Setiap bisnis baik yang skala mikro, makro, masih konvensional, apalagi bisnis digital tentu memiliki logo sebagai branding perusahaan. Memiliki logo yang profesional akan meningkatkan kredibilitas dan integritas dari sebuah bisnis.
Karena logo dianggap mengandung filosofi perusahaan sehingga menjadi representasi visual yang memperkenalkan perusahaan kepada seluruh calon pelanggan. Logo yang baik sangat bermanfaat bagi bisnis karena mampu meningkatkan brand awareness, personal branding, brand identity, dan user engagement.
Logo, Tipografi, dan Warna adalah satu kesatuan yang menjadi identitas serta ekspresi nyata dari merek sebuah bisnis. Logo dapat menjadi garda terdepan dan memegang peranan krusial bagi sebuah bisnis. Mengapa bisnis memerlukan logo profesional? Sederhananya karena logo dapat mengomunikasikan ownership, kualitas, dan value sebuah brand.
Dan mungkin juga first impression dari calon pelanggan kepada sebuah brand adalah logo. Logo yang kurang baik dapat menimbulkan penilaian negatif dari mereka. Nah, apabila kalian ingin mempelajari lebih dalam lagi mengenai manfaat dan pentingnya logo bagi perusahaan atau bisnis, maka terus ikuti artikel berikut, ya!
Daftar Isi
Mengapa Bisnis Memerlukan Logo Profesional?

Berikut akan dipaparkan beberapa alasan dan penjelasan utama terkait pentingnya logo profesional untuk menunjang keberlangsungan bisnis.
Sebagai Merek Dagang yang Menarik Perhatian
Alasan pertama mengapa bisnis memerlukan logo profesional adalah karena digunakan sebagai merek dagang. Terkadang konsumen akan kesulitan untuk menghafal dan mengingat nama brand kalian. Namun sebagai makhluk visual, mereka cenderung lebih mudah untuk mengenali dan mengingat Logo sebuah brand yang memiliki visualisasi menarik.
Logo yang unik, ciamik, menarik, dan otentik mampu menyihir mata konsumen untuk penasaran dan tertarik dalam mencoba produknya. Contoh desain logo yang baik adalah pada brand raksasa Starbucks. Mereka memiliki logo yang sangat khas sekali. Logo Starbucks juga mengandung filosofi historis berupa makna siren yang digambarkan sebagai harapan agar Starbucks dapat memesona para pecinta kopi untuk berlangganan.
Oleh karena itu, jangan setengah-setengah dalam membuat logo perusahaan. Buatlah logo semenarik mungkin untuk digunakan sebagai merek dagang agar para konsumen terus mengingat brand kalian.
Sebagai Strategi Psikologi Marketing Untuk Mempengaruhi Pelanggan
Alasan berikutnya mengapa bisnis memerlukan logo profesional adalah berkaitan dengan Psikologi Marketing. Tahukah Exabytes Friends bahwa logo bisa menjadi salah satu strategi untuk meyukseskan Psikologi Marketing? Bagi kalian yang masih bertanya-tanya tentang apa itu Psikologi Marketing, berikut penjelasan sederhananya.
Psikologi Marketing merupakan ilmu psikologi yang menghubungkan perilaku manusia ke dalam kegiatan pemasaran dengan tujuan agar memiliki penjualan yang maksimal. Logo adalah elemen branding yang sangat diperlukan untuk menunjang Psikologi Marketing.
Kaitan logo yang dibuat dengan psikologi konsumen juga perlu diperhatikan oleh perusahaan. Bahkan pemahaman dasar terhadap pengaruh psikologi bentuk logo di dunia desain pun cukup untuk menggambarkan betapa pentingnya pola yang berbeda akan diterima oleh persepsi calon pelanggan.

Berikut akan disajikan beberapa contoh kaitan penggunaan pola desain logo dengan Psikologi Marketing. Semisal perusahaan kalian ingin menghadirkan filosofi kelembutan, kekuatan, dan kemantapan maka dapat menggunakan pola lingkaran untuk logo.

Namun, jika perusahaan berkeinginan untuk menyajikan filosofi tentang keseimbangan, profesionalisme, dan proporsi, maka dapat memilih pola persegi untuk membuat logo.

Bentuk logo segitiga mampu menggambarkan filosofi dengan kesan dinamis dan fleksibel.

Sedangkan jika perusahaan berusaha untuk menghadirkan filosofi natural, kreatif, ekspansi, dan kehangatan, maka dapat memilih pola bentuk organik dan spiral pada logo.

Terakhir, kalian juga dapat menambahkan pola garis-garis pada logo untuk menunjukkan kesan kalem namun tegas dan ketenangan.
Memberikan Prestige atau Rasa Bangga
Alasan selanjutnya mengapa bisnis memerlukan logo profesional adalah untuk memberikan rasa bangga. Tentu tidak dapat dipungkiri lagi jika logo yang apik, baik, unik, dan profesional akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.
Tidak hanya memberikan prestige bagi pemilik brand, namun konsumen pun juga bisa berbangga. Kalian tentu sering kali menemukan logo dibuat menjadi stiker, bukan? Nah, stiker logo dengan pola dan bentuk yang profesional dan keren akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi konsumen untuk dipajang dan ditempel di barang pribadi konsumen.
Membuat Lebih Mudah Dikenal
Mengapa bisnis memerlukan logo profesional juga dikaitkan dengan brand awareness. Logo sebagai merek dagang sebuah brand dapat membantu meningkatkan brand awareness dan user engagement. Sebuah brand dengan track record yang bagus serta memiliki merek dan logo yang otentik akan lebih mudah untuk menarik calon pelanggan baru.
Karena memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi jika kebanyakan konsumen akan memilih jenis produk atau layanan yang sudah bermerek dan bergengsi. Nah, logo brand akan membantu untuk meningkatkan nilai jual dan value dari sebuah produk.
Menampilkan Unique Selling Point (USP) dari Brand

Unique Selling Point (USP) merupakan keunikan dan ciri khas dari brand yang membedakannya dengan kompetitor. USP sangat dibutuhkan agar sebuah brand dapat terus berkembang, mengikuti arus pasar, dan tidak tergerus persaingan.
USP sebenarnya dapat ditampilkan pada logo brand. Karena logo brand yang profesional dapat merepresentasikan banyak hal mulai dari latar belakang brand hingga visi dan misi mereka melalui ikon, pola, dan font yang sesuai.
Dengan kata lain, logo yang diciptakan dengan sungguh-sungguh dapat digunakan sebagai USP untuk menunjukkan pada calon pelanggan bahwa brand kalian lebih baik dari kompetitor.
Nah, sedikit tips agar logo yang dibuat dapat merepresentasikan Unique Selling Point (USP) brand, maka kalian harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai kompetitor (kelebihan dan kekurangan mereka). Lalu cobalah untuk mempertegas keunggulan kalian dibanding kompetitor melalui suguhan visual di logo.
Tips Menciptakan Logo Profesional
Untuk melengkapi pemahaman Exabytes Friends mengenai seluk-beluk logo, maka berikut akan dipaparkan sedikit tips membuat logo yang berkesan.
Menciptakan Logo Secara Sederhana
Membuat logo tidak perlu yang terlalu rumit dan kompleks. Karena menurut Design Hack, menciptakan sebuah pola dan desain logo yang serupa dengan nama brand akan membuat logo lebih mudah dikenal dan diingat oleh pelanggan mereka.
Logo yang mudah diingat oleh konsumen akan meningkatkan brand identity. Logo yang sederhana pun biasanya bersifat timeless sehingga dapat bertahan lama.

Seperti contoh logo dari salah satu brand fashion terbesar saat ini yaitu Nike. Logo dari Nike sangatlah sederhana dan merepresentasikan produk dengan baik. Karena filosofi yang ingin ditonjolkan oleh Nike adalah sebuah produk sepatu yang dapat menemani konsumen untuk berolahraga dengan nyaman.
Selain itu, produk unggulan dari Nike adalah “sepatu lari”. Sehingga mereka menciptakan logo yang menggambarkan salah satu sayap di patung Dewi Yunani. Sayap tersebut melambangkan kemenangan. Dan semenjak tahun 1972 hingga sekarang, sayap tersebut mendapat sebutan “Swoosh”. Sehingga dengan desain logo yang sederhana pun, brand Nike tetap dapat menyampaikan filosofi dan visi misi produk dengan tepat sasaran kepada konsumen.
Warna yang digunakan pada logo brand Nike juga sangat netral yaitu palet merah dan putih sehingga cocok ketika ditempelkan dalam berbagai jenis produk mereka.
Memperhatikan Pemilihan Warna
Tips menciptakan logo yang profesional selanjutnya berkaitan dengan pemilihan warna. Mengapa bisnis memerlukan logo profesional? Karena logo dapat menjadi first impression secara visual ketika konsumen menilai brand. Oleh karena itu, kesalahan dalam memadupadankan warna dapat berakibat logo menjadi kacau.
Sebaiknya desain logo yang kalian buat menggunakan warna-warna netral atau warna primer. Hal tersebut dikarenakan warna netral dan primer dapat membuat kombinasi yang simpel, mudah diingat, dan tidak terkesan ‘norak’. Yang termasuk warna primer adalah biru, kuning, dan merah.
Sedangkan yang termasuk warna netral yaitu hitam, putih, coklat, dan abu-abu. Selain mengetahui tentang jenis-jenis warna, untuk membuat logo yang baik kalian juga perlu memahami tentang filosofi warna.
Sebagai contoh, warna hitam memiliki filosofi berupa kekuatan, keanggunan, ketegasan, dan formalitas. Sehingga warna hitam akan cocok digunakan sebagai bagian tipografi dari logo.
Membuat Logo yang Dapat Mengikuti Perkembangan Zaman
Meskipun logo yang Exabytes Friends ciptakan sudah bersifat timeless, tetapi perlu untuk sesekali diperbarui agar tetap mengikuti perkembangan budaya dan zaman. Semakin berkembangnya dunia ke arah digital, sesuatu yang simpel, sederhana, mudah diingat, namun tetap eye-catching dan stunning lebih banyak diminati oleh banyak orang.
Sebagai contoh, kalian bisa menyederhanakan logo kalian dalam lima tahun sekali untuk memastikan tetap dapat mengikuti arus perubahan zaman. Atau dapat pula memasukkan unsur yang sedang trending pada desain logo kalian secara berkala pada tiap tahun agar dapat terus menarik perhatian konsumen.
Rekomendasi Tools Online Untuk Membuat Logo Secara Mudah
Nah, sekarang saatnya kalian untuk mempraktikkan secara langsung proses pembuatan logo brand. Tenang saja karena saat ini telah tersedia banyak tools online gratis yang dapat memfasilitasi kalian untuk menciptakan logo. Yuk, simak selengkapnya pada pembahasan di bawah ini!
PixelLab

PixelLab adalah sebuah aplikasi berbasis smartphone yang sangat populer di kalangan pecinta seni dan designers. Saat ini, pengguna dari PixelLab sudah mencapai lebih dari 50 juta orang.
Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan sangat berguna dalam membantu pekerjaan mendesain logo. Fitur serbaguna yang dimiliki oleh PixelLab diantaranya yaitu Regular Effect, Color, Draw, 3D Text, Edit Image, dan lainnya.
Canva

Dengan total pengguna lebih dari 100 juta orang di seluruh penjuru dunia, tidak mengherankan jika Canva dinobatkan sebagai tools design online yang sangat diminati oleh masyarakat. Canva memiliki desain User Interface yang responsif sehingga dapat digunakan pada desktop maupun mobile.
Kelebihan lain dari Canva yaitu menawarkan kemudahan dalam penggunaan. Exabytes Friends hanya perlu mendaftar secara gratis menggunakan akun email atau Facebook. Untuk fitur dan layanan yang dimiliki oleh Canva pun sangat lengkap, mulai dari ribuan stiker, font, template, dan tema bisa kalian gunakan bebas secara gratis.
Logo Maker

Rekomendasi tools online untuk membuat logo yang terakhir yaitu Logo Maker. Sesuai dengan namanya, tools satu ini memiliki fungsi utama untuk desain logo secara cepat dan mudah. Logo Maker kerap kali digunakan untuk menciptakan logo bagi online shop.
Fitur yang dimiliki oleh Logo Maker adalah font, templates, theme, serta teks editing profesional. Namun tak ada gading yang tak retak. Logo Maker pun memiliki kelemahan yaitu tidak semua fitur dapat diakses secara gratis. Sehingga kalian perlu mengeluarkan sejumlah biaya untuk berlangganan dan menikmati fitur premium.
Kesimpulan
Mengapa bisnis memerlukan logo profesional? Hal tersebut dikarenakan logo yang baik, unik, dan menarik dapat meningkatkan brand awareness, personal branding, brand identity, dan user engagement.
Selain itu, logo profesional juga dianggap mampu digunakan sebagai Strategi Psikologi Marketing Untuk Mempengaruhi Pelanggan, Menampilkan Unique Selling Point (USP) dari Brand, Memberikan Prestige atau Rasa Bangga, serta Membuat Lebih Mudah Dikenal.
Sedikit tips untuk membuat logo yang baik yaitu kalian harus menciptakan logo sederhana agar lebih mudah diingat, memperhatikan kombinasi warna pada logo, dan juga memastikan bahwa logo tersebut timeless sehingga terus mengikuti perkembangan zaman dan budaya.
Bagi Exabytes Friends yang masih awam tentang dunia desain, tenang saja karena dapat menggunakan berbagai aplikasi pembuat logo online. Aplikasi tersebut yang direkomendasikan yaitu Canva, Logo Maker, dan PixelLab.
Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai mengapa bisnis memerlukan logo profesional. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website atau digital marketing maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes sebagai perusahaan hosting Indonesia juga menyediakan jasa desain logo, loh! Untuk selengkapnya Exabytes Friends dapat mengunjungi laman Exabytes, ya.