Apa itu IWA dan Kenapa Kamu Harus Ikutan?

107
Apa Itu IWA
Free Credit Exabytes
11 min read

Exabytes Friends pasti sudah tahu dong kalau website memang berperan penting untuk banyak orang. Dengan website, kita bisa mendapatkan informasi yang diinginkan. Selain itu, sebagai pemilik bisnis pun bisa mempromosikan produk atau jasa melalui website. Tak jarang, hampir semua pemilik bisnis menggunakan website agar brand mereka lebih dipercaya konsumen dan profesional. 

Nah, kita nggak pernah tahu orang-orang yang berdedikasi yang membuat website yang informatif dan membantu kita semua. Oleh karena itu, dengan inisiatif ini membuat Exabytes ingin mengapresiasi para pemilik website. Maka Exabytes menyelenggarakan acara bernama IWA. 

Kalian pernah mendengar IWA belum? Buat yang belum tahu apa itu IWA, kalian wajib tahu tentang IWA nih dan bila kamu pemilik website, kamu harus banget ambil bagian dari IWA. Simak informasinya di bawah ini ya Friends

Apa Itu IWA?

IWA adalah kepanjangan dari Indonesia Website Awards. IWA merupakan ajang penghargaan website pertama di Indonesia lho. Exabytes sudah menyelenggarakan perhelatan ini sejak tahun 2017 lalu. Wah, udah cukup lama juga ya?

Awal mulanya Exabytes mengadakan acara ini terlebih dahulu di Malaysia lalu mulai menerapkannya di Indonesia. Setiap tahun Exabytes mengadakan acara ini yang bertujuan untuk mengapresiasi agar terus membuat karya website yang lebih baik lagi dan untuk memberi dukungan akan perkembangan ekonomi digital di Indonesia khususnya untuk para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Digital yang saat ini mulai menjamur. 

Selain itu, IWA juga diharapkan dapat  mendorong kreativitas, meningkatkan kualitas website dari para Web Developer atau Web Designer dan daya saing pemilik website di era digital zaman sekarang. IWA akan memberikan penghargaan kepada orang-orang yang berada di belakang layar dalam pembuatan website yang menarik dan mudah dipahami oleh banyak orang.

Sebagai acara penghargaan website pertama di Indonesia, Exabytes juga ingin mengajak dan merangkul lebih banyak pelaku UKM di Indonesia untuk mulai Go Digital dimana penting bagi mereka untuk memiliki website sendiri demi kemajuan bisnisnya. Dengan website diharapkan dapat menunjukkan identitas dan meningkatkan branding mereka di internet karena perkembangan zaman sekarang dimana transaksi banyak dilakukan serba online. 

Jika kamu penasaran gimana sih acara IWA di tahun-tahun sebelumnya, kamu bisa membaca di artikel Malam Penghargaan IWA 2018 kembali digelar dan Malam Penghargaan IWA 2017. Seru banget lho acaranya!

Nggak hanya diperuntukkan untuk pelaku UKM kok, kalian yang memiliki website yang ditujukan untuk personal juga bisa ikutan lho. Penasaran gimana caranya? Semuanya akan di bahas di bawah ya Exabytes Friends!

Kenapa Kamu Harus Ikut Ambil Bagian Dari IWA?

Jika kamu memiliki website, sebaiknya kamu harus ikutan ajang penghargaan website bergengsi ini. Kenapa sih kamu harus ikut ambil bagian dari IWA?

Website Kamu Diakui dan Dinilai Oleh Juri Berkompeten

Website kamu akan langsung dinilai oleh juri yang sudah berkompeten di bidang website pastinya. Jika website kamu memang memenuhi dan layak sesuai dengan kriteria penilaian juri panel IWA, maka website kamu bisa diakui menjadi pemenang lho.

Mendapatkan Banyak Hadiah

Tujuan dari Indonesia Website Awards adalah untuk memberikan apresiasi kepada orang-orang yang telah berkontribusi membangun website. Oleh karena itu, IWA akan memberikan penghargaan dan juga hadiah menarik untuk pemenang IWA. Wih, asik nih!

Website Kamu Akan Banyak Dikenal Oleh Banyak Orang

Sudah pasti, dengan mengikuti kompetisi atau ajang penghargaan maka website kamu akan mendapatkan exposure yang lebih. Exabytes akan membagikan serta mempromosikan website yang menjadi pemenang IWA. Website milikmu akan banyak dikenal oleh banyak orang di luar sana sehingga sudah pasti nantinya traffic website kamu akan meningkat. 

Proses Pendaftaran IWA

Ada beberapa proses yang perlu diketahui untuk mengikuti IWA yaitu sebagai berikut : 

Check

Kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu kategori website milikmu. Untuk kategori website yang bisa didaftarkan di IWA terdapat 3 kategori yakni :

Personal

Jika kamu memiliki website yang ditujukan lebih untuk pribadi atau individual, kamu bisa memilih kategori ini untuk mengikuti IWA. Website personal ini seperti blog atau website yang dibuat untuk penggunaan dan sharing pribadi.

UKM

Kategori ini ditujukan untuk website yang bersifat bisnis UKM atau perusahaan. Website jenis ini menampilkan profil mereka untuk referensi pelanggan.

Baca Juga  Hal yang Belum Kamu Ketahui Mengenai Free Hosting

E-Commerce

Hampir sama dengan kategori UKM karena katagori ini juga bersifat bisnis. Yang membedakan UKM dengan E-commerce adalah website ini memiliki shopping cart atau sistem add-to-cart dan menggunakan payment gateway.

Daftar

Setelah memastikan kategori websitemu, kamu bisa mendaftar. Caranya akan dijelaskan di artikel ini juga jadi scroll terus ya sampai habis Exabytes Friends!

Verifikasi 

Setelah mendaftar, langkah selanjutnya adalah diverifikasi pendaftaran. Verifikasi akan dilakukan oleh panel juri IWA dan sistem rating IWA. Oh ya, nanti kamu akan mendapatkan pemberitahuan email tentang pendaftaran atau persetujuan website ke email kamu bila disetujui atau tidak disetujui.

Award

Terakhir, kamu perlu membagikan atau share website kamu ke teman-temanmu. Kamu juga perlu mendapatkan votes sebanyak mungkin ya karena votes ini akan dijadikan penilaian juga nih selain penilaian dari juri panel IWA.

Bagaimana Cara Mendaftar IWA?

Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk mendaftar ajang penghargaan ini yaitu :

Langkah Pertama : Buka Website IWA

Buka website Indonesia Website Awards atau klik disini. Nanti akan muncul halaman seperti ini. Apa itu IWA dan Kenapa Kamu Harus Ikutan?

Setelah muncul halaman ini, klik Submit Website. Namun jika kamu scroll down website IWA, klik Daftar Sekarang! seperti gambar yang ada di bawah.

Apa itu IWA dan Kenapa Kamu Harus Ikutan?

Langkah Kedua : Daftar

Setelah mengklik Submit Website atau Daftar Sekarang akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini. 

Apa itu IWA dan Kenapa Kamu Harus Ikutan?

Isi data website yang akan didaftarkan seperti nama website, URL website, kategori website (pilih salah satu antara antara Personal, UKM atau E-Commerce) dan deskripsi mengenai website kamu maksimal 300 kata.

Setelah itu, isi juga data diri kamu sebagai pendaftar website seperti nama, email, no telepon / hp, foto profil atau logo, dan deskripsi singkat mengenai kamu atau usaha yang kamu jalankan melalui website dengan maksimal 550 karakter.

Jika sudah selesai mengisi data-data di atas, jangan lupa untuk mencentang Cek disini jika Anda telah menyetujui. Setelah itu, klik Daftar.

Apa itu IWA dan Kenapa Kamu Harus Ikutan?

Selesai, kamu telah terdaftar di ajang penghargaan IWA. Setelah ini, akan ada verifikasi dari juri panel IWA dan sistem rating IWA. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan email pemberitahuan mengenai apakah website kamu disetujui atau tidak disetujui.

Gimana, caranya mudah kan? Yuk buruan daftar ke IWA.

Sistem Penjurian dan Voting

Dalam Indonesia Website Award (IWA), akan ada sistem penjurian dan voting untuk menentukan website pemenang yang layak untuk menang. Ada 3 kategori pemenang atau awards yaitu

Site of The Month

Site of the Month adalah kategori award dimana website tersebut memenuhi kualifikasi yang diberikan yang dinilai setiap bulannya sesuai dengan waktu dikumpulkan. Untuk penghargaan ini akan ada masing-masing 1 pemenang untuk kategori website personal, website UKM dan website E-Commerce. 

Untuk sistem penjuriannya yaitu setelah pendaftaran website kamu disetujui atau ditolak, pemberitahuan email akan dikirimkan terkait hasil verifikasi. Website kamu nanti akan dinilai oleh juri panel IWA dan sistem rating IWA dengan kriteria penilaian seperti desain, SEO, aksesibilitas, performa dan konten. Jika kamu berada di nominasi teratas akan menjadi pemenang Site of The Month yang bisa ikut serta untuk memenangkan penghargaan Site of The Year. 

Pemenang Site of The Month akan diumumkan dalam 2 minggu pertama di bulan berikutnya. Misalnya, jika kamu mendaftarkan website pada bulan Januari maka pemenang Site of The Month akan dilakukan dalam 2 minggu pertama di bulan Februari.

Site of The Year

Site of The Year adalah pemenang tahunan yang dipilih dari pemenang bulanan atau Site of The Month. Akan ada total 3 pemenang dari setiap kategori website yang berbeda yang akan diumumkan pada Malam Penghargaan IWA. kriteria yang dinilai pun tetap sama yakni desain, SEO, aksesibilitas, performa dan konten.

Favourite Website

Untuk kategori pemenang ini, pemenang ini adalah website yang memiliki vote terbanyak. Vote ini dilakukan di Facebook.

Sistem penjurian untuk Favourite Website hampir sama dengan Site of The Month namun ada sistem voting dimana semua voters harus memiliki akun Facebook. Pengguna Facebook dapat melakukan voting sebanyak mungkin namun setiap pengguna hanya dapat memberikan satu vote ke setiap website yang dinominasikan. Votes akan terkumpul melalui jumlah like Facebook. Tanggal penutupan untuk voting website adalah 6 Januari 2021 untuk Indonesia Website Awards 2020. 

Jadi sebaiknya daftarkan website kamu lebih awal untuk mengumpulkan lebih banyak “votes” sebelum tanggal penutupan. Oh ya, kamu juga dapat men-share link website (URL) dan membagikannya ke teman-teman atau kerabatmu lho.

Kriteria Penjurian

Sudah tertera di atas bahwa kriteria penjurian dalam menentukan pemenang Indonesia Website Awards ada 5 kriteria yaitu desain, SEO, aksesibilitas, performa, dan konten.

Desain

Tampilan website memang yang paling dilirik pertama kali oleh orang-orang yang mengunjungi websitemu. Namun bukan hanya tampilan yang menarik tetapi tampilannya harus menyampaikan kualitas visual dan relevan dengan konten website yang disajikan. Selain itu, website harus memiliki logo profesional untuk meningkatkan branding sesuai dengan tema, konsep, warna dan lainnya. Faktor pendukung desain antara lain adalah layout, tipografi, gambar, hingga audio visual.

Baca Juga  Mengenal Para Juri IWA 2019

SEO

SEO atau Search Engine Optimization dapat menentukan peringkat website kamu dari hasil search engine. Website dengan SEO yang tinggi dijamin memiliki visibilitas serta traffic yang baik. 

Aksesibilitas

Tingkat aksesibilitas yang baik akan membuat website lebih user-friendly dimana pengunjung bisa mendapatkan informasi dalam waktu yang singkat kapanpun dan dimanapun mereka mengakses websitemu.

Yang tak kalah penting adalah setiap website harus bisa diakses oleh perangkat apapun baik itu PC atau dengan handphone. Dengan penggunaan berbagi fitur yang dapat meningkatkan aksesibilitas website dan teknologi seperti URL Rewriting harus ditampilkan demi memberikan interaksi yang nyaman, responsif dan optimal dengan pengunjung website.

Performa

Kriteria selanjutnya adalah website harus memiliki performa yang baik dan optimal dimana website nggak memakan waktu lama untuk loading. Selain kecepatan loading, kecepatan download juga penting sekali yang menunjukkan kemampuan page caching yang baik, website compression dan berbagai bentuk optimalisasi loading.

Konten

Terakhir yang nggak boleh terlewatkan adalah konten. Konten menjadi komponen terpenting sebuah website dimana konten harus bersifat informatif, membangun dan dapat meninggalkan pesan bagi pengunjungnya. Konten yang ditampilkan harus relevan dengan topik dan jenis website yang kamu buat. Tak ada batasan konten apa yang ingin disajikan asalkan ditampilkan dengan layout yang rapi, font yang terbaca, skema warna yang kontras serta bebas dari broken links. Kamu pun bisa menambahkan komponen penunjang konten seperti gambar, animasi, musik hingga video.

Syarat dan Ketentuan

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu kamu perhatikan sebelum dan saat mendaftarkan website kamu ke penghargaan IWA yaitu :

Tanggal Pendaftaran

Untuk tanggal pendaftaran adalah dari tangga 3 Januari – 27 Desember 2020. Di luar tanggal tersebut tidak akan diterima. Untuk penutupan submission adalah setiap tanggal 27 di setiap bulannya. Jika kamu mendaftar setelah tanggal 27 maka akan secara otomatis dievaluasi di bulan selanjutnya. 

Sementara itu, tanggal penutupan pemungutan suara untuk kategori Public’s Favorite Website Awards adalah 6 Januari 2021. Jadi catat ya tanggalnya.

Terbuka untuk siapa saja

Ajang IWA terbuka untuk siapa saja yang sebelumnya telah mengembangkan atau mendesain website yang melayani pasar Indonesia. Website yang didaftarkan harus berbahasa Indonesia atau bahasa Inggris. 

Penilaian Website

Penilaian website akan dilakukan oleh juri panel IWA yang pendaftarannya sesuai dan disetujui dengan kriteria yang telah dicantumkan di website. Untuk score, website yang masuk ke dalam nominasi harus mendapat nilai minimal 50. Jika nilai di bawah itu maka website otomatis akan dieliminasi. Untuk website yang telah disetujui dan menjadi nominasi tidak dapat mengikuti kembali di bulan selanjutnya. Jadi hanya sekali saja ya.

Selain penilaian, untuk kategori Favourite Website dengan sistem voting. Jika ketahuan adanya praktek membeli likes dan voting palsu untuk kategori Favorite Website. IWA maka penyelenggara berhak untuk mendiskualifikasi peserta segera dari perlombaan.

Untuk Peserta, Nominee dan Pemenang IWA

Untuk peserta yang telah mendaftarkan websitenya ke IWA maka secara tidak langsung memberikan wewenang penuh bagi Exabytes Group untuk mempromosikan dan membagikan website serta menggunakan konten yang terdapat pada website untuk keperluan penilaian dan penghargaan. Peserta diwajibkan memiliki hak atas konten yang berada di websitenya yang telah terdaftar. Pastikan bahwa informasi yang ada di websitenya sah.

Untuk semua IWA nomine dan pemenang, mohon cantumkan pita penghargaan (award ribbon) di website bila lulus tahap verifikasi. Jika tidak lulus maka tidak diperbolehkan untuk menggunakan pita penghargaan pada websitenya.

Lainnya

Penyelenggara dari Indonesia Website Awards 2020 memiliki hak untuk memperbarui tanda yang diberikan kepada seluruh website yang berpartisipasi di Indonesia Website Award 2020 sebelum pengumuman resmi dibuat. Ketika hasil akhir sudah diumumkan, maka semua sudah final.

Penyelenggara dari Indonesia Website Awards 2020 memiliki hak untuk mengakhiri atau menolak website yang sudah didaftarkan atau dinominasi jika ditemukan adanya pelanggaran syarat dan ketentuan.

IWA 2019 Akan Dilaksanakan Online

Apa itu IWA dan Kenapa Kamu Harus Ikutan?

Penyelenggaraan penghargaan untuk pemenang IWA 2019 akan dilaksanakan online dalam waktu dekat. Tanggal 20 Juni ini, IWA akan digelar bersamaan dengan WebDevTalk. Kamu bisa melihat siapa saja pemenangnya sekaligus mengikuti webinar dengan diskusi dan presentasi yang menarik dan bermanfaat dari para pembicara yang expert di bidangnya. Jangan sampai ketinggalan event ini ya Exabytes Friends.

Sekarang Exabytes Friends tahu kan tentang IWA dan kenapa sih kamu harus ikut ambil bagian dari IWA. Nggak hanya itu, di artikel ini juga dikupas habis dengan penjelasan mengenai proses pendaftaran, sistem penjurian, kriteria penjurian hingga syarat dan ketentuan. 

Yuk, tunjukkan ke banyak orang kalau kalian memiliki website yang menarik dan bermanfaat karena bisa saja kamu menjadi pemenang IWA lho. Yuk daftar segera!

Credit : Audina Chairun Nisa

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here