Domain BIZ : Beli Domain Untuk Website Bisnis kamu Sekarang

0
2027

Domain adalah nama unik yang mengarahkanmu ke suatu website tertentu, domain digunakan karena lebih mudah dihafal daripada IP address. Agar pengunjung dapat dengan mudah mengakses website kamu, maka sebaiknya kamu menggunakan domain. Salah satu pilihan yang bisa kamu pertimbangkan adalah domain biz. 

Belum pernah mendengar ekstensi domain .biz sama sekali? Mungkin ini saat yang tepat untuk mencari tahu semua tentang domain biz di artikel ini.

Sekilas tentang Domain BIZ

apa itu domain.BIZ
Domain BIZ, top level domain yang cocok untuk website bisnis atau perusahaan. (Sumber: shutterstock)

Domain .biz adalah Top Level Domain (TLD) atau domain tingkat atas yang diperkenalkan pada tahun 2001 sebagai opsi baru untuk kamu yang ingin membangun bisnis online. Domain biz dimaksudkan untuk digunakan oleh bisnis dan entitas komersial.

Selain itu, domain biz juga merupakan salah satu dari banyak TLD yang tersedia untuk digunakan di internet.

Keuntungan Menggunakan Domain .biz

Memilih ekstensi domain memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada berbagai hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan, termasuk kelebihan yang bisa pengguna dapatkan.

Bagi kamu yang tertarik menggunakan domain .biz, berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan ekstensi domain tersebut:

Membantu Membangun Kredibilitas

Salah satu manfaat utama penggunaan domain .biz adalah dapat membantu membangun kredibilitas dan profesionalisme bisnis. 

Saat bisnis menggunakan domain biz, ini mengirimkan pesan kepada calon pelanggan bahwa perusahaan serius dengan kehadiran online mereka dan berkomitmen untuk menyediakan produk atau layanan berkualitas tinggi. Ini bisa menjadi sangat penting untuk usaha kecil atau pemula yang ingin memantapkan diri di pasar yang kompetitif.

Bisa Digunakan Sebagai Alat Pemasaran 

Selain membantu bisnis membangun kredibilitas, domain .biz juga dapat digunakan sebagai alat pemasaran. Ini memungkinkan bisnis untuk membuat alamat web yang unik dan mudah diingat yang dapat dengan mudah dibagikan dengan pelanggan potensial. 

Tentunya, hal tersebut sangat berguna untuk kamu yang ingin mempromosikan produk atau layanan kamu secara online. Misalnya, jika perusahaan khusus menjual kerajinan tangan, domain biz dapat digunakan untuk membuat alamat web seperti “handmadecrafts.biz” yang mudah diingat dan dibagikan dengan orang lain.

Potensi untuk Mendapatkan Domain yang Tepat

Memastikan bahwa kamu sudah memilih domain yang tepat adalah hal yang sangat penting. Pada dasarnya, domain adalah identitas online kamu. Karena itu, domain yang kamu punya harus bisa mencerminkan merek kamu sebaik mungkin.

Agar bisa mendapatkan domain yang sesuai, kamu bisa memilih domain .biz dibandingkan dengan pilihan domain populer lain.

Persyaratan Mendapatkan Domain .BIZ

Persyaratan mendapatkan domain.BIZ
Domain .BIZ bisa didapatkan oleh pebisnis atau perusahaan dengan memenuhi persyaratan yang berlaku. (Sumber: shutterstock)

Untuk mendaftarkan domain .biz, bisnis harus memenuhi persyaratan kelayakan tertentu. Persyaratan ini dirancang untuk memastikan bahwa domain biz digunakan terutama oleh bisnis dan entitas komersial. 

Beberapa persyaratan kelayakan untuk domain biz termasuk memiliki pendaftaran atau lisensi bisnis yang valid, dan terlibat dalam aktivitas bisnis yang sah. Hal ini membantu memastikan bahwa domain biz digunakan oleh bisnis terkemuka yang berkomitmen untuk menyediakan produk atau layanan berkualitas tinggi.

Cara Mendapatkan Domain .BIZ

Cara mendapatkan domain.BIZ
Cara mendapatkan domain .BIZ adalah dengan memilih penyedia domain terpercaya.  (Sumber: shutterstock)

Saat ini, ada banyak penyedia domain di Indonesia yang akan membantu pendaftaran domain .biz. Perusahaan ini biasanya menyediakan platform yang mudah digunakan yang memungkinkan bisnis mencari dan mendaftarkan domain biz. 

Selain domain .biz, kamu juga bisa memilih ekstensi domain lain yang sudah populer sejak lama. Misalnya domain .com, domain .net, domain .id, dan lainnya. Semua ekstensi domain tersebut tersedia di Exabytes, jadi tunggu apalagi?

Tidak hanya bisa membeli domain dengan ekstensi domain biz, bisnis juga dapat membeli web hosting dan layanan lain sesuai kebutuhan masing-masin, misalnya SSL dan jasa SEO. Layanan tersebut dapat membantu bisnis melakukan branding.

Yuk simak panduan branding bagi bisnis lengkap dengan alasan mengapa bisnis harus melakukannya dari artikel ini.

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Agar bisa mendapatkan nama domain yang tepat terlepas dari ekstensi domain apa yang akan kamu pilih, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain:

  • Pastikan domain relevan dengan bisnis atau brand
  • Domain dibuat pendek, unik, mudah diingat, dan diucapkan
  • Hindari penggunaan tanda hubung, tanda baca, atau angka dalam domain
  • Domain harus relevan dengan konten bisnis atau website kamu

Pilihan Ekstensi Domain Unik yang Patut Dicoba

Ingin punya nama domain yang unik dan mudah diingat oleh audiens? Sayangnya, dengan jutaan domain yang telah terdaftar, mungkin sulit menemukan domain yang memenuhi kedua kriteria tersebut

Tetapi tidak perlu khawatir karena kamu bisa mencoba beberapa pilihan ekstensi domain unik. Dengan domain unik tersebut, kamu juga bisa berkreasi, misalnya kamu membuat website yang berisi makanan atau resep-resep masakan, kamu bisa mencoba memberikan nama domain seperti del.icio.us. 

Berikut adalah beberapa nama domain unik yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya:

Domain .CEO

Apakah kamu ingin membuat website gratis untuk bisnis kamu? Domain .ceo adalah domain yang sempurna untuk kamu! Ekstensi unik ini akan membantu situs kamu menonjol dari yang lain. Tidak hanya itu, ekstensi domain ini akan memberitahu pelanggan bahwa mereka berurusan dengan organisasi profesional.

Domain .GURU

Apakah kamu seorang ahli atau profesional di bidang tertentu? Atau suka berbagi pengetahuan dengan orang lain? Domain .guru adalah domain yang tepat apabila kamu ingin berbagi kiat, saran, dan tutorial tentang topik apa pun yang dapat kamu pikirkan.

Domain .IO

Domain .io sangat cocok untuk website dan bisnis yang terkait dengan teknologi atau startup. Ekstensi unik ini akan membantu website kamu menonjol dari yang lain, dan akan memberitahu pengunjung bahwa mereka berurusan dengan perusahaan mutakhir.

Kesalahan Memilih Nama Domain yang Harus Dihindari

Meski domain .biz hadir sebagai salah satu pilihan ekstensi domain yang tepat, namun kamu juga harus berhati-hati dalam memilih nama domain. Tidak sedikit orang atau pihak yang pada akhirnya melakukan kesalahan padahal domain memiliki peran penting.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang saat memilih nama domain:

Tidak Melakukan Riset

Sebelum kamu memilih nama domain, penting untuk melakukan riset. kamu perlu memastikan bahwa nama domain tersebut tersedia dan belum digunakan oleh orang lain. Ada sejumlah tools yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa ketersediaan, seperti WHOIS.

Kamu bisa membaca lebih lanjut cara cek domain dengan WHOIS melalui artikel satu ini.

Memilih Nama Domain yang sulit Dieja atau Diucapkan

Nama domain yang kamu pilih harus mudah dieja dan diucapkan. Jika tidak, orang akan kesulitan menemukan website kamu. Selain itu, jika nama domain sulit dieja atau diucapkan, orang mungkin akan melupakannya dan malah mengunjungi website lain.

Menggunakan Tanda Hubung atau Angka

Tanda hubung dan angka dapat membuat nama domain kamu lebih sulit diingat dan juga dapat membingungkan orang yang mencoba menemukan website kamu. Sebaiknya hindari menggunakannya jika memungkinkan.

Memilih Nama Domain yang Panjang dan Rumit

Selalu pastikan bahwa nama domain pendek dan sederhana. Semakin pendek, semakin mudah bagi orang untuk mengingat dan mengetik di browser mereka. Selain itu, nama domain yang pendek akan mengurangi kemungkinan orang-orang salah ketik.

Kamu juga bisa membaca artikel tentang kesalahan memilih nama domain agar mendapatkan lebih banyak informasi.

Fokus Hanya pada Satu Ekstensi Saja

Ada berbagai ekstensi berbeda yang dapat kamu pilih untuk nama domain, seperti domain .com, domain .net, domain .id, serta ekstensi lain yang bisa kamu pilih di Exabytes. Pastikan ekstensi yang kamu inginkan tersedia sebelum kamu mendaftarkan nama domain.  Cek domain di sini yuk!

Kesimpulan

Domain .biz adalah domain yang dirancang untuk digunakan oleh bisnis dan entitas komersial. Ini dapat membantu membangun kredibilitas dan profesionalisme untuk bisnis, dan juga dapat digunakan sebagai alat pemasaran untuk mempromosikan produk dan layanan secara online

Dengan memenuhi persyaratan kelayakan tertentu dan bekerja sama dengan perusahaan pendaftaran domain terkemuka, bisnis dapat dengan mudah mendaftar dan menggunakan domain biz untuk membangun keberadaan online yang kuat. 

Nah, bagi kamu yang ingin membeli domain murah, silahkan hubungi Exabytes. Exabytes merupakan salah satu penyedia domain terpercaya di Indonesia. Kamu juga bisa sekaligus membeli layanan web hosting.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments