10+ Alasan Memilih cPanel Hosting dan Fitur Terbaiknya

294
9 min read

Saat kamu mengetikkan alamat website pada mesin pencarian, sistem akan memproses data-data yang dibutuhkan dan menampilkan halaman yang kamu minta. Seluruh data yang diperlukan untuk menyusun halaman tersebut disimpan pada suatu tempat yang disebut hosting. Tanpa adanya hosting, sebuah website tidak akan bisa berjalan meskipun desain dan kodenya sudah tersedia.

Hosting juga memungkinkan kamu untuk melakukan konfigurasi dan pengelolaan server agar performa situs tetap terjaga. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan menggunakan control panel hosting. Ada banyak jenis control panel yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah cPanel.

cPanel termasuk salah satu control panel yang terkenal dan banyak digunakan. Namun tentunya hal tersebut tidak bisa dijadikan sebagai alasan utama untuk menentukan control panel apa yang akan kamu pilih bukan? Nah, supaya lebih yakin yuk simak 10+ alasan memilih cPanel hosting dan fitur terbaiknya berikut ini.

Apa Itu cPanel Hosting?

Sebelum membahas lebih jauh, mari lebih dulu mengenal apa itu cPanel hosting. cPanel adalah provider control panel hosting yang dikembangkan oleh cPanel, LLC sejak tahun 1996. cPanel hadir dengan berbagai fitur fungsional untuk mengatur layanan hosting seperti mempublikasikan website, mengelola domain, mengorganisir file, membuat akun email, dan lain sebagainya.

cPanel bukanlah fitur bawaan dari hosting, melainkan jasa pihak ketiga yang memungkinkan kamu melakukan administrasi dan manajemen hosting dengan lebih mudah. Biasanya cPanel sudah ikut tergabung dalam satu paket pembelian hosting sehingga kamu tidak perlu membeli layanan cPanel secara terpisah.

Alasan Memilih cPanel Hosting dan Fitur Terbaiknya

Seperti namanya, fungsi utama control panel hosting adalah untuk mengontrol dan mengelola sebuah hosting. Namun seiring dengan semakin banyaknya provider control panel hosting, fungsi utama tersebut tidak lagi menjadi satu-satunya alasan untuk memilih sebuah control panel. Fitur, tampilan serta berbagai faktor lain turut mempengaruhi pertimbangan end-user dalam memilih control panel terbaik.

cPanel adalah control panel hosting yang populer dan banyak digunakan. Selain fiturnya yang lengkap, cPanel juga menyederhanakan tampilan grafis interface sehingga pengguna dapat melakukan berbagai konfigurasi dengan lebih mudah dan cepat. Namun, tidak hanya dua hal ini saja yang membuat banyak orang memilih cPanel sebagai control panel hosting mereka. Alasan memilih cPanel hosting serta berbagai fitur terbaiknya dirangkum dalam poin-poin di bawah ini:

User Interface Sederhana dan Mudah Dimengerti

User interface cPanel sederhana dan mudah dimengerti (sumber: wpbeginner)
User interface cPanel sederhana dan mudah dimengerti (sumber: wpbeginner)

Sebenarnya, tanpa cPanel manajemen hosting tetap bisa dilakukan. Namun pengerjaanya menjadi lebih rumit karena end-user harus memasukkan perintah teks berupa barisan kode tertentu untuk mengoperasikan fungsi yang diinginkan. Hal ini tentu membuat pekerjaan menjadi tidak efisien dan memakan waktu lama, terlebih bila ada banyak konfigurasi yang harus dilakukan.

Namun dengan cPanel, pengguna dapat mengoperasikan berbagai fitur hanya dengan beberapa kali klik saja. Barisan perintah teks telah diubah menjadi tombol-tombol sederhana yang ditampilkan lewat interface yang user-friendly. Sehingga mereka yang masih pemula atau tidak terlalu paham teknologi juga bisa melakukan maintenance hosting lewat cPanel. Kemudahan ini membuat user interface menjadi salah satu alasan memilih cPanel hosting yang penting untuk dipertimbangkan.

Cepat dan Responsif

Kecepatan adalah salah satu alasan memilih cPanel hosting yang penting untuk diperhatikan. Control panel yang lamban dapat menghambat pekerjaan dan membuat performa websitemu kurang maksimal. Tapi tenang saja, karena dengan cPanel kamu tidak perlu mengkhawatirkan masalah kecepatan, karena cPanel merupakan control panel hosting yang cepat dan responsif dibandingkan control panel hosting lainnya dengan kisaran harga yang sama.

Baca Juga  Apa Itu Hosting? Yuk Kenali Lebih Dekat! (Lengkap)

Dibuat dengan Sistem Linux

Sistem operasi Linux menawarkan kebebasan dan fleksibilitas yang membedakan mereka dengan OS lainnya. Keunggulan ini membuat Linux menjadi platform andalan yang banyak digunakan oleh para programmer dan web developer. Nah, kabar baiknya cPanel adalah control panel hosting yang dibuat dengan menggunakan sistem Linux. Jadi, kamu bisa menemukan berbagai fungsi serta kelebihan yang sama antara cPanel dengan sistem operasi Linux.

Dilengkapi dengan Berbagai Fitur Terbaik

Alasan memilih cPanel hosting lainnya adalah tersedianya berbagai fitur terbaik yang bermanfaat untuk mengelola hosting dengan lebih mudah dan nyaman. Beberapa fitur yang disukai oleh para user antara lain adalah:

Backup Wizard

Backup wizard adalah fungsi backup yang sudah disederhanakan oleh cPanel. Dengan fitur ini kamu bisa melakukan backup website rutin dengan mudah dan cepat. Selain itu, backup wizard juga bisa digunakan untuk mentransfer data backup dari hardware atau host berbeda.

Cron Jobs

Cron jobs adalah fitur yang digunakan untuk melakukan check-up reguler dengan perintah otomatis. Kamu bisa memasukkan perintah serta interval waktu yang diinginkan pada bar yang tersedia. Nantinya perintah yang kamu masukkan akan dijalankan secara otomatis oleh sistem. Jadi kamu tidak perlu melakukan tugas rutin berulang kali, seperti install updates, backup, dan lain sebagainya.

File Manager

Seperti namanya file manager adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengunggah, mengunduh, menghapus, mengkompres, mengubah, serta memberi izin akses terhadap file-file yang tersimpan dalam hosting. File manager merupakan fitur terbaik yang sangat penting untuk mengelola data website.

Atracta

Atracta adalah fitur analisis yang akan menganalisa performa websitemu dengan seksama. Fitur ini dapat menampilkan score SEO serta memberikan saran apa saja yang perlu diubah atau ditingkatkan. Atracta merupakan fitur terbaik untuk membantu webistemu tampil di posisi atas mesin pencarian.

Softaculous

Softaculous adalah fitur instalasi yang akan membantumu memasang aplikasi dengan mudah. Hanya dengan mengklik satu tombol, kamu bisa menambahkan shopping carts, galeri foto, forum, content management system (CMS), dan masih banyak lagi.

Aliases

Aliases adalah fitur yang berguna untuk meneruskan alamat domain. Apabila saat ini kamu memiliki alamat domain dengan akhiran .COM dan menginginkan versi .NET atau .ORG kamu bisa menggunakan fitur aliases untuk mengarahkan halaman websitemu menuju domain yang baru. Namun, pastikan alamat domain yang baru sudah terdaftar dan siap digunakan ya.

Selain beberapa fitur di atas masih banyak fitur cPanel lain yang berguna untuk mempermudah pekerjaanmu lho. Dengan tampilan yang sederhana dan mudah dioperasikan tentunya kamu bisa mengeksplorasi menu-menu cPanel serta berbagai fitur yang tersedia dengan leluasa.

Terdapat cPanel Support Forum

cPanel support forum
cPanel support forum

Alasan memilih cPanel hosting selanjutnya adalah adanya dukungan support forum yang akan sangat membantu apabila kamu membutuhkan informasi seputar cPanel hosting. Dalam cPanel support forum kamu bisa menemukan berbagai insight dan panduan dari para expertise maupun pengguna lain mengenai pertanyaan atau masalah yang kamu miliki. 

cPanel support forum juga memiliki tampilan yang clean, rapi serta mudah dinavigasi. Selain itu, forum ini juga tidak dikenakan biaya tambahan lho.

Maintenance Mudah Dilakukan

Maintenance merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar performa websitemu tetap optimal. Terdapat berbagai fitur cPanel yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pemeliharaan. Mulai dari scan otomatis, custom error-page, block dan unblock IP address, membuat proteksi password, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga  Shared Hosting vs Dedicated Hosting: Mana yang Lebih Baik?

Hal ini menjadi alasan memilih cPanel hosting yang patut dipertimbangkan, karena semakin mudah maintenance berarti semakin mudah pula menjaga performa website.

Sistem Keamanan Andal

cPanel memiliki sistem keamanan yang andal (sumber: istock)
cPanel memiliki sistem keamanan yang andal (sumber: istock)

Alasan memilih cPanel hosting lainnya adalah adanya sistem keamanan yang andal. Keamanan merupakan faktor krusial dari sebuah website, karena hacker dapat memanfaatkan titik kelemahan sistem dan menjebol masuk untuk mencuri data serta menimbulkan berbagai kerugian. Tapi tenang saja, karena cPanel memiliki fitur IP Blocker serta two-factor authentication untuk memastikan website kamu tetap aman dan terproteksi dengan baik.

Dilengkapi Data Statistik Detail

Tujuan utama dibuatnya sebuah website adalah untuk menjangkau lebih banyak pelanggan secara online. Dengan cPanel kamu bisa mencapai tujuan tersebut dengan lebih mudah. cPanel memiliki tools bernama awstats yang dapat menampilkan data statistik secara mendetail mengenai siapa saja yang mengunjungi websitemu.

Data tersebut meliputi IP address, lokasi, halaman yang dilihat, serta mesin pencarian yang digunakan. Apabila kamu berorientasi pada conversion rate, ini merupakan alasan memilih cPanel hosting yang tepat karena kamu dapat memanfaatkan data tersebut untuk menyusun strategi dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Tersedia Fungsi Email Hosting

Menu email hosting cPanel (sumber: masterweb)
Menu email hosting cPanel (sumber: masterweb)

Salah satu alasan memilih cPanel hosting adalah tersedianya fungsi email yang lengkap. Bagi beberapa perusahaan email hosting diperlukan untuk memberikan kesan profesional dan meningkatkan kredibilitas. Dengan cPanel kamu bisa membuat akun email, mengubah atau menghapus akun, mengganti password, membuat auto-responder, serta beragam fitur lainnya.

Manajemen Database lebih Terorganisir

cPanel memiliki tempat penyimpanan database khusus di mana kamu bisa menyimpan email, password, username, serta data lainnya dengan aman dan terorganisir. Ini merupakan fitur yang sangat berguna mengingat database adalah hal yang penting dalam manajemen website. Data yang rapi merupakan salah satu alasan memilih cPanel hosting karena dapat mempermudah banyak pekerjaan.

Upgrade Website lebih Mudah

Seiring dengan semakin bertambahnya pengunjung website, kamu mungkin perlu melakukan upgrade untuk meningkatkan layanan yang kamu berikan. Namun, melakukan upgrade website bukanlah hal yang sederhana, meningkatkan bandwidth yang tersedia mungkin dapat memakan waktu yang lama.

Namun dengan cPanel hosting kamu bisa melakukan upgrade website dengan beberapa kali klik dan lebih cepat selesai. Proses update yang lebih cepat mengurangi waktu downtime website, sehingga websitemu bisa segera muncul kembali dan melayani pengunjung. Ini juga merupakan salah satu alasan memilih cPanel hosting yang perlu kamu pertimbangkan.

Dukungan Customer Service 24/7

cPanel biasanya sudah termasuk dalam paket hosting ketika kamu membeli dedicated hosting, VPS, atau shared hosting dari provider. Dengan memilih provider yang tepat, kamu tidak hanya akan mendapatkan fitur bawaan cPanel saja tapi juga tambahan dukungan customer service.

Dukungan customer service 24/7 (sumber: istock)
Dukungan customer service 24/7 sangat dibutuhkan dalam membantu pelanggan. (sumber: istock)

Exabytes merupakan provider hosting yang memberikan layanan customer service 24/7 yang siap membantu apabila kamu mengalami kesulitan. Terkait bagaimana cara login cPanel maupun pertanyaan lain seputar control panel hosting, akan dijawab dengan cepat dan jelas. Adanya dukungan customer service yang andal merupakan alasan memilih cPanel hosting yang utama.

Penutup

Ada beberapa jenis hosting yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Apabila kamu masih pemula, kamu bisa lebih dulu mencari tahu cara memilih hosting terbaik agar tidak melakukan kesalahan dalam memilih hosting.

Selain itu, pastikan juga kamu membeli hosting dari provider yang tepat dan menggunakan cPanel hosting. Karena beragam fitur terbaik cPanel akan sangat membantu kamu dalam mengatur dan mengelola website. Jika saat ini kamu belum memiliki hosting, kamu bisa beli hosting di Exabytes lho! Ada banyak pilihan paket hosting murah yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.Sekian artikel 10+ alasan memilih cPanel hosting dan fitur terbaiknya, semoga bermanfaat ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments