Panduan Cara Menambahkan Google Maps di Website [Terbaru]

353
cara menambahkan google maps di website
11 min read

Banyak orang yang lebih familiar dengan Google Maps sebagai penunjuk arah atau rute saja, tapi ternyata fitur yang dimiliki bisa lebih dari itu. Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk sarana branding bisnis Anda, sehingga muncul di Google My Business.

Ketika Anda mencari nama perusahaan online di mesin pencari Google, biasanya akan muncul detail informasi yang cukup lengkap. Informasi tersebut seperti alamat lokasi, peta lokasi, situs website, nomor telepon, dan alamat perusahaan. Bahkan ada juga yang menampilkan foto atau gambar yang mempresentasikan perusahaan online tersebut.

Lantas, bagaimana informasi itu bisa sangat detail ditampilkan? Anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan Google My Business, sehingga secara otomatis lokasi perusahaan Anda akan muncul juga di Google Maps.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menambahkan Google Maps Platform ke halaman website dan mengarahkan rutenya ke lokasi perusahaan Anda. Sehingga pengunjung bisa dengan mudah menemukan lokasi perusahaan Anda di website.

Tentang Google Maps Secara Singkat

Lebih dari 150 juta pengguna telah mengakses Google Maps setiap bulannya. Data tersebut bisa menjadi peluang untuk Anda meraih lebih banyak konsumen, salah satu strateginya adalah dengan menambahkan widget Google Maps di website.

Dengan membagikan lokasi perusahaan Anda di Google Maps dan menambahkannya di halaman website, hal itu bisa memberikan kredibilitas kepada bisnis Anda.

Menyematkan peta di website Anda juga bisa mengurangi risiko bounce rate dan membantu dalam pengoptimalan di mesin pencari. Google Maps bersifat interaktif secara default dan Google juga sangat mudah untuk diintegrasikan ke dalam situs website.

Lalu pertanyaannya, apakah Anda harus mengeluarkan biaya untuk memasang Google Maps di website? Jawabannya bisa iya dan tidak. Jika Anda lebih memilih menyematkannya dengan versi gratis, Anda hanya mendapatkan tampilan dasar yang sangat sederhana.

Berbeda jika Anda ingin memasangnya dengan tampilan dan fungsi yang lebih kompleks, maka Anda perlu mengeluarkan sedikit biaya. Misalnya saja untuk menampilkan beberapa lokasi atau menerapkan fitur yang lebih canggih seperti Google Street View, mencari tempat, dan lain sebagainya.

Mengapa Anda Perlu Menambahkan Google Maps di Website?

Menambahkan Google Maps di website tidak hanya sekadar menampilkan informasi perusahaan Anda dan menampilkan kontak berupa email dan nomor telepon semata. Melainkan agar orang-orang bisa dengan mudah mengunjungi perusahaan Anda, karena mereka tahu secara langsung nama jalan dan bangunan di mana lokasi perusahaan perusahaan Anda berada.

Memang tidak mudah menentukan tipe map seperti apa yang cocok untuk diterapkan di website bisnis. Beberapa owner website terkadang hanya menyertakan gambar peta, namun sebenarnya ada cara yang lebih baik yaitu dengan menambahkan Google Maps di website.

Kelebihan yang bisa Anda rasakan jika menambahkan Google Maps di website adalah sebagai berikut:

Kelebihan dalam Memakai Google Maps
Pada Website
Fungsi
Solusi interaktif


Google Maps merupakan salah satu pilihan yang interaktif, pengguna bisa dengan mudah menggeser-geser peta sampai mereka menemukan lokasi yang mereka cari.
Menyorot lokasiAnda bisa dengan mudah menyorot lokasi manapun yang Anda inginkan, bahkan Anda bisa menyorot lokasi lebih dari satu sekaligus.
Map view dan street viewPengguna Google Maps bisa dengan mudah mengganti pilihan dari map view dan street view, sehingga pengguna bisa melihat lokasi perusahaan secara lebih aktual.
Peta terhubung ke smartphonePengguna Google Maps bisa dengan lebih mudah menghubungkan maps di PC ke smartphone mereka.

Tapi sebenarnya untuk maps ada banyak pilihan selain Google Maps. Namun, Google Maps sudah banyak dikenal oleh pengguna internet. Sehingga Google Maps lebih familiar di masyarakat, dan masyarakat juga sudah kenal dengan beberapa fungsi di dalamnya.

WordPress atau CMS lainnya kebanyakan tidak memiliki fitur bawaan untuk memasukan Google Maps. Tapi tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini kami akan membahas lebih dalam tentang cara menambahkan Google Maps di website.

Sebagian orang enggan memasang Google Maps ke websitenya karena bingung apakah akan mempengaruhi desain atau tidak.

Maka dari itu, jika Anda bingung apakah menerapkan Google Maps ke website akan mempengaruhi desain website user friendly atau tidak, m tak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak contoh desain website yang dilengkapi dengan Google Maps.

Bagaimana Cara Menambahkan Google Maps di Website?

Menyematkan Google Maps di website apapun dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dalam artikel ini, kami akan mendemokan cara yang menurut kami paling mudah.

Google telah menyediakan kode dan beberapa cara untuk menyematkan Google Maps ke situs website. Yuk kita pelajari sama-sama bagaimana cara menambahkan Google Maps di website.

Tentukan Lokasi di Google Maps

Sebelum menerapkan langkah-langkah cara menambahkan Google Maps, tentukan terlebih dahulu lokasi yang ingin Anda tampilkan.

Langkah 1: Akses halaman Google Maps.

Langkah 1: Akses halaman Google Maps.

Langkah 2: Setelah Anda berhasil mengakses halaman Google Maps, Anda sudah bisa menentukan lokasi yang diinginkan. Caranya ketik nama lokasi tersebut, dalam artikel ini kami menggunakan lokasi kantor Exabytes Indonesia.

Setelah Anda berhasil mengakses halaman Google Maps, Anda sudah bisa menentukan lokasi yang diinginkan. Caranya ketik nama lokasi tersebut, dalam artikel ini kami menggunakan lokasi kantor Exabytes Indonesia.

Langkah 3: Selanjutnya klik tombol share agar Anda bisa mendapatkan kodenya.

Langkah 3: Selanjutnya klik tombol share agar Anda bisa mendapatkan kodenya.

Langkah 4: Selanjutnya Anda akan melihat halaman kode, kode tersebut yang nantinya Anda pasang di website.

Langkah 5: Klik tab Sematkan Peta.

Langkah 6: Selanjutnya tentukan ukuran dan salin kode tersebut yang nantinya akan ditambahkan pada halaman tertentu di website.

Selanjutnya tentukan ukuran dan salin kode tersebut yang nantinya akan ditambahkan pada halaman tertentu di website.

Tambahkan Kode Maps ke Website

Sekarang masuk ke langkah selanjutnya, di mana Anda akan menambahkan kode tersebut di salah satu halaman website yang Anda inginkan. Ada beberapa cara menambahkan Google Maps di website dan kami akan menjelaskannya satu persatu.

Menambahkan Kode Google Maps di Halaman Website

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menerapkan cara menambahkan Google Maps di website, khususnya di halaman website WordPress.

Langkah 1: Klik Pages > Add New, untuk membuat halaman baru.

Klik Pages > Add New, untuk membuat halaman baru.

Langkah 2: Klik tombol Plus > Custom HTML dan kemudian tempelkan Google Maps yang sebelumnya Anda dapatkan di langkah sebelumnya.

Klik tombol Plus > Custom HTML dan kemudian tempelkan Google Maps yang sebelumnya Anda dapatkan di langkah sebelumnya.

Langkah 3: Klik tombol Publish.

Selesai, Anda sudah berhasil menerapkan cara menambahkan Google Maps di website. Akses halaman Anda untuk melakukan pengecekan, apakah kodenya sudah berjalan dengan baik atau tidak.

Menambahkan Kode Google Maps di Widget Sidebar

Selain di halaman, Anda juga bisa menambahkan Google Maps di widget sidebar. Berikut adalah langkah-langkah cara menambahkan Google Maps di website khususnya di widget sidebar.

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke halaman dashboard WordPress.

Langkah 2: Setelah login berhasil, klik menu Appearance > Widgets.

Setelah login berhasil, klik menu Appearance > Widgets.

Langkah 3: Di widget sidebar ada banyak pilihan, dalam hal ini kami memilih Custom HTML.

Di widget sidebar ada banyak pilihan, dalam hal ini kami memilih Custom H

Langkah 4: Pada bagian kolom Title masukan nama peta yang ingin Anda tampilkan dan tempelkan kode yang sebelumnya telah Anda dapatkan di kolom content.

Pada bagian kolom Title masukan nama peta yang ingin Anda tampilkan dan tempelkan kode yang sebelumnya telah Anda dapatkan di kolom content.

Langkah 6: Tekan tombol Update.

Selesai, untuk mengecek apakah cara menambahkan Google Maps di website tersebut sudah berhasil atau tidak. Silahkan lakukan pengecekan.

Menambahkan Google Maps di Website Menggunakan Plugin MapPress Easy Google Maps

MapPress adalah plugin yang bisa membantu Anda menambahkan peta Google di WordPress, MapPress juga tersedia versi pro dengan lebih banyak fitur yang bisa Anda gunakan seperti penanda khusus, mashup, pengelompokkan, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk menggunakan plugin ini ikuti beberapa langkah berikut:

Langkah 1: Instal dan aktifkan plugin MapPress Maps for WordPress.

Langkah 2: Klik Pages/Post > Add New.

Klik Pages/Post > Add New.

Langkah 3: Cari bagian MapPress dan klik tombol Open Library Maps > Add New.

Langkah 3: Cari bagian MapPress dan klik tombol Open Library Maps > Add New.
MapPress
Tambahkan map
Tambahkan Map

Langkah 4: Setelah editor MapPress terbuka, masukan alamat dan berikan judul peta. Setelah muncul lokasinya di maps, klik Add to Map.

Setelah editor MapPress terbuka, masukan alamat dan berikan judul peta. Setelah muncul lokasinya di maps, klik Add to Map.

Langkah 5: klik tombol Simpan.

Langkah 6: Klik tombol sisipkan ke dalam postingan untuk menambahkan peta. Publikasikan postingan tersebut dan cek apakah maps sudah berjalan dengan baik atau tidak.

Selesai, Anda sudah berhasil menerapkan cara menambahkan Google Maps di website dengan menggunakan bantuan plugin.

Menambahkan Google Maps di Website Menggunakan Plugin WP Google Maps

Cara lainnya adalah dengan menggunakan plugin bernama Google Maps Widget. Penggunaannya terbilang sangat mudah, jika Anda ingin menambahkan peta Google ke website WordPress Anda. Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1: Instal dan aktifkan plugin WP Google Maps.

Langkah 2: Buka menu Appearance > Widget.

Buka menu Appearance > Widget.

Langkah 3: Klik Maps > Edit.

Klik Maps > Edit.

Langkah 4: Masukkan alamat yang ingin Anda tampilkan oleh peta di pengaturan Widget, selain itu Anda juga bisa memilih ukuran peta, warna, tingkat zoom dan lain sebagainya.

Masukkan alamat yang ingin Anda tampilkan oleh peta di pengaturan Widget, selain itu Anda juga bisa memilih ukuran peta, warna, tingkat zoom dan lain sebagainya.

Langkah 5: Klik Add Marker.

Klik Add Marker.

Langkah 6: Masukkan Map Name dan klik Save Map.

Langkah 6: Masukkan Map Name dan klik Save Map.

Langkah 7: Copy shortcode.

Copy shortcode

Langkah 8: Masuk kembali ke widgets, caranya Appearance > Widgets > Tambahkan Widgets (klik tombol plus) > Shortcode dan paste shortcode yang sebelumnya sudah di copy di langkah 7.

Masuk kembali ke widgets, caranya Appearance > Widgets > Tambahkan Widgets (klik tombol plus) >  Shortcode dan paste shortcode yang sebelumnya sudah di copy di langkah 7.
Pilih shortcode
paste shortcode

Selesai, sekarang lokasi peta Google Maps Anda sudah berjalan dengan baik. Jika tidak muncul, perhatikan lagi langkah-langkah di atas.

Yuk Tambahkan Lokasi Perusahaan Anda di Google Maps ke Website Sekarang!

Menambahkan lokasi Google Maps perusahaan Anda ke website, tidak hanya serta merta untuk informasi tentang perusahaan fisik Anda maupun untuk menampilkan email saja. Fungsinya lebih dari itu, salah satunya adalah pengunjung Anda bisa menemukan lokasi perusahaan dengan lebih mudah lengkap dengan rute dan jarak dari lokasi Anda.

Jadi silakan mencoba beberapa cara menambahkan Google Maps di website tersebut, tentunya yang menurut Anda paling mudah. Jangan lupa untuk subscribe blog Exabytes Indonesia agar Anda tidak ketinggalan info seperti cara membuat website maupun cPanel hosting dan info menarik lainnya.

Good luck!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments