Facebook Business Manager: Manfaat dan Cara Membuatnya

173
8 min read

Apakah Anda berbisnis dengan menggunakan Facebook? Jika iya, maka kami sarankan Anda untuk menggunakan Facebook Business Manager. Kenapa? Karena tools ini penting sekali untuk menjaga aset bisnis Anda di Facebook secara terpusat, teratur dan juga aman.

Jika Anda sudah tahu kehadiran tools bermanfaat ini, namun belum yakin menggunakannya karena belum mengetahui cara menggunakannya. Tenang saja, karena kami memiliki kabar baik untuk Anda.

Hanya dalam beberapa langkah sederhana saja, Anda akan bisa menggunakan Facebook Business Manager dengan mudah. Dari mulai menyiapkan akun sampai memunculkan Facebook Ads pertama Anda.

Tapi, pertama-tama jawab pertanyaan penting ini dulu “Sebenarnya Apa Facebook Business Manager itu?”

​Apa itu Facebook Business Manager?

Pihak Facebook sendiri pernah menjelaskan, “Facebook Business Manager memiliki fungsi sebagai tools yang bisa membantu mengelola tools bisnis, aset bisnis dan juga mengelola hak akses karyawan untuk mengakses aset tersebut”.

Pada dasarnya, Facebook Business Manager adalah tempat untuk mengelola segala aktivitas yang berkaitan dengan marketing, Facebook ads dan segala jenis iklan Facebook ads. Facebook Business Manager juga merupakan tempat untuk mengontrol akses pengguna ke semua akun seperti akun instagram dan katalog produk.

Artinya, Anda bisa memberikan hak akses secara penuh maupun tidak berdasarkan peran karyawan Anda. Sehingga, prosesnya bisa lebih bebas dan juga aman.

Sekarang, setelah Anda mengetahui apa itu Facebook Business Manager, mari kita cari tahu mengapa para bisnis owner kami sarankan untuk menggunakan fitur unggulan dari Facebook ini, berikut penjelasan yang bisa kami berikan.

​Mengapa Facebook Business Manager itu Sangat Penting?

Jika Anda masih ragu ataupun bingung akan menggunakan tools ini atau tidak, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui secara mendalam tentang pentingnya Facebook Business Manager untuk bisnis.

​Memisahkan Akun Personal dan Akun Bisnis

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Facebook Business Manager yaitu Anda bisa memisahkan akun personal dengan akun bisnis. Sehingga Anda bisa meminimalisir resiko keamanan data pribadi.

Tidak hanya itu saja, resiko kesalahan posting akun personal di akun bisnis Anda bisa diturunkan.

​Mudah Mengelola Beberapa Akun

Facebook Business Manager
Facebook Business Manager memudahkan pengguna untuk mengelola beberapa akun (Sumber: iStock Photo)

Jika Anda menggunakan Facebook Business Manager, Anda bisa mengelola beberapa akun sekaligus seperti Facebook Ads dan Fanpage dalam satu tempat. Dengan begitu Anda memiliki tempat yang dibuat khusus untuk memantau performa iklan dan postingan akun bisnis Anda.

​Mempermudah Tim Support Facebook

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Facebook memiliki banyak layanan dan tools. Masing-masing dari layanan tersebut perlu diintegrasikan agar bisa mendapatkan hasil yang baik. Tentu saja, masalah teknis bisa terjadi pada siapapun, nah jika suatu saat Anda menemui beberapa kendala teknis.

Biasanya, tim support dari Facebook akan menanyakan apakah Anda memiliki Facebook Business Manager atau tidak. Karena jika pengguna menggunakan Facebook Business Manager, tim Facebook bisa secara langsung menangani masalah Anda dengan baik.

​Lebih Mudah Menampilkan Report

Hal penting lainnya yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan Facebook Business Manager adalah lebih mudah menampilkan report bisnis yang sedang Anda jalankan. Report tersebut tersedia secara lengkap di bagian dashboard yang bisa Anda akses dan Anda custom sesuai dengan kebutuhan.

​Adanya Security Center

Dalam industri digital marketing, pergantian karyawan atau staf cukup tinggi dan tidak jarang juga pihak perusahaan akan melibatkan agensi jasa iklan Facebook ads untuk project jangka pendek mereka. Oleh karena itu, resiko keamanan akan sangat tinggi. Terutama jika Ada mantan karyawan yang masih memiliki akses ke aset digital perusahaan Anda.

Maka dari itu, pihak Facebook menyediakan fitur Security Center di Facebook Business Manager. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mengaktifkan autentikasi dua faktor untuk semua media sosial manager.

Dengan tersedianya sistem keamanan ini, pengguna/karyawan digital marketing Anda yang sudah tidak bekerja bersama Anda tidak lagi bisa mengakses akun Ads Manager di Facebook. Aman bukan?

Bagaimana, apakah Anda sudah yakin untuk menggunakan tools tersebut? Jika iya, yuk kita langsung menuju pembahasan selanjutnya yaitu tentang cara membuat Facebook Business Manager.

​Cara Membuat Facebook Business Manager

Sebenarnya membuat Facebook Business Manager tidaklah sulit. Namun, di tahun 2022 ini fitur yang ini ada sedikit perubahan. Sekarang tools ini dikenal dengan nama Meta Business Suite.

Lalu, apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk membuat akun di Meta Business Suite tersebut? Mari kita simak beberapa langkah sederhana di artikel Exabytes berikut:

​Buat Akun Facebook Business Manager

Meskipun tools ini mengalami perubahan nama dari awalnya Facebook Business Manager menjadi Meta Business Manager, proses pembuatannya masih sama. Langkah pertamanya adalah membuat akun, untuk membuat akun Anda harus memiliki profil Facebook terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Langkah 1: Buka URL business.facebook.com.

Facebook Business Manager

Langkah 2: Setelah halaman baru terbuka, klik tombol berwarna biru yang bertuliskan Create Account.

Langkah 3: Isi setiap informasi di kolom yang disediakan.

Facebook Business Manager: Manfaat dan Cara Membuatnya - 2022

Langkah 4: Klik Sign Up.

Selamat, Anda sudah berhasil membuat akun Facebook dan sekarang kita lanjutkan untuk ke step berikutnya yaitu menambahkan page bisnis Facebook. Jika ANda sudah memiliki akun Facebook, langkah ini bisa dilewati saja.

​Menambahkan Page Bisnis Facebook

Setelah Anda berhasil membuat akun Facebook Business Manager. Saatnya kita mempelajari cara menambahkan halaman bisnis Facebook.

Langkah 1: Klik Aset Bisnis > tab halaman > tambahkan halaman di dashboard Facebook Business Manager.

Facebook Business Manager: Manfaat dan Cara Membuatnya - 2022

Langkah 2: Di halaman pop up bertuliskan “Apa yang ingin Anda lakukan?” pilih buat halaman Facebook baru (jika belum pernah membuat halaman).

Facebook Business Manager: Manfaat dan Cara Membuatnya - 2022

Langkah 3: Isi semua kolom yang tersedia dan ikuti setiap langkah-langkahnya.

Selesai, Anda sudah berhasil menambahkan halaman bisnis di Facebook. Tampilan jika Anda telah berhasil membuatnya adalah sebagai berikut:

Facebook Business Manager: Manfaat dan Cara Membuatnya - 2022

​Menambahkan Akun Facebook Ads

Di Facebook Business Manager, Anda bisa dengan mudah menambahkan akun Facebook ads. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan izin akses ke akun iklan yang memiliki bisnis lain.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Klik pengaturan di dashboard halaman business manager.

Facebook Business Manager: Manfaat dan Cara Membuatnya - 2022

Langkah 2: Klik pengaturan akun iklan.

Facebook Business Manager: Manfaat dan Cara Membuatnya - 2022

Langkah 3: Klik tombol Buka Pengaturan Bisnis.

Facebook Business Manager: Manfaat dan Cara Membuatnya - 2022

Langkah 4: Klik tombol Tambahkan.

Facebook Business Manager: Manfaat dan Cara Membuatnya - 2022

Langkah 5: Pilih salah satu dari tiga pilihan yang diberikan: Buat Sebuah Akun Iklan Baru, Minta Akses ke Akun Iklan dan Tambahkan Akun Iklan.

Facebook Business Manager: Manfaat dan Cara Membuatnya - 2022

Dalam demo ini kami lebih memiliki Buat Sebuah Akun Iklan Baru.

Langkah 6: Ikuti petunjuk berikutnya untuk membuat sebuah akun iklan baru dan isi beberapa informasi di kolom yang disediakan.

Facebook Business Manager: Manfaat dan Cara Membuatnya - 2022

Manfaatkan Fitur Facebook Business Manager, Sekarang!

Nah itu dia cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat akun Facebook Business Manager, tentu saja sangat mudah bukan? Yuk segera manfaatkan fitur ini dengan baik. Agar bisnis Anda terus berkembang.

Tidak hanya Facebook Business Manager saja yang kami bahas melalui blog Exabytes Indonesia ini, kami juga membahas beragam topik dunia website, hosting dan digital marketing lainnya.

Maka dari itu tunggu apa lagi? Yuk akses halaman utama blog Exabytes Indonesia sekarang!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments