Cara Mudah Desain WordPress untuk Klien Mu

86
11 min read

Gunakan Alat Bantu yang Dapat Membantu Tugas

Alat Bantu Tugas
Alat Bantu Tugas

Saat membuat desain untuk klien mu, kamu bisa memanfaatkan beberapa tools yang bermanfaat untuk koordinasi antara kamu dan klien mu. Cara yang satu ini adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh mu dan klien agar bisa mendapatkan hasil akhir yang yang sempurna. Tools ini juga akan mempengaruhi bagaimana hasil akhir dari desain website milik klien, apakah itu bagus dan sesuai dengan permintaan atau tidak. Tools yang digunakan juga bisa mempermudah pekerjaan mu saat mendesain website klien. Nah, kalau kamu bingung dengan tools apa saja yang perlu kamu gunakan saat mendesain website untuk klien, mimin akan membahas nya juga pada artikel kali ini.

Tools Untuk Produktivitas

  1. Google Docs

Google Docs bisa menjadi salah satu tools pilihan untuk membagikan banyak dokumen untuk klien mu terkait dengan desain website yang akan dirancang. Dengan Google Docs juga, klien dapat membuat pengeditan di dokumen jika ia memiliki sebuah permintaan terkait desain website. Tools ini bisa memudahkan dan membuat koordinasi menjadi lebih efektif dan efisien.

  1. LastPass

Saat kamu membuka jasa desain website khususnya WordPress untuk klien mu, pasti kamu harus selalu login ke banyak akun WordPress klien mu. Hal ini membuat kamu kesulitan jika ada terlalu banyak klien yang kamu handle website nya. Kamu bisa mencoba tools LastPass yang bisa membantu mu untuk menyimpan banyak informasi login seperti username dan password sehingga kamu gak perlu lagi login berulang kali dan bisa secara otomatis login ke WordPress klien mu

  1. Trello

Kamu mungkin sudah familiar dengan Trello sebagai salah satu platform untuk membantu pekerjaan mu. Trello juga bisa menjadi tools untuk kamu memanage tugas yang diberikan oleh klien. Tak hanya itu, klien juga akan memiliki akses Trello sehingga dapat mengetahui tugas apa saja yang sedang dikerjakan oleh mu. Dengan begitu, klien bisa mengetahui bagaimana progress desain website miliknya.

  1. XAMPP

Penting untuk kamu melakukan preview desain yang dibuat untuk website klien mu. XAMPP bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk kamu coba. Tools XAMPP ini merupakan tools yang bisa digunakan untuk menginstall WordPress secara lokal di komputer mu. Dengan bantuan XAMPP, kamu ga perlu bergantung pada server yang ada dan kamu juga bisa mencoba-coba desain yang sudah dirancang sepuasnya sampai menemukan yang paling cocok dan sesuai.

  1. Evernote
Baca Juga  5 Cara Mudah Mengganti Permalink WordPress Dengan Aman

Evernote ini adalah tools yang dapat digunakan untuk menulis catatan secara online dan bisa disimpan secara online juga. Kamu bisa menulis banyak variasi catatan seperti teks sederhana, gambar, suara, video, dan lain-lainnya. Tools ini juga tentunya bisa bermanfaat saat kamu merancang desain website untuk klien.

Tools untuk Screenshot

  1. Fireshot

Fireshot merupakan sebuah ekstensi yang bisa kamu install di beberapa browser seperti Chrome dan Firefox. Dengan bantuan tools Fireshot, kamu bisa mengirim gambar screenshot dengan mudah melalui browser Chrome dan Firefox dengan resolusi gambar yang tinggi. Resolusi gambar yang tinggi juga menjadi keunggulan Fireshot agar hasil gambar yang dikirim persis seperti aslinya. Sehingga klien pun tahu gambar real yang dikirim oleh mu.

  1. Lightshot

Selain Fireshot, terdapat tools lain yaitu Lightshot yang bisa kamu gunakan untuk mengirim screenshot kepada klien. Terdapat fitur yang berbeda dari Fireshot, Lightshot ini memungkinkan kamu untuk bisa menambahkan teks serta beberapa icon seperti panah, dll pada gambar screenshot tersebut. Dengan penambahan icon tersebut akan memudahkan klien mu untuk memahami alur dari gambar screenshot yang kamu kirimkan.

Tools untuk Pencarian Gambar

  1. Pixabay

Pixabay memiliki banyak sekali kumpulan gambar dan video gratis yang bisa kamu gunakan untuk merancang desain website sesuai permintaan klien. Dengan lebih dari 1,6 juta gambar dan video ini bisa membantu kamu untuk menemukan gambar mau pun video yang bervariasi. Dari gambar dan video tersebut juga bisa menjadi inspirasi mu untuk mendesain website klien.

  1. Unsplash

Unsplash juga menyediakan beragam gambar gratis yang bisa melengkapi permintaan desain website dari klien mu. Resolusi gambar yang diberikan oleh Unsplash pun juga tinggi sehingga hasil nya akan sangat bagus. Klien pun tentunya akan lebih menyukai gambar-gambar yang memiliki resolusi tinggi dibandingkan yang tidak

Tools untuk Mockup Website

Dalam merancang desain website khususnya WordPress, membuat mockup website menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi klien. Mockup pada website dapat menjadi sebuah gambaran terkait hasil akhir dari desain website yang dibuat. Dengan begitu, klien bisa melihat bagaimana preview desain website yang dibuat oleh mu dan dapat langsung direvisi jika terdapat kesalahan atau permintaan baru dari klien tanpa perlu menunggu hasil akhir nya selesai. Beberapa tools untuk mockup website yaitu:

  1. Balsamiq Cloud
Baca Juga  Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Balsamiq Cloud ini merupakan tools yang pastinya sudah familiar di kalangan web designer karena kemudahan penggunaan nya. Tools ini dapat membuat mockup website secara online yang bisa digunakan setelah melakukan sign up dan kamu bisa langsung membuat new space untuk proyek desain pertama. Balsamiq Cloud juga memungkinkan kamu untuk membagikan mockup ke klien agar dapat direview serta diberi kritik dan saran terhadap desain website yang kamu rancang.

  1. Figma

Salah satu aplikasi atau tools pembuat mockup yang cukup handal yaitu Figma. Penggunaan Figma ini dapat kamu akses melalui browser mana saja sehingga mudah untuk diakses. Sama seperti Balsamiq Cloud, Figma juga memungkinkan kamu untuk membuat mockup website secara online sehingga lebih mudah digunakan. Sistem nya pun dibuat secara real time sehingga terdapat fitur commenting untuk klien agar dapat memberikan feedback atas desain yang sedang dikerjakan oleh mu.

Modifikasikan Tema yang Telah Ada

Modifikasi tema
Modifikasi tema

Pasti akan sulit untuk kamu membangun sebuah tema dari nol. Jika kamu membangun sebuah tema dari nol pun akan memakan waktu yang sangat banyak. Oleh karena itu, kamu tidak perlu melakukannya dan kamu bisa melakukan hal lain seperti memodifikasi tema WordPress yang sudah ada. Dengan memodifikasi tema yang sudah ada, kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam fitur di dalamnya. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana fitur yang perlu kamu buat karena fitur pada tema yang sudah ada pasti telah digunakan oleh banyak orang dan terbukti memiliki fungsi yang baik. 

Saat kamu melakukan modifikasi pada suatu tema juga kamu bisa mendapatkan support dari para pengguna tema tersebut karena biasanya pengguna tema memiliki komunitas tersendiri. Yang lebih bermanfaat lagi, jika terdapat suatu fitur atau hal yang bermasalah pun kamu bisa bertanya pada komunitas pengguna yang bisa saja sudah pernah mengalami hal tersebut dan memiliki sebuah solusi tepat untuk masalah yang kamu hadapi. Untuk menentukan tema mana yang perlu kamu modifikasi, kamu dapat menyesuaikan dengan kriteria yang diinginkan oleh klien dan mencari tema yang memiliki reputasi tinggi. Kalau kamu masih bingung saat mencari tema untuk dimodifikasi, kamu juga bisa mencari tahu pada artikel 7 Tema WordPress Gratis Yang Multiguna di Tahun 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here