Simak 7 Alasan Kenapa Keamanan Website Penting Untuk Bisnis

0
3241

Hi, Exabytes Friends!

Saat ini, semua perusahaan memiliki website, baik perusahaan yang masih merintis, apalagi yang sudah besar. Mereka melihat bahwa dengan memiliki website, banyak kelebihan yang ditawarkan. Dimulai dari menjadi sumber informasi terkait perusahaan, menjadi media promosi, media interaksi dengan konsumen dan menaikkan brand awareness

Namun demi bisa membuat website tersebut beroperasi secara maksimal, maka harus tahu pentingnya keamanan website.Tidak dapat dipungkiri, banyak orang yang berpikir bahwa yang paling penting adalah memiliki website

Ketika berbicara mengenai data-data di dalamnya, bisa saja ada yang penting dan harus dijaga agar tidak bisa dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika keamanan website tersebut buruk, maka masalah besar bisa terjadi. Itulah yang harus dihindari.

Apa itu keamanan website?

Pastikan keamanan website dari malware atau defacement. (Sumber: Adobe Photo Images)
Pastikan keamanan website dari malware atau defacement. (Sumber: Adobe Photo Images)

Secara umum, keamanan web mengacu pada tindakan perlindungan dan protokol yang diadopsi oleh pengelola web untuk melindungi dan mengamankan data situs web dan server agar tidak terpapar oleh penjahat dunia maya atau untuk mencegah eksploitasi situs web dengan cara apapun. Keamanan web sangat penting untuk kelangsungan bisnis dan untuk melindungi data, pengguna dan perusahaan dari berbagai risiko.

Keamanan website melindungi situs web dari:

Serangan DDoS

Serangan ini dapat memperlambat atau merusak situs sepenuhnya, sehingga tidak dapat diakses oleh pengunjung.

Malware.

Singkatan dari “malicious software” (perangkat lunak perusak), malware adalah ancaman yang sangat umum digunakan untuk mencuri data sensitif pelanggan, mendistribusikan spam, “mengizinkan” penjahat dunia maya untuk mengakses situs dan banyak lagi lainnya.

Blacklist.

Blacklist (daftar hitam) bisa membuat website terhapus dari hasil mesin telusur yang ditandai dengan peringatan yang membuat pengunjung tidak bisa menemukan web, jika mesin telusur menemukan malware di web tersebut.

Eksploitasi kerentanan

Penjahat dunia maya dapat mengakses situs dan data yang tersimpan di dalamnya dengan cara mengeksploitasi area lemah di situs, seperti plugin yang sudah ketinggalan zaman.

Defacement

Serangan ini menggantikan tampilan dan konten situs web dengan konten apapun yang dikehendaki oleh penjahat dunia maya.

Kenapa keamanan website penting untuk bisnis?

Dampak negatif dari 5 kemungkinan serangan yang dijabarkan di atas terhadap keamanan situs web sangat besar, terlepas dari ukuran bisnis yang kamu jalani. Bahkan bisnis mikro, kecil hingga menengah (UMKM) yang website-nya diretas bisa jadi gulung tikar hanya dalam kurun waktu beberapa minggu saja, dikarenakan biaya yang dibutuhkan untuk pemulihan web sangat besar nominalnya.

Berikut setidaknya 7 alasan mengapa keamanan teknologi untuk situs web sangat penting untuk keberlangsungan operasi bisnis.

Melindungi Pelanggan 

Salah satu tip keamanan digital teratas untuk bisnis adalah terlebih dahulu melindungi informasi pelanggan. Saat ini, kebanyakan orang bergantung pada situs web untuk berbagai produk dan layanan yang mereka gunakan setiap hari. Pelanggan dapat memberi nama, informasi kartu kredit, tanggal lahir, dan bahkan nomor jaminan sosial lengkap mereka. 

Hal ini merupakan “tambang emas” bagi peretas yang mungkin ingin mencuri informasi sensitif tersebut. Jangan sampai memberi kesempatan ini kepada peretas. Lindungi informasi pelanggan, lakukan enkripsi sebelum mengirim data ke mana pun itu dan lakukan himbauan internal agar karyawan memahami pentingnya menjaga informasi pribadi ini.

Hacker bisa mengancam keamanan website kamu! (Sumber: Adobe Photo Images)
Hacker bisa mengancam keamanan website kamu! (Sumber: Adobe Photo Images)

Melindungi Aset

Mengamankan situs web juga termasuk melindungi peralatan fisik. Ini karena peretas tidak hanya dapat mencuri informasi pelanggan, tetapi juga dapat memasang virus di situs web, yang dapat mempengaruhi mesin fisik. Sebagai pemilik bisnis, ketahui lah investasi yang diperlukan untuk mengamankan peralatan mahal yang digunakan untuk menjalankan bisnis kamu. 

Coba bayangkan, berapa biaya tinggi yang harus dikeluarkan karena virus yang melumpuhkan sistem. Kamu harus mempekerjakan seseorang untuk menghapus virus dari mesin atau bahkan lebih buruk lagi harus menggantinya dengan yang baru karena kerusakannya terlalu parah.

Menjaga Reputasi Baik 

Mengamankan situs web juga penting untuk keberlangsungan bisnis karena peretasan dapat mempengaruhi reputasi bisnis. Tidak ada perasaan yang lebih buruk dibandingkan dengan memiliki publisitas negatif di media dikarenakan oleh pelanggaran keamanan yang serius di situs web kamu. 

Saat ini, kasus macam peretasan tidak akan luput dari liputan berita dan media. Publisitas negatif semacam itu akan menghambat pertumbuhan brand (merek). Hindari situasi ini dengan melindungi situs web agar publik terus melihat bisnis kamu sebagai bisnis yang terpercaya.

Melindungi Informasi Hak Milik

Banyak bisnis membuat proprietary information (informasi hak milik), aplikasi, dan sistem yang seharusnya tidak menjadi konsumsi publik, namun peretas bisa saja menggali informasi tersebut atau pun mengetahui strategi bisnis rahasia perusahaan. 

Inilah sebabnya mengapa semua perusahaan harus menjadikan pencadangan situs web sebagai prioritas. Bahkan layanan cloud situs web juga bisa terkena peretasan. Oleh karena itu, cegah hal ini terjadi dengan mengamankan situs web dengan baik dan benar.

Mencegah Terhentinya Penjualan

Peretasan juga dapat menyebabkan sejumlah besar jam bisnis terhenti dan mengakibatkan hilangnya produktivitas bisnis. Ini berarti penjualan juga akan jadi stagnan. Setiap pemilik bisnis memahami pentingnya penjualan berkelanjutan untuk memastikan kelangsungan bisnis. 

Singkatnya, situs web yang tidak dilindungi tidak hanya mengancam keamanan perusahaan, tetapi juga keberadaannya, karena hilangnya terlalu banyak penjualan potensial dapat mengakibatkan bisnis harus gulung tikar untuk selamanya.

Memberi Jaminan Kompetitif

Sisi baiknya jika mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi situs web, kamu bisa tetap dua langkah di depan persaingan. Ini karena keamanan situs web secara signifikan mengurangi risiko paparan online, sementara pesaing yang tak melakukan hal serupa akan tetap terpapar ancaman online. Situs web akan selalu diserang, jadi pastikan situs kamu bukan termasuk salah satunya.

Memberi Ketenangan

Masih banyak orang Indonesia yang menyepelekan kesehatan mental, yang sebenarnya sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Menjalankan bisnis sudah cukup sulit dan menyita tenaga dan pikiran, tanpa terus-menerus khawatir akan serangan siber. Jiwa akan merasa tenang jika mengetahui bahwa situs web telah diamankan dengan baik benar. 

Kamu juga harus menerapkan kebijakan standar tentang hal ini, hingga semua orang di bisnismu memahami betapa pentingnya keamanan situs web untuk bisnis.

Data Security

Keamanan data sama pentingnya dengan keamanan website. (Sumber: Adobe Photo Images)
Keamanan data sama pentingnya dengan keamanan website. (Sumber: Adobe Photo Images)

Selain keamanan web, ada satu hal lain yang tidak kalah pentingnya yaitu data security (keamanan data). Menurut ForcePoint, keamanan data adalah sebuah prosedur dengan dukungan dari regulasi dan teknologi untuk melindungi data dari perusakan data, modifikasi data, serta penyebaran data baik yang disengaja maupun tidak.

Selain itu, Technopedia juga memiliki pendapat yang kurang lebih sama dengan ForcePoint  tentang data security. Intinya, data security merupakan perlindungan terhadap data digital yang bersifat privat untuk mencegah akses yang tidak diinginkan terhadap komputer, database, maupun website.

Singkatnya, data security merupakan tindakan yang dilakukan untuk mengamankan data, khususnya data digital dari jangkauan “tangan-tangan nakal.”

Alasan mengapa keamanan teknologi untuk data sangat penting untuk keberlangsungan operasi bisnis mirip dengan alasan perlunya keamanan website, yaitu 3 hal berikut ini:

Mencegah Pelanggaran Hukum dan Pencurian Data

Alasan pertama mengamankan data adalah untuk mencegah tindakan pencurian data. Hal ini tentu sebaiknya tidak dianggap sepele. Yang sempat ramai dibicarakan adalah kebocoran jutaan data pemilih yang ada di server milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tahun 2020 lalu, dilansir dari Kantor Berita Nasional Antara. Hal itu sebenarnya dapat diantisipasi apabila semua stakeholder lembaga negara maupun perusahaan memiliki sistem keamanan data digital yang baik dan mumpuni.

Menjaga Privasi Konsumen

Berikutnya adalah dengan menjaga keamanan data konsumen, maka Anda pun juga turut menjaga privasi mereka. Ingat, konsumen terkadang tidak ingin data mereka terekspos dengan gamblang. Maka Anda bisa meminta data mereka seperlunya saja. 

Kemudian, bila ingin menggali data tersebut sebaiknya melalui persetujuan terlebih dahulu. Di samping itu, konsumen tidak ingin merasa diawasi terus menerus mengenai data yang mereka berikan.

Menjaga Reputasi Perusahaan

Alasan lainnya mengapa Anda perlu memberikan perlindungan dan keamanan data yang optimal adalah untuk menjaga reputasi perusahaan. Hal ini penting terlebih lagi bila perusahaan Anda bergerak di bidang finansial maupun perbankan. 

Dengan memberikan perlindungan data secara optimal, maka akan meningkatkan kepercayaan kepada konsumen. Mereka juga akan merasa tenang dan nyaman. Sehingga akan menciptakan customer experience yang positif. Ketika konsumen mendapatkan customer experience yang baik bukan tidak mungkin mereka akan loyal terhadap brand maupun produk Anda.

Penutup

Keamanan website/data merupakan hal yang masih jarang dibahas di Indonesia. Padahal, ketika internet mulai masuk, seharusnya pengetahuan akan hal tersebut sudah mulai digaungkan. Tetapi, faktanya justru tidak demikian. Akibatnya, sudah banyak kasus penyalahgunaan data / informasi yang jumlahnya bahkan sulit untuk dideteksi.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang keamanan / data security sudah menjadi kebutuhan. Hal itu karena semakin canggih teknologi yang dipakai, semakin banyak pula data / informasi yang diperlukan. Jadi, bukan sekadar hardware canggih saja ya. Didukung oleh perkembangan teknologi website, sekarang macam-macam data sangat bervariasi. Begitu juga cara untuk mengumpulkan data, sangat beragam.

Untuk memberikan keamanan terhadap website, kamu perlu memasang Secure Sockets Layer (SSL). SSL adalah suatu protokol yang dimanfaatkan untuk mengamankan komunikasi di internet, biasanya antara website dan pengunjung laman. Sehingga acap kali, pemakaian SSL direkomendasikan dalam halaman pembayaran, log in, opt-in forms, dan lainnya. Jika kamu membutuhkan layanan SSL dapat membeli SSL di Exabytes Indonesia. Kunjungi segera Exabytes Indonesia untuk mendapatkan SSL terbaik!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments