7 Plugin Untuk Melindungi Konten Anda Dari Tukang Copy Paste

0
1932

Apa saja plugin untuk melindungi konten yang dimiliki? Seperti yang kita ketahui bersama, ketika melakukan aktivitas blogging di internet, kita tidak bisa menghindari kegiatan menyalin teks atau konten artikel yang telah kita publikasikan.

Apalagi dengan maraknya blog AGC (Auto Generated Content), yang memuat semua artikel kita. Untuk itu harus kita waspadai, dalam kegiatan pembajakan atau plagiarisme ini.

Cara kita harus menginstal beberapa plugin, ada di daftar artikel ini. Sehingga kamu dapat menerapkannya ke situs atau blog WordPress kamu. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat lebih dekat:

Apa Fungsi Plugin Web Content Security?

plugin wordpress untuk melindugi konten

Sebelum membahas rekomendasi plugin WordPress terbaik untuk kategori web content security, berikut beberapa fungsi plugin copy paste untuk website:

Enkripsi Konten Yang Aman

Plugin anti-copas WordPress pertama berfungsi sebagai sistem pengkodean konten di website. Setelah itu, plugin ini akan mengamankan konten website dalam bentuk apa pun untuk mencegah segala bentuk pencurian konten.

Hak Paten Untuk Konten

Selain bertindak sebagai sistem keamanan konten website, plugin ini juga bertindak sebagai alat yang berpotensi dipatenkan dalam pembuatan konten. Dengan kata lain, tidak ada pihak yang dapat mengklaim konten website yang kamu buat karena dipatenkan dan dienkripsi.

Apa Saja Plugin Untuk Melindungi Konten?

Nah, setelah mempelajari fungsi dari plugin keamanan konten website ini, berikut beberapa rekomendasi plugin untuk melindungi konten kamu di WordPress yang bisa digunakan:

WP-Copy Protect

WP-Copy Protect merupakan rekomendasi plugin anti copas terbaik untuk website yang sering menjumpai konten duplikat. Plugin ini akan melindungi konten web agar tidak dicuri dengan menonaktifkan opsi klik kanan untuk pengunjung mendatang ke situs kamu.

Lalu ada fitur Inspect Element Google Chrome yang mempersulit pengguna lain untuk menyalin konten dari situs yang kamu kelola. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir tentang peringkat website kamu dengan menggunakan plugin ini.

Pada dasarnya, semua alat di plugin WP-Copy Protect sama sekali tidak mempengaruhi SEO konten web. Oleh karena itu, penggunaan plugin ini tidak mempengaruhi sistem SEO website saat bekerja di mesin pencari.

WP Content Copy Protection

Plugin ini cukup bagus. WP Content Copy Protection dapat melindungi konten kamu dari pencurian, terutama dari non-teknisi. Karena plugin ini menonaktifkan penyalinan konten kamu dengan mouse atau kata kunci menggunakan ctrl+A, ctrl+C dll.

Selain itu, WP Content Copy Protection melindungi foto kamu dengan menghapus URL-nya. Ini menonaktifkan fitur chrome seperti periksa konten kamu, kode sumber, dll., sehingga hampir tidak mungkin bot menyalin konten situs kamu.

Bagian terbaiknya adalah plugin ini berfungsi di latar belakang dan tidak memengaruhi SEO sama sekali. Ini adalah plugin sederhana. Jadi cukup unduh, instal, dan hanya itu. Plugin ini akan melakukan tugas melindungi konten kamu secara otomatis sehingga kamu tidak perlu melakukan pengaturan atau konfigurasi apa pun.

WP Content Copy Protection and No Click Right

WP Content Copy Protection and No Click Right adalah plugin anti-copas yang akan melindungi konten tertulis di website kamu. Selain itu, plugin ini memiliki kemampuan untuk melindungi beranda, struktur situs, dan postingan website dengan menerapkan teknik pengkodean pada bahasa pemrograman JavaScript dan CSS.

Plugin ini bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk enkripsi konten website yang aman karena semuanya dalam satu. Dengan demikian, kamu dapat mengamankan konten website kamu dan melindungi diri kamu dari serangan peretas, terutama yang terkait dengan struktur website.

plugin untuk melindungi konten

Yoast SEO

Salah satu masalah terbesar dengan pencurian konten adalah sistem penerbitan otomatis. Selain itu, untuk beberapa situs yang menggunakan tools khusus, mereka dapat menerbitkan ulang konten kamu di situs lain tanpa mengubah propertinya.

Pada plugin Yoast SEO, kamu bisa menggunakan salah satu fitur yaitu RSS. Dengan fitur ini, kamu dapat menambahkan konten web langsung ke setiap postingan RSS feed yang kamu miliki.

Terlepas dari jenis kontennya, ada kode khusus yang memungkinkan pengguna menambahkan tautan dan atribut ke umpan RSS. Kode ini berfungsi sebagai sistem keamanan kriptografi untuk setiap artikel yang kamu terbitkan. Selain itu, akan ada tautan kembali ke website asli setiap kali konten “dicuri”.

Copyright Proof

Nah, plugin copy protection WordPress ini dirancang khusus untuk melindungi seluruh isi website yaitu plugin Copyright Proof.

Plugin ini akan membuat stempel sebagai tanda tangan digital sekaligus stempel sertifikasi pada setiap konten yang diunggah ke website yang menggunakannya. Tentunya hal ini berguna untuk mengamankan konten website, khususnya aset konten yang dilindungi hak cipta.

Selain itu, ada banyak opsi yang dapat kamu atur untuk menyesuaikan plugin, sehingga kamu dapat mengunduh konten website sesuai kebutuhan kamu.

Secure Copy Content Protection and Content Locking

Sama halnya dengan plugin di atas, plugin secure copy ini juga bisa melindungi dari orang-orang yang ingin meng copy paste kontenmu. Plugin ini cukup dipercaya oleh pengguna WordPress terbukti dari jumlah install yang mencapai 20.000+.

Gunakan Layanan DMCA

Yang satu ini bukan termasuk plugin dan cara kerjanya pun berbeda jauh. Namun, kamu harus mengetahui tentang DMCA ini. DMCA adalah singkatan dari Digital Millennium Copyright Act yaitu sebuah aturan yang melindungi hak cipta pada konten digital dan DMCA berasal dari Amerika.

Cara kerja DMCA adalah dengan menindak tegas pelaku plagiasi dan memaksa untuk menghapusnya. Kamu bisa menggunakan layanan DMCA untuk berjaga-jaga apabila plugin tidak bisa mengamankan kontenmu.

Kesimpulan

Pencurian konten dan plagiarisme tidak bisa dibiarkan begitu saja. Dari artikel ini, kamu dapat melihat bahwa saat ini dengan banyaknya tools yang tersedia di internet, sangat mudah bagi pemilik website untuk mengetahui seseorang mengambil kontennya.

Dengan cara ini, kamu dapat melindungi konten kamu dari pihak yang ingin mengklaim konten kamu sebagai milik mereka. Selalu berhati-hati karena masih banyak orang yang lebih suka mengambil orang lain daripada membuat sendiri.

Dalam artikel ini, kami juga memberitahu kamu tentang jenis pencurian konten yang paling umum. Semoga sekarang kamu dapat menerapkan perlindungan konten yang tepat untuk mencegah plagiarisme dan pencurian konten.

Jika kamu menginginkan cara pencegahan yang sederhana dan kamu menggunakan WordPress, kamu dapat memanfaatkan berbagai plugin yang ditawarkan oleh WordPress. Plugin yang kami sebutkan di atas dapat membantu kamu melindungi konten kamu dan mencegah plagiarisme dan pencurian konten dari situs kamu, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi.

Tapi hati-hati, jangan menginstal dan mengaktifkan terlalu banyak plugin. Terlalu banyak plugin pada sebuah website dapat mempengaruhi kecepatan loading website tersebut. Kamu tentu tidak ingin website kamu lambat bukan?

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments