2 min read

Hi Exabytes Friends,

Dalam rangka menyambut Malam Penghargaan IWA 2018 yang akan berlangsung pada 27 April mendatang di Union Space Satrio Tower, Exabytes mau memberikan informasi mengenai Kriteria Website Yang Baik.

Indonesia Website Awards (IWA) sendiri sudah dilaksanakan sebanyak 2 kali tahun di tahun 2017 dan 2018, dimana di tahun ini IWA merangkul UpCLoud, sebuah perusahaan infrastruktur cloud yang menawarkan layanan cloud dari delapan pusat data globalnya di Eropa, Asia dan Amerika Utara dan melayani penggunanya dari empat kantor di Finlandia, Inggris, Singapura, dan Amerika Serikat sebagai Co-Organizer.

Tidak hanya itu, IWA juga mendapatkan kehormatan untuk bekerjasama secara langsung dengan Tezos Southeast Asia sebagai Gold Partner, dan sebuah agency public relations PRecious Communications sebagai communication partner. 

Btw, Exabytes Friends, kali ini Mas Ivan Kristianto (Ketua WordPress Community Jakarta & Google Developer Expert for Web Technology) yang akan membagikan tips & tricknya. Simak wawancara tim Exabytes bersama Mas Ivan Kristianto sebagai berikut:

Bagaimana kriteria website yang baik menurut Mas Ivan?

Website yang baik adalah Website yg memberikan informasi yg up to date, serta memiliki navigasi yang baik, sehingga visitor mendapatkan apa yg mereka inginkan. Selain itu website juga harus cepat menyajikan informasi nya, dan kalau website tersebut mengumpulkan informasi pengguna, dapat memastikan data pengguna disimpan dengan aman

Komponen apa saja yang harus ada dalam sebuah website?

  • Identitas atau brand,
  • Navigasi yg baik,
  • Https/ssl,
  • Content dan informasi,
  • Term of service dan privacy policy,
  • Search box,
  • Multilingual jika target market lebih dr 1 bahasa

Biasanya berapa banyak dana yg harus di spend untuk membangun sebuah website yang reliable?

Membuat website merupakan hal yang tetap dilakukan secara continuous dan bertahap. Budget/dana yang diperlukan sangat relatif dan sesuai dengan fungsi dari website itu sendiri. Sama seperti membangun rumah, mulai dr budget kecil sampai besar pun bs. Namun rata-rata di Indonesia yang saya tahu agensi menawarkan website developer start dr 10jt rupiah.

Mas Ivan, kasih tips untuk memenangkan kompetisi IWA 2019 dong

Buat website yang bertujuan untuk user anda. Berikan yg terbaik buat mereka. Informasi yang akurat, mudah diakses, cepat dan aman.  Keindahan tampilan tidak mesti didukung dengan design yang complex, justru design yang minimalis dan tepat sasaran lebih baik

Sungguh bermanfaat bukan tips mengenai kriteria pembuatan website yang baik. Nah mungkin kamu masih bertanya, siapa sih mas Ivan Kristianto itu? Mas Ivan merupakan seorang senior web engineer di 10up, sebuah agen pengembangan web dan strategi ternama dari Amerika Serikat, sekaligus Google Developer Expert dalam bidang web technology. Mas Ivan juga merupakan ketua dari komunitas WordPress Indonesia. Untuk lebih lengkapnya mengenai sosok Mas Ivan Kristianto bisa cek disini

https://www.exabytes.co.id/blog/mengenal-sosok-yang-berjasa-dibalik-majunya-komunitas-wordpress-indonesia

Kamu juga bisa bertemu secara langsung dengan Mas Ivan di acara Malam Penghargaan Indonesia Website Awards (IWA) 2018 nanti pada 27 April 2019, di Union Space Satrio Tower, Jakarta Selatan, Pukul 17:00-22:00 WIB. Selain Mas Ivan, tentunya kamu akan bertemu banyak expert di industri Website lainnya seperti Upcloud, Tezos, dan para juri IWA 2018 lainnya. Sampai ketemu ya, Exabytes Friends!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here