5 Hal Sebelum Membuat Halaman FAQ Yang Perlu Diketahui

0
1555

Hal sebelum membuat halaman FAQ (Frequently Answer Question) pada sebuah website merupakan hal yang penting bagi sebuah brand atau bisnis. Alasannya, kepuasan pelanggan adalah hal utama selain penjualan. Selain kualitas merek, kepuasan konsumen juga ditentukan oleh pelayanan perusahaan yang menanggapi pertanyaan konsumen melalui website.

Sebelum membuat halaman FAQ, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

Hal-Hal Sebelum Membuat Halaman FAQ

hal sebelum membuat halaman faq

Mencari Tahu Pertanyaan Yang Umum Diajukan Oleh Konsumen

Sebagai langkah pertama dalam membuat halaman FAQ, kamu harus fokus terlebih dahulu pada kebutuhan konsumen. Caranya adalah dengan fokus pada pertanyaan yang sering diajukan.

Kemudian buat daftar pertanyaan dari konsumen tersebut untuk memudahkan kamu. Seringkali, konsumen bertanya tentang merek dan masalah umum. Atau pelampiasan masalah konsumen seputar produk.

Akan lebih baik jika kamu menyertakan pertanyaan yang sering diajukan ini dengan jawaban yang pasti. Dengan cara ini, konsumen akan lebih cepat menyelesaikan masalah dan akan merasa puas dengan informasi yang didapat. Konsumen juga akan lebih mempercayai merek kamu.

Menggunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami Oleh Konsumen

Penggunaan bahasa juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan segmen konsumen. Misalnya, jika segmen konsumen adalah kelas menengah ke atas, kamu harus menggunakan bahasa bisnis dan standar yang sedikit lebih banyak.

Sebaliknya, jika brand atau bisnis kamu memiliki konsumen yang masih muda, gunakan bahasa yang mudah dipahami dan up to date.

Bahasa FAQ yang baik adalah bahasa konsumen, jadi bukan bahasa yang digunakan oleh perusahaan. Kamu juga harus menggunakan bahasa persuasif untuk memudahkan konsumen memahami dan mengerti. Selain bahasa yang persuasif, gaya bahasa seperti bercerita juga memudahkan konsumen.

Bagaimana Menjawab Pertanyaan Dari Konsumen?

Selain menggunakan media visual seperti foto dan video, kamu juga harus mengidentifikasi platform lain untuk menjawab pertanyaan konsumen. Misalnya dengan menghubungi langsung melalui alamat email pribadi konsumen, media sosial, atau dengan menghubungi langsung konsumen. Manfaat dari pendekatan ini adalah konsumen akan merasa lebih dihargai dan tetap loyal.

Atau bisa menggunakan aplikasi chatbot yang belakangan ini banyak digunakan oleh perusahaan besar. Secara keseluruhan, chatbot ini benar-benar memiliki fungsi seperti layanan pelanggan yang dilakukan oleh algoritme tertentu untuk menjawab pertanyaan. Kamu juga dapat dengan cepat menjawab pertanyaan konsumen dalam waktu 7×24 jam.

Tampilan atau Interface Yang Menarik

Fungsi utama dari halaman FAQ adalah untuk menjawab pertanyaan dan jawaban yang diberikan oleh perusahaan. Setelah menggunakan gaya bahasa yang tepat untuk mengelompokkan konsumen, penting untuk mempertimbangkan bentuk atau tampilan. Ingatlah bahwa kekuatan visual sangat memengaruhi pembacaan jawaban konsumen di halaman FAQ.

Jika tampilan interface membosankan, cenderung diabaikan oleh pengunjung. Mereka bahkan tidak membaca sampai akhir penjelasan. Kamu dapat menambahkan lebih banyak fitur seperti foto atau video dengan menjawab pertanyaan yang diajukan.

hal sebelum membuat halaman faq

Secara Teratur Periksa Halaman FAQ di Website

Selanjutnya, saat membuat halaman FAQ, kamu harus memperhatikan pertanyaan yang masuk. Untuk melakukan ini, kamu perlu memperbarui secara berkala, misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali.

Lalu, catat pertanyaan yang muncul, tujuannya agar lain kali kamu ditanyai pertanyaan yang sama, kamu tidak kesulitan menjawabnya.

Kamu juga perlu mengelompokkan pertanyaan-pertanyaan ini bersama-sama. Bagilah pertanyaan ke dalam kategori umum. Hal ini untuk memudahkan konsumen dan pengunjung menemukan jawaban yang mereka cari.

Kesimpulan

Cukup mudah bukan? Selalu perhatikan hal-hal sebelum membuat halaman FAQ tersebut sebelum membuat halaman FAQ!

Selain hal d atas, untuk menjamin kenyamanan dan keamanan pelanggan kamu, disarankan untuk menggunakan layanan hosting Indonesia yang handal agar data pelanggan kamu lebih aman.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments