10+ Cara Cek Broken Link Pada Website [Mudah & Cepat]

171
10 min read

Salah satu masalah besar bagi pemilik website adalah broken link. Broken link bisa mempertaruhkan reputasi website Anda dan menjatuhkan rangking website Anda di posisi tertinggi di mesin pencari.

Tidak hanya itu saja, bahkan broken link juga bisa membuat para pengunjung kapok mengunjungi website Anda. Ada sebuah survei yang mengatakan bahwa 88% pengunjung website tidak akan kembali dari website yang memiliki banyak broken link.

Tapi tenang saja, broken link masih bisa diatasi dan kami melalui artikel ini akan membantu Anda cara cek broken link yang ada di website dan cara mengatasinya dengan cepat dan mudah. Namun sebelum itu, bagi yang belum mengetahuinya apa itu broken link. Kami akan coba menjelaskannya, perhatikan baik-baik ya!

​Apa itu Broken Link?

cara cek broken link

Sebutan lain dari broken link adalah dead link, broken link sendiri adalah link rusak yang tidak bisa berfungsi dengan baik. Sebagai pemilik website, pastinya Anda pernah menautkan link pada anchor teks sebagai referensi terpercaya dari konten yang Anda buat untuk para pembaca, harusnya link tersebut bisa di akses ke halaman tersebut.

Namun karena terjadi broken link, ketika kita klik link tersebut malah akan diarahkan ke halaman error 404 dan ini tentu saja bisa mengganggu kenyamanan pengunjung ketika mereka sedang menjelajahi website Anda untuk mendapatkan informasi.

Lantas, apa penyebab dari broken link tersebut? Mari kita cari tahu sama-sama!

4 ​Penyebab Terjadinya Broken Link

Sebelum kita membahas cara cek broken link dan cara mengatasinya, baiknya kita mengetahui penyebab terjadinya broken link. Karena memang ada banyak faktor broken link bisa terjadi, misalnya saja kelalaian dari pemilik websitenya dan faktor eksternal lainnya.

Di bawah ini ada beberapa penyebab umum yang terjadi berkaitan dengan broken link tersebut:

​Kesalahan Pengetikan Link

Kesalahan karena salah pengetikan link bisa saja terjadi karena faktor ketidak telitian ketika akan mempublikasikan konten, misalnya saja seorang publisher menautkan salah satu link yang harusnya https://www.exabytes.co.id/hosting tapi malah justru tertulis https://www.exabytes.co.id/hostng. Jika Anda perhatikan di link tersebut kurang huruf ‘i’ di penulisan ‘hosting’.

Nah karena alamat yang dituju salah, maka secara otomatis ini yang membuat pengguna diarahkan ke halaman error 404 not found.

​Alamat Domain Berubah

Penyebab berikutnya adalah adanya perubahan alamat domain, sehingga domain yang berubah otomatis akan mengubah susunan dari URL yang sebelumnya. Maka dari itu, para webmaster perlu mempertimbangkan dengan sangat matang sebelum melakukan perubahan nama domain.

Apalagi jika Anda sudah melakukan optimasi website tersebut dengan beberapa backlink berkualitas dari jaringan blog, forum, media sosial dan juga website lainnya. Tentu akan sangat disayangkan, jika backlink tersebut akan hilang karena dilakukannya pergantian domain.

​Direktori Website yang Berubah

Penyebab berikutnya ketika link menjadi rusak adalah kemungkinan direktori mengalami perubahan, karena direktori adalah sebuah informasi yang di dalamnya terdapat konten maupun file dari website tersebut.

Ketiak sebuah direktori diubah, maka secara otomatis URL juga akan mengalami perubahan. Misalnya saja penggunaan direktori di website dengan sub kategori pada susunan permalinknya, sebagai berikut.

DomainAnda.com/kategori-produk/nama-produk kemudian Anda ganti menjadi domainAnda.com/jenis-produk/nama-produk. Jika tidak segera melakukan redirection, maka perubahan link tersebut akan mengakibatkan broken link di banyak halaman website lainnya.

​Propagasi

Melakukan perubahan pada DNS bisa memicu terjadinya broken link. Karena propagasinya akan membutuhkan waktu yang tidak menentu. Jadi, jangan heran jika Anda melakukan perubahan pada DNS dan website di beberapa halaman mengalami error 404.

Jadi tunggu sampai selesai proses propagasinya, jika tak kunjung selesai kami sarankan Anda untuk menghubungi technical support layanan domain maupun hosting yang Anda gunakan.

​Cara Cek Broken Link dengan Mudah

Jika masalah broken link ini terjadi pada Anda, bagaimana cara mengatasinya? Apakah harus memeriksa konten satu per satu untuk bisa menemukan link yang rusak? Tentu tidak ada yang melarang untuk melakukan hal tersebut.

Akan tetapi, cara tersebut akan menguras waktu dan sangat tidak efektif. Apalagi jika website Anda memiliki banyak konten. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa tips cara cek broken link secara lengkap.

​Cek Secara Manual

Cara pertama yang mungkin masih dilakukan oleh beberapa orang adalah dengan cek secara manual, memang sebenarnya cara ini memakan waktu dikarenakan Anda harus mengunjungi semua halaman yang ada di website.

Akan tetapi, manfaatnya adalah Anda bisa menemukan link internal dari website Anda yang mati lebih detail dan Anda juga bisa sekalian memeriksa seluruh konten yang ada, cek apakah SEO sudah bagus atau tidak.

​Google Search Console

Cara cek broken link yang pertama adalah dengan menggunakan tools gratis dari Google yaitu Google Search Console. Sebenarnya fungsi utama dari Google Search Console ini adalah memantau performa website Anda di mesin pencari Google. Nah salah satu fitur unggulan yang ada di tools ini bernama Crawl Errors.

Fitur tersebut yang akan membantu Anda menemukan broken link yang ada di website. Menarik bukan?

Agar bisa menggunakannya, terlebih dahulu Anda harus menambahkan website ke Google Search Console. Kami anggap Anda sebelumnya sudah menambahkan website ke Google Search Console, sekarang yuk ikuti langkah-langkah mencari broken link di website.

Langkah 1: Masuk ke halaman Google Search Console dan login dengan menggunakan akun gmail yang Anda miliki.

10+ Cara Cek Broken Link Pada Website [Mudah & Cepat] - 2022

Langkah 2: Klik Setelan dan klik Buka Laporan di menu Perayapan.

10+ Cara Cek Broken Link Pada Website [Mudah & Cepat] - 2022

Langkah 3: Lalu, klik Tidak ditemukan (404) di menurut respon.

10+ Cara Cek Broken Link Pada Website [Mudah & Cepat] - 2022

Langkah 4: Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman daftar broken link yang ada di website Anda.

10+ Cara Cek Broken Link Pada Website [Mudah & Cepat] - 2022

​Plugin Broken Link Checker

Cara cek broken link lainnya adalah dengan menggunakan plugin broken link checker, plugin ini bisa membantu Anda menemukan link yang rusak. Ikuti beberapa langkah berikut ini untuk cek broken link menggunakan plugin.

Langkah 1: Instal terlebih dahulu plugin Broken Link Checker.

10+ Cara Cek Broken Link Pada Website [Mudah & Cepat] - 2022

Langkah 2: Setelah selesai melakukan instalasi dan mengaktifkannya, masuk ke menu Settings > Link Checker.

10+ Cara Cek Broken Link Pada Website [Mudah & Cepat] - 2022

Jika Anda melihat, ada opsi pengaturan tab “General” disana Anda bisa mendapatkan segala informasi daftar link yang rusak dan perlu dilakukannya perbaikan.

10+ Cara Cek Broken Link Pada Website [Mudah & Cepat] - 2022

Langkah 3: Setelah Anda menemukan jumlah broken link, klik menu Tools > Broken Link untuk melihat beberapa link rusak secara detail.

10+ Cara Cek Broken Link Pada Website [Mudah & Cepat] - 2022

Setelah Anda menemukan link tersebut, Anda bisa langsung mengatasinya dengan menghapusnya atau memperbaikinya.

​Screaming Frog

Cara cek broken link berikutnya adalah menggunakan bantuan aplikasi Screaming Frog. Cara cek broken link menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Download dan instal Screaming Frog melalui website resminya, klik disini untuk menuju website resminya.

Langkah 2: Setelah selesai instalasi, masukkan URL website Anda dan lakukan scan dengan klik Start.

Langkah 3: Klik tab Response Code dan klik Client Error (4xx) yang berada di bagian kanan. Jika Anda ingin mengetahui link yang rusak bisa klik Inlinks di bagian bawah.

​Tool Dead Link Checker

Tidak hanya menggunakan aplikasi atau plugin saja, Anda bisa cek broken link dengan menggunakan bantuan tool bernama Dead Link Checker. Tool tersebut adalah salah satu tool checker yang bisa Anda gunakan untuk melakukan scan pada seluruh website dan menemukan semua broken link.

Fitur – fitur menarik di dalamnya:

  • Fitur Multi Check yang bisa cek beberapa website sekaligus.
  • Fitur Auto Check yang bisa Anda gunakan untuk cek broken link secara berkala dan hasilnya scannya akan dikirim melalui email.

​Tool Broken Link Checker

Tidak hanya dead link checker saja yang bisa Anda gunakan, Anda juga bisa cek broken link dengan menggunakan website BrokenLinkCheck.com. Website ini bisa Anda gunakan secara gratis, hanya saja cara cek broken link yang satu ini cocok untuk website yang masih kecil dengan tidak memiliki halaman yang banyak.

Cara menggunakannya cukup akses websitenya dan masukkan URL website Anda di kotak yang telah disediakan dan klik Find broken links. Jika diminta masukkan kode captcha dan kemudian tunggu beberapa saat sampai daftar broken link di tampilkan.

10+ Cara Cek Broken Link Pada Website [Mudah & Cepat] - 2022

​Audit dengan Tool SEO Ahrefs dan SEMrush

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan tools SEO seperti SEMrush dan Ahrefs. Kedua tools tersebut bisa Anda manfaatkan untuk melakukan audit SEO dengan teknologi canggih yang mereka miliki, sekaligus Anda juga bisa memanfaatkannya untuk cek broken link.

​Cek Menggunakan SEOptimer

Tools SEO berikutnya adalah SEOptimer yang bisa Anda gunakan untuk audit website, dengan menggunakan tools ini juga Anda bisa cek banyak hal berkaitan dengan kesehatan website.

Salah satu faktor pendukung kesehatan website adalah memiliki banyak broken link atau tidak, sehingga tools ini bisa dengan mudah membantu Anda cek broken link.

​W3C Link Checker

Alat berikutnya yang bisa membantu Anda untuk cek broken link adalah tools W3C Link Checker. Dengan tools ini Anda bisa mengatur seberapa dalam tool tersebut melakukan pencarian link yang ada di website.

Tools ini akan sangat efektif untuk Anda gunakan, meskipun website Anda memiliki broken link yang banyak dan tools ini juga cukup populer di para webmaster dan praktisi SEO.

​Siteliner.com

Cara cek broken link berikutnya adalah dengan memanfaatkan situs siteliner.com. Caranya sangat mudah.

Langkah 1: Kunjungi siteliner.com.

10+ Cara Cek Broken Link Pada Website [Mudah & Cepat] - 2022

Langkah 2: Masukkan URL website yang akan di cek broken link dan klik Go.

10+ Cara Cek Broken Link Pada Website [Mudah & Cepat] - 2022

Langkah 3: Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai dan jika prosesnya sudah selesai. Klik menu broken link, disana akan muncul daftar broken link.

10+ Cara Cek Broken Link Pada Website [Mudah & Cepat] - 2022

​Atasi Kehilangan Pengunjung Akibat Broken Link!

Itu dia beberapa cara cek broken link yang bisa Anda coba dan hanya itu yang bisa Anda lakukan untuk cek broken link, begitu mudahnya bukan? Sekarang tidak Anda tidak akan kehilangan pengunjung website akibat dari broken link.

Jika Anda telah berhasil mengatasi broken link dan memulihkan performa website Anda, Anda bisa membuat website lainnya untuk jaringan backlink atau bisnis baru Anda. Sekarang membuat website sangat mudah dengan bantuan website builder.

Apalagi sekarang Exabytes Indonesia menyediakan website builder Indonesia yang bisa membantu Anda untuk membangun website dengan cepat dan mudah.

Selamat mencoba ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments