6 Cara Menulis Meta Description Yang SEO Friendly Untuk Website

0
1771

Konten berkualitas sudah Anda buat, lengkap dengan konten visual yang bisa membantu pembaca memahami informasi yang mereka dapatkan. Tapi, SEO tidak hanya bergantung pada konten yang berkualitas saja.

Ada beberapa elemen seperti meta description yang perlu Anda persiapkan setelah selesai membuat konten yang berkualitas. Meta description memiliki fungsi untuk mendeskripsikan konten yang Anda suguhkan kepada calon pembaca.

Sehingga calon pembaca akan tertarik untuk membuka konten yang Anda tawarkan. Jadi, bagaimana cara menulis meta description yang SEO friendly? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda sudah berada di artikel yang tepat, melalui artikel ini kami akan menjelaskan cara menulis meta description yang baik, namun sebelum itu kita pelajari dulu apa itu meta description dan contohnya.

Jadi jangan sampai skip setiap pembahasan di artikel ini ya!

Apa itu Meta Description?

Meta description adalah deskripsi singkat dari halaman web yang berkaitan dengan isi dari halaman tersebut. Meta description digunakan oleh mesin pencari untuk menampilkan deskripsi dari halaman web dalam hasil pencarian mereka. 

cara menulis meta description

Deskripsi ini harus menjelaskan dengan jelas isi dari halaman tersebut dan harus menarik untuk diklik oleh pengguna, biasanya memiliki panjang sekitar 155 karakter.

Selain berguna untuk mendeskripsikan konten yang Anda suguhkan kepada calon pembaca, meta description merupakan salah satu elemen penting dalam melakukan optimasi SEO On Page.

Bagaimana Cara Menulis Meta Description?

6 Cara Menulis Meta Description Yang SEO Friendly Untuk Website - 2024

Setelah Anda mengetahui apa itu meta description dan pentingnya membuat meta description, langkah selanjutnya adalah bagaimana membuat meta description yang SEO Friendly? Karena ternyata dalam membuat meta description tidak asal-asalan.

Anda perlu memperhatikan beberapa cara menulis meta description di bawah ini:

Gunakan Bahasa Persuasif di Meta Description

Membuat meta description yang persuasif, bisa Anda lakukan dengan beberapa teknik bahasa yang efektif seperti menggunakan kalimat yang mengajak, misalnya “Temukan solusi terbaik” atau “Dapatkan hasil terbaik”.

Anda juga bisa menggunakan kata yang menyentuh emosi, seperti “luar biasa”, “istimewa”, “terbaik” sehingga membuat meta description terdengar lebih menarik dan membuat orang ingin mengklik halaman Anda.

Ada beberapa website yang menambahkan kalimat untuk mengajak pengguna untuk melakukan sesuatu seperti “Kunjungi sekarang” atau “Daftar sekarang”. 

Intinya secara keseluruhan, menggunakan bahasa yang persuasif dalam meta description dapat membuat halaman Anda terdengar lebih menarik. 

Sebutkan Manfaat di Meta Description

Jelaskan dengan jelas solusi atau manfaat yang akan didapat oleh pengguna dari konten Anda. Misalnya, jika konten Anda berisi informasi tentang cara mengatasi masalah kesehatan, pastikan isinya benar-benar membahas tentang masalah kesehatan.

Jangan sampai pengguna mengklik tombol back karena isi dari konten tersebut tidak sesuai dengan meta description yang Anda buat. 

Jadi dalam membuat meta description, Anda harus fokus menyampaikan dengan jelas manfaat yang akan didapat oleh pengguna dari konten Anda. 

Tulis Meta Description di Bawah 155 Karakter

Mengapa harus di bawah 155 karakter? Karena jika terlalu panjang akan menyulitkan pembaca dalam mengerti isi dari konten yang Anda suguhkan dan mengurangi tingkat klik dari hasil pencarian. 

155 karakter adalah batasan jumlah yang dapat ditampilkan secara utuh di hasil pencarian Google. Jika meta description melebihi jumlah karakter tersebut, hasil pencarian akan ditampilkan dengan potongan dan akan mengurangi efektivitas dari meta description.

Oleh karena itu, menulis meta description yang singkat dan padat adalah lebih baik untuk meningkatkan efektivitas dari meta description Anda.

Mengandung Keyword

Cara membuat meta description berikutnya harus mengandung keyword di dalamnya. Karena ini akan membantu mesin pencari untuk menentukan relevansi halaman web Anda dengan query pencarian yang diberikan oleh pengguna. 

Menyertakan kata kunci dalam meta description juga dapat membantu dalam meningkatkan tingkat klik dari hasil pencarian, karena pengguna akan lebih cenderung untuk mengklik hasil yang relevan dengan apa yang mereka cari.

Selain itu, menyertakan kata kunci dalam meta description juga bisa membantu dalam meningkatkan posisi konten web Anda dalam hasil pencarian. Mesin pencari akan menganggap konten web Anda lebih relevan dengan query pencarian yang diberikan oleh pengguna.

Tapi perlu diingat dan dipahami, jangan sampai spam keyword di meta description. Lakukan menempatkan kata kunci dengan benar dan secara alami dalam meta description Anda.

Manfaatkan CTA (Call to Action)

Di pembahasan awal, Anda sudah tahu bahwa salah satu tujuan meta description yaitu untuk menarik pengunjung agar mau membuka konten Anda. Maka dari itu, kami menyarankan Anda untuk menggunakan CTA di dalam meta description.

Call to Action ini sangat berguna untuk mengajak calon pengunjung untuk melakukan sesuatu. Kalimat yang bisa Anda gunakan seperti “Mari kita mulai!” atau “Klik Sekarang Juga” bisa Anda sisipkan dalam meta description.

Gunakan Bantuan Plugin Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin SEO populer untuk WordPress yang membantu Anda dalam menulis meta description yang efektif. Plugin ini menyediakan banyak fitur yang membantu Anda dalam meningkatkan SEO website Anda, termasuk fitur untuk menulis meta description.

Anda bisa memanfaatkan fitur Yoast SEO seperti analisis kata kunci, analisis meta description, preview hasil pencarian, peringatan kesalahan saat menulis meta description dan pemberitahuan jika kata kunci yang dimasukkan ke meta description sudah relevan.

Namun perlu diingat, plugin ini hanya sebagai bantuan saja, Anda harus tetap mengevaluasi dan mengecek meta description yang ditulis agar sesuai dengan standar yang ada.

Cek cara install dan setting plugin Yoast SEO untuk detail pembahasan lebih lanjut tentang plugin tersebut.

Selain menggunakan bantuan plugin, Anda bisa membuat meta description menggunakan kode HTML. Akan tetapi kami tidak menyarankan untuk Anda yang tidak terbiasa mengedit inti file WordPress.

Contoh Meta Description untuk Bahan Inspirasi Anda!

Karena meta description harus dibuat kurang dari 155 karakter, maka untuk membuatnya membutuhkan lebih dari sekedar menyatukan kata-kata saja. 

Oleh karena itu untuk membantu Anda membuat meta description yang efektif, kami berikan beberapa contoh meta description dari website besar untuk bahan inspirasi Anda.

Tesla

6 Cara Menulis Meta Description Yang SEO Friendly Untuk Website - 2024

Kurang lebih Tesla hanya menggunakan 22 kata saja untuk membuat meta description, dalam deskripsinya Tesla menyampaikan apa yang mewakili perusahaan seperti apa yang diproduksi, nilai-nilai dari merek dan ambisinya.

Ini adalah contoh penerapan copywriting pada meta description yang baik.

Lonely Planet

6 Cara Menulis Meta Description Yang SEO Friendly Untuk Website - 2024

Lonely Planet mengawali dengan sebuah pertanyaan yang menarik perhatian pembaca, sehingga menjadikan deskripsi lebih menargetkan secara personal. Dilanjutkan dengan menjelaskan bagaimana Lonely Planet bisa membantu Anda yang hendak ingin berpergian.

LinkedIn

6 Cara Menulis Meta Description Yang SEO Friendly Untuk Website - 2024

Ini adalah meta description dari LinkedIn, kalimat pertama yang digunakan cukup menjelaskan nilai dari sebuah website bernama Linkedin, sementara kata-kata selanjutnya kalimat ajakan untuk segera membuka website LinkedIn.

Tulislah Meta Description Anda Sekarang!

Meta description adalah deskripsi singkat tentang isi konten Anda, fungsi utamanya adalah untuk menarik perhatian calon pengunjung website di hasil pencarian. Melalui artikel ini Anda sudah belajar bagaimana cara membuat meta description lengkap dengan contoh dari website yang dimiliki perusahaan besar.

Semoga artikel tentang cara menulis meta description dapat membantu Anda membuat meta description yang efektif.

Good luck!

1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments