Apa Itu Domain Premium? Berikut Penjelasan Lengkapnya

0
1955

Keberadaan website memilih peran penting bagi pengguna internet termasuk pebisnis dan konsumen. Pada dasarnya, website tidak harus selalu untuk tujuan komersial saja. Oleh sebab itu ada banyak pilihan ekstensi domain yang bisa disesuaikan dengan jenis dan tujuan bisnis.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan manfaat lebih dari penggunaan nama domain yang tepat, apakah akan lebih memilih domain premium dibandingkan domain biasa? 

Domain premium mungkin masih asing di telinga sebagian orang karena memang tidak semua orang punya kebutuhan akan jenis domain tersebut. Oleh sebab itu, artikel satu ini hadir untuk kamu yang penasaran dengan apa itu domain premium, fitur, serta kelebihannya.

Apa Itu Domain Premium?

domain premium
Domain premium merupakan domain khusus yang hadir dengan berbagai fitur dan kelebihan. (Sumber: shutterstock)

Sudah tidak sabar ingin tahu apa sebenarnya domain premium itu? Kira-kira apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata “premium”? Domain premium adalah domain tingkat atas yang banyak dicari oleh orang-orang, terutama mereka yang ingin menggunakan domain khusus.

Domain premium umumnya hanya terdiri dari 2 hingga 4 karakter saja dan hadir dengan harga tinggi. Sebagai gambaran seperti apa itu domain premium, mari kita ibaratkan dengan nomor ponsel yang biasa dan nomor ponsel bagi.

Keduanya memang sama-sama merupakan nomor yang bisa kamu gunakan untuk tujuan yang sama. Akan tetapi, nomor ponsel yang bagus biasanya terdiri dari kombinasi angka yang unik dan bahkan mudah diingat. Begitu pula dengan domain premium yang namanya akan lebih mudah diingat. 

Selain nama yang pendek, domain premium juga berisi keyword populer. Mari kita gunakan we.com dan fb.com sebagai contoh. 

Lalu, apakah domain premium benar-benar mahal? Harga domain premium yang tinggi biasanya hanya pada awal pembelian saja. Sementara untuk perpanjangan harganya tidak jauh berbeda dengan kebanyakan ekstensi domain yang digunakan.

Jadi, sebelum memutuskan untuk memilih domain premium, akan lebih baik untuk terlebih dahulu mengetahui harga domain umum. Kemudian, kamu bisa membandingkan harga tersebut dan memutuskan apakah domain premium benar-benar layak kamu gunakan.

Fitur Domain Premium

domain premium
Domain premium memungkinkan pengguna mendapatkan nama domain yang pendek dan mudah diingat. (Sumber: shutterstock)

Dengan adanya domain premium, pastinya akan semakin banyak orang yang penasaran dengan fitur yang diberikan oleh jenis domain satu ini. Apakah kamu salah satunya?

Berikut adalah fitur-fitur dari domain premium yang mungkin akan sulit untuk kamu dapatkan dari domain biasa:

Menggunakan Top Level Domain Terpercaya

Umumnya, domain premium menggunakan Top Level Domain (TLD) yang begitu populer seperti domain.COM. Ekstensi domain tersebut akan lebih mudah diingat para pengguna internet. Meski demikian, bukan berarti tidak ada pilihan ekstensi domain lain.

Pasalnya, pembeli domain premium bisa memilih ekstensi lain seperti ccTLD sesuai dengan negara tempat mereka menjalankan bisnis seperti e-commerce.ID bagi kamu yang berada di Indonesia.

Ingin tampil beda saat berada di dunia digital? Coba pertimbangkan domain unik ini!

Nama Domain yang Pendek

Ciri dari domain premium yang sekaligus menjadi fitur domain premium adalah nama domain yang pendek. Saat memilih jenis domain satu ini, pengguna bisa memilih nama domain yang terdiri dari 2 hingga 4 huruf saja.

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau Facebook memiliki domain fb.com yang dibeli dengan harga fantastis yaitu senilai $8.5 miliar. Tetapi, kamu tetap bisa mendapatkan domain premium dengan harga terbaik dengan menghubungi Exabytes.

Mengandung Kata Kunci Populer

Kata kunci atau keyword menjadi salah satu hal yang para pakar SEO pertimbangkan dalam mengoptimasi website. Penggunaan kata kunci tersebut memungkinkan website mendapatkan peluang yang lebih untuk berada di hasil pencarian teratas Google. Meskipun pada pengaplikasiannya akan lebih banyak kompetitor.

Kata kunci populer juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan nama domain yang diinginkan. Meskipun dinilai cukup panjang, tetapi domain dengan kata kunci populer tersedia dengan harga yang tinggi. 

Karena tingginya jumlah pencarian dari keyword “health insurance”, Together health harus rela mengeluarkan uang sebesar 120 miliar rupee untuk mendapatkan domain healthinsurance.com.

Untuk mencari tahu kisaran harga nama domain yang kamu inginkan, coba cek domain WHOIS. Selain mengetahui harga domain, kamu juga bisa mengetahui ketersediaan nama domain tersebut.

Kelebihan Domain Premium

domain premium
Domain premium merupakan domain khusus yang berbeda dan menawarkan sejumlah kelebihan. (Sumber: shutterstock)

Hadir sebagai domain khusus yang populer, domain premium tidak hanya menawarkan fitur menarik tetapi juga kelebihan yang patut kamu pertimbangkan. 

Jadi, meskipun harga membayar lebih tetapi membeli domain premium bisa menjadi investasi dengan ROI menjanjikan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan atas setiap pembelian nama domain premium:

Mudah Ditemukan

Salah satu kelebihan dari domain premium adalah bahwa domain khusus tersebut akan lebih mudah ditemukan sehubungan dengan semakin berkembangnya algoritma mesin pencari. Nama domain yang berisi kata kunci terbaik akan memberikan peluang pada sebuah bisnis untuk lebih mudah ditemukan saat pengguna internet melakukan pencarian.

Membantu Meningkatkan Kredibilitas

Bagi bisnis online, kredibilitas itu penting. Untuk meningkatkan kredibilitas, kamu bisa memanfaatkan nama domain yang premium. Tujuannya agar bisnis semakin terlihat kredibel baik pada situs web maupun alamat email.

Berisi Karakter Pendek

Dengan menggunakan domain premium, kamu tidak perlu pusing mencari nama domain. Pasalnya, domain khusus memungkinkan kamu menggunakan dua hingga empat karakter saja untuk dijadikan sebagai nama domain. Bahkan, nama domain bisa kamu sandingkan dengan berbagai ekstensi domain.ID seperti domain.CO.ID, domain.WEB.ID, domain.AC.ID, dan lain sebagainya.

Mendapatkan Kepercayaan yang Lebih dari Pengguna

Saat memutuskan untuk menggunakan domain premium, pebisnis online berpotensi mendapatkan kepercayaan yang lebih dari pengguna internet. Hal tersebut tentunya sangat baik untuk branding maupun penjualan. 

Peluang Investasi Digital

Digital marketing diyakini sebagai cara marketing yang menjanjikan terlebih dengan semakin tingginya jumlah pengguna internet. Salah satu strategi digital marketing yang populer adalah dengan membangun situs web yang menyediakan informasi terkait produk atau jasa.

Bahkan situs web juga bisa menjadi tempat bertemunya pebisnis dan konsumen, dimana calon pembeli bisa melakukan pembelian di situs tersebut dengan proses yang singkat dan metode pembayaran yang beragam. 

Saat menggunakan domain khusus, artinya kamu bisa memilih nama domain yang tidak hanya unik tetapi juga pendek serta mengandung kata kunci populer. Alhasil, akan lebih mudah bagi pengguna internet untuk menemukan situs web milikmu saat mereka mencari produk impiannya.

Jika demikian, domain premium bisa memberikan peluang investasi digital. Dimana hasil yang diberikan bahkan bisa melampaui target yang kamu buat. Itu artinya, tujuan bisnis akan semakin mudah tercapai.

Strategi Branding yang Tepat

Memutuskan untuk terjun ke dunia digital berarti kamu sudah siap dengan segala risiko termasuk tingkat kompetisi yang tinggi. Lalu, bagaimana caranya agar bisnis atau brand bisa diketahui oleh target audiens? Mungkin kamu bisa menggunakan domain premium sebagai salah satu strategi branding yang tepat.

Meski hadir sebagai pemula dan berada dalam kompetisi yang begitu kuat, kamu memiliki peluang untuk dikenal oleh lebih banyak pengguna internet.

Mudah Diingat

Kelebihan lain dari penggunaan domain premium adalah nama domain yang begitu mudah diingat. Jadi, bukan tidak mungkin pengunjung web akan kembali mengakses situs web kamu di kemudian hari untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka perlukan. Alasannya adalah karena nama domain yang kamu gunakan sangat mudah diingat.

Cara Mendapatkan Domain Premium

Meskipun hadir dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan nama domain pada umumnya, tetapi banyak orang yang begitu ingin menggunakan domain premium. Jika kamu salah satunya, pastikan kamu tahu bagaimana cara mendapatkan domain tersebut.

Guna memastikan kalau domain premium adalah domain yang bisa kamu beli sehingga bisa digunakan untuk menjalankan bisnis online, perhatikan beberapa tips dan cara mendapatkan domain premium berikut:

Pastikan untuk Memilih Penyedia Domain Terpercaya

Kira-kira penyedia domain Indonesia mana yang dapat kamu percaya? Untuk bisa mendapatkan domain khusus, kamu bisa menghubungi Exabytes yang dikenal sebagai salah satu penyedia domain terpercaya di Indonesia. 

Selain menyediakan pilihan domain premium terbaik, pembeli bisa memilih metode pembayaran yang dirasa paling pas dengan kebutuhan mereka.

Penyedia terpercaya umumnya memiliki respon yang bagus dari pembeli berupa rating dan review. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki layanan pelanggan yang berkualitas.

Harga yang ditawarkan tentunya sangat kompetitif, jadi tidak terlalu mahal maupun murah melainkan sesuai dengan harga pasaran yang ada. Proses aktivasi yang cepat, layanan bantuan 24/7, penanganan masalah yang cepat, dan ragam ekstensi domain yang ditawarkan menjadi beberapa ciri dari penyedia domain terpercaya.

Pastikan Nama Domain Tersedia

Nama domain khusus menjadi incaran banyak orang meskipun harganya relatif lebih tinggi dari domain umum. Jadi, untuk bisa menggunakan nama domain tersebut, kamu harus terlebih dahulu mengecek ketersediaan domain. 

Ada banyak cara cek domain yang cepat dan mudah, misalnya menggunakan layanan WHOIS atau layanan pengecekan domain yang disediakan oleh penyedia domain. Apabila nama domain yang kamu inginkan masih tersedia, kamu bisa segera membelinya agar domain tersebut tidak menjadi milik orang lain.

Kesimpulan

Dengan berbagai pertimbangan dalam memilih nama domain, mungkin ini saatnya untuk menggunakan nama domain khusus. Dengan begitu, kamu bisa semakin menonjol di dalam kompetisi dan semakin mudah ditemukan oleh para pengguna internet yang sedang melakukan pencarian terkait kebutuhannya.
Jadi, gunakan domain premium dari Exabytes dan dapatkan hasil dan pencapaian yang lebih selama menjalankan bisnis online.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments