7+ Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Meningkatkan Traffic Website

0
1622

Setelah Anda berhasil membangun website menggunakan WordPress dan mungkin dipikiran Anda saat ini ingin segera meluncurkan website tersebut dan berharap ada banyak pengunjung website yang datang ke website Anda.

Tapi ternyata tidak seperti itu, Anda masih harus melakukan beberapa persiapan sebelum website diluncurkan. Terlebih jika ingin mendapatkan trafik organik yang datang ke website Anda, persiapan seperti SEO atau memasang iklan berbayar adalah langkah yang harus Anda lakukan.

SEO adalah proses pengoptimalan mesin pencari yang berkelanjutan, untungnya WordPress memiliki beragam sumber daya seperti plugin untuk SEO yang membuatnya menjadi lebih mudah. 

Salah satu bentuk optimasi SEO website adalah dengan memilih tema WordPress SEO Friendly. Dan menggunakan plugin SEO WordPress terbaik seperti Yoast yang bisa membantu menerapkan strategi SEO. 

Nah pada artikel ini, kami akan membahas plugin SEO lainnya yang menurut kami terbaik. Sebelum kami membahas plugin SEO WordPress terbaik apa saja yang bisa Anda coba, Anda perlu memahami tren SEO di tahun 2023.

Kami telah menulis pembahasannya di artikel Tren SEO 2023 dan hal-hal yang perlu Anda ketahui.

Plugin SEO WordPress Terbaik

Kami akan membahas 10 plugin SEO WordPress terbaik yang bisa Anda coba, Anda bisa menggunakan pembahasan ini untuk referensi dalam memilih plugin mana yang cocok digunakan website WordPress Anda.

All in One SEO

plugin SEO WordPress terbaik

Plugin SEO WordPress yang akan kami bahas pertama adalah All in One SEO, sejak artikel ini ditulis sudah ada lebih dari 3 juta pengguna profesional yang menggunakan plugin SEO WordPress yang satu ini. 

Tidak heran jika plugin ini termasuk jajaran plugin terpopuler, Anda bisa melakukan audit SEO yang akan menganalisis seluruh website WordPress dan mendeteksi kesalahan serta memberikan rekomendasi yang bisa Anda tindak lanjuti untuk meningkatkan SEO website.

Keunggulan lainnya bisa secara otomatis menghasilkan dan mengirimkan sitemap ke mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan mesin pencari yang lainnya. Intinya plugin ini bisa Anda gunakan untuk membantu memaksimalkan visibilitas website Anda. 

Fitur penting lainnya yang bisa Anda manfaatkan adalah skema, grafik insight, AMP, Lokal SEO dan fitur lainnya. All in One SEO cocok digunakan untuk pemilik bisnis skala kecil dan lokal yang ingin menghemat waktu dan anggaran.

Yoast SEO

plugin wordpress untuk website bisnis
plugin wordpress untuk website bisnis

Plugin SEO WordPress selanjutnya adalah Yoast SEO dan plugin ini salah satu plugin paling banyak digunakan oleh pengguna WordPress. Plugin ini bisa Anda gunakan secara gratis dan untuk versi gratis juga sudah cukup untuk mengoptimalkan website.

Plugin ini bisa menampilkan preview SERP, pembuatna XML, peringkat deskripsi meta dan lainnya. Fitur untuk melihat insight SEO pada halaman juga tersedia dan merupakan salah satu fitur yang menjadi sorotan utama.

Dengan fitur insight SEO, Anda bisa melakukan analisa dan memutuskan cara terbaik untuk memasukkan kata kunci, penyebutan kata kunci apakah sudah benar atau justru terlalu sering , membuat meta description, URL sampai ke petunjuk cara membuat judul artikel yang SEO Friendly.

Plugin Yoast SEO cocok digunakan oleh tim SEO Content Writer yang bekerja secara internal di perusahaan Anda, plugin ini dijamin cocok dengan para SEO Content Writer karena memberikan mereka petunjuk bagaimana memprioritaskan pengalaman pembaca di setiap tulisannya.

Dengan plugin ini, Anda dapat menyenangkan pembaca dan mesin pencari tanpa harus menghafal praktik SEO lebih dalam. Jika Anda ingin menggunakan plugin Yoast SEO, kami telah membuat panduan cara instal dan setting Yoast SEO.

MonsterInsights

7+ Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Meningkatkan Traffic Website - 2024

Anda perlu tools untuk melacak analytics dan juga kinerja website Anda, terutama jika Anda ingin mengukur keberhasilan strategi SEO yang Anda terapkan. Dengan plugin WordPress MonsterInsights, Anda bisa menampilkan data Google Analytics ke dashboard WordPress.

Jika Google Analytics dinilai terlalu rumit, maka Anda bisa menggunakan MonsterInsights yang menyediakan cara sederhana untuk melihat data tanpa harus masuk ke platform Google Analytics. 

Plugin ini cocok untuk marketing atau seseorang yang punya kepentingan terkait data analytics website untuk melakukan optimasi dan konversi data. 

Rank Math SEO

7+ Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Meningkatkan Traffic Website - 2024

Plugin Rank Math dapat membantu Anda mengoptimalkan website ketika menulis konten, dengan plugin ini Anda dapat melihat insight tentang postingan tanpa harus meninggalkan halaman dashboard WordPress.

Dengan plugin ini juga Anda dapat mengoptimalkan judul dan meta description serta melihat langsung preview konten di SERP Google. Fitur lainnya yang bisa Anda manfaatkan yaitu redirection, pemantauan 404 dan SEO untuk WooCommerce.

Plugin ini cocok untuk Anda yang sedang mengerjakan konten, mengoptimasi konten menjadi lebih SEO Friendly dan mengelola website.

Premium SEO Pack

7+ Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Meningkatkan Traffic Website - 2024

Menurut kami, plugin ini cukup unik dan yang membuatnya unik adalah fitur canggihnya dalam menangani elemen SEO, bahkan tidak dimiliki oleh plugin yang lain. Meskipun plugin ini telah memiliki beberapa fitur dasar seperti pemantauan Google Analytics dan pembuatan sitemap.

Plugin ini juga memantau fitur untuk memantau kecepatan halaman, pemeriksaan 404 dan pembuatan tautan yang unik. Bahkan Anda bisa cek insight struktur tautan internal Anda dengan menggunakan plugin ini.

Plugin ini cocok digunakan untuk website portfolio untuk memastikan seberapa SEO Friendly gambar portfolio anda di website. Dan Anda juga bisa menggunakan plugin ini untuk meminimalkan CSS dan juga JavaScript.

WP Meta SEO

7+ Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Meningkatkan Traffic Website - 2024

Ketika Anda selesai mendesain ulang website, jangan lupa untuk mengoptimalkan setiap halaman baru tersebut agar bisa lebih mudah ditemukan mesin pencari. Nah, plugin WP Meta SEO dapat membantu Anda melakukan hal tersebut.

WP Meta SEO menawarkan editor masal informasi meta, melakukan pengoptimalan seluruh halaman sekaligus, sehingga lebih menghemat banyak waktu. Plugin ini bisa Anda integrasikan dengan Google Search Console untuk memberdayakan fitur rekomendasi kata kunci.

Plugin ini cocok digunakan oleh pemilik website, digital marketing website, SEO Specialist dan konten creator. Fitur editor masal yang ada di dalamnya dapat membantu mempercepat pekerjaan Anda, sehingga tidak menghabiskan banyak waktu untuk mengelola konten.

W3 Total Cache

7+ Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Meningkatkan Traffic Website - 2024

Dalam SEO, kecepatan website sangat penting. Kecepatan dapat memberikan pengalaman yang baik untuk pengunjung website dan mesin pencari seperti Google juga sangat menyukai website yang memiliki kecepatan minimal 3 detik dalam memuat halamannya.

Plugin W3 Total Cache dapat membantu Anda meningkatkan kecepatan website melalui metode caching, minifying dan integrasi dengan CDN. Plugin ini cocok digunakan oleh pengelola website dengan banyak jenis konten seperti artikel, gif, video dan gambar. 

Ahrefs SEO

Mungkin Anda sering menggunakan Ahrefs untuk melakukan riset kata kunci dan data SEO lainnya, sekarang Ahrefs mengembangkan plugin SEO WordPress yang bisa memberikan lebih banyak wawasan yang bisa Anda tindaklanjuti langsung di dashboard WordPress.

Plugin ini memiliki beberapa fitur unik seperti analisis backlink yang didukung oleh indeks backlink, analisis SEO berdasarkan data dari Google Analytics dan tools untuk melakukan audit konten. 

Plugin ini cocok digunakan oleh profesional untuk mendapatkan beragam jenis data seperti SEO, konten dan lainnya. Anda juga bisa berbagai akses dengan tim. 

SEO Writing Assistant SEMRush

Plugin SEMrush writing Assistant untuk WordPress bisa membantu Anda menulis dengan baik dan SEO Friendly, selain itu plugin ini juga dapat memberikan Anda petunjuk mengenai peringkat pesaing Anda dan alasannya mengapa pesaing Anda mendapatkan peringkat tersebut.

SEMrush adalah platform riset kata kunci dan platform ini juga menyediakan asisten untuk menulis yang cukup populer. Selain itu, mereka seringkali memberikan rekomendasi berdasarkan kata kunci dan pesaing.

Plugin ini cocok digunakan oleh SEO Content Writer yang paham tentang praktik SEO akan tetapi ia bukan pakarnya.

Yuk Tingkatkan SEO Website Dimulai dari Plugin yang Digunakan

Plugin SEO WordPress adalah sebuah keharusan untuk mengoptimalkan website WordPress Anda. Mungkin Anda menganggap tidak memerlukan plugin SEO WordPress, karena template WordPress yang Anda gunakan sudah memiliki pengaturan SEO bawaan.

Tapi bagaimana jadinya jika Anda mengganti template dengan yang lain? Tentu saja pengaturan SEO tersebut tidak bisa dipindahkan. Berbeda jika Anda menggunakan plugin SEO WordPress, semua data dan pengaturan SEO tidak hilang meskipun Anda harus mengganti template dengan desain yang lain.

Faktor pendukung lainnya untuk SEO adalah server yang digunakan, kami menyarankan Anda untuk menggunakan WordPress hosting yang menggunakan NVMe SSD drive untuk kecepatan loading lebih cepat.

Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments