20 Cara Mudah Memindahkan Bisnis Dari Offline ke Online (Paling Update)

231
Tips Memindahkan Bisnis Offline ke Online
Free Credit Exabytes
15 min read

 Hi Exabytes Friends!

Hari demi hari perkembangan teknologi digital kini semakin tumbuh dan makin menampakkan taringnya dan setiap harinya ada saja hal-hal baru yang bermunculan termasuk transaksi digital yang semakin memudahkan para pelanggan untuk memperoleh barang yang diinginkan tanpa harus bersusah payah keluar rumah untuk mendapatkannya. Hal ini tentunya menggeser bisnis yang dilakukan secara offline (dengan cara lama) ke bisnis yang dilakukan secara online.

Hanya dengan berbekal perangkat seluler dan kuota internet saja, para pelanggan sudah mampu mencari berbagai keperluan dengan sangat mudah dan cepat, entah itu untuk memenuhi kebutuhan pangan, sandang ataupun papan, tanpa perlu lagi mengunjungi berbagai toko dengan jarak yang lumayan jauh yang tentunya dapat menyita waktu, biaya transportasi maupun tenaga yang kita keluarkan untuk menuju toko tersebut. Sehingga tidak heran sudah banyak pelanggan yang mulai mengubah pola konsumsi belanja mereka dan mulai meninggalkan cara berbelanja yang lama.

Hal ini sejalan dengan informasi yang dikemukakan oleh Statista pada tahun 2019, yang mendata jumlah pengguna ecommerce di Indonesia di tahun 2017 mencapai jumlah 139 juta pengguna. Kemudian pada tahun 2018 mencapai 154,1 juta pengguna, yang mengalami kenaikan sekitar 10,8%. Dan pada tahun 2019 melonjak lagi mencapai 168.3 juta pengguna dan akan terus meningkat kenaikannya sampai dengan tahun 2023 yang bisa mencapai jumlah pengguna sekitar 212,2 juta pengguna.

Selain itu, menurut laporan dari e-Conomy SEA pada tahun 2019, menyebutkan kalau negara Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki nilai perekonomian digital paling besar di kawasan Asia Tenggara, yang mana salah satu sektor bisnis yang memiliki nilai transaksi digital terbesar adalah bisnis e-commerce. Dengan pencapaian tersebut, dalam beberapa tahun ke depan, diperkirakan negara Indonesia mampu berada di rangking tertinggi pada sektor tersebut. 

Dengan adanya transformasi tren belanja dari offline ke online ini membuat para pemilik usaha harus saling berbenah diri untuk mengatasi perubahan pola konsumsi pelanggan yang semakin cepat tersebut. Sebagai seorang pelaku bisnis tentunya harus mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh para pelanggannya dengan memberikan inovasi-inovasi terbaru terhadap bisnisnya. 

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap pelaku bisnis tentunya memiliki caranya tersendiri dalam melakukan hal yang terbaik untuk bisnis yang dikelolanya, namun apabila strategi lama yang digunakan saat ini sudah tidak bekerja secara maksimal lagi, maka salah satu solusinya adalah harus mengikuti tren perilaku pergerakan pelanggan di masa sekarang. Karena permintaan pelanggan setiap waktu akan terus mengalami perubahan yang cepat, apabila bisnis kamu tidak mengikuti arus tersebut, bisa saja kamu akan kehilangan pelanggan sedikit demi sedikit.

Oleh karena itu, penting sekali bagi sebuah bisnis memindahkan bisnisnya dari offline ke online untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan juga meningkatkan visibilitas sebuah bisnis di pasaran. Pada artikel kali ini, mimin akan memberikan 20 cara pindah bisnis dari offline ke online dengan sangat mudah, caranya adalah sebagai berikut:

Lakukan Riset Penjualan Bisnis

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah kebutuhan pemasaran bisnis offline tentunya memiliki perbedaan dengan kebutuhan pemasaran bisnis yang dilakukan secara online. Di bisnis offline kamu sebelumnya pasti sudah memiliki pelanggan tetap dan beberapa diantaranya dapat kamu pindahkan menjadi pelanggan online. Meskipun begitu, kamu harus tetap belajar tentang berbagai teknik pemasaran yang baik di internet. Mulai dari penggunaan media sosial, melakukan iklan, membayar pelanggan potensial dan lain sebagainya. 

Sebelum kamu memulai melakukan pemasaran secara online, kamu harus mengetahui pilihan alternatif yang paling cocok untuk bisnis kamu dan letak demografis bisnis kamu. Dengan melakukan riset pemasaran secara lebih terperinci, tentunya akan membantu kamu dalam memahami kebutuhan dan permintaan pelanggan tentang bisnis kamu tersebut. 

Bangun Situs Web Kamu Sendiri

Saat ingin memindahkan bisnis dari offline ke online, membangun situs website merupakan langkah utama yang perlu kamu lakukan. Situs website kamu merupakan nama merek atau brand yang bisnis kamu miliki, dan dengan membangun situs website, itu berarti kamu ingin memberikan yang terbaik untuk bisnis kamu.

Pastikan agar meminimalisir kesalahan saat membuat situs website dan selalu periksa secara berkala kesalahan-kesalahan dasar seperti kesalahan ketik dan kesalahan ejaan. Pastikan semua tautan berfungsi dengan baik. Satu hal yang harus dipahami oleh para pemilik bisnis adalah kredibilitas bisnis kamu harus sebaik kualitas situs website bisnis kamu.

Jangan Dulu Beritahu Situs Web Kamu

Membangun situs website dengan kualitas yang tinggi dan menarik akan membutuhkan lebih banyak waktu, sehingga kamu harus bersabar ketika membuat sebuah keputusan untuk memindahkan bisnismu secara online. Tidak ada gunanya memberitahukan keberadaan online situs website kamu apabila kamu belum siap. Terlalu terburu-buru untuk online dan akhirnya terlihat ketidaksiapan kita dengan halaman situs website yang tidak diuji dan bahkan kesalahan yang mencolok sekalipun. 

Luangkan waktu kamu untuk mengembangkan situs website dengan kualitas yang tinggi, meskipun kamu harus membayar orang lain untuk membantu kamu dalam melakukan proses tersebut.

Tetap Jadikan Semuanya Mudah

Tetap jadikan semuanya mudah adalah kunci utama yang harus kamu ingat ketika ingin memulai bisnis online otomatis kamu. Sudah banyak bisnis yang bergerak secara online melebihi segalanya, karena mereka selalu berupaya yang terbaik dengan melakukan promosi di media sosial dan melakukan investasi dalam banyak iklan. 

Mulailah dengan desain yang sederhana dan profesional, kemudian barulah membuat situs website yang lebih kompleks apabila kamu menginginkannya. Perlu kamu ingat bahwa ketika ingin memulai bisnis online, maka efektivitas lebih penting dari segalanya daripada efisiensi.

Kembangkan Rencana Pemeliharaan

Ketika sebuah bisnis akan pindah ke bisnis online, sebagian besar pelaku bisnis akan bersemangat mendengarnya. Mereka ingin membuat situs website bisnis yang paling menguntungkan dengan semua fitur menarik yang ada didalamnya, itu sangat keren! Namun yang paling penting adalah harus konsisten. Tidak cukup hanya mengandalkan situs website baru saja, kamu pun harus memeliharanya dengan baik. 

Yang perlu kamu ingat, situs website bukan sebuah investasi yang hanya dilakukan sekali saja, tetapi kamu harus berinvestasi terus-menerus agar bisa menjalankan bisnis online dengan baik. Kamu harus menampilkan dan memperbaharui  harga dan deskripsi setiap waktu. Informasi yang sudah lama perlu dihapus dan informasi baru diperbaharui ke dalam situs. Selalu melakukan pemeriksaan secara berkala pada situs website kamu dan jangan sampai memberitahukan kepada pelanggan informasi yang sudah usang atau tautan yang sudah rusak.

Baca Juga  Lakukan 6 Strategi Bisnis Ini Untuk Bersaing di Era New Normal

Jadi, sangat penting sekali merencanakan bisnis online paling menguntungkan untuk pemeliharaan situs website kamu. Jadi saat membuat situs website, kamu harus menambahkan fitur-fitur yang dapat kamu kelola dan kamu pelihara dalam jangka waktu yang panjang.

Jangan Mengurangi Anggaran Pembayaran

Jika kamu berjualan secara online, ada tiga elemen penting untuk melakukan penjualan: adanya gambar barang, uraian, dan proses pembayaran. Namun terlalu sering para pemilik situs web yang berfokus pada gambar dan deskripsi hebat saja, tanpa memperdulikan pelanggan, maka bisnis kamu akan kehilangan pelanggan saat pembayaran. 

Jadi kamu harus dapat memastikan pelanggan mempercayai situs web kamu dan mengetahui informasi mereka selalu aman. Bekerjalah dengan anggaran pembayaran yang mapan dan bereputasi baik serta usahakan dapat membayar untuk hak istimewa.

Untuk kesuksesan jangka panjang dari bisnis apapun, penting untuk membangun kepercayaan pada pelanggan bisnis kamu. Cobalah untuk membuat proses pembayaran di situs web kamu sesederhana mungkin. Sebagian besar bisnis menambahkan biaya tersembunyi pada produk mereka yang tidak disebutkan dengan jelas pada harga produk, itu akan menghancurkan kepercayaan pelanggan bisnis kamu pada kamu dan ada kemungkinan mereka tidak akan membeli produk atau jasa dari bisnis kamu di masa depan. Jadilah loyal kepada pelanggan kamu dan optimalkan pengalaman berbelanja mereka di situs web kamu.

Dapatkan Ide Dari Seorang Pemimpin

Jika Anda baru mengenal dunia online, kamu bisa menggunakan mesin telusur untuk mencari informasi seperti Amazon atau eBay. Pemain besar yang sudah berkecimpung lama di dalam dunia bisnis tentunya memiliki pangsa pasar yang sangat solid. Tidak menutup kemungkinan bisnis kamu bisa mengalahkan perusahaan – perusahaan terkemuka di pasar dengan meniru pemain besar untuk mendapatkan banyak ide atau inspirasi dari cara mereka bagaimana menjangkau pelanggan dan teknik pemasaran jaringan online lainnya yang mereka gunakan.

Pertahankan Kualitas Produk dan Harga

Untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan bisnis kamu, sangat penting untuk menyelaraskan harga produk kamu dengan nilai-nilai produk. Jika bisnismu menjual produk sepatu, kamu memiliki layanan dan produk di toko sepatu kamu dan kamu juga menjualnya secara online. 

Kamu harus mengecek dengan teliti ketika ingin memasukkan harga pada produk bisnis kamu, apabila adanya selisih perbedaan harga mungkin saja pelanggan akan memaafkan kesalahan tersebut, namun apabila kesalahan yang dilakukan berulang kali bisa jadi pelanggan kamu akan kecewa. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memperbaharui produk dan harga yang kamu jual agar pelanggan tidak kecewa dan bisa merasa senang.

Selain itu, untuk bisnis yang menjual produk mereka secara online dan offline, mereka tidak boleh menyimpan banyak perbedaan antara harga di toko dan harga online produk karena akan berdampak buruk pada pelanggan.

Kembangkan Strategi Penggantian & Pengembalian Uang

Saat berbelanja online, kamu mungkin memperhatikan bahwa bisnis yang menjual produk mereka di internet harus memiliki kebijakan pengembalian uang. Ini adalah cara yang baik untuk membangun kepercayaan pada pelanggan untuk produk kamu. 

Memiliki aspek online untuk bisnis, berarti kamu sudah siap akan semua konsekuensinya. Misalkan kamu memiliki pelanggan yang membeli sesuatu secara online dan tidak puas. Apa strategi pengembalian uang kamu? Apakah hanya memberikan penggantian barang? Atau uang kembali? Rencanakan ini sebelumnya dan bersiaplah dengan kebijakan yang ditampilkan dan sesuai.

Jangan Menjatuhkan Harga Diri Sendiri

Hati-hati dengan harga. Menjadi online seringkali menawarkan biaya atau spesial harga yang lebih rendah. Meskipun strategi ini dapat menarik pelanggan, ternyata terlalu banyak hal yang baik dapat membuat bisnis kamu pada akhirnya tidak mendapatkan keuntungan dan bahkan tidak dapat menghormati hal khusus yang kamu berikan kepada orang lain. Hal ini bisa saja terjadi jika harga produk online kamu jauh lebih rendah daripada harga di dalam toko dan kamu menawarkan harga yang sesuai.

Pastikan untuk memberi harga produk online kamu dengan tepat dan ini dapat meningkatkan penjualan kamu kedepannya, membangun fondasi yang kuat untuk bisnis kamu. Jika entah bagaimana kamu mendapatkan strategi penetapan harga yang salah, konsekuensinya akan mengerikan karena pada akhirnya kamu akan menciptakan masalah baru yang tidak dapat diselesaikan untuk bisnis kamu. 

Ada beberapa strategi yang tepat untuk menentukan harga produk. Meskipun, tidak ada strategi yang pasti terbukti sukses untuk semua jenis produk, pasar, dan bisnis. Harga produk kamu melibatkan pertimbangan komponen tertentu seperti audiens yang kamu targetkan, melacak pesaing bisnis kamu, menyeimbangkan hubungan antara harga dan kualitas. Kabar baiknya bagi kamu adalah kamu memiliki banyak fleksibilitas saat menentukan harga produk, tetapi, dalam beberapa situasi, itu juga berita buruk.

Menelusuri Lebih Dalam Media Sosial

Jika memikirkan semua platform media sosial membuat kamu khawatir karena cemas, santai saja. Sangat mungkin untuk memiliki bisnis online yang sukses tanpa perlu mention tentang hal apapun atau menautkan gambar ke berbagai akun media sosial. Tetapi ketika kamu merasa lebih nyaman dengan aspek online bisnis kamu, jelajahi apa saja kemungkinannya. Media sosial dapat dengan mudah menjadi Fase kedua dari model online bisnis kamu, apabila kamu sudah menyelesaikan dasar-dasarnya dan rasa percaya diri telah dibangun. Media sosial adalah platform terbaik untuk memasarkan layanan bisnis serta merek organisasi bisnis kamu.

Dengan bantuan media sosial, kamu bisa menghubungi influencer atau afiliasi untuk membuat postingan dengan merekomendasikan layanan dan produk bisnis kamu kepada pengikut online mereka. Audiens ini sangat mempengaruhi influencer dan afiliasi dengan menggunakan tautan afiliasi mereka untuk membeli layanan atau produk kamu jual, sehingga nantinya akan meningkatkan penjualan organisasi kamu. Kamu juga dapat mulai menulis posting blog atau menawarkan diskon khusus pada berbagai platform media sosial untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web bisnis Kamu, tetapi pastikan untuk memposting konten yang berkualitas dan menarik.

Pilih Satu Platform Yang Baik

Jika Kamu siap menggunakan media sosial untuk mengeluarkan berita, jangan membebani diri Kamu dengan melalaikan tanggung jawab yang lainnya. Fokuslah pada satu platform bagus yang sesuai dengan sifat bisnis Kamu. Kamu selalu bisa menambahkan akun nanti, dan mulai dengan satu platform untuk menjangkau lebih banyak pengikut dan menjelajahi kemungkinan secara mendalam.

Ketika kamu berhasil membangun reputasi baik di atas satu platform tersebut dan membuatnya terlihat cukup dapat dipercaya, maka ada peluang besar untuk pengunjung situs baru dan yang sudah ada untuk membeli atau mengunjungi profil kamu berulang kali untuk melakukan pembelian mereka. Mereka juga dapat merekomendasikan layanan bisnis kamu dalam jaringan media sosial mereka. Ini tentunya dapat membantu kamu dalam mencapai target organisasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca Juga  Lizzie Parra’s Way: Tips Jualan Lipstik Online Hingga Mampu Bersaing di Pasar Global

Coba Platform Yang Ada Terlebih Dahulu

Jika kamu lebih suka mengambil langkah kecil untuk mendapatkan keuntungan online, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk itu. Mesin telusur seperti Amazon, Etsy, dan eBay adalah di antara banyak situs web besar yang memiliki program penjual-ulang yang memungkinkan kamu membangun toko dan menjual melalui merek yang lebih terkenal. 

Ketika kamu memasarkan layanan kamu secara online, semua audiens mencari kredibilitas, dan untuk membuat halaman kamu terlihat kredibel, kamu harus mulai bekerja pada platform yang sebelumnya sudah ada. Karena akan memberikan tampilan organik kepada pengguna lainnya. Kamu juga dapat menyebutkan di bagian “tentang kami”, sejak kapan dan bagaimana bisnis kamu mulai dirintis. Hal ini tentunya bisa meyakinkan pengguna bahwa bisnis kamu menawarkan layanan yang kredibel. Selain itu, kamu dapat menyebutkan nama klien kamu sebelumnya sehingga dapat menciptakan rasa kepercayaan untuk pengunjung yang mengunjungi situs website kamu.

Gunakan Alat Yang Ada

Mesin telusur Google memiliki alat yang dirancang untuk membantu para webmaster dan pemilik bisnis bisa memahami pelanggan dan aktivitas situs web mereka. Lakukan sedikit riset untuk melihat program apa yang dapat bisnis kamu gunakan tanpa biaya atau mengeluarkan sedikit biaya untuk memulai dan membangun situs web bisnis kamu. 

Mimin tahu kalau pindah bisnis dari offline ke bisnis online memerlukan biaya yang tidak sedikit, karena kamu harus membayar alat yang berbeda. Pada tingkat awal, kamu dapat membuatnya hemat biaya dengan menggunakan alat yang ada yang bebas digunakan.

Bersiap Untuk Buat Perbandingan

Selalu bersiap untuk skenario yang lebih baik. Bisnis kecil kamu mungkin akan mendapatkan lonjakan pembelian yang besar hampir setiap hari dan kamu harus siap untuk menanganinya. Bahkan jika kesuksesan datang dengan tiba-tiba, bisnismu kemungkinan akan tumbuh dan banyak mengalami perubahan yang besar karena ditambahkan dengan fitur-fitur yang lebih baru. Ini juga menjadi perubahan dan pertumbuhan untuk produk atau layanan bisnis kamu di masa depan. Buatlah semuanya dengan optimis demi kesuksesan masa depan bisnis kamu!

Buatlah Situs Web Yang Responsif

Situs web yang responsif secara otomatis dapat berubah sesuai dengan ukuran layar, sehingga dapat memudahkan calon pelanggan yang berbelanja melalui ponsel dan tablet, hal ini merupakan ide yang sangat bagus untuk sebuah situs website yang responsif sedari awal. Situs website yang responsif tentunya akan semakin menarik pelanggan kamu untuk membeli produk atau layanan bisnis kamu.

Kembangkan Daftar Distribusi Email

Setelah kamu selesai mempublish situs web kamu, kamu harus bekerja untuk mengumpulkan alamat email dan informasi dari calon pelanggan. Tawarkan kupon, minta pelanggan mendaftar saat check-out, ikuti survei, atau tawarkan email buletin. Semakin banyak alamat email yang kamu miliki, maka akan semakin banyak pelanggan yang dapat kamu jangkau dengan penawaran khusus dan informasi baru.

Buatlah email yang dapat kamu gunakan untuk menarik minat pelanggan dan dapat membantu kamu untuk mempersonalisasikan pemasaran kamu untuk pelanggan.

Cari Target Pasar

Jika kamu menjual tanda buatan tangan atau karangan bunga, pelanggan kamu tidak mencari kerajinan buatan tangan di Amazon. Kamu akan lebih beruntung bekerja di Etsy atau salah satu dari banyak target pasar lainnya dan menjual kembali situs web di luar sana. Bertindak sebagai pelanggan dan lihat pasar apa yang populer untuk jenis barang yang bisa kamu jual. Itu akan memberimu gambaran tentang kemana kamu harus pergi untuk menjual produk atau layanan bisnis kamu tersebut.

Mengeluarkan Dana Untuk Iklan

Meskipun bisa menghasilkan uang secara online dengan investasi minimal, namun hal ini tentunya menjadi jalan yang sulit dilakukan untuk pengguna baru dan mudah untuk dilakukan apabila kamu sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam membangun dan memasarkan situs website.

Dalam hal bisnis baru, kamu harus berharap untuk berinvestasi di bagian bisnis ini dengan cara yang sama seperti yang kamu lakukan pada bisnis orisinal, terutama pada iklan. Pelanggan harus dapat menemukan situs web kamu, dan kamu mungkin harus mengeluarkan sejumlah uang untuk melakukan proses tersebut.

Awasi ROI Bisnis Kamu

Saat kamu membayar, selalu perhatikan ROI bisnis kamu. Kamu mungkin dapat mengalami sedikit kerugian pada awalnya ketika bisnis kamu mendapatkan daya tarik pelanggan, tetapi tidak ada bisnis yang bisa bertahan tanpa mendapatkan keuntungan, terutama bisnis kecil dengan anggaran yang lumayan ketat. Sangat mudah untuk menghabiskan banyak uang secara online dengan pemasaran dan pengembangan situs web. Jangan takut ya Exabytes friends! karena hal ini merupakan pelajaran yang sangat mahal untuk dipelajari.

Pasar online dapat menjadi sesuatu yang menakutkan, tetapi seharusnya tidak membuat kamu menjadi cemas atau takut. Jika kamu memiliki bisnis offline yang sukses, pastinya tidak ada alasan untuk kamu menggunakan kekuatan internet untuk mengembangkan bisnis online kamu secara eksponensial. Kamu harus cukup berani untuk mencoba langkah pertama itu.

Kesimpulan

Di dalam artikel ini, mimin sudah informasikan tentang 20 tips paling efektif untuk memindahkan bisnis offline kamu ke online (paling update). Di era modern seperti sekarang ini, menjadi online merupakan salah satu bagian terpenting untuk setiap bisnis yang ingin menjangkau pelanggan lebih banyak. Yang perlu kamu lakukan adalah membuat riset pemasaran yang lebih baik dengan membuat rencana dan tujuan untuk bisnis secara efektif. Jadi, dapat dikatakan bahwa dunia online ini penuh dengan peluang bisnis internet yang dapat menjadi indikator keberhasilan untuk bisnis apa pun itu.

Bagi Exabytes friends yang ingin mencoba memulai memindahkan bisnis offline ke bisnis online tidak perlu khawatir, karena Exabytes mempunyai solusi bisnis online yang terbaik untuk perpindahan bisnis kamu tersebut. Tersedia berbagai pilihan layanan pembuatan website yang dapat memudahkan kamu ketika ingin memulai bisnis online kamu agar dapat menjangkau lebih banyak pengunjung. 

Dan untuk menyimpan data dan menjalankan situs website kamu, tentunya kamu juga  membutuhkan platform hosting yang tepat agar situs website bisnis kamu dapat berjalan dengan lancar. Dengan program grow dari Exabytes, kamu bisa mendapatkan kualitas hosting yang mumpuni dengan kapasitas besar untuk bisnis online kamu, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi ketika toko online bisnis kamu sedang mengalami lonjakan trafik yang tinggi. 

Mimin harap informasi yang mimin bagikan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin memindahkan bisnis ke platform online dan semoga bisa menjadi salah satu solusi bisnis online yang paling efektif untuk kamu gunakan. Selamat membaca ya Exabytes Friends!

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here