Inilah Pemenang Site of The Month IWA 2019

166
9 min read

Setiap tahunnya, Exabytes selalu mengadakan acara tahunan bergengsi untuk para pengembang dan perancang website di Indonesia. Indonesia Website Award telah ada di Indonesia sejak tahun 2017 dan kini memasuki tahun ketiga.

Indonesia Website Award merupakan ajang untuk mengapresiasi para pemilik website sekaligus pelaku industri ekonomi Usaha Kecil Menengah (UKM) digital. IWA diharapkan dapat menjadi inspirasi 

Rencana awal IWA akan dilaksanakan pada bulan Maret lalu. Sayangnya karena pandemi COVID-19 yang melanda, maka IWA harus diundur demi kebaikan semua pihak.

Dan akhirnya waktu yang ditunggu pun tiba. IWA akan resmi diadakan bersamaan dengan Web Developer Talk (WebDevTalk) pada tanggal 20 Juni mendatang. IWA akan diselenggarakan secara online yang bisa kamu lihat selengkapnya di laman ini.

Di dalam Indonesia Website Awards, para peserta yang telah mendaftarkan websitenya sesuai dengan kategori yang ada. Kategorinya adalah Personal, E-Commerce dan UKM (Commercial). Website ini akan dinilai apakah sesuai dengan kategori yang dipilih dan dilihat dari beberapa kriteria. Kriteria tersebut antara lain desain, SEO, aksesibilitas, performa, dan konten.

Setelah dinilai, daftar peserta pun disortir dan dipilih dengan nilai tertinggi sesuai dengan kriteria yang telah disebutkan untuk menjadi pemenang bulanan atau Site of The Month. Total Site of The Month IWA 2019 sebanyak 28 pemenang yang terpilih lebih dari 650 peserta.

Buat kamu yang penasaran siapa saja sih pemenang Site of The Month Indonesia Website Award 2019 bisa disimak di tulisan di bawah ini ya.

Katagori Personal

Inilah Pemenang Site of The Month IWA 2019

Vrontal Media

Di bulan Januari, website Vrontal Media menjadi pemenang Site of The Month. Website dengan URL yang didesain oleh Farchany Nashrulloh ini bisa dikunjungi di https://www.vrontalmedia.com/. Website ini berisi artikel informasi menarik yang membahas tentang dunia design grafis, aplikasi, tutorial, tips and trick,software desain grafis dan mobile.

Serba Kuis

Pemenang bulan Februari jatuh kepada Serba Kuis (https://www.serbakuis.com/). Akhmad Saifuddin merancang website ini dan sudah ada sejak tahun 2015 lalu. Isi dari website ini seputar promosi berhadiah seperti undian, kuis online, lomba online gratis biaya pendaftaran dan lainnya. 

Takaitu

Di bulan Maret ada Endo Putra sebagai pemilik website Takaitu (https://takaitu.id). Website ini menyajikan konten berkualitas seperti hiburan, kuliner, sosok, travelling, tips dan artikel lainnya yang menginspirasi anak muda Indonesia. 

Abdul Majid

Website milik Abdul Majid dengan URL https://www.abdulmajid.id menjadi Site of The Month bulan Mei. Abdul banyak menuliskan artikel dengan informasi bermanfaat di dalam website ini. Selain itu dia juga membagikan pengalaman, resensi buku, pengembangan diri dan banyak lainnya.

Pinternesia

Di bulan Juni ada website Pinternesia (https://www.pintarnesia.com) yang dikembangkan oleh MasTekno. Konten yang disajikan membuat rangkuman dari materi-materi sekolah seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika, IPA, IPS, Matematika dan banyak lainnya. Cocok banget untuk pelajar karena banyak artikel yang informatif dan edukatif. 

Blockchainisme

Selanjutnya ada website Blockchainisme (https://blockchainisme.com/) yang menjadi SOTM Juli. Blockchainisme merupakan media untuk menemukan materi belajar crypto, informasi seputar teknologi blockchain terbaru, serta berita crypto harian yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Income.id

Next, SOTM bulan Agustus ada website milik Surya Setiawan yakni Income.id.. Website dengan alamat https://income.id adalah media yang menyajikan artikel berita seputar bisnis, keuangan, startup, teknologi, edukasi dan lifestyle.

Baca Juga  Web Developer Talk dan IWA Akan Diselenggarakan Online

Alif Space

Di bulan September ada website Alif Space (https://alif.space/). Website ini merupakan website personal milik Nooridlo Alif Setyawan yang berisikan tentang profil dan portfolionya pekerjaannya sebagai digital marketer dan UI/UX Freelancer. Selain itu, Alif juga menuliskan beberapa artikel menarik di blognya.

HobiGame.net | Portal Berita Game Indonesia

HobiGame menjadi Site of The Month bulan Oktober. Website HobiGame (https://hobigame.net/) berisikan tentang artikel seputar berita game. Selain game, website ini juga memuat pembahasan soal gadget, review, tech dan lainnya.

VazGaming

Terakhir ada Site of The Month November milik Adhityo yaitu VazGaming (https://www.vazgaming.com/). Platform ini nggak hanya membahas seputar game saja tetapi juga rekomendasi menarik seputar teknologi, handphone dan laptop, tips dan tutorial, review dan lainnya.

Kategori UKM (Commercial)

Inilah Pemenang Site of The Month IWA 2019

Jasa Website Caleg Indonesia 

Di kategori UKM ini, ada website Jasa Pembuatan Website Caleg Profesional Indonesia (https://www.jasawebcaleg.com/). Website milik Hervaliz Fayazi ini merupakan bagian dari Xweb.co.id. Jasa Web Caleg Indonesia ini membantu dan membagikan program kampanye secara digital sesuai dengan wilayah pemilihan.

Markaz Design – Solusi Branding UMKM

Selanjutnya ada Markaz Design – Solusi Branding UMKM yang menjadi SOTM bulan Maret. Markaz Design (https://markazdesign.net/) dari CV Markaz Design yang merupakan brand konsultan UMKM berbasis di Sidoarjo. Markaz sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dalam industri kreatif yang menyediakan layanan strategi branding, desain grafis, web branding dan foto / videografi untuk solusi kreatif bagi UMKM. 

Nagari Studio

Di bulan April ada Nagari Studio (https://www.nagaristudio.com) yang merupakan penyedia layanan jasa foto profesional. Pemenang Site of The Month kategori UKM ini berfokus pada jasa foto produk. Jasa foto ini disediakan untuk para pelaku UKM dan pemilik bisnis agar bisa memberikan foto produk terbaik yang dapat bersaing di pasar global. 

Digital Idea – Creative Digital Agency

Next, Site of The Month bulan Mei jatuh pada Digital Idea – Creative Digital Agency (https://www.digitalidea.id). Perancang website ini yaitu Satriyo Untoro. Website ini menyediakan layanan jasa videografi dan foto untuk company profile, jasa pembuatan website, desain grafis, digital marketing dan artist agent.

SVNSET Creative

Platform SVNSET merupakan (https://www.svnsetcreative.com) perusahaan kreatif yang bergerak di bidang desain, video dan fotografi. Pemilik website ini adalah Reiza Fauzy yang berasal dari Bandung. Website ini berhasil menjadi Site of The Month bulan Juni di kategori UKM. 

Course-Net Indonesia

Di bulan Juli ada platform berbasis edukasi dan pelatihan IT bernama Course-Net Indonesia (https://www.course-net.com) milik Irwin Andriyanto. Course-Net Indonesia adalah lembaga Pelatihan IT Pertama di Indonesia yang memiliki beberapa sertifikat berstandar internasional yang telah bekerjasama dengan banyak perusahaan dan partner terkemuka.

Dino Kreatif – Jasa Pembuatan Website

Di bulan selanjutnya ada Dino Kreatif – Jasa Pembuatan Website (https://dinokreatif.com) yang menduduki bulan Agustus. Di dalam websitenya, Dino Kreatif menawarkan jasa untuk merancang website bagi pelaku bisnis agar dapat Go Digital dan dapat berinovasi untuk bersaing dengan kompetitor di era masa kini.

Desainme

Selanjutnya ada website milik Trida Trisno Zuono yaitu Desainme (https://desainme.com/) yang menempati bulan September. Website Desainme didirikan sejak 2015 dengan menyediakan kemudahan bagi para pengusaha ataupun UMKM yang ingin konsultasi seputar desain produk dan bisnis lainnya.

Jeeves Indonesia

Di bulan Oktober ada Jeeves Indonesia (https://www.jeeves-indonesia.com/) yang merupakan bagian dari Jeeves of Belgravia Indonesia. Website dengan tampilan minimalis ini menawarkan layanan dry cleaning dan laundry ideal yang berfokus pada pakaian-pakaian berkualitas tinggi.

Bengkel Las

Terakhir ada Bengkel Las (https://bengkel-las.co.id/) yang menjadi SOTM UKM bulan Desember. Web ini memuat jasa usaha bengkel las terdekat dengan jasa pembuatan yang dibanderol dengan harga murah dan dapat menangani jasa servis lainnya. 

Baca Juga  EEC 2019 Tinggal 3 Minggu Lagi. Beli Tiketnya Sebelum Kehabisan!

Katagori E-Commerce

Inilah Pemenang Site of The Month IWA 2019

BroPulsa – Isi Pulsa Online Murah

Di kategori terakhir yaitu E-Commerce di bulan pertama ada BroPulsa – Isi Pulsa Online Murah (https://www.bropulsa.com). Website ini merupakan website pembelian pulsa online yang termurah dan terpercaya. Dengan tampilan dasar berwarna biru dan putih dan memenuhi kriteria penilaian IWA, website ini menjadi SOTM E-Commerce bulan Januari.

LapakTrip 

Di kategori yang sama di bulan Februari terdapat LapakTrip (https://lapaktrip.com). Platform marketplace ini menghubungkan pelanggan dengan pilihan agen travelling lokal di Indonesia dan seluruh dunia yang telah dikurasi dan diverifikasi oleh tim profesional. Selain untuk travelling, di website ini kita juga bisa melakukan top up pembelian atau pembayaran PLN, Telkom, BPJS, dan lainnya.

Olusta

Selanjutnya ada website yang dirintis oleh Ika Oktavia Ningsih dengan websitenya Olusta (https://olusta.com). Website dengan dominan warna merah muda ini berfokus pada kebutuhan untuk memperoleh dan mengirimkan rangkaian bunga dengan cepat dan mudah. Website ini menjadi SOTM E-Commerce bulan April.

AA Elektronik Online

Di bulan Mei ada AA Elektronik Online (https://www.aaelektronik.com) dari Bimo Web Design. Platform ini merupakan bagian dari PT. Aditya Inti Sejahtera yang berpusat di Makassar. Web ini menyediakan peralatan elektronik rumah tangga.

BuyCloud Indonesia

BuyCloud Indonesia menempati posisi selanjutnya dengan alamat websitenya https://www.buycloud.id. Platform ini sebagai penyedia antara pembeli dengan vendor SSL terkemuka dan penyedia layanan Cloud Server. BuyCloud Indonesia menjadi pemenang bulanan IWA di kategori E-Commerce di bulan Juni.

Web Hosting Murah Super Cepat — Asro Teknologi

Selanjutnya di bulan Agustus, ada website Asro Teknologi (https://www.asroteknologi.com/) yang dirintis oleh Asep Rohimat. Web dengan tampilan serba berwarna hijau ini menyediakan layanan hosting, domain dan android developer & web developer.

Web Handal

Site of The Month Oktober untuk E-Commerce jatuh kepada Web Handal (https://www.webhandal.com/). Web ini dirintis oleh Zulhajji yang berfokus pada penyediaan jasa website yang berkualitas seperti jasa web design, jasa toko online, jasa pembuatan website perusahaan dan lainnya.

Sahabat Hosting

Terakhir ada Sahabat Hosting (https://sahabathosting.com/) yang dikembangkan oleh Endo Putra yang juga berhasil menjadi pemenang bulanan di kategori personal dengan web Takaitu. Platform ini menyediakan layanan Internet Service Provider yang didukung dengan infrastruktur Cloud, SSD, Domain dan sebagainya.

Favorite Website

Selain 28 pemenang di atas dari 3 kategori tersebut, ada kategori tambahan lainnya. Kategori tersebut adalah Favorite Website. Untuk kategori ini dipilih pemenangnya dari voting yang diselenggarakan. 

Para pemenang Public Favorite Website yaitu :

KUATMLARAT

Website unik milik Daniel Kunthu ini menjadi Public Favorite Website IWA 2019. Platform dengan alamat URL https://www.kuatmlarat.com/  ini memuat konten seputar home, pc, andorid, tutorian dan lain sebagainya.

BSMI DKI JAKARTA | Solusi Kemanusiaan

Selanjutnya ada dari Bulan Sabit Merah Indonesia (https://bsmidki.or.id/) yang memuat tentang informasi berfokus tentang kemanusiaan dan donasi untuk program kemanusiaan.

Mbah Hanif

Terakhir ada website yang dibuat oleh Mochammad Hanif Ramadhani yaitu Mbah Hanif. Platform dengan alamat https://www.mbahhanif.site/ ini banyak memiliki konten yang update tentang tutorial, tips dan trik seputar internet, pc dan android dan lain sebagainya.

Selamat kepada para pemenang Indonesia Website Awards 2019. Eits, tapi ada 1 lagi yang menjadi rahasia nih yakni Site of The Year Indonesia Website Awards 2019. 

Para pemenang ini akan dipilih 3 pemenang dengan masing-masing 1 pemenang di setiap kategori. Pemenangnya akan diumumkan di IWA pada tanggal 20 Juni ini. Jadi sebaiknya buat yang belum ikutan langsung registrasi ke laman ini ya.

Buat kamu yang juga memiliki website, yuk daftar websitemu ke Indonesia Website Awards sekarang juga. Siapa tahu nanti website kamu bisa jadi pemenang di IWA tahun 2020 lho. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here