NVMe Server : Mengapa Penting Bagi Sebuah Perusahaan?

67
blog exabytes
5 min read

Dengan munculnya Big Data, sebagian besar organisasi berusaha mengikuti laju pertumbuhan data yang cepat dan berinvestasi dalam sistem yang efisien untuk mengelola pemrosesan dan penyimpanan data.

Dalam konteks ini, diperlukan server yang efisien dan kapasitas penyimpanan yang besar. Untuk memenuhi kebutuhan ini, NVMe (Non-Volatile Rapid Memory) lahir, mendorong server untuk mengadopsi teknologi baru.

Artikel ini akan memandu kamu memahami apa itu NVMe dan NVMe server dan mengapa NVMe server harus ada dalam bisnis kamu.

Apa Itu NVMe?

NVMe adalah singkatan dari Non-Volatile Memory Express. Perangkat ini memiliki jenis memori yang mirip dengan RAM, hanya saja data di dalamnya tidak akan terhapus saat kamu mematikan komputer atau laptop.

Ini memengaruhi kinerjanya, yang dapat mentransfer data berkali-kali lebih cepat daripada SSD lainnya.

server nvme

Apa Itu NVMe Server?

NVMe server mengacu pada server yang dilengkapi dengan drive NVMe yang memberikan throughput tinggi dan waktu respons secepat kilat untuk semua jenis beban kerja perusahan.

NVMe (non-volatile memory express) adalah penyimpanan, akses, dan protokol transfer baru yang dibuat untuk mempercepat transfer data antara sistem perusahaan dan pelanggan dan solid-state drive melalui bus PCI Express (PCIe).

Ini pada dasarnya adalah teknologi canggih untuk mengakses memori flash yang digunakan dalam drive SSD.

Fungsi Dari NVMe Pada Server

Dengan fungsionalitas NVMe yang unik dan kuat, server yang menggunakan driver NVMe melakukan tugas I/O lebih cepat dan mentransfer lebih banyak data daripada server dengan driver lama. Fungsi utama NVMe di server adalah sebagai berikut.

NVMe terhubung langsung ke CPU melalui antarmuka PCIe. Bus PCI Express memungkinkan drive NVMe memberikan lebih banyak operasi input/output per detik (IOP). Protokol ini mendukung 64.000 instruksi per antrian hingga 64.000 antrian. Dan drive NVMe memiliki latensi hanya 2,8 mikrodetik, jauh lebih rendah daripada drive lain.

Kelebihan Dari NVMe Server

Performa kuat

Drive NVMe melaporkan kecepatan baca sekitar 3 GB/dtk dan kecepatan tulis sekitar 1,5-2 GB/dtk. Meskipun sebagian besar SSD SATA hanya menawarkan kecepatan baca dan tulis sekitar 550 MB/dtk, server NVMe menawarkan kinerja yang luar biasa dibandingkan dengan server lain.

Baca selengkapnya mengenai perbandingan NVMe dengan SSD VPS hosting di sini.

Selain itu, NVMe dirancang dengan mempertimbangkan lebih banyak antrian dan lebih dalam, mendukung lebih banyak instruksi dalam antrian tersebut. Hal ini memungkinkan server dengan SSD NVMe untuk lebih mengoptimalkan eksekusi instruksi untuk IOPS bersamaan yang jauh lebih tinggi (operasi input/output per detik).

Peningkatan Latensi Substansial

Protokol NVMe menggunakan jalur data paralel dan latensi rendah yang sama dengan arsitektur prosesor standar industri, menghasilkan kinerja yang jauh lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah untuk NVMe server.

Dengan melakukan beberapa operasi I/O secara bersamaan, NVMe server memungkinkan pemrosesan multi-core, yang dapat membantu organisasi mengakses, memproses, dan memanipulasi data secara lebih efisien.

Dengan pemrosesan data yang lebih cepat, NVMe server dapat mempercepat respons aplikasi dan mengurangi latensi.

Penyimpanan ultra-besar

Saat ini, SSD NVMe dapat mencapai kapasitas penyimpanan 10TB atau lebih. Dan berkat flash 3D NAND, kapasitas SSD NVMe telah meledak setiap tahun. Karena kapasitas penyimpanan terus bertambah, SSD NVMe diperkirakan akan melampaui batas ruang penyimpanan 100TB hanya dalam beberapa tahun.

Akibatnya, server yang dilengkapi dengan SSD NVMe akan dapat mencapai kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

Mengapa Harus Menggunakan Server NVMe Untuk Bisnis?

Dengan pertumbuhan big data yang eksponensial dan munculnya teknologi baru seperti IoT, AI, dan blockchain, sejumlah besar data harus dianalisis, disimpan, dan diproses, membuat perusahaan memilih perangkat pemrosesan dan penyimpanan data yang efisien.

Server NVMe dirancang khusus untuk menyediakan komputasi berkinerja tinggi. Peningkatan kinerja dan pengurangan latensi server NVMe membuatnya sangat cocok untuk aplikasi beban kerja yang memerlukan pemrosesan waktu nyata.

Mereka dapat secara efektif menghilangkan kemacetan yang disebabkan oleh terlalu banyak permintaan atau koneksi pengguna untuk memenuhi peningkatan kebutuhan pemrosesan data perusahaan.

Kecepatan baca/tulis yang lebih cepat dan antrian server NVMe yang lebih baik dapat memberikan kinerja yang lebih andal dan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna bisnis atau karyawan.

Selain itu, server NVMe dapat secara tepat mengatasi tantangan bisnis yang ditimbulkan oleh data besar dan digunakan di lingkungan perusahaan yang padat data seperti penyimpanan cloud dan ekosistem komputasi tepi.

Mereka dapat membantu organisasi menyimpan, mengelola, dan mengakses data secara lebih efisien, serta meningkatkan kinerja dan keandalan sistem penyimpanan dan pemrosesan data.

Dengan demikian, perusahaan dapat mengukur kebutuhan bisnis dan teknologi mereka dan kemudian menyebarkan server NVMe.

NVMe Server Exabytes Memiliki Banyak Manfaat

Infrastruktur server NVMe kami yang dioptimalkan hampir 50x lebih cepat daripada teknologi SSD standar. Hal ini menghasilkan peningkatan kinerja I/O di semua situs pengguna kami, serta keandalan yang lebih besar.

Selain itu, server NVMe juga memberikan peningkatan skalabilitas. Ini berarti bahwa jika situs kamu tiba-tiba melihat peningkatan lalu lintas yang besar, pengunjung kamu tidak akan menghadapi masalah atau waktu muat yang lambat.

Website kamu akan berjalan dengan lacar dan kamu dapat menikmati jumlah pengunjung yang terus bertambah.

nvme server

Kesimpulan

Dengan pertumbuhan big data yang eksponensial dan munculnya teknologi baru seperti IoT, AI, dan blockchain, sejumlah besar data harus dianalisis, disimpan, dan diproses, membuat perusahaan memilih perangkat pemrosesan dan penyimpanan data yang efisien seperti dengan menggunakan NVMe.

Mereka dapat secara efektif menghilangkan kemacetan yang disebabkan oleh terlalu banyak permintaan atau koneksi pengguna untuk memenuhi peningkatan kebutuhan pemrosesan data perusahaan.

Kecepatan baca/tulis yang lebih cepat dan antrian NVMe server yang lebih baik dapat memberikan kinerja yang lebih andal dan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna bisnis atau karyawan.

Mereka dapat membantu organisasi menyimpan, mengelola, dan mengakses data secara lebih efisien, serta meningkatan kinerja dan keandalan sistem penyimpanan dan pemrosesan data.

Jika artikel ini membantu kamu melihat bagaimana NVMe server untuk perusahaan, kami sangat menghargai kamu membagikan artikel ini di media sosial menggunakan pintasan berbagi kami.

Kamu juga dapat meninggalkan komentar di bagian komentar kami jika kamu memiliki pertanyaan atau pemikiran lebih lanjut. Terima kasih.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments