5 Plugin WordPress Wajib di Instal Oleh Kamu

0
1542

Ketika Anda memutuskan menggunakan WordPress untuk kebutuhan membuat website, Anda pasti akan membutuhkan plugin agar website Anda bekerja dengan baik. Di WordPress, Anda akan menemukan ribuan plugin yang tersedia dari mulai premium atau yang gratisan. 

Bagi pengguna pemula, sulit memang menentukan plugin mana yang akan digunakan. Karena memang tidak bisa semuanya Anda pasang di website. Oleh karena itu, kami membuat secara khusus yang membahas tentang 5 plugin WordPress wajib di instal. 

Apa saja? 

Mari kita simak melalui pembahasan berikut ini:

Rekomendasi Plugin WordPress Wajib di Instal

plugin wordpress wajib di instal

Apapun jenis website yang Anda jalankan, ada plugin tertentu yang harus terpasang di semua jenis website. Di artikel ini kami ingin memberikan rekomendasi kepada Anda tentang 5 plugin WordPress wajib di instal.

Dalam artikel ini juga kami akan menjelaskan alasan mengapa setiap plugin ini sangat penting untuk website. Tanpa berlama-lama, mari kita lihat plugin apa saja.

Yoast SEO

plugin wordpress untuk website bisnis
plugin wordpress untuk website bisnis

Plugin yang pertama adalah Yoast SEO, sejauh ini Yoast adalah salah satu plugin SEO populer di WordPress. Plugin ini bisa membantu Anda meningkatkan SEO website, terutama dari sisi konten website.

Alasan Yoast SEO sampai saat ini menjadi plugin populer adalah karena memiliki fitur utama yang bisa membantu Anda mengoptimalkan postingan dan halaman WordPress menggunakan kata kunci dan meta deskripsi. 

Fitur analisis konten juga tersedia di Yoast, sehingga Anda bisa mengetahui apakah konten website Anda sudah benar-benar di optimasi atau belum.

Bagaimana biaya yang dikeluarkan? Penggunaan Yoast SEO versi standar 100% gratis, terkadang versi standar juga sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan website. Tapi jika Anda membutuhkan fitur tambahan lainnya yang tidak ada di versi standar, bisa menginvestasikan sedikit uang untuk menggunakan versi premium.

UpdraftPlus

5 Plugin WordPress Wajib di Instal Oleh Kamu - 2024

Sebuah fakta menunjukkan 42% website di internet menggunakan WordPress. Dalam pembahasan kami sebelumnya, WordPress termasuk dari 5 CMS website terbaik di tahun 2023. Selain itu, website WordPress juga terkadang sering mengalami gangguan seperti berhenti berfungsi karena sebuah kesalahan sederhana.

Ambil contoh, beberapa website WordPress yang menggunakan lebih dari satu plugin di website WordPress dan sering mendapatkan pembaruan versi plugin ke versi terbaru setiap bulannya, hal ini perlu dilakukan agar plugin tetap berjalan normal.

Hanya saja terkadang untuk beberapa kasus, plugin yang sudah diperbaharui ke versi terbaru mengalami kesalahan kompatibilitas dan ini adalah hal biasa. Oleh karena itu, penting untuk selalu mencadangkan file website agar mudah untuk memperbaiki masalah seperti itu.

Salah satu plugin yang kami rekomendasikan untuk melakukan pencadangan file website adalah UpdraftPlus, mengapa? Karena simple dan mudah digunakan, selain itu plugin yang satu ini dapat terintegrasi dengan opsi penyimpanan cloud.

Fitur utama di plugin ini Anda bisa membuat pencadangan website secara otomatis maupun manual dan menyimpan hasilnya secara cloud maupun langsung ke media penyimpanan yang Anda miliki. Keren bukan?

Bicara biaya yang perlu Anda keluarkan, plugin UpdraftPlus ini memiliki dua versi yaitu versi gratis dan premium.

MonsterInsights

5 Plugin WordPress Wajib di Instal Oleh Kamu - 2024

Plugin WordPress wajib di instal berikutnya adalah MonsterInsight, plugin ini berfungsi untuk menghubungkan website Anda dengan akun Google Analytics. Dengan plugin ini Anda bisa mengetahui audiens dan bisa mengembangkan website ke langkah selanjutnya dengan data yang disuguhkan.

Anda juga bisa menyesuaikan strategi marketing berdasarkan analytics yang ditampilkan Google Analytics melalui plugin MonsterInsights. Salah satu alasan kami merekomendasikan MonsterInsights sebagai plugin WordPress wajib di instal karena mudah dalam penggunaan.

Tidak hanya itu saja, plugin ini juga memiliki fitur yang berguna untuk penggunanya seperti melihat kinerja konten terbaik dan halaman mana yang perlu ada peningkatan, Anda juga bisa melihat demografi audiens, berapa lama audiens mengunjungi website Anda dan masih banyak lagi yang lainnya yang bisa Anda dapatkan.

Plugin ini bisa Anda gunakan secara gratis, tapi Anda perlu menginvestasikan uang jika ingin menggunakan lebih banyak fitur lainnya.

Redirection

5 Plugin WordPress Wajib di Instal Oleh Kamu - 2024

Karena kita sekarang sedang membahas tentang rekomendasi plugin WordPress wajib di install, kami tidak mungkin melewatkan plugin Redirection. Plugin ini berguna untuk melakukan pengalihan dari satu alamat ke alamat yang lainnya.

Kita semua telah mengetahui bagaimana Google (mesin pencari populer saat ini) sangat membenci terhadap pengalaman pengguna yang buruk, sehingga Google pun akan menurunkan peringkat atau tidak merekomendasikan website dengan banyak halaman 404 karena dinilai dapat memberikan pengalaman buruk kepada pengguna.

Error 404 Not Found adalah salah satu error pada WordPress yang sering muncul karena beberapa penyebab seperti adanya kesalahan atau konflik pada tema dan/atau plugin yang digunakan oleh sebuah website yang berbasis WordPress.

Jika halaman error 404 ternyata hanya satu atau dua, mungkin Anda masih bisa mengatasinya dengan memperbaiki satu persatu. Tapi bagaimana jika ada banyak? Apakah Anda bisa mengetahui halaman mana atau URL mana yang mengalami masalah?

Tentu saja pasti akan repot untuk mengecek satu persatu URL di website Anda, mengingat ada banyak kombinasi URL dalam sebuah website jadi mustahil melakukan pengecekan satu persatu. Oleh karena itu kita membutuhkan plugin bernama Redirection ini dan ini salah satu alasan mengapa plugin ini wajib Anda instal di WordPress.

Karena plugin Redirection ini dapat menunjukkan kepada kita daftar halaman yang mengalami error 404 dan Anda bisa mengarahkan URL bermasalah tersebut ke halaman lain. Plugin ini tersedia secara gratis, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang biaya yang harus dikeluarkan.

Elementor

5 Plugin WordPress Wajib di Instal Oleh Kamu - 2024

Saat setelah tulisan ini selesai dibuat, kami menemukan plugin Elementor telah digunakan lebih dari 5 juta pengguna di seluruh dunia. Elemento memang salah satu plugin tambahan yang kami rekomendasikan untuk Anda instal.

Elementor adalah page builder dengan konsep editor drag-and-drop yang bisa Anda gunakan di CMS WordPress. Jadi Elementor ini hanya bisa digunakan di platform CMS WordPres, tidak bisa digunakan di platform CMS lainnya. 

Jika Anda pengguna CMS WordPress maka Elementor bisa membantu Anda merancang website dengan cara termudah dan cepat. Kami telah membuat Panduan Menggunakan Elementor di WordPress, Anda bisa belajar bagaimana menggunakan elementor di panduan tersebut.

Alasan kami memasukkan plugin Elementor menjadi bagian plugin WordPress wajib di instal karena memiliki fitur utama yang sangat berguna dan memudahkan pekerjaan Anda membuat halaman website yang indah.

Fitur utama plugin Elementor yaitu terdapat lebih dari 300 template siap pakai, menggunakan konsep drag n drop jadi pengguna awam bisa membuat halaman website yang indah tanpa harus mengerti HTML dan CSS.

Plugin Elementor ini tersedia secara gratis dan bisa Anda dapatkan di direktori WordPress, namun jika Anda membutuhkan lebih banyak fitur maka Anda bisa menginvestasikan sebagian uang untuk membeli Elementor versi premium.

Jadi, Plugin Mana yang Sudah Pernah Anda Gunakan?

Sebenarnya masih ada banyak plugin WordPress wajib di instal lainnya yang bisa membantu Anda mengelola website berbasis WordPress. Akan tetapi, rekomendasi di atas adalah basic untuk membuat website nyaman digunakan oleh pengunjung nya.

Oh iya, menggunakan plugin saja tidak cukup untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung website, Anda juga perlu memilih web hosting untuk website Anda. Karena akan mendukung kecepatan website, website yang lambat sudah jelas dapat memberikan pengalaman buruk bukan?

Oleh karena itu, kami merekomendasikan salah satu layanan WordPress hosting terbaik dari Exabytes Indonesia yang cocok untuk pemula hingga profesional.

Selamat mencoba ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments