Wajib Tahu! Ini 7+ Alasan Menggunakan Dropbox Bagi Bisnis

210
blog exabytes indonesia
7 min read

Di era serba digital seperti sekarang ini, menggunakan penyimpanan berbasis online atau cloud storage bukan lagi hal asing. Namun, bukan berarti semua orang sudah tahu apa itu Dropbox. Para pebisnis seharusnya memiliki berbagai alasan menggunakan Dropbox

Jika ini kali pertama kamu mengetahui keberadaan penyimpanan cloud ini, berarti kamu harus membaca artikel ini.

Dropbox tidak hanya mudah digunakan kapanpun dan dimanapun, tetapi para pengguna bisa menikmati layanan gratis. Sayangnya, Dropbox versi gratis hadir dengan ruang penyimpanan yang terbatas yaitu 2 GB. Penasaran dengan apa itu Dropbox dan mengapa pebisnis masa kini sudah menggunakan cloud storage satu ini?

Yuk kita cari tahu semuanya di sini!

Mengenal Apa Itu Dropbox

Mengenal apa itu dropbox dan alasan menggunakan Dropbox

Dropbox merupakan layanan penyimpanan cloud secara online yang memungkinkan pengguna menyimpan berbagai jenis file ke cloud. File-file tersebut kemudian bisa mereka akses kembali kapan saja meski menggunakan perangkat yang berbeda.

Sebagai salah satu jenis penyimpanan cloud, kini Dropbox semakin diminati oleh banyak orang terutama untuk kebutuhan bisnis. Cloud storage satu ini hadir dengan berbagai fitur menarik yang akan sangat membantu dalam mengelola data-data penting bisnis yang kamu jalankan.

Di Dropbox Indonesia, kamu bisa menyimpan data dalam bentuk dokumen, video, gambar, audio, dan bahkan aplikasi. Selain itu, Dropbox juga sangat mudah untuk diakses. Kamu hanya perlu mengunjungi websitenya dan kemudian login menggunakan akun milikmu.

Seperti aplikasi lain pada umumnya, Dropbox juga dapat kamu unduh dan kemudian diinstal di berbagai perangkat termasuk smartphone dan laptop. Selain menyimpan file, kamu juga bisa menggunakan penyimpanan cloud ini untuk berbagi file. Belum tahu cara menggunakan Dropbox? Yuk baca artikel satu ini!

Jenis dan Paket Dropbox

Salah satu hal menarik dari penggunaan Dropbox adalah kamu tidak perlu mengupload file yang hendak kamu simpan di Dropbox. Apabila aplikasi ini sudah terpasang di laptop atau komputer, kamu hanya perlu login dan memindahkan file-file penting ke Dropbox. 

Kemudian, Dropbox akan secara otomatis menghubungkan file tersebut sehingga setiap perubahan atau update file akan secara otomatis terjadi. 

Dengan kata lain, kamu tidak perlu lagi berulang-ulang mengupload file tersebut. Lalu, apa saja jenis dan paket Dropbox yang tersedia? Sebenarnya, setiap pengguna bisa menikmati layanan penyimpanan secara gratis namun hanya mendapatkan penyimpanan sebesar 2 GB saja.

Apabila kamu memerlukan ruang penyimpanan yang lebih, maka kamu bisa memilih salah satu jenis dan paket Dropbox di bawah ini.

Dropbox Individual

Dropbox untuk individu dan bisnis

Penyimpanan untuk kebutuhan individu mungkin tidak sebanyak kebutuhan penyimpanan bisnis. Saat memilih Dropbox individual, ada dua pilihan paket. Pertama, kamu bisa mempertimbangkan Dropbox plus dengan harga mulai dari $9,99 per bulan dengan total storage 2TB.

Baca Juga  Apa Itu Dropbox dan Kenapa Harus Menggunakannya?

Kedua, ada paket Dropbox professional dengan ruang penyimpanan hingga 3 TB yang bisa didapatkan dengan harga $16,59 dollar per bulan. Kira-kira, paket Dropbox mana yang paling sesuai dengan kebutuhan penyimpanan kamu?

Dropbox Business

Jenis Dropbox selanjutnya adalah Dropbox business yang banyak digunakan oleh para pengusaha dengan jumlah pekerja yang banyak. Terdapat tiga pilihan paket yaitu paket standard dengan harga $12,50 per bulan, paket advance dengan harga $20 per bulan, dan paket Enterprise dengan harga yang bisa dinegosiasikan. 

Jika paket standar hadir dengan batasan ruang penyimpanan sebesar 5 GB, lain halnya dengan paket advanced dan enterprise yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Fungsi Dropbox

Fungsi dropbox

Pada praktiknya, Dropbox memiliki banyak fungsi, di mana fungsi Dropbox tersebut juga dijadikan alasan kenapa para pebisnis menggunakan jenis penyimpanan satu ini. 

Jika dibandingkan dengan penyimpanan konvensional, Dropbox tentu jauh lebih membantu dan lebih baik. Berikut adalah beberapa fungsi Dropbox yang harus kamu tahu.

Menyimpan dan Mengamankan File Secara Bersamaan

Memang benar jika kamu bisa menyimpan file di hardisk atau flashdisk, tetapi apakah cara tersebut cukup aman? Apabila ingin menyimpan sekaligus mengamankan file atau data-data penting, maka Dropbox adalah pilihan tepat.

Data Bisa Diakses Di mana Saja

Karena Dropbox merupakan penyimpanan berbasis cloud, maka kamu bisa mengakses data yang tersimpan di dalamnya di mana saja. Ini tentu memudahkan dalam pekerjaan sehingga semuanya bisa tetap berjalan meski kamu tidak sedang berada di kantor atau di perusahaan. 

Berbagi File Menjadi Lebih Mudah

Dropbox juga dapat membantu penggunanya untuk membagikan atau mengirim file dengan lebih mudah dalam bentuk format apa saja bahkan program aplikasi sekalipun. 

Saat kamu sedang tidak ada di kantor dan sementara tim membutuhkan data yang kamu simpan, kamu bisa membagikan data tersebut dengan mereka melalui Dropbox.

Namun, untuk menikmati layanan berbagi file, kamu harus menggunakan Dropbox business. Sehingga kamu bisa membagikan file dengan banyak pengguna. 

Alasan Kenapa Bisnis Harus Menggunakan Dropbox

Sudah punya alasan menggunakan Dropbox? Jika belum, maka kamu bisa mempertimbangkan beberapa alasan  menggunakan Dropbox berikut agar semakin yakin bahwa bisnis kamu memang membutuhkan solusi penyimpanan cloud, yaitu Dropbox. 

Akses yang Mudah

Kemampuan untuk mengakses file dan data pada Dropbox melalui website atau aplikasi di berbagai perangkat adalah salah satu alasan menggunakan Dropbox. Itulah kenapa kini semakin banyak perusahaan yang menggunakan cloud storage ini. 

Interface Dropbox memungkinkan individu dan semua tim untuk berbagi file tertentu dengan pengguna lainnya tanpa hambatan. Dengan mengupload file ke Dropbox, kamu bisa memilih siapa yang berhak memiliki akses ke file tersebut. 

Tidak hanya itu, siapapun yang memiliki akses ke file yang kamu bagikan bahkan bisa mengupload dan menghapus file bersamaan. 

Integrasi dengan Produk Google

Alasan menggunakan Dropbox selanjutnya adalah potensi untuk mengintegrasikan Dropbox dengan berbagai produk Google seperti Google document, Google spreadsheet, dan Google slides. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah  membuat dokumen baru bersama rekan atau timnya.

Baca Juga  7 Manfaat Dropbox Yang Wajib Kamu Ketahui

Bisa Membuat Dokumen Berekstensi .paper

Hal unik dari penggunaan penyimpanan cloud satu ini adalah pengguna dapat membuat dokumen dengan ekstensi .paper. Tampilan halaman editing Dropbox paper mirip dengan medium atau platform blog. Ini bisa kamu jadikan alasan menggunakan Dropbox lainnya.

Dapat Diakses di Berbagai Platform

alasan menggunakan dropbox: dapat diakses di berbagai platform

Mengapa menggunakan Dropbox? Mereka yang belum pernah mencoba solusi penyimpanan online mungkin masih bertanya-tanya alasan menggunakan Dropbox. 

Padahal, pengguna bisa mengakses akun Dropbox mereka dari berbagai perangkat dan platform mulai dari website, smartphone dengan sistem operasi Android atau iOS, Windows, Mac, dan platform lainnya.

Dengan demikian, file yang tersimpan di Dropbox akan lebih mudah diakses oleh siapa saja yang memiliki akses meski mereka menggunakan perangkat atau platform yang berbeda.

Berbagi Dokumen Dalam URL

alasan menggunakan dropbox: berbagi dokumen dalam URL

Ingin berbagai dokumen dalam URL? Semua itu sangat mungkin dilakukan saat menggunakan Dropbox. Artinya, pengguna bisa membagikan dokumen melalui URL dan pengguna lain bisa mengakses dokumen melalui link URL tersebut.

Dropbox Merupakan Satu Tempat Untuk Semua Konten

Seperti layaknya menyimpan file dan data dalam berbagai format di komputer, kamu juga bisa melakukannya di Dropbox. Yang artinya bahwa semua konten yang kamu punya dan kelola bisa disimpan dengan aman. 

Keamanan Data

Saat kamu memiliki kekhawatiran akan data yang bisa hilang apabila perangkat yang digunakan rusak atau tanpa sengaja terhapus oleh orang lain, kamu memiliki alasan menggunakan Dropbox. Dropbox merupakan platform ideal untuk melakukan backup data sehingga data tersebut akan aman. 

Data-data yang tersimpan di Dropbox dienkripsi dengan AES atau Advanced Encryption Standard 256-bit. Jadi, kamu tidak perlu lagi takut data akan hilang dan tidak bisa diakses saat dibutuhkan. Yang terpenting adalah pastikan bahwa kamu selalu mengingat login credential akun Dropbox milikmu. 

Data Menjadi Lebih Terorganisir

Sangat umum bagi bisnis untuk berbagai data melalui email. Sayangnya, email bisnis yang terlalu banyak agak sulit untuk disortir, dikelola, dan ditemukan. Untuk hal semacam ini, Dropbox memiliki solusi yang lebih baik yang membantu pengguna untuk mengkategorikan dokumen bisnis. 

Dengan menggunakan Dropbox business, kamu bisa mengelompokkan file yang tepat untuk projek yang dimiliki. Semua folder yang dibuat akan secara otomatis sinkron dengan perangkat orang-orang yang juga memiliki akses ke folder tersebut. Ini tentu bisa menambah alasan menggunakan Dropbox.

Kesimpulan

Dengan begitu banyaknya alasan menggunakan Dropbox, apakah kamu akan segera mencari pihak atau perusahaan yang jual Dropbox yang sesuai dengan kebutuhan penyimpanan bisnis kamu? 

Untuk memastikan bahwa kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan cloud tanpa batas, kamu bisa menghubungi Exabytes untuk mendapatkan Dropbox business namun dengan harga yang kompetitif. 

Tunggu apalagi? Kamu tidak bisa menunggu hingga data penting bisnis hilang kemudian kamu baru menggunakan layanan dari Dropbox, bukan?

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments