Jangan Bermalasan, Ikuti 12 Kegiatan Produktif di Bulan Ramadhan 

0
2583

Bulan ramadhan hendaknya diisi dengan kegiatan yang positif, berpahala, bermanfaat bagi sesama untuk mendekatkan diri kepada Allah serta beribadah kepada-Nya dengan sempurna. Bulan ramadhan bukan dijadikan sebagai alasan untuk bersantai dan bermalas-malasan ya.

Pasti banyak banget yang ingin produktif selama menjalankan puasa agar tidak bosan di rumah. Tapi apa saja kegiatan produktif di bulan Ramadhan yang bisa dicoba?

Nah daripada berdiam diri di rumah, merasa waktu berjalan lambat di kantor, atau bermain media sosial sepanjang waktu, yuk ikuti dan simak kegiatan produktif di bulan ramadhan berikut ini.

Membaca Al-Qur’an

membaca al-quran - kegiatan produktif di bulan ramadhan
Moeslem Woman Reading Al-Quran (source: iStock image)

Kegiatan produktif pertama saat bulan puasa yang wajib banget nih untuk umat beragama muslim adalah membaca atau Khatam Al-Quran selama ramadhan, kegiatan yang berkah di bulan suci, bulan dimana Alquran diturunkan. Membaca dan khatam Al-Qur’an di bulan ramadhan merupakan amalan yang besar untuk mendapatkan limpahan berkah dan pahala. 

Membaca Al-Quran juga merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW, ia selalu menyelesaikan Al-quran setiap tahunnya di bulan ramadhan. Waktu yang tepat untuk membaca Al Quran adalah saat selesai sholat. 

Tipsnya 1 juz dalam Al-Qur’an terdiri dari 10 lembar, jadi lebih baik membaca 2 lembar dalam setiap sholat. Artinya sholat wajib lima waktu dalam satu hari dikalikan 2 lembar yaitu 10 lembar dan  bisa menyelesaikan 1 juz. Sehingga untuk bisa khatam 30 juz harus menargetkannya seperti ini. 

Belajar Masak

belajar memasak - kegiatan produktif di bulan ramadhan
Mencoba menu baru dalam memasak (source: iStock image)

Siapa nih yang hobinya memasak? Pas banget nih dijadikan kegiatan produktif di bulan ramadhan. Tenang bagi yang tidak hobi masak boleh aja loh mencoba kegiatan Produktif ini. Kamu bisa masak masakan yang sesuai dengan selera ataupun kreasi kamu.

Untuk menu masakan kamu bisa cari di website, ataupun sosial media. Biasanya banyak yang merekomendasikan dan juga langsung mempraktekkan bagaimana langka-langkah dalam pembuatan menu makanannya. Selama memasak hati-hati, jangan sampai mencicipi soalnya lagi bulan puasa ya teman-teman.

Menulis di Blog

menulis blog - kegiatan produktif di bulan ramadhan
Menulis blog (source: iStock image)

Kegiatan produktif di bulan Ramadhan berikutnya yaitu Menulis di Blog. kamu bisa menuangkan dan mengembangkan ide di blog kamu sendiri. Bingung dengan ide atau tema yang akan kamu tulis di blog? 

Sini-sini, mimin kasih rekomendasi  10 Ide Konten yang bisa Menarik Pengunjung Website. Jadi kamu tidak perlu bingung lagi ide apa yang harus kamu tulis di blog kamu. 

Nah mungkin banyak yang nanya, mengapa harus blogging? Harus punya website dong? kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa tahu langsung dari 13 alasan mengapa kamu harus mulai Blogging sekarang. 


Gimana? Banyak kan manfaat menulis blog. Oh iya untuk website sendiri itu kamu tidak perlu cemas karena kamu bisa langsung mendapatkan Web Hosting Murah dari Exabytes Indonesia.  Semangat ya untuk memulai kegiatan produktif di bulan ramadhan.

Baca juga: Strategi Domain Yang Efektif di Ramadhan Untuk Meningkatkan Traffic

Mengikuti Webinar 

mengikuti webinar - kegiatan produktif di bulan ramadhan
Webinar (source: iStock image)

Mengikuti webinar termasuk kegiatan produktif yang bisa dilakukan selama bulan puasa loh. Mendapatkan banyak insight dari pembicara yang hadir, apalagi sekarang semuanya serba online, jadi kamu bisa take your time sambil ngemil dan ngopi.

Ikut Webinar tidak seberat itu kok. Kamu yang ingin menambah pengetahuan dan bingung cari webinar atau Event apa saja yang lagi ongoing bisa di cek di Exabytes Event, banyak Event yang telah diselenggarakan oleh Exabytes. 

Bagi yang ketinggalan Event yang sudah selesai kamu bisa banget nonton lagi di channel Youtube Exabytes. Santai di rumah, mendapatkan ilmu dengan melakukan kegiatan di bulan ramadhan.

Merawat Tanaman

merawat tanaman - kegiatan produktif di bulan ramadhan
Merawat tanaman di rumah (source: iStock image)

Merawat tanaman bisa kamu masukin list sebagai kegiatan produktif di bulan ramadhan nih. Rekomendasi banget untuk kamu coba. Banyak banget sekarang yang memulai mengoleksi tanaman – tanaman lucu dan aesthetic gitu. 

Dalam penelitian Belanda, mereka meminta responden mengenai menyelesaikan serangkaian tugas atau sesuatu yang menimbulkan stress. Kemudian dari hasil penelitian tersebut bahwa diketahui merawat tanaman bisa menyenangkan perasaan seseorang.

Membaca Buku

Jangan Bermalasan, Ikuti 12 Kegiatan Produktif di Bulan Ramadhan  - 2024
Bersantai sambil membaca buku di rumah (source: iStock image)

Selanjutnya, membaca buku bisa menjadi kegiatan produktif di bulan Ramadhan lho. Membaca itu ibarat seperti obat dan pengalih perhatian. Bagi beberapa orang membaca buku itu sebagai pelarian ketika mereka mengalami masa stres atau bosan. 

Kamu tidak harus membaca buku yang berat, bacalah buku sesuai dengan mood kamu yang membuat kamu betah berjam-jam ketika membacanya. Siapa nih yang sudah punya target dan list referensi buku untuk bulan puasa nanti dan menjadikan Kegiatan bermanfaat di bulan puasa? 

Berolahraga

berolahraga - kegiatan produktif di bulan ramadhan
Jogging (source: iStock images)

Kegiatan berikut merupakan kegiatan produktif di bulan ramadhan. Iya benar, berolahraga. Menahan haus dan lapar memang membuat tubuh kita menjadi lemas dan malas untuk beraktifitas, apalagi di bulan puasa. 

Jangan salah nih, olahraga yang teratur bisa memperlancar peredaran darah dan merelaksasi pikiran. Sehingga, kamu jadi lebih semangat menjalani puasa karena tubuh menjadi segar dan fit. 

Nah, olahraga yang pas banget yaitu di kala jamnya ngabuburit. Karena kamu bisa langsung melepas dahaga saat jam berbuka. kamu tidak perlu memaksakan diri, berolahragalah dengan gerakan-gerakan ringan seperti yoga, senam, atau zumba. Kamu bisa melihat referensi di youtube. Tidak perlu berolahraga dengan waktu yang lama, asal kamu rutin dan menjadikannya kegiatan produktif di bulan ramadhan.

Mengikuti Kegiatan Sosial

mengikuti kegiatan sosial - kegiatan produktif di bulan ramadhan
Kegiatan sosial peduli lingkungan (source:iStock image)

Saat ramadhan biasanya ada banyak banget kegiatan-kegiatan sosial, misalnya buka bersama di masjid, kunjungan ke panti asuhan atau membagikan makanan pada kaum dhuafa.

Kamu yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi pasti tertarik dengan kegiatan seperti ini. Ini merupakan suatu kegiatan produktif selama ramadhan yang bisa membawamu lebih banyak teman dan mempunyai koneksi yang luas juga. 

Memperdalam Agama

memperdalam agama - kegiatan produktif di bulan ramadhan
Belajar agama online (source:iStock)

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan limpahan rahmat, sangat sayang sekali bila kamu melewatinya. Daripada memainkan handphone sampai suntuk, ada kalanya kamu memperdalam agama dengan mengaji atau mendengarkan ceramah dari ustaz secara online. Selain menenangkan jiwa dan menyejukan hati, kegiatan ini merupakan aktivitas di bulan Ramadhan yang bisa membawa kamu menjadi lebih baik.

Belajar di Online Course

Jangan Bermalasan, Ikuti 12 Kegiatan Produktif di Bulan Ramadhan  - 2024
Belajar online (source:iStock)

Kegiatan produktif di bulan Ramadhan selanjutnya adalah mengikuti online course. Ramadhan yang mengharuskan kita tetap di rumah karena pandemi, sebaiknya memanfaatkan waktu untuk menggali ilmu, yaitu dengan belajar online course. Kamu bisa menambah skill baru seperti menulis, mendesain, memasak, coding, dan masih banyak lainya. 

Oh iya sekarang ini yang lagi populer yaitu mempelajari bahasa asing. Bahasa asing apa nih yang kamu minati? Korea, China atau Thailand? Nah, kamu bisa mengambil course tersebut di Udemy atau program course online lainnya. 

Ayo, mulai semangat belajar skill baru di bulan ramadhan. kalian bisa membuat jadwal, tidak perlu full seharian kalian mempelajarinya, yang penting itu kamu enjoy selama melakukannya. 

Memaksimalkan Waktu Pagi

Jangan Bermalasan, Ikuti 12 Kegiatan Produktif di Bulan Ramadhan  - 2024
Bangun lebih pagi untuk produktif (source:iStock image)

Ini merupakan kegiatan produk selama ramadhan yang sebenarnya rutin untuk dilakukan. Bangun lebih pagi dan memulai kegiatan lebih awal. Atau bisa juga tidak tidur lagi setelah sahur agar kamu bisa memaksimalkan kegiatan di pagi hari.

Selama ramadhan ciptakanlah ritual pagi misalnya, dari bangun tidur, beres-beres,mandi, skincare dengan menyetel lagu kesukaan kamu. Buatlah suasana menjadi lebih bahagia dan menjadi lebih produktif.

Mencoba Bermeditasi

Jangan Bermalasan, Ikuti 12 Kegiatan Produktif di Bulan Ramadhan  - 2024
Bermeditasi di rumah (source: iStock image)

Pernah coba meditasi? Mungkin inilah saatnya kamu mencoba bermeditasi. Meditasi merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan ketika kamu bad mood, atau stress. Bermeditasi dapat membuat tubuh kamu menjadi ringan dan dapat mengontrol emosi kamu. 

Hal ini akan sulit di awal karena harus duduk berdiam diri dan mencoba menenangkan pikiran dan mencoba berpikiran positif. Kamu bisa melihatnya di YouTube untuk mempraktekannya.

Eksplorasi Hobi Baru

Jangan Bermalasan, Ikuti 12 Kegiatan Produktif di Bulan Ramadhan  - 2024
Painting (source: iStock image)

Terakhir, mengeksplorasi hobi baru dapat menjadi kegiatan produktif di bulan ramadhan yang bisa dilakukan. Dengan kegiatan ini, hari-hari kamu akan terasa menyenangkan karena kamu melakukan kegiatan yang baru yang pertama kali kamu lakukan. Kamu bisa mungkin bisa mencoba melukis, belajar musik atau merajut.

Ada banyak kegiatan yang seru dan produktif yang bisa kamu lakukan selama bulan ramadhan. Selain referensi diatas, kamu juga bisa melakukan aktivitas bermanfaat lainnya. Meski begitu, tidak lupa untuk beristirahat ya. Jangan sampai kamu memaksakan diri dan sampai jatuh sakit. Kamu juga harus menyeimbangi kegiatan produktif, ibadah dan istirahat yang cukup.

Berikut paparan beberapa kegiatan produktif di bulan Ramadhan yang bisa kamu jadikan referensi untuk bulan puasa nanti. Jadi, kamu akan melakukan kegiatan apa nih? Selamat menjalankan ibadah puasa dan tetap produktif ya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments