Penjelasan Node Pada Jaringan Komputer dan Fungsinya

0
2414

Belakangan ini, istilah bitcoin dan blockchain kian populer. Tetapi, tidak semua orang tahu kalau ternyata keduanya memerlukan teknologi yang bernama node. Node pada jaringan komputer memiliki peran penting dalam transaksi yang melibatkan blockchain.

Apa itu node, fungsi, dan jenisnya? Penjelasan node pada jaringan komputer pada artikel ini bisa menjadi salah satu referensi untuk memperkaya pengetahuan tentang node.

Apa Itu Node pada Jaringan Komputer

penjelasan node pada jaringan komputer
Berkirim dan menerima data menjadi lebih mudah pada komputer yang terhubung dengan jaringan. (Sumber: shutterstock)

Untuk bisa memahami apa itu node dan mengapa node penting dalam sistem blockchain, kini saat yang tepat untuk mengetahui penjelasan node pada jaringan komputer.

Node berasal dari bahasa lain yaitu nodus yang artinya simpul. Node bisa diartikan sebagai perangkat fisik yang berfungsi mengirim, menerima, serta meneruskan data di dalam jaringan komputer. Node yang mudah dikenali dan paling umum digunakan adalah komputer pribadi yang juga dikenal sebagai node internet.

Secara umum, node merupakan device terprogram yang pengguna manfaatkan agar perangkat komputer terhubung dengan jaringan sehingga bisa mengirimkan data antara dua perangkat atau lebih.

Karena node merupakan titik penyambung, distribusi, dan pengakhir suatu proses transfer data, setiap perangkat pada jaringan komputer bisa kita sebut sebagai node. Bahkan sejumlah perangkat yang umumnya berperan sebagai node merupakan perangkat yang kita gunakan sehari-hari, misalnya smartphone dan komputer.

Jenis-jenis Node

Penjelasan Node Pada Jaringan Komputer dan Fungsinya - 2024
Node hadir dengan berbagai jenis yang memiliki fungsi masing-masing. (Sumber: flickr)

Mengenal berbagai jenis node akan semakin melengkapi informasi yang kamu dapatkan seputar penjelasan node pada jaringan komputer, bukan? Jika sudah tahu apa itu node, apakah kamu juga penasaran dengan keberadaan berbagai jenis node?

Berikut adalah beberapa jenis node yang penggunaannya bermanfaat bagi manusia:

Node Jaringan Telekomunikasi

Salah satu jenis node adalah node jaringan telekomunikasi. Layanan jaringan cerdas atau pertukaran jaringan telepon pribadi maupun publik bisa didapatkan dari node ini. Fungsinya adalah mengontrol stasiun pangkalan dalam komunikasi seluler.

Node juga akan bertanggung jawab dalam mengendalikan tower BTS bahkan yang tower BTS yang bukan merupakan node. Pada jaringan komunikasi, node bisa berupa Serving GPRS Support Node (SGSN) maupun Gateway GPRS Support Node.

Tidak hanya sampai disitu, ternyata node juga seringkali ada dalam sistem televisi kabel yang melibatkan berbagai perangkat untuk bekerja dengan kabel optik fiber.

Node pada Jaringan Terdistribusi

Selain pada dua jaringan di atas, node juga bisa kamu temukan dalam jaringan terdistribusi, seperti server, client, dan peer.

Node Jaringan Internet

Saat berbicara tentang penjelasan node pada jaringan komputer, rasanya kurang pas jika tidak membahas node pada jaringan internet, bukan? Dalam jaringan komputer, node jaringan internet merupakan salah satu jenis node utama. 

Sebagian besar node pada jaringan tersebut merupakan komputer yang diidentifikasi dengan memanfaatkan alamat IP.

Node Komunikasi Data

Dalam komunikasi data, node berfungsi untuk membentuk perangkat komunikasi data agar transfer data bisa dilakukan dengan mudah dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Node ini biasanya berupa switch, modem, bridge, dan perangkat sejenis lainnya.

Node LAN dan WAN

Node LAN dan WAN bekerja sama dengan node lain dan mengharuskan adanya alamat MAC atau alamat IP sebagai Network Interface Cards (NIC). Umumnya node satu ini digunakan pada komputer dengan teknologi jaringan kabel dan nirkabel.

Fungsi Node

Penjelasan Node Pada Jaringan Komputer dan Fungsinya - 2024
Jaringan peer-to-peer pada blockchain merupakan salah satu fungsi node. (Sumber: shutterstock)

Selain penjelasan node pada jaringan komputer, tentunya akan lebih baik jika kamu juga mengetahui fungsi dari node. Fungsi utama node adalah untuk mengirimkan informasi dan data menggunakan media titik-titik yang terhubung dalam satu jaringan yang serupa. Tetapi, masih ada beberapa fungsi lain, diantaranya:

Jaringan Peer-to-Peer (P2P)

Jaringan peer-to-peer adalah salah satu fungsi dari node yang mengambil dan menggunakan sumber daya dari komputer lain. Model ini juga bahkan bisa memberikan sumber dayanya pada komputer itu sendiri tanpa harus adanya alat penyimpanan seperti flash drive atau sejenisnya. 

Tidak juga mengharuskan pengguna untuk terlebih dahulu mendownload apa yang mereka butuhkan. Akan tetapi, jaringan pada komputer harus aktif dan terhubung satu sama lain. Untuk bisa mengambil data pada komputer lain, pengguna cukup mengaksesnya melalui komputer mereka sendiri.

Caranya adalah dengan memberikan alamat IP dari satu kelas IP yang sama. Dengan begitu bisa terjadi sharing dari satu komputer ke komputer lainnya agar bisa bertukar data atau sumber daya. 

Jaringan Client-Server

Fungsi lain dari node adalah sebagai jaringan client-server. Hal tersebut memerlukan beberapa komputer untuk dijadikan sebagai server. Kemudian, komputer tersebut memberikan akses resource ke komputer lainnya atau yang disebut client pada jaringan.

Dalam hal ini, server mengatur mekanisme akses terhadap sumber daya yang bisa client gunakan. Juga tersedia mekanisme komunikasi antar node dalam jaringan yang digunakan. Ternyata, sistem client-server juga dapat digunakan tidak hanya pada jaringan lokal tetapi juga teknologi internet.

Cari tahu juga dampak positif dan negatif internet agar bisa lebih bijak dalam menggunakan teknologi tersebut.

Tertarik untuk mencobanya? Siapkan satu unit komputer sebagai server dan siapkan komputer lain sebagai client. Sisi client bisa meminta layanan yang server berikan untuk mengakses sumber daya data sesuai kebutuhan dan keinginan.

Pentingnya Node dalam Transaksi Blockchain

Dengan membaca penjelasan node pada jaringan komputer, apakah kamu sudah bisa menyimpulkan mengapa node dalam transaksi blockchain itu penting?

Dalam aktivitas Bitcoin yang menggunakan teknologi blockchain seperti mining, node berperan sebagai sarana verifikasi. Node membantu memastikan setiap transaksi berjalan aman dan bukan merupakan duplikat maupun bentuk penipuan.

Transaksi mencurigakan dalam aktivitas bitcoin akan segera diblokir oleh node. Sehingga jaringan blockchain tidak bisa diakses. Perusahaan maupun pelaku bisnis akan merasa aman dan yakin untuk menambahkan kripto sebagai alat transaksi karena node menjamin keamanan seperti yang diharapkan. 

Ada beberapa perusahaan yang menambahkan bitcoin sebagai bentuk pembayaran seperti PayPal, Etsy, Starbucks, Home Depot, dan Microsoft.  Pernah bertransaksi menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran?

Contoh Node

Setelah membaca penjelasan node pada jaringan komputer, kamu mungkin semakin menyadari kalau node memiliki peranan penting. Meski tampak sederhana, node berpartisipasi agar koneksi antar jaringan komputer dapat berjalan. 

Dengan kata lain, pengiriman data secara digital tidak dapat terdistribusi dengan lancar apabila tidak ada node. Berikut adalah beberapa contoh node yang bisa membantu memahami penjelasan node pada jaringan komputer dengan lebih dalam:

Local Node

Contoh node pada jaringan komputer yang pertama adalah local node. Akan tetapi tidak semua perangkat terkoneksi dengan internet saat node satu ini digunakan. 

Mari kita ambil contoh printer dan speaker yang  merupakan perangkat yang terhubung ke komputer. Akan tetapi kedua perangkat tersebut tidak selalu terhubung ke internet. Bahkan keduanya bisa tetap beroperasi selama jangkauannya dekat dengan komputer atau perangkat sejenis yang kamu gunakan.

Personal Node

Prioritas utama dari personal node adalah titik node milik pribadi. Misalnya, Bluetooth yang kamu gunakan untuk mengirimkan data ke perangkat lain termasuk ke komputer. Akan tetapi, penggunaan Bluetooth memiliki batasan bagi pada akses data serta jangkauan. Itulah kenapa kamu hanya bisa menggunakannya dengan perangkat terdekat saja.

Virtual Host

Contoh lain dari node adalah virtual host. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa node bukan hanya untuk hardware tetapi juga bisa berbentuk virtual. Namun, secara fungsi tidak jauh berbeda dengan node lain yang digunakan dalam hardware.

Sistem di internet memiliki mesin yang terdiri dari berbagai virtual host sebagai server. Server tersebut bisa bekerja sebagai alamat jaringan maupun penyimpanan cloud untuk kebutuhan penyimpanan data dalam jumlah besar.

Secara keamanan dan efisiensi, server satu ini dinilai perlu. Jadi, tidak heran jika saat ini semakin banyak yang menggunakannya.

Virtual host dan server mungkin mengingatkanmu pada istilah yang tidak lagi asing yaitu Virtual Private Server (VPS).

Servers

Contoh lain dari node adalah server yang juga merupakan salah satu node virtual. Fungsi dari server adalah menyediakan server web dan website yang perlu media penyimpanan data termasuk dokumen, gambar, audio, dan lainnya.

Kesimpulan

Meski merupakan istilah yang asing di telinga sebagian dari kita, ternyata node begitu sering kita manfaatkan bahkan untuk beraktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, mengetahui penjelasan node pada jaringan komputer akan membantu mengetahui sekaligus memahami peran penting serta fungsi node itu sendiri.

Meski terdengar rumit, node ternyata begitu akrab dengan berbagai kegiatan yang kita lakukan. Node juga bisa ditemukan dalam virtual host yang memiliki peran tersendiri bagi perusahaan atau bisnis.

Jika kali ini bisnis kamu memerlukan VPS, kamu pasti tahu kalau Exabytes adalah pihak yang tepat untuk dihubungi, bukan? Jadi, tunggu apalagi?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments