13 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Blogging Sekarang

121
Alsan harus mulai blogging
8 min read

Blogging bisa sangat berharga bagi berbagai orang karena berbagai alasan. Kamu sendiri bisa banget dapetin manfaat dari blog buat pribadi, profesional, sampai menghasilkan uang sendiri atau berbisnis dari blogging, loh

Bahkan, blogging terus menjadi lebih baik seiring dengan berjalannya waktu. Blogging bukan lagi buku harian online sederhana, tetapi blogging menjadi tiket untuk kita menuju karir yang memuaskan, peluang luar biasa dan pengembangan diri.

Jika kamu yang baca ini sedang berencana untuk memulai sebuah blog, kamu harus stop mikir, stop nunda dan langsung terjun ke dalam dunia blog. Blogging bisa jadi salah satu keputusan terbaik dalam hidup kamu.

13 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Blogging Sekarang - 2020

Berikut adalah beberapa alasan terbesar mengapa kamu yang sedang membaca ini semua harus segera memulai blogging sekarang juga!

Meningkatkan Skill Menulis

Hal yang pertama dan juga salah satu alasan menarik mengapa kita harus mulai blogging adalah untuk meningkatkan ketajaman skill menulis. Pengalaman dan banyak berlatih adalah kunci dari sebuah hasil yang bagus, termasuk tulisan. Walaupun blogger biasanya adalah penulis yang telah handal, tapi tidak semua blogger adalah penulis yang bagus. Beberapa dari mereka biasanya mengasah kemampuan menulis mereka melalui blogging ini. Mungkin awalnya akan terasa aneh karena kita tidak terbiasa, namun jika sudah sering melakukannya, maka semuanya akan terasa lebih mudah. Kata kata yang ditulis juga akan mengalir dengan sendirinya. 

Kalau kamu masih bingung harus menulis apa atau konten yang harus dibuat, coba deh baca ini. Siapa tahu bisa memberikan inspirasi untuk membuat konten menarik di blogmu.

Menghasilkan Uang 

Ini mungkin salah satu alasan menarik mengapa banyak orang memutuskan untuk blogging. Bila kita memiliki banyak pembaca dan juga pengunjung, maka kita bisa monetisasi blog lho. Sangat bermanfaat untuk memiliki tambahan sumber penghasilan di zaman sekarang. 

Blogger memonetisasi blog mereka dalam banyak cara berbeda – biasanya lewat iklan, berbagi tautan, posting sponsor, produk, lomba blog dan program afiliasi. Blogger yang bekerja keras dan fokus untuk menghasilkan uang dari blog mereka sering mendapatkan lebih banyak uang dari blog daripada yang bisa mereka peroleh dalam pekerjaan tradisional. Selain itu, menghasilkan uang juga bisa banget dilakukan dari endorsement. Blogger bisa bekerja sama dengan perusahaan tertentu untuk meng-endorse produk atau layanannya. Benefitnya bisa beragam, dari uang tunai hingga produk gratis, loh. Hal ini juga tergantung kesepakatan antara blogger dan perusahaan.

Tempat Dokumentasi

Dengan menulis dan menceritakan pengalaman pribadi kita ataupun membagikan foto foto di blog secara tidak langsung kita sudah menjadikan blog sebagai tempat dokumentasi. Ketika memiliki blog, kita juga memiliki tempat untuk menyimpan kenangan itu. Hal ini juga dapat membantu kita melihat seberapa jauh kita sudah berkembang dan berapa banyak hal yang telah dilewati. 

Membagikan Cerita Kita

Ketika mempunyai blog sendiri, kita bisa memilih untuk menulis tentang topik apa yang sedang diminati, disukai dan juga cara penulisannya, informasi apa yang ingin dimasukkan maupun dihapus. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental kamu karena mengungkapkan cerita atau perasaan kita ke suatu wadah akan membuat lebih lega dan rileks.

Baca Juga  7 Cara Membuat Konten Menarik dan Berkualitas Untuk Blog
13 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Blogging Sekarang - 2020

Membantu Orang Lain

Dengan menuliskan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang kita punya di blog, kita secara tak langsung telah memberikan manfaat terhadap mereka. Kita bisa membantu orang di luaran sana untuk menyelesaikan masalah mereka dan memberikan solusi yang tepat. Mungkin juga cerita dari pengalaman kita akan menginspirasi banyak orang lain dan juga memotivasi mereka. Dengan ini, kamu juga berjasa bagi mereka karena sudah memberikan wawasan dan ilmu baru yang akan berguna untuk mereka, jadi dengan blog, mudah sekali untuk membantu orang lain secara langsung maupun tidak langsung.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Di dalam dunia blogging, percaya diri sangatlah dibutuhkan dan menjadi aspek penting sebelum memulai blogging. Pasti akan ada namanya perbedaan pendapat. Misalnya si X berpendapat buruk dan tidak setuju terhadap tulisan kita di blog, kita harus percaya diri untuk memberikan solusi dan tetap percaya diri terhadap pendapat sendiri sekalipun itu melalui tulisan. Walaupun ada kritik terhadap tulisan, kita harus tetap percaya diri. Jangan down dan usahakan untuk mengambil manfaat dari kritik dan saran tersebut agar kedepannya menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, pastinya awal menulis kita akan merasakan nervous dan merasa tidak se-piawai blogger lainnya. Namun semakin sering menulis, membagikan tips dan yang lainnya secara tidak langsung akan membuat kita juga percaya diri dengan apa yang kita share di blog.

Belajar Untuk Mendisiplinkan Diri

Terkadang memang sulit untuk mengetahui apa yang harus dikerjakan. Tetapi, ketika memiliki blog, kita akan belajar untuk lebih konsisten dan bertanggung jawab atas blog. Kita pun bisa mengatur jadwal posting di blog, dan akan merasa bertanggung jawab penuh atas jadwal posting itu. Blogging ini akan secara bertahap membantu untuk menciptakan kebiasaan baik dan mendisiplinkan diri setiap hari yang dapat membantu untuk melihat kesuksesan nyata dalam jangka panjang.

Membangun Relasi

Dengan menggunakan dan berkecimpung di dalam dunia blog, maka kita akan mengenal banyak orang baru. Mulai dari pengunjung setia kamu sampai juga dengan teman blog kamu yang lain. Selain itu, biasanya para blogger akan ada komunitas sendiri sesuai dengan tema blog kamu. Jadinya kita bisa menjalin relasi yang baik bersama beberapa orang lain yang akan berguna dan bermanfaat pastinya. Relasi yang dibangun tidak hanya datang dari dalam negeri sendiri aja nih. Kita bisa banget mendapatkan teman dan pengunjung dari luar negeri, loh. Pokoknya nggak kalah sama social media juga. 

Let’s face it, mencari orang lain yang memiliki satu minat dengan kita adalah hal yang tidak mudah didapatkan. Jadi, lebih baik berhentilah mencari orang-orang yang berpikiran sama dan buatlah magnet bagi mereka untuk dapat menemukan kita. Dengan blog, kita membuka ruang diskusi dan juga forum untuk berkumpul dengan orang diluaran sana yang memiliki hobi, minat dan pikiran yang sama dengan kita.

Baca Juga  8 Tips dan Trik Agar Menang Lomba Blog Exabytes

Membuka Banyak Kesempatan

Blogging dapat melahirkan peluang bisnis dan kesempatan lainnya. Misalnya, kamu mempunyai blog mengenai fashion dan banyak visitor yang membuat blogmu terkenal. Karena dari blog, bisa saja kamu ditawarkan untuk ikut dalam podcast, talkshow, seminar atau apapun yang akan membahas style dan fashion. Mungkin juga, saking menariknya blog kamu, perusahaan besar ingin bekerja sama denganmu karena merasa kamu adalah kandidat yang cocok untuk membantu perusahaan mereka. Blogging ini sangat memungkinkan siapapun untuk membuka peluang dan kesempatan baru atas hal yang tidak pernah dicapai sebelumnya.

Bisa Menjadi Portofolio

Kamu punya beragam tulisan menarik selama kuliah, internship atau project? Atau punya skill design dan punya beberapa karya seperti banner, poster dan lain sebagainya? Blog bisa jadi portfolio lho. Karena blog bisa mendokumentasikan berbagai hal termasuk tulisan dan gambar, kamu bisa memanfaatkan ini untuk approach ke job recruiter. Dengan blog, orang pun bisa melihat hasil karya kamu dengan mudah dan siapa tahu, kamu bisa keterima kerjaan karena portofolio di blog kamu.  

Membangun Personal Branding

Personal branding itu penting banget lho di jaman sekarang. Dan kamu bisa membangun hal ini lewat blog. Dengan konten blog kamu atau portofolio yang kamu cantumkan di blog bisa membuat para pengunjung tahu interest kamu hingga bidang dan skill yang kamu kuasai. Skill dan karya yang kamu hasilkan bisa menjadi value lebih yang bisa dilirik oleh banyak orang atau perusahaan.

13 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Blogging Sekarang - 2020

Bertukar Pendapat

Dengan adanya blog, kita juga bisa saling bertukar pendapat melalui kolom komentar bersama dengan orang lain. Walaupun biasanya banyak yang tidak setuju 100% dengan kamu, tapi kamu bisa banget mengasah skill kamu untuk tetap tenang dan juga menyampaikan pendapat kamu dengan lebih terstruktur agar diterima oleh orang lain lewat tulisan di postingan kamu loh.

Influence Orang Lain

Dengan kamu memulai blog, kamu secara langsung akan mempengaruhi orang lain dan memegang kekuatan itu secara penuh. Kamu bisa mempengaruhi orang lain dengan tulisan atau postingan yang kamu tunjukan di dalam blog kamu. Dengan blog ini, kamu bisa memberikan saran, merekomendasikan produk, mempromosikan gaya hidup yang lebih sehat, membantu orang membangun bisnis, dan banyak banget hal lainnya yang positif. Misalnya saja kamu membuat artikel tentang tips berbisnis di masa new normal, tips tersebut bisa dijadikan referensi dan bisa diterapkan oleh pebisnis lho. Secara tidak langsung, kamu mempengaruhi atau influence orang lain lewat artikel.

Buat kamu yang sudah memiliki blog, boleh banget nih lirik Lomba Blog Exabytes karena ada hadiah yang menarik banget untukmu sampai jutaan rupiah lho. Jangan sampai kelewatan karena batas akhirnya cuma sampai 17 September aja.

13 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Blogging Sekarang - 2020

Nah, diatas adalah beberapa alasan penting mengapa kamu harus mulai ikut blogging dari sekarang. Meskipun diatas hanya bisa disebutkan beberapa, namun manfaat dari blogging sendiri ada banyak banget untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Jadi, jangan ragu buat mencoba blogging sendiri, yuk! 

Credit : Derisna Waisa