Bagaimana Cara Mengubah Nama Domain Website? [Tutorial]

197
9 min read

Domain adalah identitas online dan cerminan dari sebuah website. Kita bisa melihat beberapa website toko online membuat nama domain dengan nama toko mereka, atau website personal yang menggunakan nama sendiri untuk domainnya.

Pastikan Anda memikirkan dengan matang nama domain agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Jika kesulitan, Anda bisa menggunakan domain name generator untuk menentukan domain. Tentu saja jika asal-asalan, ini akan berpengaruh pada rencana bisnis Anda ke depannya.

Lalu, apakah nama domain tersebut bisa diubah? Sayangnya, tidak. Oleh karena itu, kami menekankan bahwa nama domain harus dipilih secara hati-hati. Jika Anda tetap ingin mengubahnya, ada cara mengubah nama domain tersebut. Dalam pembahasan ini kami akan memberikan beberapa cara untuk mengubah nama domain.

Jadi simak pembahasannya sampai selesai ya!

​Alasan Mengubah Nama Domain

Biasanya secara teknis mengubah nama domain dilakukan agar website bisa lebih mudah di akses oleh calon pengunjung. Karena pada dasarnya nama domain adalah alamat utama dari website. Jika alamat yang Anda buat ternyata tidak friendly atau susah untuk diingat, ini menjadi alasan kuat untuk mengubah nama domain.

cara mengubah nama domain
Nama bisnis yang berubah bisa menjadi salah satu alasan kenapa nama domain harus diubah

Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk mengganti alamat domain mereka, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Nama Bisnis Berubah

Nama bisnis bisa saja berubah karena beberapa hal, perubahan tersebut harus terjadi pada nama domain yang Anda gunakan. Tujuannya adalah untuk mempertahankan merek bisnis yang jelas dan juga konsisten.

Rebranding

Bisa saja Anda memiliki rencana untuk mendesain ulang perusahaan, agar bisa menciptakan kesan yang berbeda dari sebelumnya. Rencana tersebut bisa dilakukan dengan membuat alamat domain baru.

Nantinya alamat domain yang baru tersebut, akan mempresentasikan konsistensi dari branding bisnis Anda yang baru. Twitter adalah salah satu perusahaan yang telah berhasil menerapkan strategi rebranding dengan mengganti alamat domain mereka.

Mengubah Ekstension

Ketika Anda berpikir untuk mengganti alamat domain lama Anda ke domain baru, namun ekstension domain incaran Anda sudah keduluan orang lain. Maka salah satu pilihannya adalah mengubah pilihan ekstensinya ke yang lain seperti .shop, .mobi, namun nama tetap sama dengan domain yang ekstension .com.

​Pengaruh Mengubah Nama Domain

Sebelum kita membahas hal teknikal tentang cara mengubah nama domain, mungkin diantara Anda ada sebuah pertanyaan apakah mengganti domain lama akan berpengaruh pada kinerja website di mesin pencari?

Jawabannya adalah Ya, penggantian nama domain tentu saja akan mempengaruhi kinerja website di mesin pencari. Kenapa? Yuk kita simak beberapa alasannya!

Baca Juga  Harga Baru Domain .COM Rp119.000/tahun

​Mesin Pencari Kemungkinan Masih Membaca Nama Domain Lama

Salah satu alasan penggantian nama domain akan berpengaruh pada kinerja website di mesin pencari adalah karena kemungkinan besar mesin pencari masih membaca nama domain lama. Hal ini dikarenakan website dengan domain lama tersebut sudah memiliki traffic sendiri.

Tidak hanya itu saja, interaksi yang ada di dalam website tersebut juga sudah berjalan dengan baik. Maka dari itu, lebih baiknya Anda memahami bahwa menentukan dan membuat nama domain harus benar-benar dipikirkan agar tidak sering mengganti nama domain.

Karena ketika Anda membuat nama domain yang tepat, hal itu juga secara tidak langsung akan berpengaruh kepada website Anda. Sehingga di kemudian hari hari tidak perlu ada rencana mengubah nama domain utama Anda.

​Mesin Pencari Butuh Waktu untuk Mengindex Domain Baru

Sebelum mengganti nama domain, sebaiknya Anda perlu mengetahui bahwa mesin pencari membutuhkan waktu untuk melakukan index ulang di domain yang baru. Sehingga, Anda harus bersabar dalam hal tersebut. Salah satu cara agar domain baru bisa dengan cepat di index. Bangun kembali konten yang ramah SEO agar nantinya Anda bisa membuat popularitas domain baru sama dengan domain lama.

Maka dari itu, kami akan menekankan kembali kepada Anda bahwa mengubah nama domain harus dilengkapi dengan pertimbangan yang cukup matang. Jika Anda sudah matang ingin mengganti nama domain, Anda bisa mengikuti beberapa langkah cara mengubah nama domain di bawah ini:

​Cara Mengubah Nama Domain Website

Mengubah nama domain sebuah website, sebenarnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa modifikasi pada kode PHP website.

Ketika Anda melakukan modifikasi, Anda harus berhati-hati karena salah saja Anda melakukan perubahan kode, maka website tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum mengganti nama domain.

Backup Data WebsiteLangkah pertama sebelum Anda melakukan perubahan kode PHP untuk mengubah nama domain, terlebih dahulu Anda backup semua data website. Agar ketika nanti mengalami masalah, website bisa dengan mudah dipulihkan.
Punya Akses ke cPanelKarena metode cara mengubah nama domain ini dilakukan dengan modifikasi file PHP. Oleh karena itu, Anda memerlukan akses ke cPanel, agar bisa membuka file PHP yang akan dimodifikasi.
Memiliki Domain BaruTentu saja memiliki domain baru adalah hal yang utama, namun yang perlu diperhatikan sebelum menentukan nama domain yang baru. Kami sarankan Anda untuk melakukan beberapa riset dana brainstorming sejumlah nama domain yang potensial, agar dikemudian hari tidak melakukan pergantian nama domain lagi.

​Membeli Nama Domain Baru

Langkah pertama sebelum Anda mengganti domain dengan yang baru adalah mempersiapkan domain baru tersebut, pastikan domain baru Anda nantinya sesuai tema dan deskripsi bisnis Anda.

Setelah Anda melakukan riset, beli domain ID Anda menggunakan promo domain yang kami share di website ini. Mudah bukan? Yuk kita lanjutkan ke tahap berikutnya!

Baca Juga  Promo Domain .ID Rp 60.000/ Tahun Tanpa Syarat, Langsung Gas!

​Ganti URL WordPress

Setelah Anda menyiapkan nama domain yang baru. Langkah selanjutnya tentang cara mengubah nama domain di website adalah dengan menambahkan domain tersebut ke WordPress General Settings.

Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Buka dashboard > Settings > General.

langkah 1 cara mengubah nama domain

Langkah 2: Setelah terbuka ganti WordPress Address dan juga Site Address yang saat ini dengan domain Anda yang baru. Lalu klik Save Changes.

Bagaimana Cara Mengubah Nama Domain Website? [Tutorial] - 2022

Catatan: Jangan dulu melakukan akses dengan domain baru, karena prosesnya belum selesai jadi Anda perlu melanjutkan terlebih dahulu ke langkah selanjutnya.

​Lakukan Perubahan untuk File wp-config.php

Sekarang langkah berikutnya adalah melakukan perubahan di file wp-config.php. File ini bisa Anda akses melalui halaman cPanel atau Anda juga bisa menggunakan software FileZilla. Namun, pada demo kali ini kami menggunakan cPanel.

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke cPanel hosting website Anda.

Langkah 2: Buka menu Files > httpdocs > wp-config.php.

Bagaimana Cara Mengubah Nama Domain Website? [Tutorial] - 2022

Langkah 3: Salin dan juga letakkan kode yang ada di bawah ini ke dalam file wp-config.php dan ganti nama domain Anda yang lama dengan yang baru.

define(‘WP_HOME’,’http://yoursitename.com‘);

define(‘WP_SITEURL’,’http://yoursitename.com‘);

Berikut adalah tampilan setelah melakukan pergantian nama domain.

Bagaimana Cara Mengubah Nama Domain Website? [Tutorial] - 2022

Selesai, kita lanjutkan ke langkah berikutnya ya!

​Perbaharui Database Website

Lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk memperbaharui database:

Langkah 1: Buka databases > phpMyAdmin.

Bagaimana Cara Mengubah Nama Domain Website? [Tutorial] - 2022

Langkah 2: Pilih database yang menyimpan file WordPress tersebut dan klik Enter phpMyAdmin.

Langkah 3: Di halaman phpMyAdmin tersebut, cari file wp_options (nama bisa saja berbeda).

Langkah 4: Lakukan perubahan pada baris Site URL dan juga home.

Langkah 5: Ganti URL lama Anda dengan menggunakan nama domain yang baru. Klik Go.

​Alihkan Domain Lama Secara Permanen

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan di pembahasan cara mengubah nama domain ini adalah melakukan pengalihan domain lama ke domain baru secara permanen. Tujuannya adalah agar informasi PageRank Google yang sudah Anda lakukan sejauh ini tidak sia-sia meskipun menggunakan domain yang lama.

Jadi untuk sementara waktu, domain lama kami sarankan kepada Anda tetap aktif. Tujuannya agar pengunjung website menyadari bahwa ada perubahan domain lama ke yang baru. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk mengalihkan domain lama ke domain yang baru:

Langkah 1: Buka cPanel.

Langkah 2: Buka Files > httpdocs.

Bagaimana Cara Mengubah Nama Domain Website? [Tutorial] - 2022

Langkah 3: Cari file .htaccess.

Bagaimana Cara Mengubah Nama Domain Website? [Tutorial] - 2022

Langkah 4: Buka dan edit file tersebut.

Bagaimana Cara Mengubah Nama Domain Website? [Tutorial] - 2022

Langkah 5: Copy dan salin kode di bawah ini.

#Options +FollowSymLinks

RewriteEngine on

RewriteRule ^(.*)$ http://yoursitename.com/$1 [R=301,L]

Domain Anda yang lama di dalam kode tersebut diganti dengan domain yang baru.

Selesai, sekarang Anda sudah berhasil menerapkan cara mengubah nama domain dengan baik dan benar.

​Ganti Nama Domain Anda Sekarang Juga!

Siapapun yang berpikir ingin mengganti nama domain, pastinya memiliki alasannya seperti ingin melakukan rebranding dan lain sebagainya. Salah satu kelebihan WordPress yaitu adanya pengaturan alamat domain bawaan dengan cara memodifikasi kode PHP di akun cPanel mereka.

Dalam pembahasan ini, kami memaparkan beberapa langkah cara mengubah nama domain dengan domain yang baru. Pembahasan tersebut diantaranya dimulai dari Anda diharuskan membeli nama domain baru, melakukan pergantian alamat website di halaman pengaturan WordPress.

Langkah tersebut dilanjutkan dengan melakukan modifikasi di file wp-config.php melalui halaman cPanel maupun FTP client. Setelah itu, Anda perlu melakukan perubahan di bagian databases website dan ditutup dengan memodifikasi file .htaccess agar pengunjung lama di domain lama teralihkan ke domain yang baru.

Selamat mencoba ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments