Pentingnya VPS untuk Situs Website Berkapasitas Besar

59
Pentingnya VPS
6 min read

Bagi kamu yang telah terjun ke dunia IT tentunya sudah tidak asing lagi dengan VPS bukan? Virtual Private Server atau VPS adalah salah satu jenis web hosting yang biasa digunakan untuk mengakomodir pembuatan website. Sesuai namanya, level VPS sendiri berada di atas shared hosting atau hosting murah yang biasa digunakan secara rombongan.

Server ini sendiri diperuntukkan umumnya untuk website yang memiliki kapasitas besar atau yang memiliki traffic yang tinggi. Contoh website yang dalam kategori ini misalnya e-commerce, website perusahaan, pengembangan aplikasi, portal berita dan masih banyak lagi.

Jika kamu memiliki website yang berkapasitas besar, VPS menjadi pertimbangan untukmu dikarenakan web hosting saja tidak cukup untuk menunjang performa website agar lebih maksimal. Apakah saat ini kamu tertarik dengan VPS?

Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu pengertian VPS lebih lanjut? Yuk, simak artikel berikut ini!

VPS (Adobe Stock)
VPS (Adobe Stock)

Apa itu VPS?

VPS atau juga disebut Virtual Private server adalah sebuah metode untuk mempartisi ataupun membagi sumber daya (resource) sebuah server fisik menjadi beberapa server virtual. Dan server virtual tersebut memiliki kemampuan menjalankan operating system sendiri seperti layaknya sebuah server fisik.

Fungsi VPS

Berikut merupakan beberapa fungsi VPS yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kinerja website atau bisnis online. Diantaranya adalah:

Website Trafik Super Tinggi

Apabila kamu memiliki website dengan trafik super tinggi, VPS adalah solusi layanan yang sesuai untuk website kamu. Apabila saat ini sedang menggunakan shared hosting, kamu dapat berpindah layanan ke VPS agar performa website tetap terjaga.

Web Hosting Skala Kecil

Apabila kamu memiliki usaha jasa pembuatan website atau web developer, layanan VPS berguna untuk mengakomodir kebutuhan web hosting klien kamu. 

Dengan adanya VPS ini, kamu akan lebih leluasa untuk mengontrol berbagai website sesuai masing-masing kebutuhannya.

File Hosting

Layanan VPS juga dapat membantu kamu mengamankan berbagai data yang dimiliki. Karena VPS memungkinan kamu untuk menyimpan file berukuran besar yang dapat diakses secara pribadi maupun diakses para pengunjung website.

Remote Desktop

VPS juga dapat memberikan keleluasaan untuk mengakses dan menggunakan komputer atau server secara remote, yang mana berarti kamu memiliki kontrol penuh terhadap berbagai server tanpa adanya batas lokasi.

Baca Juga  #WFH Bangun Aplikasi & Website Lebih Efisien dengan VPS Server

VPS Sebagai VPN

VPS sebagai VPN bisa digunakan apabila kamu memiliki usaha atau organisasi yang memerlukan jaringan private untuk kamu sendiri maupun karyawan. 

VPS sebagai VPN ini berguna untuk menyimpan data-data penting dan dapat melakukan pertukaran data dengan aman selama dalam jaringan VPN tersebut.

Server Percobaan

Layanan VPS biasanya memberikan harga yang relatif murah sehingga kamu bisa mendapatkan fitur-fitur yang cukup untuk server tahap percobaan. 

Apabila kamu sedang dalam tahap pengembangan software, aplikasi, sistem operasi atau framework, VPS akan sangat membantu untuk keperluan testing.

VPS (Adobe Stock)
VPS (Adobe Stock)

Jenis – Jenis VPS

VPS tersedia dalam beberapa jenis, sehingga kamu perlu untuk mencari tahu sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut diantaranya:

Open Vz

Open Vz merupakan salah satu jenis VPS yang paling banyak dicari di pasar saat ini, Open Vz ini menggunakan sistem operasi yang bekerja pada shared kernel server. 

Untuk Open Vz sendiri hanya dapat digunakan pada sistem operasi berbasis Linux. VPS ini memiliki penggunaan resource yang lebih rendah jika dibandingkan jenis lainnya.

KVM (Kernel Based Virtual Machine)

VPS jenis kedua yaitu KVM atau Kernel Based Virtual Machine. VPS dengan teknologi ini memiliki keunggulan berupa kemampuan untuk melakukan komunikasi dan terhubung dengan hardware.

Hal ini lebih unggul dibandingkan dengan Open Vz yang masih memerlukan sistem operasi agar dapat digunakan untuk berkomunikasi.

HVM (Hardware Virtual Machine)

Jenis HVM atau hardware virtual machine untuk virtualisasinya berada pada tingkat kernel. Hardware virtual machine atau HVM ini memberikan kebebasan kepada penggunanya secara penuh. 

Fitur yang ada di dalam HVM ini sangat cocok untuk digunakan pada website besar dan toko online.

Microsoft Hyper V

Jenis VPS yang ke-empat ada Microsoft hyper v, sesuai dengan namanya sistem operasinya menggunakan windows, jadi dapat digunakan pada kebanyakan perangkat. 

Kelebihan dari VPS ini adalah kemudahan dalam penggunaan karena semua panel telah menggunakan GUI (Graphical User Interface).

VPS (Adobe Stock)
VPS (Adobe Stock)

Pentingnya VPS untuk Website Berkapasitas Besar

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, dan jenis – jenis VPS, berikut adalah pentingnya VPS untuk website berkapasitas besar:

Resource Lebih Besar

Dengan VPS, resources berupa RAM, CPU, Bandwidth akan kamu gunakan sepenuhnya sendiri dan tidak perlu tercampur dan berbagi resource dengan pengguna lain sehingga performa situs anda akan menjadi lebih baik. VPS memiliki resource yang lebih besar dan lebih baik sehingga kinerja website pun lancar dan stabil meskipun website memiliki traffic yang tinggi.

Baca Juga  10 Hal Ini Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Website E-Commerce

Performa Lebih Baik

Karena semua sumber daya digunakan sendiri, tentu performa server menjadi lebih baik. Tingkat kemungkinan untuk terjadi downtime lebih kecil karena server kamu tidak terpengaruh oleh pengguna lain. Hal ini berbeda dengan shared hosting dimana harus berbagi dengan orang lain.

Performa server yang baik tentunya menghasilkan performa website yang baik pula. Situs dengan performa yang baik akan terhindar dari kemungkinan bounce back dari pengunjung.

Keamanan dan Privasi Lebih Terjamin

VPS memungkinkan kamu untuk menyimpan berbagai file dalam database tersendiri. Pengguna VPS lain tidak akan bisa mengakses database kamu walaupun berada dalam satu server fisik.

Selain itu, VPS memiliki sistem backup yang mumpuni dan dilakukan secara berkala bahkan setiap hari. Sehingga, apabila terjadi kesalahan dan gangguan, file-file anda terjamin keamanannya dan dapat dipulihkan dengan segera.

Skalabilitas Baik

Seiring berjalannya waktu, perusahaan kamu dapat berkembang menjadi lebih besar. Begitu pula skala resource yang dibutuhkan oleh website dan aplikasi yang kamu gunakan. 

Apabila menggunakan VPS, kamu bisa dengan mudah meningkatkan skala CPU, bandwidth, ruang penyimpanan, dan sumber daya server lainnya untuk mengimbangi perkembangan kebutuhan resource kamu.

Kontrol Penuh

Walaupun berada dalam satu server fisik yang sama dengan pengguna VPS lain, kamu tetap memiliki akses ke SSH (Secure Shell Connection) dan root server.

Maka, kamu dapat dengan leluasa memodifikasi sistem operasi, berbagai file, aplikasi yang digunakan, hingga konfigurasi keamanan yang kamu kehendaki.

Menghemat Biaya dalam Jangka Panjang

Dengan Virtual Private Server, perusahaan hosting web masih dapat menempatkan banyak pengguna dalam satu server fisik, tetapi dengan lebih banyak sumber daya. Jadi, biaya per pengguna lebih rendah dan mereka dapat menawarkan paket yang lebih terjangkau.

Dalam hal kinerja dan sumber daya, hosting khusus lebih efektif. Namun, dari sisi skalabilitas, cara ini tidak sefleksibel VPS karena kamu mengharuskan untuk menambahkan perangkat keras tambahan atau pindah ke server yang lebih besar saat melakukan peningkatan.

Itulah penjelasan mengenai apa itu VPS lengkap dengan fungsinya. Semoga artikel di atas dapat memberikan gambaran terkait pentingnya peran Virtual Private Server dalam menunjang performa website.

Pentingnya VPS untuk Situs Website Berkapasitas Besar - 2021
VPS Exabytes Indonesia

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu tertarik untuk menggunakan VPS? Jika kamu saat ini membutuhkan VPS, kunjungi Exabytes Indonesia karena kami menyediakan VPS terbaik yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhanmu.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments