Daftar & Beli Domain CO ID Murah Hanya di Exabytes

0
2439

Untuk bisa membuat toko online atau website untuk berjualan, tentu saja kamu harus punya nama domain. Nah, saat ini ada begitu banyak pilihan ekstensi domain mulai dari yang populer hingga yang unik dan masih jarang digunakan. Lalu, bagaimana dengan domain co id? Apakah semua orang bisa menggunakannya tanpa persyaratan khusus?

Untuk membahas lebih jauh tentang hal tersebut, sepertinya kita harus mencari informasi yang tepat agar tidak salah mengerti akan penggunaan ekstensi domain ini. Apa itu domain .co.id, fungsi, dan syarat mendapatkannya, mari cari tahu bersama di artikel ini.

Mari kita bahas lebih jauh apa itu domain .co.id. Seperti yang bisa kamu lihat, domain tersebut terdiri dari dua bagian yakni CO yang berarti company atau perusahaan dan ID yaitu Indonesia. Dengan begitu, kamu akan semakin yakin untuk daftar dan beli domain co id dengan harga terjangkau di Exabytes.

Kenali Domain co id Sebelum Membelinya

Daftarkan dan beli domain co id di exabytes
Domain .co.id adalah ekstensi domain khusus perusahaan yang beroperasi dan berlokasi di Indonesia. (Sumber: shutterstock)

Domain .co.id adalah salah satu ekstensi domain yang tersedia dan bisa digunakan di negara Indonesia. Akan tetapi, ekstensi tersebut hanya diperuntukkan bagi perusahaan atau pihak yang memenuhi persyaratan yang berlaku. Tentunya, ada sejumlah persyaratan yang ditetapkan sehingga harus dipenuhi oleh siapapun yang ingin menggunakannya. 

Singkatnya, ekstensi domain tersebut diperuntukkan bagi perusahaan yang berlokasi dan menjalankan bisnis di wilayah Indonesia. Jadi, sudah dipastikan kalau domain co id berbeda dengan dua ekstensi domain populer lain yaitu domain .com dan domain .net.

Domain .co.id hanya bisa digunakan oleh perusahaan di Indonesia yang memenuhi persyaratan. Dengan kata lain, tidak semua pengguna atau pihak dapat menggunakan ekstensi domain ini. 

Meski demikian, kemunculan domain satu ini juga bersamaan dengan awal mula adanya domain .com di seluruh dunia. Sekadar informasi, domain .com merupakan domain global dan populer yang sudah ada sejak tahun 1985 bersamaan dengan ekstensi domain lain yaitu domain .edu, domain .gov, domain .mil, dan domain .org.

Saat ini, sudah semakin banyak pilihan ekstensi domain yaitu sekitar 265 domain. Jadi pengguna internet bisa menentukan jenis ekstensi mana yang paling pas dengan kebutuhan masing-masing.

Apabila perusahaan yang kamu kelola masih belum punya website namun sudah mempertimbangkan keberadaan online, mengapa tidak segera mendaftarkan dan membeli domain .co.id dari Exabytes?

Fungsi Domain .co.id

Sudah tahu kan kalau domain .co.id merupakan bagian dari domain .id? Domain .id merupakan ekstensi domain khusus negara Indonesia, dimana ID merupakan identitas dari negara tersebut yang disebut dengan ccTLD atau country code top level domain.

Kamu bisa mempelajari lebih lanjut apa itu top level domain (TLD) di artikel satu ini. 

Adapun fungsi dari domain co id adalah sebagai kode perusahaan. Kode ID merupakan kode yang hanya digunakan oleh situs web milik perusahaan Indonesia. Ekstensi tersebut juga menjadi pembeda antara perusahaan dan organisasi lain karena diperuntukkan bagi company atau perusahaan.

Domain .co.id membuat situs web mudah dikunjungi karena tingkat kredibilitas nya terjamin. Hanya perusahaan-perusahaan resmi saja yang dapat menggunakan ekstensi domain tersebut.

Selain penggunaan ekstensi domain co id, SSL yang kamu pasang di situs web juga bisa meningkatkan kredibilitas situs web. Jadi, setelah memilih nama domain, pastikan kamu juga memilih jenis SSL yang tepat sesuai kebutuhan dan tingkat keamanan yang ingin didapatkan.

Persyaratan Mendaftarkan Domain .co.id

Syarat mendaftarkan domain.co.id
Dapatkan segera domain co id dengan memenuhi persyaratan yang berlaku. (Sumber: shutterstock)

Ingin menggunakan domain .id? Sudah tahu apa saja syarat domain .id yang harus kamu persiapkan dengan baik? Berikut adalah sejumlah persyaratan agar bisa mendaftarkan sekaligus menggunakan ekstensi domain .co.id:

  • Kartu identitas penanggung jawab berupa KTP atau paspor
  • SIUP, TDA, AKTA, NPWP, atau surat izin lain yang setara
  • Sertifikat merek atau kepemilikan merek jika ada
  • Surat keterangan keterkaitan nama domain dengan perusahaan jika nama domain berbeda dengan nama perusahaan pada SIUP

Kelebihan Domain .co.id

Kelebihan domain .co.id
Sebagai salah satu ekstensi populer, domain .co.id hadir menawarkan berbagai kelebihan. (Sumber: shutterstock)

Jika sudah yakin kalau perusahaan yang kamu kelola bisa mendaftarkan domain .co.id dengan memenuhi sejumlah persyaratan yang ada, apa saja kelebihan yang bisa kamu dapatkan? Berikut adalah beberapa kelebihan ekstensi domain satu ini yang akan membantu bisnis semakin berkembang dan dikenal orang banyak:

Lebih Dipercaya

Domain .co.id terutama yang merupakan domain premium akan mendapatkan kepercayaan yang lebih dibandingkan ekstensi domain lain yang kurang populer. Untuk bisa mendapatkan nama domain dengan ekstensi tersebut, kamu harus melampirkan identitas resmi termasuk KTP, SIUP, dan NPWP.

Dengan begitu, perusahaan menjadi penanggung jawab atas kepemilikan nama domain. Itu artinya, konten yang mereka unggah di website tidak boleh sembarangan. Bagaimanapun juga, unggahan negatif seperti penipuan, hoaks, dan kriminalitas akan mencemarkan nama baik bisnis atau perusahaan. Bahkan bisa berlanjut ke jalur hukum.

Dengan menggunakan ekstensi domain co id, website kamu akan dinilai lebih kredibel. Saat mendapatkan kepercayaan yang lebih, website dan keberadaan online kamu akan semakin diperhitungkan oleh para pengguna internet.

Berpotensi Mendapatkan Posisi Ranking Tertinggi di Hasil Pencarian

Meski sudah memiliki website, namun bukan berarti keberadaan online kamu akan dengan mudah diketahui oleh pengguna internet atau target audiens. Oleh karena itu, kamu harus mengoptimasi website melalui upaya Search Engine Optimization (SEO).

Menggunakan domain .co.id akan turut meningkatkan peluang mendapatkan posisi ranking tertinggi di hasil pencarian mesin pencari atau yang kita kenal dengan Search Engine Result Page (SERP). Bagaimana bisa?

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya kalau domain co id merupakan kategori Country Code Top Level Domain atau ccTLD. Dengan demikian, mesin pencari seperti Google akan mengutamakan website dengan ekstensi domain tersebut di hasil pencarian negara Indonesia.

Cepat Diakses

Kelebihan lain dari penggunaan domain .co.id adalah website dengan ekstensi domain satu ini akan lebih cepat diakses. Mungkin tidak banyak yang tahu kalau Domain Name Server (DNS) dari domain tersebut berlokasi di Indonesia. Sehingga jalur aksesnya menjadi lebih cepat karena langsung dari servernya.

Akses yang cepat juga akan berpengaruh terhadap upaya SEO yang kamu lakukan. Jadi, semakin tinggi pula peluang untuk bisa masuk posisi ranking teratas di hasil pencarian Google.

Aman Digunakan

Khawatir domain akan bermasalah saat digunakan? Website dengan ekstensi domain co id merupakan website yang secara resmi terdaftar di PANDI atau Pengelola Nama Domain Internet Indonesia. Jadi, sudah dipastikan kalau website tersebut aman.

PANDI akan memberikan tindak tegas yaitu pemblokiran pada situs web yang melanggar hukum yang berlaku. Artinya, akan semakin sedikit situs web ilegal yang meresahkan masyarakat Indonesia. 

Domain .co.id merupakan salah satu bagian dari domain .id. Penasaran dengan kelebihan domain .id? Simak artikel satu ini!

Perbedaan Domain.COM dan Domain.CO.ID

Siapa yang tidak kenal domain .com? Nyatanya, ekstensi domain ini sangat populer karena begitu fleksibel dan banyak digunakan oleh berbagai pihak di seluruh dunia. Bahkan blog pribadi juga bisa menggunakan ekstensi tersebut. Tidak adanya batasan negara membuat ekstensi domain ini menjadi pilihan banyak pengguna.

Sementara domain co id memiliki batasan dan persyaratan khusus. Hanya perusahaan yang beroperasi dan berlokasi di Indonesia yang dapat menggunakannya. Untuk bisa menggunakannya, kamu cukup melampirkan dokumen persyaratan yaitu dokumen resmi tanda kepemilikan perusahaan atau usaha.

Apakah Domain.CO.ID Lebih aman Dibandingkan Domain.COM?

Baik ekstensi domain co id maupun domain .com sama-sama bisa kamu gunakan untuk membuat website. 

Namun, ekstensi domain khusus untuk perusahaan di Indonesia ini lebih aman dari domain .com? Pendaftaran domain .co.id memerlukan persyaratan dokumen termasuk KTP, SIUP, dan NPWP. Jadi kamu bisa memastikan kalau ekstensi domain ini aman karena terdaftar secara resmi di PANDI.

Kesimpulan

Domain .co.id adalah bagian dari domain .id yang juga merupakan Country Code Top Level Domain (ccTLD). ID adalah kode untuk Indonesia sehingga hanya bisa digunakan oleh website yang berlokasi di Indonesia. Nah, domain tersebut bisa kamu daftarkan dan beli di Exabytes.

Exabytes juga menyediakan domain murah yang bisa kamu jadikan pilihan atau alternatif apabila mencari nama domain untuk blog atau website pribadi karena website tersebut tidak bisa menggunakan domain co id.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments