Pengertian CTR dan Mengapa Itu Penting

4642

Dalam dunia digital marketing CTR merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami oleh seorang advertiser. CTR memiliki kaitan dengan keberhasilannya website serta iklan anda. Misalnya halaman-halaman website anda telah berada di posisi pertama dalam hasil pencarian Google untuk berbagai kata kunci. 

Pengertian CTR

Namun, website anda masih belum mencapai traffic yang anda harapkan. Anda mulai melakukan berbagai optimasi SEO untuk memperbaiki website anda, namun tetap tidak berhasil. Hal itu dikarenakan website anda memiliki nilai CTR yang rendah. 

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan CTR dan mengapa hal tersebut menjadi pengaruh terhadap traffic website? Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai hal tersebut mulai dari pengertian, pentingnya CTR, hingga cara meningkatkan angka CTR.

Pengertian CTR

CTR atau click through rate merupakan suatu indikator untuk menghitung jumlah pengunjung yang melakukan click pada link iklan dibandingkan dengan jumlah impression. Adapun definisi dari click dan impression yaitu:

  • Impressions: jumlah iklan ditayangkan.
  • Clicks: jumlah iklan diklik.

CTR dapat diartikan juga sebagai analisis rasio antara jumlah pemirsa yang melihat iklan dan berapa banyak yang mengaksesnya. Contoh sederhananya yaitu apabila terdapat iklan yang sedang berjalan dan dilihat oleh 1.000 orang namun hanya mendapatkan 10 klik, maka artinya CTR anda hanya 1 persen.

CTR penting untuk mengukur seberapa efektif iklan yang dijalankan, angka CTR rendah menjadi indikator bahwa iklan kurang menarik untuk mendatangkan klik dan dibutuhkannya perbaikan terhadap materi iklan, penargetan, atau optimasi lainnya.

Berikut merupakan rumus dari perhitungan CTR:

Rumus CTR

Pentingnya CTR

CTR merupakan hal yang penting untuk diketahui, dengan mengetahui CTR anda dapat mengetahui apakah perlu dilakukannya perbaikan atau tidak pada upaya periklanan anda. CTR mengukur relevansi iklan yang anda miliki, CTR menjadi metrik yang harus anda perhatikan karena dapat mempengaruhi quality score iklan anda.

Google Ads serta platform search marketing lainnya akan menentukan biaya yang lebih murah untuk iklan yang dianggap paling relevan. Hal tersebut dikarenakan CTR yang tinggi akan membantu iklan mendapatkan quality score yang tinggi juga.

Semakin tinggi quality score yang dimiliki iklan, maka akan semakin besar potensi untuk mempertahankan ad position anda pada harga yang lebih murah.

Angka CTR yang Dianggap Baik

Secara statistik, angka CTR yang dianggap baik akan bergantung pada berbagai macam faktor seperti halnya tipe campaign, keyword yang digunakan, dan juga pada industri apa bisnis anda berjalan. Berikut merupakan diagram rata-rata CTR Google Ads dari berbagai macam industri yang diambil dari website Instapage.

Diagram Rata-rata Angka CTR

Berdasarkan diagram tersebut, rata-rata nilai CTR dari Google Ads pada seluruh industri adalah 5.06% untuk search network dan 0.50% untuk display network. Namun, perlu anda ketahui juga bahwa CTR tinggi tidak menjamin iklan yang anda jalankan akan sukses dan menghasilkan konversi penjualan yang tinggi.

Hal ini dikarenakan audiens anda bisa saja melakukan klik pada iklan hanya karena penasaran dan tidak memiliki niatan untuk membeli. Melalui hal ini anda jadi dapat menganalisis metrik lainnya yaitu bounce rate (pengunjung yang langsung pergi setelah melakukan klik pada link). 

Melalui bounce rate anda dapat mengamati berapa banyak audiens yang berinteraksi setelah mengklik link, mulai dari membaca konten, memberi komentar, melakukan pendaftaran, hingga menjelajahi website. Bounce rate rendah berarti rangking website anda akan semakin bagus di mata Google.

Kemudian, apa yang menyebabkan CTR tinggi, namun konversi penjualannya rendah? Terdapat beberapa penyebab dari mengapa hal ini dapat terjadi, adapun penyebab tersebut diantaranya:

  • Konten tidak berkualitas.
  • Terdapat terlalu banyak teks/gambar.
  • Penempatan iklan tidak tepat.
  • Landing page yang membosankan.
  • Copywriting yang kurang sesuai.

Cara Meningkatkan CTR

Memiliki CTR tinggi merupakan hal yang penting karena dapat meningkatkan quality score dari iklan yang anda lakukan. Namun, dengan catatan bahwa CTR tinggi tidak selalu optimal dan terkadang dapat diikuti dengan konversi yang rendah. Kemudian, bagaimana cara efektif agar kita dapat meningkatkan CTR dengan benar, berikut beberapa cara yang ada:

Pahami Audiens Anda

Kesalahan umum yang terjadi dalam menyebabkan rendahnya CTR adalah pemilik website yang tidak memahami audiens yang dijangkau. Anda harus mengetahui seperti apa audiens anda agar dapat membuat konten yang sesuai dan menjawab keingintahuan audiens. Adapun faktor-faktor yang perlu menjadi pertimbangan yaitu:

  • Apa yang mereka telusuri dan kata apa yang digunakan?
  • Hal apa yang paling membuat mereka ingin membeli?
  • Perangkat apa yang mereka gunakan untuk menelusuri, smartphone atau desktop?
  • Bahasa apa yang digunakan oleh audiens?

Maka dari itu, penting untuk sebelum melakukan iklan anda melakukan riset terhadap audiens terlebih dahulu. Salah satu diantara riset yang dimaksud adalah melakukan keyword research yaitu mencari kata-kata yang memang dicari oleh audiens, dan membuat konten menyesuaikan dengan kata kunci yang didapat.

Membuat Konten yang Optimal

Terdapat banyak profesional SEO yang berupaya mengelabui algoritma dari search engine agar dapat menempati rangking yang lebih tinggi. Sebagian metode tersebut memang berhasil, namun seringkali terjadinya pembaruan search engine yang menyebabkan metode tersebut tidak efektif lagi.

Maka, dalam meningkatkan CTR, akan lebih baik apabila melakukan metode yang lebih jujur yaitu membuat konten yang optimal. Buatlah konten yang berguna kepada audiens target, apabila konten anda tepat sasaran, dengan sendirinya orang-orang akan berdatangan dan ada kemungkinan konten anda disebarkan kembali oleh orang yang telah melihat.

Judul, URL, Serta Meta Data yang Lebih Baik

Pada hasil pencarian, judul dan meta description merupakan hal pertama yang audiens lihat. Kedua hal tersebut menjadi sangat penting karena dapat menentukan target audiens anda tertarik atau tidak untuk melakukan klik. Anda dapat menggunakan kata-kata yang menarik dalam penulisan, serta buatlah tulisan yang dapat menjawab apa yang dicari audiens anda.

Perlu diperhatikan pula jumlah kata yang anda gunakan, karena jumlah yang terlalu banyak dapat terpotong oleh format search engine. Selain kedua hal tersebut, URL juga merupakan hal yang pertama nampak pada hasil pencarian. Buatlah URL yang singkat dengan kata kunci utama yang sama dengan judul, dibandingkan menggunakan kumpulan huruf, angka, dan simbol acak.

Menggunakan Structured Markup

Structured Markup atau kadang disebut juga schema markup merupakan kode yang dapat anda tambahkan pada konten untuk meningkatkan kualitas dari hasil pencarian. Kode structured markup dapat menampilkan hal-hal seperti rating, waktu acara, star review, hingga harga produk.

Hal ini tentunya dapat menjadi nilai tambah untuk memberi gambaran tambahan mengenai seperti apa halaman website anda bergantung pada konteks kontennya. Anda dapat menambahkan structured markup dengan menggunakan plugin seperti WP review, schema Pro, all in one schema rich snippet, dan berbagai plugin lainnya.

Memanfaatkan Ad Extensions

Ad extensions merupakan tambahan informasi yang akan memberi pengguna keterangan dengan lebih detail mengenai produk atau jasa yang anda iklankan. Ad extensions dapat meningkatkan traffic iklan anda karena dapat meningkatkan AdRank iklan dimana berpengaruh pada peningkatan CTR.

Menambahkan Call To Action

CTA atau call to action merupakan suatu gambar atau tulisan yang mendorong audiens untuk melakukan aksi, dapat berupa pembayaran, pengirisan form, dan sebagainya. CTA yang dibuat dengan tepat dapat membantu mendorong rasa penasaran audiens untuk melakukan klik pada iklan anda.

Menambahkan Breadcrumbs pada Halaman Hasil Pencarian

Breadcrumbs merupakan alat bantu untuk pengunjung website ketika menjelajahi website anda. Breadcrumbs dapat ditambahkan pada halaman hasil pencarian, ini dapat membantu para pencari untuk mengukur seberapa relevan artikel tersebut sesuai dengan pencarian mereka.

Kesimpulan

Mendapatkan traffic banyak adalah salah satu kunci dari mendapatkan rangking pada search engine. Cara untuk meningkatkan traffic adalah dengan mendapatkan klik dari Google, hal ini dapat diukur dan diatur dengan CTR. CTR memiliki peran penting dalam meningkatkan traffic, penting bagi anda untuk mengoptimalkan hal ini.

Terdapat berbagai cara untuk anda meningkatkan CTR tersebut seperti dengan optimasi konten atau menggunakan plugin. CTR memiliki kaitan erat dengan SEO, bagi anda yang masih awam dengan dunia SEO, tidak perlu khawatir karena Exabytes menyediakan konsultasi layanan untuk SEO. 

Terdapat pula berbagai artikel yang membahas mengenai SEO, mari jelajahi artikel-artikel tersebut dan tingkatkan kemampuan SEO anda.