Apa Kegunaan Hosting Untuk Bisnis Online?

55
apa kegunaan hosting untuk bisnis online?
Free Credit Exabytes
8 min read

Hi Exabytes Friends!

Melihat pasar yang begitu cepat bergerak di dunia online, fenomena bisnis online ini pula digemari para pelaku bisnis. Selain memang banyak kelebihannya, bisnis online juga memberi kemudahan. Dan memiliki website untuk bisnis online memberikan kemudahan dan keuntungan lho. Apakah kamu sudah memiliki website?

Web Hosting

Berbicara website, website bisa memberikan dampak positif untuk bisnis online lho. Keuntungannya yaitu meningkat penjualan, lebih dipercaya, dapat menjangkau market lebih luas dan banyak lagi. Penting banget untuk memiliki website sejak dini lho untuk usaha secara online.

Untuk mendukung hal tersebut, salah satu poin yang diperlukan dalam website atau toko online adalah hosting. Mungkin ada beberapa dari kalian yang masih awam dan asing ketika mendengar kata hosting. 

Nah, dibawah ini mimin akan jelasin apa itu hosting dan kegunaannya buat bisnis online! Yuk simak!

Apa itu Hosting?

Hosting atau bisa juga disebut dengan web hosting adalah sebuah tempat di mana file dan data yang diperlukan website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. File website yang disimpan pada hosting berupa gambar, video, email, script, aplikasi dan database.

Nah, penjelasan singkatnya adalah ketika kamu ingin menggunakan internet untuk mengunjungi sebuah website, yang kamu lakukan pertama kali pada browser adalah mengetikkan nama domain atau keyword tertentu pada search engine. Kemudian komputermu akan secara otomatis terhubung ke server dan halaman website akan otomatis dikirimkan dan ditampilkan melalui browser, contohnya seperti halaman yang sedang kamu baca saat ini. 

Oleh karena itu jika kamu ingin memiliki website, maka hal yang wajib kamu lakukan adalah menggunakan domain dan hosting. Kalau bisa sih kamu beli hosting gratis domain juga, biar semakin hemat.

Hosting sendiri memiliki kapasitas penyimpanannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Misalnya hosting yang digunakan personal untuk blog, website universitas untuk menyimpan data para mahasiswanya, untuk e-commerce atau bisa juga untuk keperluan perusahaan menyimpan data yang confidential. Apapun kebutuhanmu, hosting akan menyimpannya.

Sekarang, apa saja sih kira-kira kegunaannya untuk bisnis onlinemu? Kenapa harus menggunakan layanan hosting? Yuk simak beberapa kegunaan hosting untuk bisnis online mu di bawah ini! 

Kegunaan Hosting Untuk Bisnis Online

Kostumisasi Yang Mudah Dan Cepat

Apa Kegunaan Hosting Untuk Bisnis Online?

Layanan hosting sendiri sangat memberikan kenyamanan pada setiap penggunanya. Kenapa seperti itu? Hal ini semata-mata karena layanan hosting memiliki kustomisasi yang mudah dikelola, melalui control panel yang dapat disesuaikan dengan website penggunanya. Control panel tersebut dapat digunakan untuk mengatur dan menambah sejumlah fitur, misalnya untuk mengunggah file dan gambar, memuat akun email sesuai dengan nama domain serta juga akan memeriksa data statistik pengunjungnya. 

Baca Juga  6 Cara Bagaimana Mendapatkan Review Positif dari Pelanggan

Menghemat Waktu Dan Tenaga

Apa Kegunaan Hosting Untuk Bisnis Online?

Selanjutnya, dengan menggunakan hosting, kamu untuk nggak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk terus mengelola server. Hal ini dikarenakan adanya orang atau teknisi yang berpengalaman di penyedia jasa layanan hosting yang kamu pilih untuk melakukan hal tersebut. Layanan ini juga dapat membantu memfasilitasi kamu untuk memasarkan produk melalui website sebagai media online secara optimal. Maka para konsumen dapat membeli barang yang diinginkan kapanpun dan dimanapun tanpa harus berkunjung ke tempatmu. 

Efisiensi Anggaran 

Menggunakan hosting efisiensi anggaran

Layanan hosting juga salah satu layanan yang akan membuat budget yang akan kamu keluarkan menjadi lebih efisien. Sesuai dengan cara kerja hosting yang telah disebutkan sebelumnya, kamu sekarang nggak perlu lagi membeli berbagai macam media penyimpanan. 

Bahkan kamu dapat menghemat anggaran transportasi untuk mencari dan menjual suatu barang dan mengurangi penggunaan kertas. Terlebih lagi penyedia hosting sudah terpercaya, memiliki banyak pengalaman dan harga murah pun saat ini sudah banyak bisa ditemukan. Tinggal disesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan yang kamu inginkan. 

Di samping itu, untuk menekan biaya pengeluaran atau anggaran kamu juga dapat memilih paket hosting, misalnya paket hosting satu bulan penuh tanpa perlu membelinya lagi dikemudian hari. Meski hanya hal kecil seperti ini namun tentu akan dapat menekan pengeluaran kamu loh! 

Membantu Pelestarian Alam 

menggunakan hosting membantu pelestarian alam

Contoh nyata lainnya dari kegunaan teknologi hosting adalah membuat semua penggunanya dapat berpartisipasi mengikuti program pelestarian alam. 

Melalui penggunaan layanan hosting ini, kamu dapat menghemat dan meminimalisir penggunaan kertas atau alat lainnya yang pada umumnya digunakan untuk menyebarkan informasi ke banyak orang. 

Sebagai gantinya, kamu saat ini dapat menyebarkan informasi melalui teknologi informasi atau perangkat elektronik yang jauh lebih mudah, cepat, dan ramah lingkungan. 

Mendapatkan Kepercayaan dan Meningkatkan Kredibilitas

hosting meningkatkan kepercayaan

Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis online sangat marak pada saat ini. Banyak sekali orang yang berlomba-lomba ingin mendapatkan pendapatan tambahan dari bisnis yang dikelolanya. 

Akan tetapi semakin maraknya bisnis online, semakin marak juga kasus penipuan yang terjadi. Akibatnya beberapa orang justru lebih percaya dengan website yang memiliki hosting dan domain pribadi. 

Konsumen atau market lebih mempercayai website bisnis online yang memakai hosting terpercaya dan berkualitas karena mereka juga akan merasa lebih aman dalam melakukan transaksi. 

Pilihan hosting yang tepat juga akan membuat calon konsumen lebih percaya karena data mereka lebih aman dan mereka nggak akan ragu dalam melakukan transaksi sehingga lebih banyak mendapatkan kepercayaan pasar.

Baca Juga  Tetap Hadir, eCommerceFest Beri Insight Menarik Dalam Bisnis dan E-Commerce

Lebih Mudah Dalam Mengembangkan Bisnis Online

bisnis online menggunakan hosting

Hosting yang berkualitas nggak akan hanya menyediakan penyimpanan data yang aman loh guys! Tetapi juga akan memaksimalkan akses internet yang cukup luas. Bagi pebisnis online, hal tersebut tentu saja akan sangat membantu keberlangsungan bisnis yang sedang dikelolanya.

Bisnis Online Akan Jauh Lebih Aman

menggunakan hosting lebih aman

Dalam berbisnis khususnya kamu yang memiliki toko online, pastinya keamanan atau security data sangatlah penting. Apalagi kalau sering bertukar data dengan pelanggan, tentu kamu harus memprioritaskan dan menomorsatukan keamanan bisnis kamu. 

Disini kamu dapat memilih provider hosting profesional yang mengutamakan aspek keamanan di setiap layanannya. Dengan begitu maka akan menjauhkan kamu dari serangan hacker atau pembajakan yang akan mencuri data-data penting milikmu.

Lebih Fleksibel 

Apa Kegunaan Hosting Untuk Bisnis Online?

Bisnis online dengan segala kemudahannya memang mampu menarik semua kalangan. Beberapa orang mungkin memanfaatkan bisnis online sebagai sampingan karena bisa dilakukan oleh siapa saja. Bisa dipakai untuk kamu secara personal atau pribadi maupun perusahaan. Dan yang paling memudahkan dalam mengelola bisnis online adalah pemilihan hosting yang tepat karena nantinya akan lebih fleksibel dalam menjalankan bisnis online. 

Hingga saat ini dikutip dari berbagai sumber yang mimin baca di internet, WordPress dan WooCommerce masih menjadi CMS yang mudah dan digunakan oleh kebanyakan orang sehingga ini sangat cocok untuk kamu yang akan memulai bisnis online. Untuk mendukung hal ini, perlu banget menggunakan hosting, guys.

Itulah pentingnya hosting untuk bisnis online kamu. Sekarang kamu jadi tahu kan kegunaan hosting untuk bisnis online? Maka dari itu, kalau kamu belum menggunakan hosting, kamu bisa kunjungi Exabytes untuk melihat paket lengkapnya. Exabytes menyediakan beragam hosting yang cocok sekali baik untuk bisnis online maupun untuk blog personal dan perusahaan.

Eits, tapi khusus untuk bisnis online kamu bisa menggunakan Grow Pro Exabytes.

Layanan Hosting Grow Pro Exabytes

Buat kamu yang ingin merintis bisnis online, mimin sarankan untuk menggunakan layanan hosting Grow Pro dari Exabytes. Kenapa sih alasannya?

  • Gratis Domain setiap pembelian paket Grow Pro
  • Hosting Kapasitas Besar –
  • Hemat & Berkualitas – Dijamin harganya murah tetapi tetap berkualitas dan bisa menyimpan data dengan traffic tinggi
  • Server dan Jaringan Cepat – Pasti cepat karena jaminan Tier-3 server uptime 99.9%
  • Support Teknis – Siap siaga 24 jam untuk membantu permasalahan teknis
Apa Kegunaan Hosting Untuk Bisnis Online?

Bangun bisnis onlinemu bersama dengan mempercayakan layanan hosting dengan Exabytes untuk meraih tujuan bisnismu.

Semoga artikel ini bisa memberikan insight baru dan membantumu ya dalam menentukan hosting. Semoga membantu!

Credits : Aisya Damayanti Sumarno

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here