisnis offlinemu . Kamu juga bisa menjalankan bisnis mu secara offline dan online sekaligus, cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut ini untuk menyusun perencanaan awal bisnis online mu.

  • Apakah Kamu tetap menghentikan toko offlinemu dan sepenuhnya beralih ke online?
  • Bisakah Kamu menjalankan dua bisnis (online dan offline) secara bersamaan?
  • Apakah Kamu ingin bertransisi secara bertahap dari bisnis offline ke online?
Baca Juga  Pre-Soft Launching Exabytes Indonesia

Pertama, pahami apa tujuan Kamu, kemudian rancang action plan dan lanjutkan dengan tahap eksekusi. Di Internet, Kamu dapat memperluas jangkauan dan berhubungan dengan ribuan orang tanpa harus bergantung pada metode pemasaran yang tidak pasti yang Kamu gunakan saat kamu offline. Manfaat berjualan online yang lainnya adalah Kamu dapat melacak konversi – dengan  lebih murah dan lebih dapat diandalkan.

Jika kamu belum mengetahui bagaimana Kamu ingin melakukan bisnis online, jangan panik. Kamu dapat membuat keputusan itu setelah Kamu melakukan test pasar online.

Pro-tip: Ketika Kamu melakukan transisi, pertimbangkan untuk  melakukan upsell ke customer yang  sudah ada, karna bisa jadi mereka sangat tertarik dengan penawaran kamu yang baru.

2. Pastikan brand mu visible di dunia online

Sekarang meskipun bisnis kamu di dominasi oleh bisnis offline, Kamu harus mencoba menyebarkan informasi tentang bisnis mu secara online melalui berbagai platform. Jadi, buat daftar semua aset online yang sudah Kamu miliki, seperti:

  • Website
  • Daftar email
  • Social Media:
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Snapchat
  • Pinterest
  • YouTube

Terlepas dari banyaknya effort yang harus kamu lakukan, kamu  berada di tempat yang baik untuk memulai. Jika kamu memiliki aset daring yang layak, Kamu dapat menghabiskan waktu untuk meningkatkannya. Jika tidak, kamu  dapat merencanakan dengan benar bagaimana kamu ingin membangun dan mempertahankannya.

Baca Juga  Beberapa Fakta Mengenai Desas Desus Peraturan Perpajakan e-Commerce di Indonesia

3. Mulai Website Kamu

Jika Kamu sudah memiliki website, bagus. Jika tidak, ini harus menjadi langkah pertama Kamu. Website diibaratkan seperti atap di atas kepala Kamu di dunia digital. Buat website kamu sendiri dengan mudah dengan fungsi drag – & – drop. Kamu bisa melakukannya meskipun kamu tidak memiliki kemampuan coding.Salah satu hal pertama yang harus Kamu lakukan ketika membangun sebuah website adalah membuat nama domain. Di sinilah hal itu menjadi menarik. Dengan berbagai ekstensi domain yang tersedia, Kamu dapat memilih salah satu yang secara jelas mendefinisikan bisnis Kamu. Dalam kasus bisnis ritel, itu akan menjadi .STORE. Inilah alasan Kamu harus memilih ekstensi domain baru seperti .STORE:

-Ini meningkatkan kemungkinan ketersediaan nama domain yang kamu cari

-Domain .STORE dengan tegas menetapkan industri tempat bisnis mu beroperasi

-Domain .STORE akan membuatmu terlihat berbeda dan lebih menonjol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here