Pentingnya Kenali Unique Selling Point (USP) Untuk Bisnis Anda!

282
Kenali unique selling
10 min read

Menjadi unik, berbeda, dan kreatif adalah sebuah keharusan dalam menjalankan bisnis. Itulah kenapa bisnis kamu harus memiliki unique selling point (USP) agar bisa bersaing dengan kompetitor dalam memenangkan hati pembeli.

Keunikan produk mampu mendatangkan pelanggan, namun bagaimana caranya agar bisnis kamu bisa berbeda dari yang lain? Untuk bisa menentukan USP atau unique selling point, kamu bisa memulainya dengan membaca artikel satu ini.

Jika penasaran, langsung saja kita bahas apa itu unique selling point dan mengapa penting untuk sebuah brand atau Bisnis.

Apa Itu Unique Selling Point?

Apa itu unique selling point
Kenali unique selling point dan bagaimana cara membuat brand atau bisnis unik dan berbeda (Sumber: flickr)

Istilah satu ini memang sudah akrab di telinga banyak orang, akan tetapi tidak semua orang tahu dengan pasti apa itu unique selling point. Sebagai seseorang yang hendak memulai bisnis terutama di dunia digital, kamu harus tahu seperti apa itu unique selling point dan mengapa begitu penting.

Unique selling point adalah keunikan bisnis yang membuatnya berbeda dengan bisnis serupa lainnya yang dijalankan oleh para kompetitor. Istilah ini juga bisa diartikan sebagai nilai unik dari produk atau layanan yang kamu berikan kepada pembeli.

Apabila perusahaan atau bisnis memiliki unique selling point, konsumen akan lebih cenderung memilih produk atau layanan perusahaan tersebut dibandingkan perusahaan lain yang juga menawarkan produk serupa. 

Unique selling point ini menjadi aspek penting dalam bisnis terlebih jika kamu memiliki banyak kompetitor. Mengapa demikian? Hal tersebut karena setiap produsen akan berperang harga dan inovasi. 

Tujuan dari unique selling point adalah menunjukkan keunikan, keunggulan, serta value suatu produk sehingga pelanggan akan mengenalinya dalam waktu yang lama. Hal ini juga bisa berdampak pada eksistensi bisnis dalam jangka panjang.

Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, pastikan kamu juga mempelajari psikologi marketing sehingga bisa lebih memahami calon pembeli atau pelanggan.

Cara Menentukan Unique Selling Point

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, unique selling point memiliki peran penting untuk kemajuan bisnis. Kamu bahkan memiliki kesempatan untuk bersaing dengan kompetitor dari seluruh penjuru dunia.

Untuk menentukan unique selling point bisnis atau brand kamu, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

Identifikasi Keinginan Pelanggan

Pelanggan adalah raja dan istilah ini sudah sangat melekat di pikiran kita, bukan? Agar pelanggan mendapatkan apa yang mereka mau, maka pebisnis harus bisa menyediakan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Akan tetapi, kamu juga harus memastikan bahwa apa yang kamu sediakan bisa menarik mereka.

Untuk mengetahui kemauan atau keinginan pelanggan, kamu bisa lakukan survey mengajukan beberapa pertanyaan kepada pelanggan saat mereka membeli produk atau layanan yang kamu sediakan. 

Mengetahui keinginan pelanggan juga bisa kamu terapkan sebagai cara meningkatkan omset penjualan. Secara tidak langsung, kamu tahu apa yang harus dan tidak harus dilakukan dalam memenuhi kebutuhan pasar.

Berikan Kepuasaan Kepada Para Pelanggan

Dalam berbisnis, kamu juga harus mempelajari psikologi agar tahu tingkat kepuasan konsumen saat memilih produk yang kamu jual. Ini juga bisa menjadi strategi unique selling point yang patut diterapkan. 

Gunakan Content Marketing

Di era digital seperti sekarang ini, kamu bisa menggunakan content marketing dalam menentukan unique selling point bisnis. Bukankah kamu sudah melakukan survey untuk mengetahui apa yang pelanggan inginkan? Hasilnya bisa kamu kembangkan untuk membuat konten yang diperlukan dalam marketing baik itu di media sosial atau lainnya.

Akan tetapi, kamu juga harus memiliki strategi social media marketing yang tepat agar bisa menarik perhatian pelanggan yang lebih baik. Mereka yang belum pernah memilih produk atau layanan dari kamu tentu akan penasaran kenapa bisnis atau brand kamu berbeda dari yang lain. 

Ketahui Kelebihan Bisnis yang Dimiliki

Agar bisa menentukan unique selling point, kamu juga harus tahu apa saja kelebihan dari bisnis yang kamu jalankan. Ini juga bisa kamu gunakan untuk menentukan apakah kelebihan tersebut adalah yang dicari oleh pelanggan. 

Kelebihan yang dimiliki bisa kamu tonjolkan pada saat melakukan branding. Sehingga target konsumen akan mulai mempertanyakan keberadaan kamu di industri terkait. 

Perhatikan Kompetitor

Bersaing bukan berarti kamu tidak boleh mengikuti strategi yang mereka terapkan. Saat melihat kompetitor yang memiliki banyak kelebihan, kamu bisa menggunakan teknik amati, tiru, dan modifikasi. 

Dengan kata lain, kamu bisa menganggap kompetitor sebagai sumber inspirasi dan inovasi agar bisnis kamu semakin berkembang dan maju.

Pentingnya Unique Selling Point Dalam Bisnis

Pentingnya unique selling point dalam bisnis
Unique selling point menjadi strategi yang penting bagi suatu bisnis. (Sumber: flickr)

Unique selling point adalah strategi bisnis yang harus dimiliki. Jika kamu baru saja memulai bisnis, pertimbangkan beberapa alasan di bawah ini agar semakin yakin bahwa menjadi unik dan berbeda itu sangatlah penting, terlepas dari jenis bisnis apa yang kamu jalankan.

Pembeda Dari Kompetitor

Dengan produk dan harga yang sama dengan kompetitor, bagaimana kamu bisa meyakinkan calon pembeli bahwa produk kamu adalah yang paling cocok untuk mereka? Sebagai seorang produsen, kamu harus bisa memberi alasan kenapa konsumen harus memiliki produk kamu.

Dengan kata lain, kamu harus menonjolkan poin unik agar bisa menang bersaing di pasar. Untuk melakukan hal tersebut, kamu juga bisa mencari tahu seperti apa marketing funnel sehingga kamu bisa memastikan bahwa strategi yang digunakan mampu memengaruhi pelanggan agar membeli produk yang kamu jual.

Meningkatkan Penjualan

Saat konsumen mendapatkan produk yang berkualitas dan unik, mereka tidak akan ragu untuk merekomendasikannya kepada orang-orang yang dikenal. Secara tidak langsung, unique selling point membantu sebuah bisnis meningkatkan penjualan. 

Agar semakin banyak konsumen yang merasa puas dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan, sekarang saatnya untuk mencari tahu lebih dalam mengapa churn rate harus mulai kamu perhatikan bahkan saat pertama kali produk dikeluarkan.

Sebagai pebisnis yang memanfaatkan teknologi, kamu tentu memiliki website yang akan sangat membantu dalam memasarkan dan menjual produk atau layanan. Untuk meningkatkan penjualan, kamu bisa mengambil data dari website melalui web scraping

Membentuk Nilai Brand

Apabila produk dapat menonjolkan keunikannya, bukan tidak mungkin pelanggan bisa melihat hal tersebut sebagai nilai tersendiri dari brand tersebut. Alhasil, kamu bisa menjaga loyalitas pelanggan sembari mencari calon pelanggan potensial lainnya.

Manfaat Unique Selling Point

Unique selling point tidak akan digunakan begitu saja jika tidak memberikan manfaat bagi setiap penggunanya. Jika kamu masih ragu dalam membuat unique selling point bisnis, pertimbangkan beberapa manfaat berikut yang menguntungkan bisnis.

Brand Terlihat Unik dan Unggul

Brand yang unik dan unggul akan semakin dilirik oleh konsumen. Konsumen tidak akan ragu untuk memilih brand tersebut karena memang memiliki apa yang tidak dimiliki oleh bisnis lain yang menjadi kompetitor.

Hadir sebagai brand yang unik dan unggul adalah salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah menerapkan unique selling point pada bisnis. Cobalah marketing mix agar kamu bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

Memiliki Pelanggan Setia

Memiliki pelanggan setia berkat unique selling point
Unique selling point memungkinkan suatu bisnis memiliki pelanggan setia yang tertarik dengan value brand. (Sumber: Unsplash)

Bisnis yang memiliki value dan unggul di pasaran tidak perlu takut kehilangan pelanggan. Pelanggan setia akan cenderung menjaga loyalitas mereka karena mereka tahu tempat yang tepat untuk mendapatkan apa yang dicari. 

Kamu juga bisa memanfaatkan leads yang didapatkan dari berbagai strategi pemasaran yang kemudian kamu ubah menjadi pelanggan setia. 

Leads adalah orang yang sudah terindikasi dengan produk atau layanan yang kamu jual baik dengan cara memasarkannya atau karena kualitas dan keunikan produk atau layanan kamu.

Mempermudah Kegiatan Marketing

unique selling point mempermudah marketing
Unique selling point membantu mempermudah kegiatan marketing suatu bisnis. (Sumber: pixabay)

Memiliki unique selling point akan mempermudah kamu merancang strategi marketing. Value yang menonjol memungkinkan kamu menjalankan strategi yang sudah dibuat sehingga kamu tidak perlu pusing mencari cara menawarkan produk pada audiens atau target pasar. 

Salah satu caranya adalah memanfaatkan dan mengoptimalkan email marketing yang selama ini digunakan untuk memasarkan produk atau layanan. 

Meningkatkan Pendapatan

Unique selling point meningkatkan pendapatan
Produk yang unik dan terlihat unggul akan lebih dipilih oleh customer karena memiliki value tersendiri.  (Sumber: pixabay)

Salah satu peran penting dari unique selling point adalah meningkatkan penjualan. Saat produk memiliki keunikan yang menjadikannya unggul di antara para pesaing, bukan tidak mungkin penjualan dan pendapatan akan meningkat. 

Agar bisa merealisasikannya, pastikan kamu selalu memantau conversion rate dari website yang dijalankan. Apabila transaksi yang dilakukan di website masih belum memenuhi target yang dibuat, cari cara lain untuk meningkatkannya yang juga akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan. 

Contoh Unique Selling Point

Terkadang, contoh dibutuhkan agar seseorang memiliki gambaran dan pemahaman yang lebih perihal sebuah hal, termasuk unique selling point. Jika demikian, kamu bisa melihat beberapa contoh unique selling point dari beberapa brand terkemuka, di antaranya adalah sebagai berikut:

Apple

Apple adalah brand yang mampu menjaga popularitasnya karena brand tersebut berhasil menunjukkan keunggulan berupa kecanggihan teknologi dalam bentuk slim dan ringan. 

Brand ini bahkan memiliki sistem operasi sendiri yaitu iOS yang mampu membedakan Apple dari brand lain yang ada di pasaran. 

Meski produk keluaran Apple dibanderol dengan harga yang cukup mahal, tetapi mereka selalu memiliki pelanggan setia karena produknya memiliki nilai tersendiri.

Shopee

Shopee adalah salah satu e-commerce marketplace yang populer dan banyak dipilih di Indonesia. Harga yang relatif murah dan gratis ongkir menjadi ciri dari Shopee yang juga menjadi alasan kenapa banyak pengguna lebih memilih Shopee dibandingkan e-commerce marketplace lainnya.

Pengembalian barang secara gratis yang terdapat pada fitur Shopee mall adalah unique selling point lain. Konsumen yang tidak menyukai barang yang mereka beli bisa mengembalikannya dan bahkan mendapatkan full refund.

Domino’s Pizza

Hal yang membuat Domino’s Pizza unik adalah jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan pizza yang masih panas karena pengiriman dilakukan langsung ke rumah pelanggan dalam waktu maksimal 30 menit. Pelanggan bisa mendapatkan pizza gratis dari Domino’s Pizza apabila pengiriman melebihi waktu yang ditetapkan

Unique selling point ini tergolong transparan dan tetap sasaran. Dengan persyaratan yang jelas, pelanggan akan tahu bahwa Domino’s Pizza akan memegang janji perusahaan. Namun, karena satu dan lain hal seperti kecelakaan yang terjadi akibat pengantar pizza terburu-buru, penawaran tersebut tidak lagi berlalu.

Dari sini kamu juga bisa belajar bahwa janji yang agak sulit ditepati dan berisiko tidak selalu menjadi ide yang baik. 

Starbucks

Starbucks adalah salah satu brand yang menggunakan strategi unique selling point. Meski harganya lebih mahal dibanding produk serupa, tetapi Starbucks berhasil meraih popularitas. Ya, mereka mampu membangun sekaligus mempertahankan image dan value sebagai kopi premium yang terbuat dari bahan berkualitas.

Dengan begitu, kamu pasti tahu kenapa konsumen tetap konsisten menikmati kopi tersebut. 

Kesimpulan

Unique selling point sangat diperlukan karena suatu bisnis harus unik dan berbeda sehingga konsumen akan tertarik untuk memilihnya saat mereka butuh produk atau layanan. 

Jika membutuhkan inspirasi dalam membuatnya, kamu bisa melirik kompetitor atau menjadikan brand populer sebagai sumber serta contoh unique selling point yang bisa kamu jadikan referensi.

Keunikan dan value yang dimiliki akan mempermudah dalam menjalankan marketing secara digital. Ingin muncul di halaman pencarian tapi tidak ingin hanya mengandalkan SEO? 

Yang kamu butuhkan adalah jasa Google Ads agar pengguna internet bisa menemukan bisnis atau brand serta keunikannya sehingga tidak akan ragu memilih produk yang ditawarkan.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments