Mendapat Untung Berlipat dengan CPA Marketing

53
12 min read

Hello Exabytes Friends!

Menghasilkan uang di internet itu sebenarnya gak sulit loh! Apalagi jika kamu sudah mengetahui dan memahami tentang jenis bisnis apa yang akan dipilih. Di artikel kali ini, mimin akan kupas tuntas mengenai CPA (Cost per-Action) Marketing agar bisa membantumu memulai CPA Marketing dan menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Kalau begitu, baca artikel ini sampai akhir ya!

Apa Itu CPA Marketing?

Mendapat Untung Berlipat dengan CPA Marketing

CPA yang merupakan kepanjangan dari Cost per-Action adalah sebuah turunan dari salah satu model marketing yaitu affiliate marketing. Affiliate marketing ini memungkinkan seorang publisher mendapatkan uang ketika seorang user melakukan suatu kegiatan terkait produk. Kegiatan-kegiatan tersebut misalnya mengisi formulir, mendaftar sesuatu, mendownload aplikasi di perangkat miliknya, atau lebih lagi yaitu membeli produk melalui suatu halaman yang dipromosikan oleh publisher. Komisi atau uang yang biasanya diberikan kepada publisher tentunya berbeda-beda tergantung dengan demografi atau wilayah dari target pengiklan produk. 

Komisi yang didapatkan oleh para publisher juga beragam dan berbeda-beda tiap publisher. Misalnya untuk demografi kelas A, maka komisi yang diberikan pun berpotensi besar misalnya 25 ribu per action. Tapi gak semua CPA bisa memberikan komisi sebesar itu, itu tergantung dengan action apa yang dilakukan oleh user misalnya sign up ke halaman website atau membeli produk yang ditawarkan publisher. Dengan potensi tersebut, seorang publisher akan mendapatkan komisi yang sangat tinggi terutama jika traffic website produk tersebut tinggi dan memiliki banyak pengunjung. Hal ini bisa menguntungkan kamu jika mengikuti CPA Marketing dan menjadi publisher.

CPA Marketing ini biasanya akan menggunakan sistem Pay per Leads ketika publisher mendapatkan komisi atas action dari user nya. Biasanya, seorang publisher akan mendapatkan komisi 1-10% dari harga produk tersebut. Peluang untuk mendapatkan jumlah user yang melakukan action terhadap produk juga bisa lebih banyak. Hal ini karena lebih mudah untuk meminta orang lain atau user agar bisa melakukan action dibandingkan membeli sebuah produk. Terlebih lagi jika website mu memiliki traffic yang tinggi.

Istilah dalam CPA Marketing

Sebelum kamu memulai CPA Marketing, kamu perlu mengetahui dan memahami beberapa istilah yang akan sering digunakan. Istilah tersebut yaitu:

  1. Publisher

Publisher merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk mempromosikan sebuah brand atau produk melalui website yang ia miliki. Publisher ini menjadi salah satu peran kunci saat menjalankan CPA Marketing. Keberadaan nya pun sangat penting karena audiens yang menjadi target pasar akan melihat iklan yang dipromosikan melalui websitenya.

  1. Advertiser

Nah, kalau advertiser ini adalah pihak perusahaan atau pemilik bisnis yang akan bekerja sama untuk meminta partnership dengan pihak publisher dalam CPA Marketing ini. Biasanya advertiser akan bekerja sama dengan publisher yang memiliki reputasi baik.

  1. CPA Network

CPA Network merupakan platform yang akan menjadi wadah serta mempertemukan Publisher dengan Advertiser untuk melakukan kontrak kerja sama mengenai CPA Marketing. CPA Network sangat diperlukan agar bisa menjadi jembatan dan sarana komunikasi yang baik antara Publisher dan Advertiser.

  1. Affiliate Manager

Affiliate Manager ini juga memiliki peranan penting dalam CPA Marketing. Affiliate Manager akan bertugas untuk membimbing Publisher dalam menjalankan kegiatan CPA Marketing. Oleh karena itu, wawasan yang dimiliki oleh Affiliate Manager harus luas dan bisa membimbing Publisher dengan baik sehingga kegiatan CPA Marketing antara Publisher dan Advertiser dapat berjalan dengan baik.

  1. Komisi

Pastinya kamu udah familiar kan dengan kata-kata “komisi”. Yap! komisi ini merupakan keuntungan yang akan diterima oleh Publisher ketika memasang sebuah iklan dari Advertiser di website. Ini menjadi salah satu keuntungan yang akan didapatkan oleh Publisher saat menjalan CPA Marketing dengan baik.

  1. Action

Action merupakan tindakan yang akan dilakukan oleh user pada landing page milik Advertiser misalnya melakukan install, download, mengisi form yang disediakan, mencantumkan email, serta melakukan pembelian. Action inilah yang akan menguntungkan advertiser jika seorang user akan bertindak terhadap iklan yang dipromosikan. 

Itulah beberapa istilah yang perlu kamu ketahui dalam CPA Marketing. Istilah pada CPA Marketing juga mirip-mirip dengan affiliate marketing karena pada dasarnya konsep dari CPA Marketing dan Affiliate Marketing sama. Cara kerja nya pun juga mirip, keduanya sama-sama memberikan komisi. Namun CPA Marketing biasanya mendapatkan komisi yang lebih kecil dibandingkan affiliate marketing. Tetapi selebihnya CPA Marketing dan Affiliate Marketing ini mirip.

Cara Kerja CPA Marketing

Mendapat Untung Berlipat dengan CPA Marketing

Sebelumnya sudah dibahas secara singkat bahwa CPA Marketing dan Affiliate Marketing memiliki banyak kesamaan mulai dari peranan para pihak, cara kerja, serta komisi yang hampir sama. Hal itu disebabkan karena CPA Marketing merupakan turunan dari Affiliate Marketing, sehingga konsepnya kurang lebih memang sama. Sebelum memulai CPA Marketing, mimin akan kasih tahu dulu bagaimana cara kerja dari CPA Marketing.

Baca Juga  Mana Yang Lebih Efektif, Facebook Ads Atau Google Adwords?

Pertama, kamu bisa mendaftarkan dirimu sebagai Publisher di sebuah CPA Network yang tersedia. Ketika kamu sudah mendaftar sebagai Publisher melalui CPA Network, kamu akan diberikan link atau sebuah banner iklan milik Advertiser yang bisa dipasang di website mu. Saat kamu memasang banner dan menyisipkan link, maka pengunjung website yang mengklik banner tersebut akan diarahkan ke halaman website milik Advertiser. Jika ada pengunjung website yang mengklik banner, maka akan dihitung sebagai melakukan action jika action yang diminta adalah mengklik banner dan melihat halaman iklan. Biasanya para Advertiser tidak hanya menginginkan dikunjungi halaman produk nya saja, Advertiser sering juga menetapkan action seperti mengisi form registrasi, membeli produk, atau yang lainnya. Saat pengunjung melakukan action tersebut, maka Publisher akan mendapatkan komisi dari action yang dilakukan. Mudah banget kan?

Kurang lebih, alur yang dilakukan saat melakukan CPA Marketing yaitu:

  1. Publisher memasang banner dan link di website nya
  2. Pengunjung website akan mengklik link dan mengunjungi halaman produk yang disisipkan pada banner iklan
  3. Pengunjung website melakukan tindakan yang diarahkan seperti mengisi form atau membeli produk
  4. Setelah itu kamu sebagai publisher akan mendapatkan komisi

Kalau kamu masih bingung bagaimana cara kerja CPA Marketing di kenyataan, mimin akan kasih gambaran secara singkat tentang CPA Marketing ini. Misalnya kamu adalah seorang blogger yang aktif membagikan informasi lewat blog dan memiliki pengikut yang cukup banyak. Biasanya kamu membagikan informasi seputar makeup dan skincare kepada para pengunjung website. Dengan menulis saja, kamu mungkin tidak bisa menghasilkan uang. Akhirnya kamu mengikuti program CPA Marketing dan mendaftar menjadi Publisher di salah satu CPA Network di Indonesia.

Setela itu, ada perusahaan makeup dan skincare yang merilis sebuah produk makeup dan skincare ramah lingkungan. Perusahaan tersebut ingin mempromosikan produknya menggunakan strategi CPA Marketing agar dapat menjangkau pasarnya lebih luas lagi. Perusahaan tersebut akhirnya bergabung menjadi Advertiser pada CPA Network yang sama dan mencari partner publisher untuk bekerja sama dalam CPA Marketing. CPA Network tersebut menjadi jembatan antara kamu dengan Advertiser yang ingin mempromosikan produk makeup dan skincare nya. Dengan begitu, perusahaan bisa bekerja sama dengan mu dan memasang iklan pada blog mu yang membahas tentang makeup dan skincare ramah lingkungan. Kamu akan mendapatkan komisi ketika ada pengunjung yang membeli produk makeup dan skincare ramah lingkungan tersebut. Dengan begitu, kamu akan mendapat keuntungan berupa komisi dan perusahaan makeup dan skincare tersebut dapat keuntungan yaitu produknya dibeli oleh konsumen. 

Alasan Kenapa Harus mencoba CPA Marketing 

Seperti cara kerja yang udah dijelaskan sebelumnya, kamu bisa lihat bahwa CPA Marketing cukup mudah untuk dijalankan. Tapi gak cuma mudah aja, ada beberapa alasan kenapa kamu harus mencoba CPA Marketing.

Hanya Butuh Modal Sedikit

CPA Marketing bisa jadi pilihanmu menghasilkan uang salah satunya karena modal yang dibutuhkan tidak banyak. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk modal seperti bisnis lainnya. Untuk bergabung menjadi seorang publisher pun kamu tidak akan dipungut biaya apa pun loh oleh CPA Network pilihanmu. Yang kamu butuhkan sebagai modal dalam mengikuti CPA Marketing hanya website milikmu sendiri agar bisa memposting banner iklan milik Advertiser. Mudah banget kan?

Mudah Dilakukan

Nah, cara kerja CPA Marketing juga sangat mudah untuk dilakukan. Seperti yang udah dijelasin sebelumnya, kamu hanya perlu memiliki website pribadi yang aktif dan jika bisa sudah memiliki traffic yang bagus. Kemudian kamu langsung bisa mendaftar ke CPA Network di Indonesia. Ada banyak sekali CPA Network yang bisa kamu pilih. Setelah mendaftar ke salah satu CPA Network, kamu akan dibimbing oleh Affiliate Manager yang akan membantu dan mengajarkan bagaimana CPA Marketing dijalankan. Setelah dibimbing maka kamu sudah bisa mulai mempromosikan produk milik Advertiser di website. Tugas mu selanjutnya yaitu meningkatkan traffic website agar bisa mendapatkan komisi lebih banyak.

Berpotensi Mendapat Keuntungan Besar

Ketika kamu memposting banner iklan di website, kamu langsung berpeluang untuk mendapat keuntungan berkali-kali lipat. Terlebih lagi jika pengunjung website melakukan action yang diarahkan oleh Advertiser. Untuk semakin meningkatkan komisi, maka kamu bisa mengerahkan usaha mu dengan cara meningkatkan traffic website. Dengan tingginya traffic website, maka semakin banyak juga pengunjung website yang akan melihat banner iklan dan melakukan action. Anggap saja dalam website mu ada 2000 pengunjung setiap hari nya. Jika tiap action yang dilakukan pengunjung memiliki nilai sebesar Rp1000, maka kamu bisa mendapatkan Rp200.000 per hari dan jika diakumulasikan dalam sebulan maka jumlahnya adalah Rp6.000.000. Sangat menarik bukan?

Baca Juga  Mengenal SEO dan SEM Untuk Strategi Digital Marketing

Jam Kerja Fleksibel

Untuk kamu yang ingin serius menggeluti CPA Marketing dan menjadikan CPA Marketing sebagai sumber penghasilan utama mu, kamu akan mendapatkan keuntungan yang sangat bermanfaat yaitu jam kerja yang fleksibel. Dengan melakukan CPA Marketing, kamu tidak memiliki waktu tetap untuk bekerja seperti bekerja di kantor. Kamu bisa menggunakan waktu sesukamu untuk melakukan CPA Marketing. Saat kamu menjadi Publisher untuk CPA Marketing, kamu hanya perlu waktu mu untuk digunakan mengecek traffic di website dan terus membuat strategi agar traffic di website meningkat. Waktu mu yang fleksibel bisa kamu gunakan juga untuk terus mengexplore konten-konten kreatif yang bisa menarik pengunjung website untuk mengunjungi website mu. Serta, kamu juga bisa menetapkan target audience yang tepat agar pengunjung website mu merupakan target yang tepat untuk melihat iklan dari Advertiser di website. Dengan jam kerja yang fleksibel ini, kamu bisa memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan hal lain dan kamu bisa menentukan jam kerja mu sendiri. Kamu juga tetap bisa melakukan kegiatan-kegiatan untuk refreshing sesuka mu dengan tidak melupakan kegiatan CPA Marketing tersebut. Benar-benar menguntungkan kamu kan?

5 Rekomendasi CPA Network Terbaik 

CPA Network ini adalah sarana untuk menghubungkan kamu sebagai Publisher dengan Advertiser yang akan beriklan di website mu. CPA Network tentu juga akan memudahkan kamu berkomunikasi dengan Advertiser. Sebelum kamu menjadi ahli dalam CPA Marketing, kamu bisa mendaftar di CPA Network yang menerima para pemula untuk memulai CPA Marketing. Setelah kamu sudah memiliki banyak pengalaman dalam CPA Marketing, kamu bisa mendaftar di CPA Network yang lebih besar.

Sebelum mengambil keputusan untuk melakukan CPA Marketing, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu untuk memilih CPA Network manakah yang paling baik dan cocok untuk mu sebagai pemula. Kamu harus memilih CPA Network yang memiliki reputasi tinggi dan pengalaman yang banyak. Kamu bisa melihat review dari orang-orang yang sudah menggunakan CPA Network tersebut supaya kamu tahu bagaimana kinerja CPA Network yang kamu cari, sehingga kamu gak akan salah pilih. Ini dia 5 CPA Networks rekomendasi yang bisa kamu gunakan.

Peerfly

Mendapat Untung Berlipat dengan CPA Marketing

Peerfly adalah salah satu CPA Network yang memiliki jumlah pengguna sangat banyak, pertumbuhan pengguna nya pun juga sangat cepat. Lebih dari 30.000 Publisher telah menggunakan Peerfly yang tersebar di 165 negara di seluruh dunia. Saat kamu bergabung dengan CPA Network Peerfly, kamu akan mendapat Affiliate Manager khusus untuk membantu kamu menjalankan CPA Marketing apalagi kamu adalah pemula. Kamu juga akan mendapat bantuan lain seperti tools gratis untuk mempelajari bagaimana CPA Marketing. Peerfly menyediakan banyak kategori produk dan merk yang sangat bervariasi dan bisa kamu pilih sesuai dengan kategori mu. Peerfly benar-benar menjadi CPA Network yang paling cocok untuk digunakan para pemula karena cara nya yang sederhana dan terdapat training untuk mengasah kemampuan Publisher pemula.

ClickDealer

Mendapat Untung Berlipat dengan CPA Marketing

ClickDealer menjadi salah satu CPA Network yang cocok juga untuk digunakan oleh para Publisher pemula. ClickDealer ini menyediakan Affiliate Manager yang siap membantu dan memberikan pelatihan untuk kamu yang baru memulai CPA Marketing. Untuk sistem pembayaran yang disediakan ClickDealer yaitu pembayaran tepat waktu serta ClickDealer juga menyediakan deposito.

Maxbounty 

Mendapat Untung Berlipat dengan CPA Marketing

Maxbounty ini adalah salah satu CPA Network yang cukup populer. Dengan ribuan publisher yang telah bergabung dan memiliki penghasilan besar, kamu bisa memilih Maxbounty sebagai CPA Network untuk memulai CPA Marketing. Sistem pemberian komisi yang digunakan oleh Maxbounty yaitu komisi mingguan, sehingga kamu bisa mendapat komisi perminggu bukan perbulan. Advertiser yang terdaftar di Maxbounty juga banyak dan bisa kamu sesuaikan dengan kategori mu.

Perform [cb]

Mendapat Untung Berlipat dengan CPA Marketing

Perform [cb] ini awalnya memiliki nama Click Booth, yaitu CPA Network yang didirikan tahun 2002 dan memiliki perkembangan pesat. Perform [cb] merupakan salah satu CPA Network yang tertua dan memiliki banyak Advertiser dengan kategori yang sangat bervariasi. Dengan keunggulan yang banyak dimiliki, Perform [cb] ini menjadi CPA Network yang sangat favorit bagi para publisher. Apakah kamu juga tertarik Exabytes Friends?

Globalwide Media 

Mendapat Untung Berlipat dengan CPA Marketing

Globalwide Media yang sebelumnya dinamakan Neverblue ini merupakan CPA Network yang populer seperti Maxbounty. Dengan menggunakan Globalwide Media, kamu bisa memilih kategori bisnis yang sesuai dengan website mu seperti e-commerce, entertainment, health and lifestyle, dan lain-lain. Gak cuma itu aja, Globalwide Media juga menyediakan produk dan servis yang bermanfaat seperti tooal analytic, email marketing, dan brand safety yang dapat memudahkan mu menjalani CPA Marketing.

Gimana nih pembahasan tentang CPA Marketing? Menarik bukan? CPA Marketing ini bisa jadi pilihanmu untuk menghasilkan keuntungan hanya dengan bermodal website pribadi.

Semoga artikel ini bermanfaat ya! Sampai jumpa!

Credit to: Salma Nur Hanina
View her LinkedIn: 
https://www.linkedin.com/in/salma-nur-hanina-b39baa192/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here