Domain Info : Domain Untuk Website Hasil Penelitian Anda

0
1894

Saat berbicara tentang domain, rasanya selalu ada topik sehingga tidak ada habis-habisnya. Bahkan domain saat ini semakin beragam dan menawarkan ekstensi yang tergolong unik dan jarang digunakan. Tetapi, mengapa kamu lebih suka domain info? Apakah karena akan membuat website hasil penelitian?

Apakah sudah punya alasan tepat menggunakan ekstensi domain tersebut? Atau hanya karena nama domain yang kamu incar masih tersedia dalam ekstensi tersebut? Agar tidak membuat kesalahan memilih domain, sebaiknya cari tahu lebih detail apa itu domain .info dan dimana kamu bisa membelinya.

Sekilas tentang Domain

mengenal domain
(Sumber: shutterstock)

Lagi dan lagi membahas domain? Eits, jangan salah karena tidak semua orang sudah tahu apa itu domain, apalagi ekstensi domain seperti domain .info.

Domain merupakan bagian penting dalam situs web. Tanpa adanya domain, target audiens akan mengalami kesulitan dalam mengenali situs web atau brand kamu. Itulah kenapa penting untuk memastikan kalau kamu benar-benar memilih domain yang tepat.

Perlu tips memilih nama domain yang tepat? Atau masih bingung dalam menentukan ekstensi domain mana yang akan dipilih, apakah domain .com, domain .id, atau domain info? 

Tanpa adanya domain, orang-orang harus mengingat alamat IP yang terdiri dari begitu banyak angka. Jadi, tidak perlu lagi bertanya kenapa domain itu penting, bukan?

Meski sudah mendaftarkan domain, kamu harus tahu kalau setiap nama domain memiliki siklus. Meski tidak segera kamu gunakan, domain akan tetap expired sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan yaitu sekitar satu tahun.

Untuk mengecek informasi tersebut, kamu bisa cek domain melalui WHOIS. Agar tetap bisa menggunakan nama domain yang sama dalam jangka waktu lebih lama, pastikan untuk melakukan perpanjangan domain sebelum waktu expired.

Sekilas tentang Generic Top Level Domain (gTLD)

generic top level domain (gTLD)
(Sumber: shutterstock)

Tahukah kamu kalau domain .info merupakan salah satu ekstensi domain dari top level domain (TLD)? TLD sendiri terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah gTLD atau Generic Top Level Domain. Nah, domain info ini masuk dalam kategori gTLD.

Apa itu gTLD? Seperti namanya, gTLD merupakan top level domain yang bersifat umum tanpa batasan geografis. Jadi, domain tersebut bisa digunakan oleh siapapun dari berbagai belahan dunia manapun. Pada kenyataannya, domain ini berkembang dengan begitu pesat baik dari segi jumlah dan pengguna.

Selain domain info, masih ada ekstensi domain yang masuk dalam kategori gTLD, seperti domain .com, domain .net, domain .org, dan domain .biz.

Baru kali pertama memilih nama domain? Tidak perlu khawatir! Kamu bisa terlebih dahulu mengecek harga domain Exabytes. Jadi, kamu bisa memastikan kalau dana yang dipersiapkan untuk beli domain cukup.

Kelebihan dan Kekurang Generic Top Level Domain (gTLD)

Meski semakin hari semakin populer, tetapi bukan berarti kamu akan memilih ekstensi domain gTLD begitu saja. Sebaiknya mulai pertimbangkan kelebihan dan kekurangan gTLD agar tidak salah pilih.

Adapun kelebihan dan kekurangan dari gTLD adalah:

KelebihanKekurangan
Variasi domain beragamKalah dalam kompetisi keyword lokal
SEO-friendlyKetersediaan nama domain yang sesuai sangat terbatas
Tidak dibatasi faktor geografis 
Syarat pendaftaran yang mudah 

Apa Itu Domain .info?

domain.INFO
(Sumber: shutterstock)

Domain .info adalah salah satu pilihan domain populer di kalangan para pengguna. Persyaratannya yang mudah dan merupakan bagian dari top level domain menjadi beberapa alasan semakin banyaknya pengguna domain info. 

Belum lagi berbagai kelebihan yang ditawarkan pada para pengguna yang pastinya akan melengkapi pengalaman dalam memilih ekstensi domain yang tepat.

Info sendiri merupakan singkatan dari information, dimana ekstensi domain ini sudah ada sejak tahun 2001. Jadi, tidak heran jika sudah memiliki banyak pengguna bahkan di seluruh dunia. Melalui domain info, pengguna internet berharap mendapatkan informasi yang dapat diakses dengan cepat.

Hal tersebut menjadi tujuan adanya domain info di tengah-tengah para pengguna internet yang ingin mendaftarkan nama domain yang sesuai. Jika kamu ingin membangung situs web dengan kategori informasi, ekstensi domain ini benar-benar menjadi pilihan yang pas.

Siapa yang Bisa Menggunakan Domain.INFO?

Tahukah kamu kalau pada awalnya domain .info tidak bisa dibeli secara umum? Hanya merek dagang saja yang pada saat itu bisa menggunakan domain ini. Tetapi, saat ini, siapapun bisa memilih ekstensi domain ini saat memilih nama domain untuk situs web yang hendak mereka bangun.

Apabila kamu ingin mengembangkan situs web yang berisi informasi, tentunya tidak ada lagi keraguan untuk menggunakan domain info. Bahkan ekstensi domain ini termasuk salah satu gTLD populer di dunia.

Kelebihan Domain INFO

Berikut adalah beberapa kelebihan sekaligus alasan mengapa domain .info menjadi pilihan yang pas:

  • Terpercaya dan sudah banyak digunakan bahkan dari tahun 2001
  • Menjadi salah satu TLD populer di dunia berjenis gTLD
  • Memiliki daya tarik global dan digunakan di hampir semua negara
  • Hadir dengan harga terjangkau
  • Cocok untuk semua jenis situs web
  • Ketersediaan nama domain
  • Cara pendaftaran yang mudah

Alasan Memilih dan Menggunakan Domain .INFO

Alasan menggunakan domain.INFO
(Sumber: shutterstock)

Domain .info adalah salah satu pilihan ekstensi domain populer yang sudah banyak digunakan bahkan di seluruh dunia. Ekstensi domain satu ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tetap ingin mendaftarkan nama domain namun sudah tidak tersedia dalam ekstensi domain pilihanmu, seperti domain .com. 

Untuk mengecek ketersediaan nama domain yang sesuai dengan brand atau bisnis kamu, lakukan pengecekan dengan WHOIS yang mudah dan cepat. 

Agar semakin yakin untuk menggunakan domain .info, berikut adalah beberapa alasan tepat memilih ekstensi domain ini:

  • Membangung situs web yang berbagi informasi penelitian atau produk di berbagai penjuru dunia
  • Ingin mengelola situs web bisnis atau brand
  • Memiliki nama domain yang singkat dan mudah diingat yang dapat menunjukkan dan memperbesar ide dan brand
  • Berencana mengelola situs web yang berisi konten tentang tips panduan atau infor lain

Selain domain info, kamu juga bisa mencoba ekstensi domain lain, seperti berbagai domain unik. Dengan domain tersebut, pengguna internet akan semakin memperhatikan kehadiran online kamu karena tampil berbeda dari yang lain. 

Beli Domain .info Sekarang Juga!

Sudah mantap untuk memilih domain .info? Apakah kamu sudah mencari informasi harga domain? Domain murah namun berkualitas tersedia di Exabytes. Jadi, kamu bisa menghubunginya kapan saja saat ingin mendaftarkan nama domain pilihan dengan segera agar tidak digunakan oleh pihak atau orang lain.

Jadi, tunggu apalagi? Exabytes bahkan tidak hanya menyediakan domain saja, tetapi juga layanan lain seperti web hosting murah, jasa pembuatan website, hingga layanan digital yang turut membantu branding online sebuah bisnis atau merek.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments