Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger Versi Lama dan Versi Terbaru

1580
mengaktifkan https di blogger

Saat ini penggunaan HTTPS bisa dibilang wajib untuk setiap website, baik itu website self hosted atau yang sudah di hosting seperti Blogger dan lainnya. Pihak Google sendiri menyarankan website dilengkapi dengan sertifikat SSL untuk keamanan agar mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Bagi pengguna WordPress mengaktifkan HTTPS sangat mudah, kami telah membuat dokumentasinya di artikel tentang cara redirect dari HTTP ke HTTPS, silahkan pelajari secara langsung disana. Tapi bagi pengguna Blogger caranya bagaimana?

Itulah alasan mengapa sekarang Anda berada di artikel ini, karena Anda sedang mencari cara mengaktifkan https di blogger.

Kabar baiknya, Anda sudah berada di artikel yang tepat. Karena di artikel ini kami akan mengupas tuntas cara mengaktifkan https di blogger versi lama dan baru.

Nah, langkah-langkahnya seperti apa? Sabar ya, sebelum masuk ke topik pembahasan inti. Tentu saja Anda perlu mengetahui dulu apa itu HTTPS dan mengapa HTTPS sangat penting untuk website.

Yuk kita cari tahu!

Sekilas Tentang Apa itu HTTPS?

HTTPS kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure merupakan hasil pengembangan dari versi HTTP yang dilengkapi dengan penggunaan sertifikat SSL (Secure Socket Layer). Website akan lebih aman dengan adanya SSL ini karena sertifikat keamanan tersebut mengenkripsi respon dan permintaan dari HTTP normal.

HTTPS mempunyai fungsi keamanan yang sangat ketat sehingga client akan merasa lebih aman ketika mengakses berbagai konten website. Protokol HTTPS tersebut dikembangkan oleh perusahaan yang berbasis IT Netscape Communication Corp.

Cek melalui artikel tentang perbedaan HTTP dan HTTPS untuk mengetahui perbedaan keduanya.

Cara Kerja HTTPS

cara cek website palsu melalui URL
Website dengan URL yang diawali HTTPS artinya memiliki koneksi yang aman. (Sumber: pixabay)

HTTPS menggunakan protokol yang telah di enkripsi, protokol ini disebut dengan Transport Layer Security (TLS) atau kita juga mengenalnya dengan istilah lain yaitu Secure Sockets Layer (SSL).

Jenis sistem keamanan ini menggunakan dua kunci yang berbeda untuk mengenkripsi data dari dua pihak:

  • Private Key: Kunci ini dikontrol oleh pemilik website, kunci ini terdapat di server web dan digunakan untuk mengenkripsi informasi yang telah dienkripsi oleh public key.
  • Public Key: Sedangkan untuk kunci ini tersedia bagi semua orang yang ingin berinteraksi dengan server. Dan informasi yang telah dienkripsi dengan menggunakan public key hanya bisa didekripsi oleh kunci private.

Sertifikat SSL atau HTTPS juga bisa diterapkan ke protokol berbeda seperti HTTP (web), SMTP (email) dan FTP. SSL berfungsi untuk menyimpan kunci yang dibuat secara acak di server yang Anda gunakan.

Public key diverifikasi dengan client dan private key digunakan untuk proses dekripsi. Ketika browser telah berhasil terhubung ke server HTTP, maka server akan menjawab dengan menggunakan sertifikat SSL.

Nantinya browser akan memeriksa sertifikat itu valid atau tidak, dimulai dari informasi pemilik apakah sudah cocok atau tidak dengan nama server yang diminta pengguna dan SSL. Jika kondisi ini tidak terpenuhi, maka pengguna akan mendapatkan notifikasi keamanan website.

Request awal akan dikirim ke server untuk melakukan verifikasi. Selanjutnya server akan menjawab apakah servernya sudah sesuai atau belum dan kemudian client akan mengirimkan pesan. Di tahap ini, komunikasi yang dikirimkan oleh client akan terenkripsi dan terjadilah komunikasi online antar pengguna melalui browser.

Apa yang Akan Terjadi Jika Website tidak Menggunakan HTTPS?

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger

Fungsi dari HTTPS adalah untuk mencegah website membagikan informasi yang mudah dilihat oleh orang lain yang sedang mengintai di dalam jaringan. Berbeda ketika website Anda tidak dilengkapi dengan HTTPS dan hanya menggunakan HTTP biasa, maka informasi akan rentan untuk diakses siapa saja.

Berbeda jika menggunakan HTTPS, setiap lalu lintas yang ada dienkripsi sehingga meskipun terlacak ada pengiriman data. Tapi data tersebut tidak mudah diakses dan dibaca, karena data ditampilkan dengan karakter yang susah dibaca, agar lebih jelasnya perhatikan contoh berikut:

Contoh data teks tanpa menggunakan HTTPS:

Exabytes Indonesia adalah layanan domain dan hosting terbaik di Indonesia.

Setelah mengaktifkan HTTPS akan diubah menjadi seperti:

FsoNS+j5KWlPJt4UDgLwDxBVZi5lwx86n0CVfAUZzp6GIt3VgT5TqbeAWoeqNoy85bZ9MFNOq2XzWqkV+Js0MofrJcCf73hxEoCjoE4yyKoG7rvIelOgi0Al8pzcBRrA

Website yang tidak menggunakan HTTPS, akan lebih mudah dimasukkan konten berupa iklan dan lainnya tanpa persetujuan pemilik website. Oleh karena itu penting penggunaan HTTPS, karena akan menghalangi pihak ketiga untuk memasukkan konten yang dapat menurunkan performa website.

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger

Cara mengaktifkan HTTPS di blogger sangat sederhana dan tidak ada perbedaan antara Blogger versi lama maupun Blogger versi baru, bagaimana cara mengaktifkannya? Yuk ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Blogger Versi Baru

Cara mengaktifkan https di Blogger versi baru sama saja dengan versi lama, tapi mungkin diantara Anda masih ada yang belum terbiasa dengan desain UI Blogger versi baru jadi sedikit ada kesulitan. Ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1: Login ke akun Blogger terlebih dahulu menggunakan gmail.

Langkah 2: Klik menu Setelan untuk masuk ke halaman settings.

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger Versi Lama dan Versi Terbaru - 2023

Langkah 3: Scroll ke bawah sampai menemukan HTTPS, aktifkan HTTPS dengan geser ke kanan di bagian ketersediaan HTTPS.

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger

Selesai, tunggu beberapa saat sampai settingan HTTPSnya aktif dan terpasang di blog Anda. Cara cek apakah berhasil diaktifkan, silahkan kunjungi alamat blog Anda.

Blogger Versi Lama

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke Blogger.

Langkah 2: Setelah berhasil login, masuk ke menu setting. Caranya klik menu Setelan > Dasar.

Langkah 3: Nantinya Anda akan melihat pilihan ketersediaan HTTPS dan pilih Ya agar HTTPS bisa aktif di Blogger.

Langkah 4: Selanjutnya di pilihan pengalihan HTTPS, pilih YA untuk mengalihkan website ke HTTPS secara otomatis.

Selesai tunggu saja beberapa saat, karena proses ini memerlukan waktu. Tapi pada intinya jika HTTPS sudah tersedia dari pengaturan, tinggal tunggu saja karena Google akan segera memprosesnya.

Tingkatkan Keamanan Website Anda dengan HTTPS

Itulah penjelasan tentang cara mengaktifkan HTTPS di Blogger, pada artikel ini juga sedikit dibahas tentang apa itu HTTPS, cara kerja dan resiko yang akan terjadi jika website/blog tidak menggunakan HTTPS.

Intinya HTTPS adalah protokol untuk keamanan dan wajib ada di setiap website. Baik itu website untuk bisnis maupun personal, dengan mengaktifkan HTTPS Anda sudah memberikan koneksi yang aman untuk pengunjung website.

Kunci utama keamanan bisa terwujud salah satunya adalah menggunakan sertifikat SSL, Anda bisa mendapatkan layanan sertifikat SSL berkualitas di Exabytes Indonesia. Kami menyediakan sertifikat SSL berkualitas dengan harga terbaik.

SSL merupakan garis pertahanan pertama terhadap serangan siber yang harus wajib untuk semua situs web yang ada pada dunia siber.

Jadi tunggu apalagi, yuk amankan website dengan mengaktifkan SSL sekarang juga!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments