13 Tugas Maintenance WordPress Yang Harus Dilakukan Berkala

1257
Maintenance WordPress
14 min read

Exabytes Friends, terkhusus untuk yang websitenya menggunakan WordPress hosting, perlu banget mengetahui dan memahami tugas maintenance WordPress agar website tetap aman dan dalam kondisi baik.

Tugas maintenance WordPress umumnya harus dilakukan secara berkala, karena semua tugas ini tidak bisa melakukannya secara otomatis atau mandiri maka harus kamu sebagai pemilik website WordPress yang tidak boleh kelupaan nih. Catat yah apa-apa saja tugas maintenance WordPress. 

Apa Itu Maintenance WordPress?

Sebelum mengetahui tugas maintenance WordPress akan dibahas terlebih dulu tentang maintenance WordPress.

Jadi, maintenance WordPress adalah perawatan yang dilakukan pada WordPress secara berkala untuk memastikan serta menjaga kinerja website tetap stabil, sempurna dan juga aman dari para peretas. 

Melakukan tugas maintenance WordPress
Melakukan tugas maintenance di website. (Source: Shutterstock)

Tidak hanya dari serangan hacking, maintenance WordPress berkala membuat kamu terhindar dari serangan lain seperti malware, serangan brute force dan serangan SQL injections.

Website yang bekerja sempurna serta aman dari berbagai serangan terutama serangan hacking sangat berguna untuk reputasi website kamu.

Meskipun WordPress pada dasarnya sudah memiliki sistem keamanan yang mumpuni, namun kamu sebagai pemilik website juga perlu memiliki keamanan berlapis, tidak hanya sebatas memasang plugin lho.

Dengan WordPress yang menguasai hampir 40% website di dunia, membuat para peretas juga menargetkan para pengguna WordPress bisa melalui theme atau plugin eksternal. Maka dari itu, tetap diperlukan upaya pelaksanaan tugas maintenance WordPress agar website kamu tetap aman dan bekerja dengan baik.

Alasan Harus Melakukan Tugas Maintenance WordPress Berkala

Selain menjaga website tetap berkinerja dengan stabil, baik dan juga aman, tugas maintenance WordPress juga memiliki banyak manfaat untuk website WordPress kamu. 

Keamanan Berlapis

13 Tugas Maintenance WordPress Yang Harus Dilakukan Berkala - 2022
Maintenance WordPress memberikan keamanan berlapis pada website. (Source: Shutterstock)

Sebagai pemilik website, baiknya jangan hanya memasrahkan diri seutuhnya dengan sistem WordPress, walau terjamin aman, dan hanya menginstall plugin keamanan WordPress dalam website. 

Semakin banyak plugin dan tema yang kamu tambahkan maka semakin besar kemungkinan website kamu bisa tidak aman. Parahnya, jika ada plugin dan tema yang memiliki kode buruk dan kamu tidak rajin mengupdate atau memperbaruinya. Websitemu bisa error dan rusak bahkan diretas oleh hacker.

Tugas maintenance WordPress membantu website kamu agar tetap aman ketika kamu menginstall banyak tema dan plugin yang diluar rilisan WordPress dari yang berbayar hingga gratis. 

Website Selalu Butuh Diupdate

Website kamu tentunya tidak mungkin memiliki tampilan yang sama secara terus menerus sepanjang waktu. Seiring perkembangan teknologi akan ada perubahan tren baik di tema maupun plugin. WordPress yang bersifat open source memberikan kebebasan kepada developer web untuk mengembangkan website sebagus mungkin. 

Nah, tugas maintenance WordPress ini membantu website kamu tetap up-to-date dan juga aman ketika kamu menambahkan fitur fitur terkini seperti memasang plugin atau desain tema. 

UX Dan Aksesibilitas Website Baik

Gunanya tugas maintenance WordPress yaitu agar website kamu tetap dalam kondisi baik sehingga mudah diakses oleh orang kapanpun dan dimanapun serta memberikan user experience atau pengalaman yang baik ke mereka. 

13 Tugas Maintenance WordPress Yang Harus Dilakukan Berkala - 2022
Website yang mudah diakses memberikan kesenangan. (Source: Shutterstock)

Jika kamu tidak melakukan perawatan pada WordPress nantinya saat website kamu rusak, baik karena diretas maupun saat terjadi kesalahan di dalam website, bisa membuat kamu kehilangan pengunjung website atau calon pelanggan terlebih jika website kamu digunakan untuk berbisnis online.

Meningkatkan Performa Website dan SEO

Ketika kamu melakukan tugas maintenance WordPress dan melakukan pemeriksaan dan perawatan secara menyeluruh, ketika ada sesuatu yang rusak, kurang memiliki performa baik,kamu bisa segera mengetahuinya serta memperbaikinya.

Misalnya, kamu menemukan masalah website kamu mempunya loading yang lama, kamu bisa cepat memperbaikinya. Jika kamu tidak melakukan tugas maintenance WordPress kamu tidak bisa mengidentifikasi bahkan tidak pernah tahu kalau websitemu ternyata memiliki page loading yang lambat.

Jika website kamu loading dengan cepat, maka penerapan teknik SEO yang sudah kamu lakukan pada konten di website akan memiliki performa yang baik juga. 

Meningkatkan Konversi Di Website

Website WordPress kamu digunakan sebagai bisnis online juga? Maka jangan sampai tidak rajin melakukan tugas maintenance WordPress. 

Selain membuat aksesibilitas tetap baik dan bisa dikunjungi kapanpun, terlebih didukung oleh kecepatan loading website yang selalu kamu pantau berkala, maka konversi yang kamu inginkan di website bisnis online akan meningkat.

13 Tugas Maintenance WordPress Yang Harus Dilakukan Berkala - 2022
Maintenance WordPress dapat meningkatkan konversi, contohnya membuat orang membeli produk. (Source: Shutterstock)

Calon pelanggan pastinya lebih suka mengunjungi, menikmati konten, check-out produk serta melakukan pembayaran, mendaftar membership, berlangganan newsletter di website yang cepat loadingnya serta memiliki aksesibilitas yang baik. 

Waktu Kerja Lebih Efisien

Dengan melakukan tugas maintenance WordPress dan memastikan kinerja website baik, maka kamu bisa lebih fokus ke hal lain dan tidak menghabiskan waktu berlama-berlama mengurus pengembangan atau urusan teknis website dan bisa lebih fokus ke mengembangkan bisnis jika website kamu digunakan untuk bisnis online.

Baca Juga  Pengertian WordPress Hosting Beserta Kelebihannya (Lengkap)

Selain kamu bisa fokus ke urusan lain, kamu juga selamat dari ancaman kehilangan keseluruhan data dan konten yang sudah kamu bangun di website kamu. Jangan sampai karena kamu tidak rajin melakukan tugas maintenance WordPress, suatu saat kamu akan kelimpungan saat terkena serangan dan akhirnya harus mengulang membuat konten serta website dari awal lagi.

13 Tugas Maintenance WordPress

Exabytes Friends, kamu sudah mengetahui mengapa pengguna WordPress harus melakukan tugas maintenance WordPress secara berkala. Lalu kapan sih waktu yang pas untuk melakukan tugas maintenance WordPress?

Semua tergantung dari website WordPress kamu. Jika kamu menjalankan website yang sibuk dan memiliki traffic tinggi, maka sebaiknya lakukan tugas maintenance WordPress ini setiap tiga bulan.

Untuk website yang tidak begitu sibuk membuat konten dan memiliki traffic sedang, tugas maintenance WordPress bisa dilakukan setiap enam bulan sekali.

Inilah rincian tugas maintenance WordPress yang harus kamu lakukan secara berkala.

Mengubah Password WordPress

Tugas maintenance WordPress yang pertama ialah mengubah password WordPress. Password adalah pertahanan pertama pada website kamu.Maka demikian, gunakanlah password yang unik dan kuat untuk semua akun online kamu termasuk akun WordPress, akun FTP serta database.

13 Tugas Maintenance WordPress Yang Harus Dilakukan Berkala - 2022
Password WordPress harus unik dan diganti secara berkala. (Source: Shutterstock)

Akan tetapi, tidak cukup hanya memiliki password yang unik, selalu ada kemungkinan peretas bisa menyusup ke website kamu. Pakar keamanan WordPress kemudian menyarankan untuk secara rutin mengganti password WordPress, FTP atau SSH hingga database. 

Membuat Backup Menyeluruh WordPress

Memang, terdapat banyak plugin backup WordPress seperti BackUpBuddy yang dapat membantu melakukan backup websitemu secara otomatis. Akan tetapi ada kalanya plugin bisa berhenti bekerja tanpa kamu sadari.

Untuk mengatasinya, kamu perlu juga melakukan backup secara manual dan menyeluruh terhadap situs WordPress. Setelah melakukan backup, pastikan file benar-benar tersimpan di penyimpanan pilihan kamu misalnya Google Drive, Dropbox, dll. 

Periksa dan Perbarui Semua File WordPress

Menggunakan website yang WordPress hosting tentunya tidak lengkap tanpa menginstall tema-tema dan plugin ciamik baik yang disediakan WordPress atau dari pihak eksternal. Boleh-boleh saja kamu menginstall banyak plugin dan tema, akan tetapi kamu harus selalu memastikan semuanya selalu berjalan dengan baik.

Jangan sampai ada plugin atau tema yang sudah kadaluarsa dan belum kamu update, plugin rusak atau terkena serangan dan kamu tidak mengidentifikasinya dengan cepat karena tidak melakukan tugas maintenance WordPress berkala. Yang terjadi, website kamu akan gampang diretas, rusak, bahkan kehilangan website WordPress kamu selamanya.

Selalu periksa dan segera perbarui semua file yang ada di WordPress. Pastikan kamu selalu menggunakan versi yang paling terbaru. Karena WordPress kerap merilis pembaruan plugin, tema hingga pembaruan pada WordPress itu sendiri.

Periksa dan Hapus Komentar Spam

Komentar terkadang diperlukan untuk SEO sekaligus wadah pengunjung website untuk berinteraksi baik dengan pemilik website maupun satu sama lain. Kolom komentar juga bisa dijadikan arahan hingga testimoni jika websitemu digunakan untuk bisnis online.

Namun untuk menghindari serangan komentar spam yang tidak sesuai dengan konten, hingga komentar yang memberikan link penyebaran virus ke pengunjung website kamu, maka kamu perlu periksa dan hapus komentar spam.

13 Tugas Maintenance WordPress Yang Harus Dilakukan Berkala - 2022
Komentar spam dan yang tidak berhubungan dengan konten harus dihapus. (Source: Shutterstock)

Rerata pengguna WordPress menggunakan plugin Akismet yang otomatis menghapus komentar spam di website. tetapi ada kalanya Akismet malah menandai komentar yang benar menjadi spam. Jadi memeriksa dengan manual juga disarankan.

Kamu juga bisa memoderasi komentar dengan cara mengatur setting di WordPress bahwa ketika komentar diberikan di website kamu, komentar itu tidak akan terpublikasi sampai kamu setujui. Opsi lainnya, kamu dapat pula sekalian menonaktifkan kolom komentar. 

Melakukan Test Pada Formulir Di WordPress

Jika di WordPress kamu memiliki formulir untuk diisi oleh pengunjung, maka kamu perlu juga melakukan test secara berkala sebagai bagian dari maintenance WordPress. Kamu bisa mencoba mengisi formulir seolah-olah kamu pelanggan dan memastikan bahwa alur, konversi hingga landing page sudah sesuai dengan yang kamu inginkan. F

Optimalkan Database WordPress 

Database merupakan bagian yang sangat penting dari WordPress. Karena di situlah semua data kamu berada dari mulai konten, berbagai setting-an websitemu, user di dalam website hingga komentar.

Seiring kamu menggunakan WordPress maka isi database akan semakin bertambah. Nah, maka dari itu kamu perlu mengoptimalkan dan mengatur isi database sebagai bagian dari tugas maintenance WordPress berkala. Jangan sampai database penuh dengan file atau data yang tidak diperlukan,

Dengan database yang berisikan hal-hal penting dan aish memuat banyak space, kamu akan terhindar dari kekacauan error dan membuat loading website lebih cepat.

WordPress mempunyai plugin yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan dan memperbarui serta mengoptimalkan database. Contohnya WP-Optimize, WP DBManager, WP Sweep, dll.

Jalankan Test Perfoma WordPress

Selain berpengaruh ke database, konten, plugin, tema yang kamu tambahkan ke WordPress juga akan berpengaruh ke performa website menjadi lambat.

Website yang ringan dikunjungi, tidak lambat dapat memberikan pengalaman ke pengguna yang baik sehingga mereka akan mengunjungi website kamu di kemudian hari ketika membutuhkan sesuatu baik informasi atau membeli produk.

Baca Juga  Ini 4 Cara Mengetahui Versi WordPress yang Dapat Anda Coba!

Maka dari itu, sangat diperlukan melakukan review terhadap kinerja atau performa website yang menyeluruh secara berkala. Kamu bisa menggunakan plugin atau alat eksternal seperti Google Page Speed Insight.

13 Tugas Maintenance WordPress Yang Harus Dilakukan Berkala - 2022
Ilustrasi pengecekkan terhadap kecepatan dan performa website. (Source: Shutterstock)

Jika kamu mengidentifikasi masalah website loading lambat segera lakukan upaya perbaikan misalnya memperbarui plugin, memeriksa tema, mengoptimalkan aset dan foto pada konten website dan menggunakan WordPress hosting yang dapat menawarkan layanan performa website serta waktu operasional terbaik.

Temukan dan Perbaiki 404 Error

Tugas maintenance WordPress selanjutnya ialah menemukan apakah adalah halaman 404 Error di WordPress kamu.

13 Tugas Maintenance WordPress Yang Harus Dilakukan Berkala - 2022
Contoh halaman 404 error. (Source: Shutterstock)

Halaman 404 Error ialah halaman yang direquest oleh pengunjung website dan  tidak terdapat di website kamu. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan pengetikkan nama URL, yang merupakan hal normal dan tidak perlu kamu khawatirkan.

Namun bagaimana jika ternyata halaman dalam salah satu website amu terhapus karena error yang tidak kamu sadari? hal ini akan membuat pengunjung frustasi dan menciptakan pengalaman buruk untuk mereka.

Periksalah apakah kamu mempunyai halaman 404 error dan jika teridentifikasi halamanmu ada yang error atau rusak sehingga tidak bisa muncul, segera perbaiki. 

Temukan dan Perbaiki Broken Links

Selain halaman 404 error, yang perlu kamu identifikasi adalah apakah website WordPress kamu mempunyai broken links atau link yang rusak. 

Terkadang kamu menambahkan link ke pihak eksternal atau meletakkan foto dari pihak eksternal pada konten terutama yang berupa artikel. Kemudian beberapa waktu kemudian, halaman yang kamu takutkan ke artikel mungkin sudah dihapus atau berubah tempat oleh pihak eksternal.

ketika pengunjung WordPress mengklik link eksternal dan ternyata mereka mendapati halaman yang tidak ada pastinya akan membuat mereka frustasi dan menciptakan pengalaman buruk. 

Optimalkan Gambar di WordPress

Selain link atau tautan foto yang rusak dan segera perbaiki dengan foto yang baru, kamu juga harus mengoptimalkan foto atau gambar yang saat ini masih ada pada konten di WordPress.

Gambar membutuhkan waktu load yang lebih lama ketimbang text. gambar atau foto  yang ukurannya terlalu besar akan mempengaruhi loading website menjadi lambat. 

Periksa kembali seluruh foto atau gambar yang berada di WordPress kamu melalui media library. Pastikan tidak ada foto yang terlalu besar. Jika fotonya terlalu besar kamu bisa mencoba mengecilkannya terlebih dahulu.

Lakukan Audit Konten dan SEO Secara Menyeluruh

Website yang memiliki page loading cepat akan mempengaruhi kinerja SEO menjadi lebih baik. Akan tetapi kamu jangan hanya berfokus pada membuat website menjadi cepat. Kamu perlu meninjau kembali bagaimana penerapan praktik SEO baik yang on page maupun off page pada konten di website WordPressmu.

Ada berbagai banyak cara untuk melakukan pemeriksaan kinerja SEO yaitu bisa menggunakan tools seperti Google Analytics. Dengan demikian dapat diketahui dari mana mereka berasal, menggunakan device apa, dan apa yang mereka lakukan saat berada di websitemu.

13 Tugas Maintenance WordPress Yang Harus Dilakukan Berkala - 2022
Melakukan audit serta analisa pada praktik SEO yang diterapkan di WordPress dengan tools Google Analytics. (Source: Shutterstock)

Kamu juga bisa menggunakan tools lain seperti All In One SEO atau Google Search Console untuk mengetahui keyword apa yang tepat untuk kamu optimalkan sehingga kamu bisa mendapati peringkat di mesin pencarian dan mendatangkan traffic.

Hasil dari tools Google Analytics, All In One SEO hingga Google Search Console bisa kamu gunakan untuk memperbaiki kinerja SEO website WordPress misalnya disarankan menambahkan Alt Image Text, hyperlink ke website eksternal, menambahkan intensitas kemunculan keyword pada artikel.

Tinjau Kembali Keamanan Pada WordPress

Selain mengganti password di semua akun baik itu WordPress database atau FTP secara berkala, membuat manual backup, dan menginstall plugin keamanan WordPress sebagai bentuk memberikan keamanan berlapis di WordPress, kamu juga perlu meninjau kembali seluruh aktivitas dan upaya masuk ke WordPressmu.

Dengan secara manual mengecek aktivitas dan upaya login ke website, kamu dapat mengetahui seluruh kejadian dari ditambahkan user baru, ditambahkan konten baru, waktu mempublish konten, siapa saja yang log in ke website kamu.

Jika ada yang mencurigakan, kamu bisa langsung mengidentifikasi dan melakukan upaya pengamanan terhadap website. 

Aktifkan Mode Maintenance

Saat kamu melakukan maintenance WordPress berkala, ada yang tidak memberikan efek pada tampilan live website namun ada juga  yang memberikan efek misalnya website menjadi lebih lambat 

Ketika kamu melakukan maintenance WordPress, baiknya kamu mengaktifkan mode maintenance. Mode maintenance ini berguna untuk memberi tahu pengunjung kamu dan mesin pencarian bahwa website kamu sedang dalam perbaikan sementara waktu.

13 Tugas Maintenance WordPress Yang Harus Dilakukan Berkala - 2022
Contoh halaman mode maintenance di WordPress (Source: ThemeGrill)

Dan jika dalam melakukan tugas maintenance WordPress kamu tiba-tiba memiliki error, tampilan website di perangkat pengunjung tetap menunjukkan halaman sedang dalam perbaikan. Ini lebih baik ketimbang mereka berselancar di websitemu lalu menemukan halaman 404 error atau link yang rusak dan menciptakan user experience yang buruk. 

Kesimpulan

Exabytes Friends, khususnya yang menggunakan WordPress hosting terbaik, itulah rincian 13 tugas maintenance WordPress berkala yang harus dilakukan agar website kamu tetap aman dan bekerja dengan baik. WordPress yang aman dan baik akan memberikan kamu banyak keuntungan serta menjaga reputasi baik websitemu.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Exabytes Friends yang menggunakan WordPress. Yuk, yang websitenya belum dimaintenace segera lakukan 13 tugas-tugas ini !

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak