Ini 13+ Tips Memilih SSL Website yang Tepat, Jangan Asal Pilih!

205
9 min read

Keamanan data pelanggan terutama untuk website yang menyediakan pembelian secara online, Tingkat keamanan yang tinggi akan membuat pengunjung percaya untuk memberikan informasi sensitif terutama saat melakukan pembelian. 

Untuk perihal keamanan data pelanggan, pemilik website harus menggunakan SSL atau Secure Socket Layer tepat dengan menerapkan beberapa tips memilih SSL.

Saat ini, mesin pencari terutama Google mengutamakan website yang menggunakan SSL. Penggunaan secure socket layer juga memberikan keuntungan dari segi optimasi website

Jika kamu belum tahu hal tersebut dan baru berencana membeli SSL, coba perhatikan beberapa tips memilih SSL agar mendapatkan sertifikat SSL yang sesuai kebutuhan.

Mengenal Apa Itu SSL

Mengenal apa itu SSL
SSL menggunakan teknologi enkripsi untuk mengamankan data dari pengirim ke penerima. (Sumber: flickr)

Hosting Indonesia bukanlah satu-satunya hal yang harus kamu perhatikan saat membuat atau mengembangkan website. SSL juga tidak kalah penting untuk kamu pertimbangkan karena menyangkut keamanan data yang pengguna bagikan kepada kamu sebagai pemilik website saat membuat akun atau membeli produk. 

Hal tersebut juga berhubungan dengan kepercayaan pelanggan. Dengan tingkat keamanan yang tinggi, pengunjung dan pelanggan akan percaya pada bisnis kamu sehingga mereka tidak perlu khawatir saat harus membagikan informasi sensitif yang diperlukan dalam pembelian produk. 

Informasi tersebut dapat berupa login credential maupun data kartu kredit atau kartu debit yang ditambahkan saat melakukan pembayaran atau checkout pesanan di website.

Untuk melindungi data sensitif pelanggan baru maupun pelanggan setia, sudah saatnya kamu memutuskan untuk beli SSL tanpa tapi dan tanpa nanti. Tapi, apakah kamu sudah tahu apa itu SSL?

SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer yaitu sebuah lapisan keamanan pada website yang berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap data sensitif serta privasi di internet. 

SSL menggunakan teknologi enkripsi di mana data yang dikirimkan dari web browser ke web server tidak akan mudah diretas atau dibaca oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Penggunaan SSL menguntungkan bagi pemilik website serta pelanggan yang melakukan pembelian secara online. Bahkan, SSL juga menjadi salah satu hal yang Google pertimbangkan dalam memberikan ranking pada website di hasil pencarian.

Agar lebih tahu apa saja keuntungan menggunakan SSL, kamu bisa membaca artikel satu ini.

Tips Memilih SSL

Tips memilih SSL
13+ tips memilih SSL yang tepat untuk website. (Sumber: flickr)

Butuh tips dan cara memilih SSL yang tepat? Sama seperti halnya memilih domain dan hosting, memilih SSL juga tidak boleh dilakukan sembarangan karena akan berdampak pada tingkat keamanan yang nantinya disediakan untuk website kamu.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu tahu bagaimana cara memilih SSL. Jika masih ragu untuk menentukan pilihan, berikut adalah beberapa tips memilih SSL yang bisa kamu coba.

Pahami Kebutuhan Sebelum Membeli

Setiap website memiliki kebutuhan keamanan yang berbeda sehingga website pribadi dan website e-commerce akan membutuhkan jenis atau tipe SSL yang berbeda. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa kamu memilih produk SSL yang tepat. 

Jika website kamu merupakan website pribadi, SSL dengan validasi domain sudah cukup untuk memberikan lapisan keamanan yang dibutuhkan oleh website tersebut.

Ketahui dan Pahami Perbedaan Jenis SSL

Ada tiga jenis SSL yang tersedia dan bisa dibeli sesuai kebutuhan masing-masing website. Jenis-jenis tersebut adalah Domain Validation atau DV SSL, Organization Validation atau OV SSL, dan Extended Validation atau EV SSL. 

Baca Juga  Mengenal Jenis SSL yang Bisa Digunakan untuk Mengamankan Website

Ketiga jenis SSL tersebut merupakan SSL yang dirancang untuk kebutuhan keamanan yang berbeda mulai dari website pribadi, website pemerintahan, hingga website e-commerce. Selain itu, ketiganya hadir dengan proses validasi yang berbeda.

Baik DV, OV, maupun EV SSL hadir dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mengetahui apa saja perbedaan sertifikat SSL tersebut, kamu bisa mendalaminya melalui artikel ini.

Tentukan Berapa Banyak Domain yang Akan Kamu Amankan

Salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih SSL adalah jumlah domain yang akan kamu amankan menggunakan sertifikat SSL. 

Kamu bisa mengamankan domain dengan berbagai ekstensi seperti Domain.COM menggunakan SSL. Namun, tentukan terlebih dahulu apakah kamu hanya akan mengamankan satu domain saja atau beberapa domain.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan SSL untuk mengamankan beberapa subdomain pada satu domain utama sehingga tidak perlu membeli banyak SSL untuk kebutuhan keamanan tersebut. 

Sebelum menghubungi penyedia SSL, alangkah baiknya jika kamu coba cek domain apa saja yang harus segera kamu amankan menggunakan SSL.

Menyiapkan Budget

Meski sebagai pemilik bisnis online kamu memiliki banyak domain dan subdomain yang hendak diamankan menggunakan SSL, tetapi kamu juga harus melihat berapa anggaran atau budget yang tersedia. 

Jika untuk saat ini belum memungkinkan untuk mengamankan semua domain dan subdomain yang dimiliki, kamu bisa terlebih dahulu mengamankan beberapa domain yang penting terlebih domain utama yang digunakan untuk website yang menjual produk atau jasa.

Cari Tahu Reputasi Certificate Authority (CA)

CA dengan reputasi baik
Pilih penerbit sertifikat SSL (CA) terkemuka di dunia. (Sumber: pixabay)

Certificate Authority atau CA adalah entitas yang akan menerbitkan sertifikat yang nantinya kamu pasang pada website milikmu. Selain menerbitkan, entitas tersebut juga berhak untuk mencabut sertifikat atau melakukan pembaruan apabila sertifikat SSL sudah expired.

Dengan banyaknya Certificate Authority yang menawarkan produk SSL berkualitas, tidak jarang calon pembeli kebingungan dalam memilih produk yang tepat. Tips memilih SSL yang bisa kamu gunakan dalam hal ini adalah mempertimbangkan reputasi penerbit sertifikat tersebut.

Certificate Authority yang sudah dipercaya oleh jutaan pengguna SSL di seluruh dunia bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu. Banyaknya jumlah pengguna serta ulasan yang bagus mengenai layanan SSL yang diberikan bisa meyakinkan kamu untuk memilih CA tertentu.

Perhatikan Waktu Penerbitan Sertifikat SSL

Tips memilih SSL lainnya adalah memperhatikan waktu penerbitan SSL. Pada umumnya penerbitan sertifikat SSL sesuai dengan jenis SSL yang akan kamu pilih. Misalnya, SSL jenis Domain Validation (DV) biasanya diterbitkan dalam hitungan menit atau maksimal kurang dari 24 jam terlepas dari Certificate Authority mana yang akan menerbitkan sertifikat tersebut.

Sementara Sertifikat jenis Organization Validation (OV) SSL bisa diterbitkan dalam waktu 2 hingga 3 hari tergantung dari kelengkapan dokumen yang kamu berikan. Sedangkan waktu penerbitan Extended Validation (EV) SSL adalah 2 hingga 4 hari.

Meski demikian, setiap Certificate Authority atau entitas penerbit sertifikat mungkin memiliki peraturan masing-masing dalam hal penerbitan SSL. Oleh karena itu, kamu harus memastikan kapan sertifikat SSL yang kamu beli akan diterbitkan.

Pilih SSL Gratis atau Berbayar

SSL gratis biasanya akan kamu dapatkan secara otomatis saat membeli web hosting Indonesia, namun tidak semua website dapat menggunakan SSL tipe ini. 

Karena merupakan produk gratis, tentu ada beberapa kekurangan yang membatasi kamu untuk mendapatkan apa yang kamu harapkan. Tidak hanya itu, tingkat keamanan dari SSL ini juga harus kamu pertimbangkan.

Dibandingkan SSL gratis, SSL berbayar dapat memberikan kamu manfaat dan keuntungan yang lebih banyak. Meski dana yang kamu punya terbatas, kamu bahkan bisa memilih produk SSL yang terjangkau terutama SSL berjenis Domain Validation yang ditawarkan oleh berbagai Certificate Authority termasuk Sectigo.

Pilih SSL Dengan Fitur Keamanan Tambahan

Pertimbangkan fitur keamanan tambahan sebagai tips memilih ssl
Fitur keamanan tambahan dari Sertifikat SSL. (Sumber: pixabay)

Beberapa CA atau entitas penerbit sertifikat menawarkan beberapa fitur keamanan tambahan pada beberapa produk SSL. Fitur-fitur tersebut akan sangat membantu dalam hal keamanan website. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan fitur keamanan tambahan saat memilih sertifikat SSL.

Baca Juga  8 Keuntungan Menggunakan Sertifikat SSL

Cari Tahu Apakah Ada Dukungan Pelanggan Atau Tidak

Dukungan pelanggan
Dukungan pelanggan untuk setiap pembelian SSL. (Sumber: pixabay)

Tips memilih SSL yang tepat lainnya adalah jangan sampai lupa untuk mencari tahu apakah setiap pembelian SSL dilengkapi dengan dukungan pelanggan atau tidak. Saat terjadi masalah pada sertifikat SSL misalnya tidak bisa dipasang, kamu tentu memerlukan bantuan dari ahlinya. 

Jika penyedia SSL menawarkan dukungan pelanggan, pastikan kamu dapat mengakses layanan tersebut 24 jam per hari baik melalui panggilan telepon, email, maupun chat.

Pertimbangkan Harga SSL

Harga selalu menjadi faktor pertimbangan dalam membeli produk atau layanan termasuk saat membeli SSL. Dengan banyaknya penyedia SSL di Indonesia, kamu bisa membandingkan harga yang mereka tawarkan untuk produk yang sama baik SSL yang nantinya diterbitkan menggunakan validasi domain atau organisasi.

Akan tetapi, jangan mudah tergiur dengan harga murah karena kamu juga harus memilihnya dengan jeli. Apabila kamu ingin mendapatkan fitur keamanan tambahan, apakah SSL murah mampu menyediakan fitur tersebut atau tidak. Sebaliknya, SSL yang ditawarkan dengan harga tinggi apakah sesuai dengan kualitas atau tidak.

Jaminan Saat Membeli SSL

Jaminan yang diberikan pada setiap pembelian produk SSL tidak kalah penting untuk dipertimbangkan. Jadi, kamu bisa memasukkan hal ini ke dalam daftar tips memilih SSL yang selanjutnya. Jaminan diberikan untuk memastikan bahwa pengguna SSL mendapatkan layanan yang tepat. 

Namun, apabila terjadi sesuatu di tengah penggunaan SSL, certificate authority dan penyedia SSL mungkin menawarkan jaminan uang kembali atau penggantian SSL baru.

Saat menghubungi penyedia SSL, kamu bisa menanyakan apakah setiap pembelian SSL mendapatkan jaminan tertentu seperti jaminan uang kembali atau lainnya. Dengan demikian, kamu tidak perlu takut uangnya terbuang sia-sia terlebih apabila SSL tidak bisa digunakan setelah diterbitkan dan dipasang di website kamu.

Pilih Penyedia SSL dengan Reputasi yang Baik

Selain entitas penerbit SSL, penyedia SSL juga harus memiliki reputasi yang baik agar kamu tahu siapa yang akan menjadi partner kamu dalam menyediakan keamanan untuk website serta data sensitif di dalamnya. Coba lakukan riset dan baca ulasan dari pelanggan sebelumnya agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tanyakan Apakah Penyedia SSL Menawarkan Layanan Pemasangan SSL

Meski memiliki peran penting untuk mengamankan komunikasi di internet antara web browser dengan web server, tetapi tidak semua pemilik website tahu bagaimana cara memasang SSL. 

Apabila kamu tidak bisa melakukannya sendiri, beri tahu penyedia SSL dan minta mereka untuk membantu proses instalasi baik secara remote atau langsung di perusahaan atau lokasi bisnis kamu.

Pastikan Penyedia SSL Memiliki Sistem Pembaruan SSL

Tips memilih SSL yang terakhir dan tidak kalah penting adalah menanyakan apakah penyedia SSL akan mengingatkan pelanggan perihal pembaruan atau renewal sebelum SSL expired

Dengan begitu, kamu tetap bisa menikmati manfaat penggunaan SSL meski kamu lupa kapan SSL harus diperbarui. 

Kesimpulan

SSL memiliki peran penting dalam menyediakan keamanan untuk komunikasi yang dilakukan antara web browser dan web server. Oleh karena itu, kamu harus memilihnya dengan bijak dan jangan ragu untuk menggunakan beberapa tips memilih SSL yang tepat.

Teknologi enkripsi pada SSL mencegah pihak tidak bertanggung jawab untuk mencuri informasi atau data yang dikirim dalam komunikasi tersebut. Akan tetapi, kesalahan dalam memilih SSL akan merugikan bisnis kamu yang bisa berujung pada hilangkan kepercayaan pelanggan. Semoga tips memilih SSL yang telah dirangkum di atas dapat bermanfaat untuk Exabytes Friends.


Ingin memasang SSL sesegera mungkin? Hubungi Exabytes dan dapatkan produk SSL yang sesuai dengan kebutuhan website dan keamanan yang kamu harapkan. Tunggu apalagi? Konsultasi dan pesan sekarang!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments